Sebanyak 484 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi Islam

Kehadiran Buku Pengantar Ekonomi Islam ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Pengantar Ekonomi Islam. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sebelas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Ekonomi Islam, Landasan Hukum Ekonomi Islam, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Konsep Harta dalam Ekonomi Islam, Jenis Akad dalam Ekonomi Islam, Konsep Uang dalam Ekonomi Islam, Distribusi dalam Ekonomi Islam, Produksi dalam Ekonomi Islam, Konsumsi dalam Ekonomi Islam, Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam dan bab terakhir yaitu Sumber Daya Insani dalam Ekonomi Islam.

Kehadiran Buku Pengantar Ekonomi Islam ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

SINERGI PENGELOLAAN ZAKAT DI INDONESIA

Buku “Sinergi Pengelolaan Zakat Di Indonesia” yang ditulis oleh para Dosen dan Mahasiswa Departemen Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) diharapkan dapat memberikan perspektif tentang bagaimana suatu program zakat berjalan secara selaras bersama program pengentasan kemiskinan. Kerjasama dan kolaborasi diantara lembaga amil zakat dan masyarakat dalam ekosistem zakat nasional menjadi topik bahasan dalam buku tersebut. Gagasan pemikiran dalam buku tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman para penulis dalam melakukan penelitian dan sukarelawan ahli (expert volunteer) dibeberapa lembaga amil zakat nasional. Meskipun tidak terlibat secara langsung dalam proses peng- ambilan keputusan pada pusat arus (epicentre) zakat nasional, para penulis mencoba memberikan khazanah persepsi sebagai intelektual dan pelaku zakat dari arus pinggiran (outer orbit). Penghitungan zakat juga dicoba dengan memberikan cara/contoh yang lebih memasyarakat. Pengumpulan zakat, bisa pula menerapkan teknologi. Maka teknologi itu harus pula dikuasai atau dipahami oleh umat dengan segala konsekuensinya. Selanjutnya pendistribusiannya juga harus mengikuti ajaran Islam. Ajaran ini yang tidak menyimpang dari kemajuan teknologi.

Buku “Sinergi Pengelolaan Zakat Di Indonesia” yang ditulis oleh para Dosen dan Mahasiswa Departemen Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) diharapkan dapat memberikan perspektif tentang bagaimana suatu program ...

Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital)

Buku ini diharapkan dapat acuan dan referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran pada era digital saat ini. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kelemahan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak.” Oleh sebab itu, kami sangat saran dan kritik yang membangun, sangat kami harapkan dari para pembaca.

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital).

Manajemen Kewirausahaan Kontemporer

Berwirausaha adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk menciptakan sesuatu yang memiliki nilai dan bermanfaat bagi orang lain. Peran wirausaha sangat penting mendorong kemajuan ekonomi di suatu negara. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan daya saing di era revolusi industri 4.0 saat ini tentu menjadi tugas bersama antara pemerintah dan stakeholder terkait dalam mendorong terus bertumbuhnya wirausaha baru di Indonesia. Wirausaha merupakan salah satu pekerjaan atau profesi yang mulia. Dalam menyikapi semakin cepatnya perkembangan digitalisasi hampir di semua aspek kehidupan diantaranya dalam bidang perdagangan dan industri tentu ini menjadi peluang bagi generasi muda untuk berwirausaha di era revolusi industri 4.0 saat ini Materi yang dibahas dari buku ini mencakup: - Pengantar Kewirausahaan - Membangun Motivasi Berwirausaha - Urgensi Ide Bisnis dan Kreativitas Bagi UMKM - Studi Kelayakan dan Perencanaan Bisnis - Pemasaran Digital Pada UMKM - Eksistensi Teknologi Finansial Bagi UMKM - Faktor-faktor Keberhasilan Kewirausahaan - Inovasi Bisnis Bagi UMKM - Peluang dan Tantangan Wirausaha Masa Kini Keberhasilan merupakan salah satu faktor penting bagi seorang wirausahawan dalam menjalankan sebuah usaha. Faktor-faktor keberhasilan merupakan salah satu hal paling krusial yang harus dirumuskan dengan matang, guna mempermudah menggapai suatu tujuan yang telah ditetapkan demi keberlangsungan berjalannya suatu usaha. Maka, jika seorang wirausahawan dapat merumuskan dengan baik stimulan keberhasilan dari sebuah usaha, dapat dipastikan usaha dapat berjalan dengan baik. Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dosen dan dapat juga dijadikan sebagai referensi bagi pihak yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai manajemen kewirausahaan kontemporer.

Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dosen dan dapat juga dijadikan sebagai referensi bagi pihak yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai manajemen kewirausahaan kontemporer.

Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen pemasaran. Kehadiran buku ini, masih terdapat banyak kekurangan. Kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen ...

Econometrics and the Philosophy of Economics

Theory-data Confrontations in Economics

This work shows that an econometrician with the proper understanding of economic theory and the right kind of questions can gain knowledge about characteristic features of the social world. It addresses varied topics in both classical and Bayesian econometrics.

This work shows that an econometrician with the proper understanding of economic theory and the right kind of questions can gain knowledge about characteristic features of the social world.

Manajemen Keuangan Untuk Wirausaha Mula

Entrepreneurial Finance Series

Buku ini ditulis untuk mengisi kebutuhan para wirausaha dalam memahami seluk- beluk manajemen keuangan yang sesuai untuk pengelolaan bisnis mula. Kebanyakan wirausaha bisnis mula lebih fokus terhadap pembuatan dan pengembangan produk dan layanan jasanya, padahal kemampuan untuk mengelola aspek keuangan bisnis mula sangat menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Karenanya, materi seperti pencatatan keuangan (akuntansi), laporan keuangan beserta analisisnya, dan manajemen arus kas menjadi topik-topik yang mendapat sorotan utama dari penulis. Di samping itu, perlu diketahui juga oleh para pengelola bisnis mula tentang pembiayaan modal kapital, pembiayaan dengan utang maupun pembiayaan dengan ekuitas, serta penilaian kesehatan usaha kecil dan menengah. Buku ini juga cocok digunakan oleh para mahasiswa kewirausahaan yang perlu memahami pengetahuan dasar pengelolaan bisnis mula. Kami berharap semoga buku ini bermanfaat bagi pengembangan kewirausahaan di Indonesia, sekaligus memberikan sumbangan secara tidak langsung untuk peningkatan ekonomi Indonesia yang lebih baik. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini ditulis untuk mengisi kebutuhan para wirausaha dalam memahami seluk- beluk manajemen keuangan yang sesuai untuk pengelolaan bisnis mula.

Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis sering dianggap sebagai rencana bisnis (business plan), namun sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasar terhadap penafsirannya. Rencana bisnis dapat menjadi road map dari para pelaku bisnis. Rencana memiliki tiga pola pertanyaan yang menjadi pedoman: Dimana saya sekarang? Kemana tujuan saya pergi? dan Bagaimana saya mendapatkannya? Rencana bisnis biasanya berbentuk rencana tertulis yang memuat mini tujuan bisnis, cara kerja serta terdapat rincian keuangan atau modal lapisan para owner serta cara manajemen dalam mencapai tujuannya (Megginson, Byrd and Megginson, 2000).

Studi kelayakan bisnis sering dianggap sebagai rencana bisnis (business plan), namun sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasar terhadap penafsirannya.

Hukum Tata Negara

Untuk membuat kerja-kerja ketatanegaraan berjalan sebagaimana mestinya demi memenuhi hak-hak dan hajat hidup rakyat, negara didukung dan berisikan lembaga-lembaga pemerintahan yang masing-masingnya memiliki wewenang dan kekuasaan tertentu, mulai dari eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Dalam kajian akademik, hal-hal semacam itu sangat erat kaitannya dengan kajian hukum tata negara. Sederhananya, ruang lingkup kajian hukum tata negara meliputi struktur umum organisasi negara, lembaga-lembaga negara, hubungan lembaga-lembaga itu satu sama lain, serta kekuasaannya, selain pula soal hak asasi warga negaranya. Dan, buku di tangan pembaca ini kurang lebih dan secara cukup rinci juga akan mengulas soal-soal tersebut. Di dalamnya akan dipaparkan tema-tema krusial yang berkaitan erat dengan kajian hukum tata negara. Pada bab-bab awal, dijelaskan terlebih dahulu terkait tinjauan umum, asas-asas, dan sumber hukum tata negara. Memasuki pertengahan isi buku, bab-babnya mengulas soal konstitusi, lembaga negara, bentuk dan sistem pemerintahan, hingga hak asasi manusia. Pada bagian-bagian akhir, tema-tema yang diangkat seputar pemerintahan daerah, pemilu dan pemilukada, hingga soal kewarganegaraan.

Di dalamnya akan dipaparkan tema-tema krusial yang berkaitan erat dengan kajian hukum tata negara. Pada bab-bab awal, dijelaskan terlebih dahulu terkait tinjauan umum, asas-asas, dan sumber hukum tata negara.