Sebanyak 3568 item atau buku ditemukan

Perilaku Organisasi

Judul : Perilaku Organisasi Penulis : Edwin Perdana Adiwijaya & Ali Imron Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 324 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-91-7 No. E-ISBN : 978-634-7168-90-0 (PDF) Terbitan : Maret 2025 SINOPSIS Buku Perilaku Organisasi ini menyajikan kajian mendalam tentang bagaimana individu dan kelompok berinteraksi di lingkungan kerja, serta dampaknya pada kinerja organisasi. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini mengupas berbagai faktor yang memengaruhi perilaku organisasi, seperti budaya, motivasi, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. Selain itu, buku ini juga membahas isu-isu terkini seperti perubahan organisasi, inovasi, dan pengaruh teknologi dalam dunia kerja. Ditujukan bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi manajemen, buku ini dirancang sebagai panduan esensial untuk memahami serta mengelola perilaku organisasi secara efektif. Dengan pendekatan sistematis dan penggunaan studi kasus yang relevan, pembaca akan mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan. Buku ini menawarkan perspektif yang kaya dan mendalam tentang dinamika organisasi, menjadikannya sumber daya yang tak ternilai bagi siapa saja yang tertarik dalam pengembangan organisasi dan manajemen sumber daya manusia.

... Organizational Behavior (19th ed.). Pearson. Greenberg, J. (2020). Behavior in Organizations (11th ed.). Pearson. Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2021). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment ...

ESENSI PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN: Teori dan Praktik

Pengukuran dan evaluasi pendidikan merupakan komponen krusial dalam proses pembelajaran yang efektif. Buku ini mengupas tuntas esensi pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, menggabungkan teori mendalam dengan praktik nyata yang relevan di lapangan. Dengan pendekatan yang sistematis, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar hingga aplikasi praktis, mencakup berbagai metode penilaian yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ditulis oleh ahli di bidangnya, buku ini adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pendidik, peneliti, dan mahasiswa yang ingin memahami dan menerapkan pengukuran serta evaluasi pendidikan secara komprehensif dan tepat. Berbeda dari buku evaluasi pendidikan lainnya, buku ini tidak hanya menyajikan teori dan konsep, tetapi juga dilengkapi dengan studi kasus nyata, panduan langkah demi langkah, dan alat evaluasi yang dapat langsung digunakan. Selain itu, buku ini juga menyoroti perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi. Dengan demikian, buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

... teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi . Dengan demikian , buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan ...

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi)

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif. Buku ini terdiri dari 10 bab yang berisi pembahasan tentang konsep dasar media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI, pemilihan media pembelajaran, pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran. Pada bagian pertama disajikan konsep dasar media pembelajaran, landasan penggunaan, ciri-ciri, fungsi, dan kegunaan media pembelajaran. Selanjutnya, pembaca akan diperkenalkan dengan jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI serta pendekatan proses pemilihan media, faktor-faktor dalam pemilihan media, dan kriteria pemilihan media. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, dan pengembangan media pembelajaran model ADDIE, dan evaluasi media pembelajaran. Buku ini juga dilengkapi dengan panduan dan langkah-langkah dalam membuat media pembelajaran sederhana, manual media pembelajaran, serta cara membuat visual. Selain itu, para pembaca juga akan belajar tentang cara memilih sumber belajar yang tepat dan manfaat dari pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Buku ini cocok untuk guru-guru dan mahasiswa yang ingin mempelajari pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami konsep dasar, karakteristik, pemilihan, pemanfaatan, pembuatan, pengembangan, sumber belajar, dan evaluasi media pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam.

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan. Tentu urgensinya keadaan bangsa yang saat ini masih krisis sumber daya manusia yang berkualitas. Peringkat daya saing Indonesia turun dari peringkat 37 pada 2021 ke peringkat 44 pada 2022 (Survei World Competitiveness Yearbook (WCY) 2022 yang dilakukan oleh Institut Management Development (IMD), Swiss. Realita ini berhubungan dengan kualitas sumber daya manusia yang juga secara langsung terhubung dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Realita ini akhirnya menuntut pada suatu inovasi, kreasi serta manajemen yang harus dilakukan agar peningkatan sumber daya manusia meningkat signifikan. Buku ini, akan menuntun pembaca pada sebuah inovasi, kreasi dan manajemen yang secara signifikan mampu meningkatkan sumber daya manusia.

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan.

Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern. Dimulai dengan pembahasan fundamental tentang pengertian, ruang lingkup, dan sejarah perkembangan teknologi pembelajaran, buku ini memberikan landasan kuat bagi pembaca untuk memahami pentingnya teknologi pembelajaran di era digital. Dalam pembahasan selanjutnya, buku ini secara sistematis mengeksplorasi berbagai model dan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, mulai dari Computer-Based Training (CBT), Web-Based Learning (WBL), hingga inovasi terkini seperti Mobile Learning, Virtual Reality, dan Augmented Reality. Setiap bentuk teknologi pembelajaran dibahas secara mendalam mencakup konsep, karakteristik, jenis, pengembangan, dan evaluasinya, memberikan pemahaman yang utuh tentang implementasi teknologi dalam pembelajaran. Pada bagian akhir, buku ini membahas tren dan inovasi teknologi pembelajaran masa depan, termasuk peran Artificial Intelligence (AI), Big Data, Internet of Things (IoT), dan Blockchain dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini juga mengangkat isu-isu kritis seperti tantangan implementasi dan etika penggunaan teknologi pembelajaran, serta memberikan arahan dan rekomendasi untuk pengembangan teknologi pembelajaran di masa depan, menjadikannya sebagai referensi yang sangat relevan bagi para pendidik dan praktisi pendidikan dalam menghadapi transformasi digital di dunia pendidikan.

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern.

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan bentuk evaluasi yang mendidik. Maka istilah evalusi pendidikan dimaknai sebagai proses untuk menentukan tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi bentuk evaluasi yang diberikan kepada siswa harus sesuai prinsip dan prosedur UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya buku ini sedikit banyak akan memaparkan konsep evaluasi pendidikan sesuai kontekstual pendidikan agama Islam masa kini. Ada berbagai tingkat pendidikan yang dikemas dalam buku ini. Harapannya buku ini mampu membuka pemikiran pembaca untuk menciptakan peluang dan solusi menghadapi tantangan evaluasi pendidikan saat ini.

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian.

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgensi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik, supervisi pendidikan, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen konflik, dan manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan. Manajemen pendidikan adalah serangkaian proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ini mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, administrator, dan staf pendidikan lainnya untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan lancar dan hasil yang diinginkan tercapai.

... Student-Centered Leadership. San Francisco: Jossey-Bass. Ruslan Rosady. 2005. Manajemen Public Relation & Media ... Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta ...

Belajar Praktis Hukum Administrasi Negara

Penulis berharap kehadiran buku ini dapat membantu mahasiswa memahami Hukum Administrasi Negara secara praktis. Keinginan penulis membuat buku ini menjadi impian agar setidaknya mahasiswa menjadi pribadi yang mudah dalam memahami materi perkuliahan, khususnya materi Hukum Administrasi Negara. Mata Kuliah Hukum Administrasi Negara merupakan mata kuliah bersyarat, jika mahasiswa tidak dapat menyelesaikan atau lulus mata kuliah ini, secara otomatis mata kuliah selanjutnya tidak dapat di tempuh. Maka dari itu mahasiwa harus mampu menguasai materi perkulah setiap semesternya salah satunya mata kuliah ini. Materi pembahasan Hukum Administrasi Negara dalam buku ini disusun secara sistematis, sehingga pembaca mudah memahami pokok-pokok materi yang tersaji sesuai dengan RPS yang ada para Mata Kuliah ini. Apabila terdapat kekurangan, saran yang membangun terbuka untuk penulis agar kedepan buku ini dapat sempurna sesuai dengan yang diharapkan.

Penulis berharap kehadiran buku ini dapat membantu mahasiswa memahami Hukum Administrasi Negara secara praktis.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Pengantar Ringkas

Secara umum, buku yang berada di hadapan pembaca berisi tentang seluk beluk penelitian pendidikan, serupa padu-padan konten materi metodologi penelitian pendidikan seperti yang telah ditegaskan oleh Lodico et al., Cohen et al., Best & Kahn (2006), Fraenkel et al., Ary et al., Creswell, Bogdan & Biklen, Sugiyono (2018), Arikunto (2015), Emzir (2013) dan sumber-sumber lain yang mendukung secara teori dan praksis empiris. Pada bagian pertama yang memuat pengantar, terdiri dari: pendekatan ilmiah dalam penelitian pendidikan, novelty – state of the arts, pendekatan dalam penelitian pendidikan, populasi dan sampel, instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas, analisis data dan uji hipotesis. Adapun pada bagian kedua, penelitian kuantatif, memuat berbagai hal mengenai: penelitian korelasional, penelitian ex-post facto, dan penelitian eksperimental. Sedangkan di bagian ketiga: penelitian kualitatif, memuat penelitian deskriptif dan analisis isi, penelitian studi kasus, dan etnografi pembelajaran. Terakhir, pada bagian keempat: penelitian gabungan (mixed methods), di dalamnya terdiri dari materi mengenai penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan (R&D). Penerbit Garudhawaca.

Secara umum, buku yang berada di hadapan pembaca berisi tentang seluk beluk penelitian pendidikan, serupa padu-padan konten materi metodologi penelitian pendidikan seperti yang telah ditegaskan oleh Lodico et al.