Sebanyak 1425 item atau buku ditemukan

Manajemen Strategis Perusahaan (Corporate Strategic Management).

Strategic management is the effort of managing an organization's resources to achieve its goals and objectives, by involving setting goals, analyzing the competitive environment, analyzing internal organizations, evaluating strategies, and ensuring that management rolls out strategies throughout the organization.Strategic management is divided into several schools of thought, namely (1) a prescriptive approach to strategic management describes how strategy should be developed, (2) a descriptive approach focuses on how strategy should be put into practice.In business, strategic management is important because it allows a company to analyze areas for improving its operational effectiveness, by identifying potential threats and opportunities, or simply following general guidelines. Given the organizational structure, companies may choose to follow a prescriptive or descriptive approach to strategic management. Furthermore, if a prescriptive model is applied, it means that strategies are outlined for development and implementation. In contrast, a descriptive approach describes how companies can develop this management strategy.Indonesian abstract :Manajemen strategis adalah upaya pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan dan sasarannya, dengan melibatkan penetapan tujuan, menganalisis lingkungan kompetitif, menganalisis organisasi internal, mengevaluasi strategi, dan memastikan bahwa manajemen meluncurkan strategi di seluruh organisasi. Manajemen strategis dibagi menjadi beberapa aliran pemikiran , yaitu (1) Pendekatan preskriptif untuk manajemen strategis menguraikan bagaimana strategi harus dikembangkan, (2) pendekatan deskriptif berfokus pada bagaimana strategi harus dipraktikkan. Dalam bisnis, manajemen strategis penting karena memungkinkan perusahaan untuk menganalisis area untuk peningkatan keefektifan operasionalnya, dengan mengidentifikasi potensi ancaman dan peluang, atau hanya mengikuti pedoman umum. Mengingat struktur organisasi, perusahaan dapat memilih untuk mengikuti pendekatan preskriptif atau deskriptif untuk manajemen strategis. Selanjutnya, jika diterapkan model preskriptif, maka berarti strategi diuraikan untuk pengembangan dan pelaksanaan. Sebaliknya, pendekatan deskriptif menggambarkan bagaimana perusahaan dapat mengembangkan manajemen strategi ini.

Strategic management is the effort of managing an organization's resources to achieve its goals and objectives, by involving setting goals, analyzing the competitive environment, analyzing internal organizations, evaluating strategies, and ...

Perekonomian Indonesia

Buku ini merupakan buku ajar yang penulis susun dalam rangka menyediakan bahan ajar dan bacaan bagi mahasiswa maupun dosen pada Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi. Buku ini terdiri dari 10 bab yang menjelaskan mengenai kondisi perekonomian di Indonesia, sebelum masa kemerdekaan, setelah Indonesia Merdeka, masa reformasi, dan kondisi perekonomian saat ini, serta kebijakan perekonomian yang telah dibuat selama periode yang berbeda. Soal latihan dan tambahan kasus diberikan diakhir setiap bab untuk memudahkan pembaca memahami materi.

Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi.

Kasus Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 5

embelajaran kasus sejatinya merupakan metode yang telah lama digunakan dalam pendidikan di bidang bisnis, hukum, kedokteran, hingga ilmu sosial. Metode ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemampuan untuk menangkap kompleksitas dan ambiguitas yang lazim dijumpai di dunia nyata. Metode kasus juga melatih aplikasi pendekatan yang lintas disiplin dan multiperspektif. Kelebihan-kelebihan semacam itulah yang tidak dapat diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan tradisional. Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia 5 ini merupakan kelanjutan dari seri terdahulu yang telah sukses digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan di berbagai sekolah bisnis di Indonesia. Namun, perubahan dan dinamika dunia bisnis yang terus bergulir dengan cepat menuntut pembaruan serta inovasi tanpa henti. Untuk menjadikan pengajaran bisnis dan manajemen tetap relevan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, kasus-kasus yang baru dan berbeda mutlak terus dibutuhkan. Kasus-kasus bahasan merupakan fenomena, kejadian, peristiwa, dan situasi yang diangkat dari beragam kejadian nyata. Kasus-kasus tersebut merepresentasikan realitas dan kompleksitas dunia bisnis dan manajemen di Indonesia. Semua kasus melibatkan unsur dilema, konflik, dan permasalahan manajemen bisnis yang sedang dihadapi dan perlu diselesaikan oleh pelaku atau protagonis di dalamnya. Oleh karenanya, diharapkan kasus-kasus tersebut mampu mendorong diskusi dan partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan. Bagi mahasiswa, diskusi dan partisipasi dapat membantu mereka mengidentifikasi parameter dalam memetakan masalah, mengenali dan mengartikulasikan posisi yang diambil, mengevaluasi pilihan-pilihan yang tersedia, dan mendiskusikan berbagai perspektif yang berbeda. Pada akhirnya, kasus-kasus semacam ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang teori dan konsep manajemen bisnis yang lebih komprehensif, tetapi juga mampu menjembatani “knowing-doing gap” yang menjadi kepelikan dalam pengelolaan pendidikan bisnis, yaitu mengintegrasikan teori dengan realitas.

... marketing dari University of Agder (UiA), Norwegia pada tahun 2009; dan terakhir, penulis sedang menyelesaikan jenjang pendidikan S-3 dalam bidang strategic management dari Departemen Strategi dan Manajemen dari Norwegian School ...

Ilmu Akhlak

Mata kuliah Ilmu Akhlak merupakan mata kuliah yang sangat penting di perguruan tinggi Islam, mengingat akhlak merupakan benteng moralitas bagi para mahasiswa. Untuk itu, diperlukan referensi khusus yang mengkaji ilmu akhlak secara lengkap. Buku ini mengulas konsep ilmu akhlak secara menyeluruh, mulai dari pengertian ilmu akhlak, sejarah perkembangannya, kedudukan akhlak dalam Islam, hingga hubungan ilmu akhlak dengan berbagai disiplin ilmu lainnya. Selain itu, buku ini juga menyajikan kriteria baik dan buruk dalam Islam, serta contoh-contoh akhlak mahmudah dan akhlak madzumumah. Disusun berdasarkan kurikulum dan silabus terbaru Dirijen Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, membuat buku ini sangat tepat dijadikan referensi utama mata kuliah Ilmu Akhlak. Buku ini juga cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami akhlak secara mendalam dan menyeluruh.

Mata kuliah Ilmu Akhlak merupakan mata kuliah yang sangat penting di perguruan tinggi Islam, mengingat akhlak merupakan benteng moralitas bagi para mahasiswa. Untuk itu, diperlukan referensi khusus yang mengkaji ilmu akhlak secara lengkap.

Digital Activism and the Global Middle Class

Generation Hashtag

This book examines the causes of a growing wave of digital activism across developing countries, arguing that it is driven by social change, rather than technological advancement alone. Beginning with an investigation into the modernization of ‘middle-income countries’ and its ramifications for political culture, the book examines large-scale social media protest during political controversies in Indonesia. The book connects empirical evidence to classic theories of value change and political behaviour. It departs from a narrow ‘digital divide’ framing whereby Internet access produces Internet activism. It introduces the concepts of ‘digital self-expression’ and of ‘middle-class struggles’ to capture the value-stratified nature of political engagement in the online sphere. Drawing on a blend of ‘big-data’ text analyses, representative opinion research, and socioeconomic household analyses, a rich picture of the determinants of digital activism emerges. This truly cross-disciplinary book will appeal particularly to students and scholars in Political Science, Sociology, International Development, and Communication, but also to anyone eager to learn about political activism, social transformation, and new media from a global perspective.

This book examines the causes of a growing wave of digital activism across developing countries, arguing that it is driven by social change, rather than technological advancement alone.

DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM

Buku ini hadir sebagai jawaban atas berkembangnya evolusi bidang pemasaran yang semakin tak terbendung. Sebuah triger dari dampak pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan sendi kehidupan tak ayal mereduksi sebuah teknik pemasaran konvesional menjadi tidak efektif di berbagai penjuru dunia. Sosial distancing yang menjadi regulasi di berbagai negara tak ayal memaksa para pelaku bidang pemasaran untuk merumuskan cara baru dalam strategi pemasaran yang sempat shock oleh bencana terbesar abad ini. Tak ayal seiring dengan berkembangnya teknologi dan sistem informasi yang semakin masif belakangan ini mendorong pelaku usaha berkolaborasi memasarkan produk mereka dalam platform yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Jauh sebelum pandemi melanda, perkembangan dunia digital mengalami lonjakan yang signifikan, mereka merambah ruang-ruang menerobos batasan dan sekat-sekat yang sebelumnya seakan mustahil untuk ditaklukkan. Benar, dunia digital saat ini bagaikan raksasa tidur yang terbangun dari keheningan. Ia mampu menembus batas terdalam diri kita melalui gadget yang hadir dimanapun kita membutuhkannya hanya di genggaman dan melalui sebuah sentuhan dan dunia pun terbuka lebar memenuhi keinginan kita. Melalui buku ini pembaca akan dibimbing menjadi seorang yang diharapkan mampu menjawab tantangan zaman di bidang pemasaran khususnya digital marketing. Para mahasiswa maupun pelaku UMKM dalam mengimplementasikan digital marketing sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien menuju tataran dunia baru, semoga.

Buku ini hadir sebagai jawaban atas berkembangnya evolusi bidang pemasaran yang semakin tak terbendung.

Peran Agama dan Tingkat Spiritualitas: Keputusan dalam Memilih Bank Syariah di Indonesia

Bank Syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip Syariah. Bank Syariah memiliki 4 prinsip, yaitu mudharaba, musharaka, murabahah, dan ijarah serta pembagian keuntungan dan kerugian di antara peserta kelompok. Indonesia merupakan salah satu target Bank Syariah mengingat masyarakat Indonesia mayoritas menganut agama Islam. Namun, sebagian besar dari masyarakat Muslim Indonesia tidak menjadikan bank Syariah sebagai opsi perbankan mereka, melainkan lebih memilih bank konvensional. Buku “PERAN AGAMA DAN TINGKAT SPIRITUALITAS: Keputusan dalam Memilih Bank Syariah di Indonesia” ini berisi tiga riset yang dilakukan oleh penulis guna mengetahui hal yang mempengaruhi pilihan dan pengambilan keputusan konsumen. Hasil penelitiain yang disajikan dalam buku ini, yaitu: (1) Kesadaran dan Perilaku pada Pilihan Pengguna Muslim; Peran dari Keagamaan; (2) Komitmen dan Materialisme Konsumen terhadap Perbankan Syariah: Peran Keagamaan; dan (3) Penentu yang Diadopsi Perbankan Konvensional dan Syariah: Studi Kasus Indonesia. Semoga Bermanfaat.

... Syariah dan konvensional bank menerapkan pembagian untung dan rugi dan menghindari kolaborasi dalam alkohol, merokok, dan kegiatan spekulasi. Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut dual banking system dimana Bank Syariah ...

Dasar-dasar penyiaran

sejarah Organisasi, Operasional, dan Regulasi

Perjalanan sejarah teknologi media pentiaran tersebut merupakan bagian awal dari empat bagian utama buku ini yang menghadirkan gambaran utuh latar belakang perkembangan teknologi media penyiaran serta sejarah new media (digital). Perkembangan ini kemudian dijadikan dasar pembahasan bagian selanjutnya yaitu berbagai teori komunikasi yang berkaitan dengan penyiaran, bagaimana organisasi media penyiaran terbentuk, dibentuk dan bertransformasi menjadi organisasi modern yang profesional lengkap dengan berbagai hal yang berkaitan dengan program dan proses penyiaran. Ketiga bagian utama ini kemudian ditutup dengan bahasan lengkap berkaitan dengan regulasi penyiaran dan pertelivisan yang membingkai industri penyiaran-terutama radio dan televisi-khususnya di Indonesia Pada Edisi Kedua ini ditambahkan pula satu bab khusus membahas tentang (konsep sistem stasiun jaringan). Konsep ini berkaitan dengan berbagai bidang kebijakan baru dalam penyiaran yang melahirkan seperangkat peraturan dan regulasi dengan tujuan pemerataan dan keadilan. Cakupan bahasan yang luas dan sistematia penyampaian keempat bagian utama tersebut dialiran dengan gaya bahasa yang sederhana, memudahan pemahaman terhadap materi, yang dilengkapi dengan berbagai contoh serta ilustrasi guna menjembatani deskripsi skriptural dengan gambaran aktual di lapangan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup #PrenadaMedia

... basic lighting tersebut , dilihat dari sisi ting- kat iluminasi lampu ialah 100 % untuk key light , 120 % untuk back light , Gambar 19 Pengaruh iluminasi fill light ( bayangan menjadi soft ) . 14 8059 minolta 345 minolla ( a ) Gambar 20.

DIGITAL MARKETING

Buku ini terbagi menjadi 5 bab yang mengulas berbagai dimensi dan dinamika pemasaran digital. Dalam bab pertama, uraian difokuskan kepada dasar-dasar pemasaran digital yang mencakup bagaimana teknologi digital mengubah pemasaran, introduksi strategi pemasaran digital, kisaran pertumbuhan platform pemasaran digital, alternatif model bisnis digital, kerangka pengembangan strategi pemasaran digital, dan introduksi komunikasi digital marketing

Dalam bab pertama, uraian difokuskan kepada dasar-dasar pemasaran digital yang mencakup bagaimana teknologi digital mengubah pemasaran, introduksi strategi pemasaran digital, kisaran pertumbuhan platform pemasaran digital, alternatif model ...