Sebanyak 34 item atau buku ditemukan

MATURITAS TINDAKAN MODERASI BERAGAMA DALAM TRADISI ADAT MASYARAKAT DAYAN GUNUNG

Tradisi adat memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di sejumlah wilayah sebagai wahana untuk mengatasi tantangan hidup dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat penduduknya, baik secara personal maupun secara komunal. Berkenaan dengan itu pelestarian tradisi adat yang memiliki nilai-nilai penting bagi kehidupan masyarakat masih bisa ditemukan dan sekaligus masih dipraktikkan dalam kehidupan komunitasnya dengan sejumlah adaptasi sebagai penyesuaian dengan dinamika dan perkembangan peradaban yang terjadi di lingkungannya. Fenomena tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan adat yang diaktualisasikan oleh masyarakat dayan gunung, khususnya di wilayah Desa Selelos, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Ada dua tradisi adat yang masih dilestarikan keberadaannya oleh masyarakat dayan gunung, yaitu tradisi memarek yang dilaksanakan di Bebekek dan tradisi ngaji selawat selamet gumi yang dilaksanakan di Berangkak Desa Selelos. Kedua tradisi adat yang dilaksanakan oleh masyarakat dayan gunung tersebut memiliki keutamaan berupa keterlibatan masyarakat lintas etnis dan multiagama. Para partisipan yang ikut aktif dalam tradisi adat memarek, yakni Sasak-Islam, Bali-Hindu, dan SasakBuddha yang secara bersama-sama melaksanakan ritual sesuai dengan tata cara masing-masing kelompok pemeluk agama. Analog dengan itu, dalam pelaksanaan tradisi adat ngaji selawat selamet gumi yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali juga ada peran serta yang berasal dari masyarakat, khususnya Sasak-Islam dan Bali-Hindu. Para partisipan dalam kedua tradisi adat tersebut dalam dimensi vertikal menyandarkan keyakinan kehadapan kekuatan gaib yang diyakini berada pada lokasi ritual memberikan pengaruh terhadap kehidupan mereka sehingga pelaksanaan tradisi adat tersebut sangat khusuk. Dimensi horizontal dalam pelaksanaan tradisi adat tersebut bertendensi membangun dan menguatkan hubungan-hubungan sosial di kalangan para pesertanya. Berkenaan dengan itu, hubunganhubungan sosial tersebut sebagai energi sosial yang berdisposisi membangun kesadaran multikultural yang akumulasinya berada pada terbangunnya harmoni sosial. Hubungan-hubungan sosial dalam konteks ini mengimplikasikan maturitas sikap dan tindakan moderasi beragama di tengah pluralitas kehidupan sosial. Peristiwa tersebut bersinergi dengan target yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia berupa moderasi beragama yang menjadi landasan dalam mewujudkan kerukunan hidup.

Tradisi adat memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di sejumlah wilayah sebagai wahana untuk mengatasi tantangan hidup dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat penduduknya, baik secara personal maupun ...

PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA PASRAMAN

Tindakan radikalisme dan intoleransi yang mengancam keharmonisan sosial telah merasuki lingkungan pendidikan, mempengaruhi sebagian mahasiswa dan pelajar dengan pandangan yang anti Pancasila. Upaya mendesak diperlukan untuk menangani situasi ini sebelum kerusakan yang lebih luas terjadi. Buku ini membahas terkait penguatan nilai moderasi beragama pasraman, didalamnya dibahas terkait, pengembangan kurikulum yang diterpkan, peran pasraman dan strategi pasraman dalam penguatan penanaman nilai moderasi beragama.

Buku ini membahas terkait penguatan nilai moderasi beragama pasraman, didalamnya dibahas terkait, pengembangan kurikulum yang diterpkan, peran pasraman dan strategi pasraman dalam penguatan penanaman nilai moderasi beragama.

Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Buku dengan judul “Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” dilatarbelakangi permasalahan sosial pada masyarakat Indonesia yang hampir dialami oleh setiap daerah di Indonesia yang masih banyak belum begitu memahami tentang budaya bangsa yang multikultur Salah satu masalah sosial pada masyarakat adalah masih kurangnya sikap bertoleransi dan saling menghargai serta menghormati antar sesama warga sehingga kadang terjadi gesekan yang akan menimbulkan keretakan tali persaudaraan sesama warga. Buku “Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” ini membahas tentang Urgensi Multikulturalisme, Konsep Penanaman Nilai, Definisi Penanaman Nilai, Pengertian Penanaman, Pengertian Nilai, Tahapan Penanaman Nilai, Macam - Macam Nilai, Pendekatan Penanaman Nilai, Konsep Multikultural, Pengertian Multikultural, Nilai-nilai Multikultural, Pendekatan Pendidikan Multikultural, Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Derivasinya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Implementasi Penanaman Nilai Multikultural pada Pendidikan Agama Islam, Kemampuan dosen dalam mengajar, Metode penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Buku ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah dan masyarakat pada bidang pendidikan terutama pada sisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar para pelajar baik tingkat dasar sampai perguruan tinggi memiliki wawasan bagaimana bersikap dan bertindak terhadap sesama yang multicultural.

... multikultural dan kemudian menerapkan ... Multicultural Education : Historical Development , Dimension , and Practice , USA : Review of Research in Education . hal 35 c . An equity paedagogy , yaitu menyesuaikan metode pengajaran 36.

Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Buku ini dirancang sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Bahasa Indonesia pada Universitas Halu Oleo, lebih khusus diperuntukan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian sesuai dengan KKNI merdeka belajar yang digambarkan secara umum dan disetiap akhir pembelajaran disajikan soal-soal latihan bagi mahasiswa. Buku ini terdiri atas enam Bab. Pembelajaran disajikan dalam enam belas kali pertemuan, sebagai berikut: Bab I memahami tentang Hakikat, Fungsi, Ragam dan Manfaat Bahasa Indonesia, Bab II Pembakuan Bahasa Indonesia, Bab III Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia, Bab IV Keterampilan Berbahasa Indonesia, Bab V Pengembangan Paragraf dalam Kalimat, dan Bab VI Menulis Karya Ilmiah.

Buku ini dirancang sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Bahasa Indonesia pada Universitas Halu Oleo, lebih khusus diperuntukan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo.

BUKU AJAR MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS SEKOLAH

Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah untuk pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan yang optimal. Manajemen peserta didik juga mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik dari mulai masuk sekolah sampai lulus sekolah. Pengaturan kegiatan peserta didik tersebut diarahkan pada peningkatan mutu kegiatan pembelajaran baik intra maupun ekstrakurikuler, sehingga memberikan konstribusi bagi pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah serta tujuan pendidikan secara keseluruhan.

Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah untuk pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan yang optimal.

Implementasi Moderasi Beragama

Moderasi beragama merupakan konsepsi yang dapat membangun sikap toleran dan rukun guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, menguraikan tentang beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan guna menciptakan keberagaman yang inklusif. Secara umum, terdapat alasan penting untuk menghubungkan antara Mahasiswa dengan moderasi, yaitu terkait penguatan pemahaman tentang moderasi dan paham keagamaan dalam pendidikan Mahasiswa. Alasan penguatan pemahaman keagamaan ini memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan dengan upaya untuk menanggulangi munculnya pemikiran keagamaan konservatif dikalangan mahasiswa yang masih enggan menerima realitas keragaman dan perbedaan. Pemahaman keagamaan tersebut secara umum lebih cenderung mengarah pada upaya memunculkan identitas baru dalam mengekspresikan sikap keagamaannya yang resisten terhadap budaya dan kearifan lokal, bahkan mengarah pada sikap enggan untuk menerima dasar negara.

Moderasi beragama merupakan konsepsi yang dapat membangun sikap toleran dan rukun guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, menguraikan tentang beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan guna menciptakan keberagaman yang inklusif.

Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran

Dalam Perspektif Pragmatis

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis. Antara kurikulum dengan pembelajaran ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan acuan operasional bagi guru untuk melaksanan kegiatan pembelajaran, sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis, adalah sebuah buku yang mengurai kurikulum dan pembelajaran secara pragmatis. Paparan isi buku ini, tidak hanya mengemukakan konsep dan teori-teori bermakna, tetapi juga mengungkap secara gamblang bagaimana menerapkan suatu kurikulum dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran dalam buku ini menggunakan pendekatan implementatif dan kontekstual. Pendekatan implementatif penting dikemukakan untuk melihat secara jelas teori konseptual tertuang dalam praktik-praktik operasional di lapangan. Sementara pendekatan kontekstual dibutuhkan mengingat latar belakang dan kondisi pengguna kurikulum adalah berbeda-beda. Buku ini mengurai filosofi kurikulum mengingat masih terdapat pemahaman kurang lengkap terutama di kalangan tenaga pendidik di SD mengenai kurikulum. Akibatnya, pemahaman yang kurang lengkap tersebut, dapat berdampak pada implementasinya dalam bentuk kegiatan pembelajaran ril kepada peserta didik. Buku ini berusaha menjembatani pemahaman tenaga pendidik tersebut dengan memaparkan konsep kurikulum dalam berbagai aspek dan sudut pandang. Buku ini berisi tentang berbagai isu terkait kurikulum dan beragam dimensi terkait pembelajaran. Kedua mainstream isu tersebut ditata ke dalam 9 Bab dan 38 Sub-bab. Kesembilan Bab tersebut tereksplorasi secara berturut-turut meliputi Hakikat Kurikulum, Isi Kurikulum, Kurikulum Berkarakter, Implementasi Kurikulum, Kondusifitas Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran Tematik-Integratif, Model-model Pembelajaran Kontemporer, Lesson Study dan Kompetensi Guru. Kurikulum dan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan lesson study. Lesson study, merupakan salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kajian pembelajaran kolaboratif. Isi Sub-sub bab dipaparkan secara lugas dan sistematis serta diperjelas dengan contoh-contoh konkret untuk memudahkan pembaca menangkap isi dan maknanya. Dengan demikian, buku ini sangat cocok dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan atau siapa saja pembaca yang tertarik untuk mengembangkan wawasan mengenai kurikulum dan pembelajaran di sekolah.

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis.

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Di mana sekarang ini telah terjadi pergolakan perekonomian global ke arah industri kreatif. Di mana produk dari industri kreatif biasanya memiliki ciri atau khas yang khusus sulit untuk ditiru dan memiliki suatu keunikan sehingga produk ini dapat bertahan dalam situasi perekonomian yang sedang sulit dan sangat membantu tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia. Serta memiliki dampak yang luas terhadap sektor lain sehingga dapat mengangkat citra Bangsa di mata dunia.

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah

Konsep, pemikiran, dan informasi yang diuraikan dalam buku ini merupakan hasil kajian teoritis dan pengalaman empiris. Uraian ini dimaksudkan untuk mengajak para pembaca berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Buku ini menyajikan: pengertian asesmen pembelajaran dan kurikulum merdeka, tujuan dan fungsi asesmen pembelajaran, prinsip, ruang lingkup, dan objek asesmen pembelajaran, macam-macam dan bentuk-bentuk asesmen pada pembelajaran kurikulum merdeka, perencanaan asesmen, pelaksanaan asesmen kurikulum merdeka, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen, dan refleksi serta tindak lanjut hasil asesmen.

Uraian ini dimaksudkan untuk mengajak para pembaca berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka.

MATEMATIKA BISNIS

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana proses pengimplementasian itu dilakukan dengan memberikan beberapa contoh-contoh khusus yang sudah “build-in” dalam Matematika Bisnis, sehingga mahasiswa diharapkan dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Disamping itu mahasiswa dapat secara manual maupun menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan kasus-kasus dalam Matematika Bisnis. Membuat pemrograman dalam bahasa nonprosedural yang bersifat singkat dan lugas namun dapat mengatasi semua masalah-masalah kompleks dalam matematika, khususnya dalam Matematika Bisnis. Banyak contoh-contoh dan soal latihan disajikan dalam buku ini, meliputi: Fungsi, Barisan dan Deret, Kalkulus, Matriks, Differensial.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana proses pengimplementasian itu dilakukan dengan memberikan beberapa contoh-contoh khusus yang sudah “build-in” dalam Matematika Bisnis, sehingga mahasiswa diharapkan dapat dengan mudah menyelesaikan ...