Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran

Dalam Perspektif Pragmatis

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis. Antara kurikulum dengan pembelajaran ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan acuan operasional bagi guru untuk melaksanan kegiatan pembelajaran, sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis, adalah sebuah buku yang mengurai kurikulum dan pembelajaran secara pragmatis. Paparan isi buku ini, tidak hanya mengemukakan konsep dan teori-teori bermakna, tetapi juga mengungkap secara gamblang bagaimana menerapkan suatu kurikulum dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran dalam buku ini menggunakan pendekatan implementatif dan kontekstual. Pendekatan implementatif penting dikemukakan untuk melihat secara jelas teori konseptual tertuang dalam praktik-praktik operasional di lapangan. Sementara pendekatan kontekstual dibutuhkan mengingat latar belakang dan kondisi pengguna kurikulum adalah berbeda-beda. Buku ini mengurai filosofi kurikulum mengingat masih terdapat pemahaman kurang lengkap terutama di kalangan tenaga pendidik di SD mengenai kurikulum. Akibatnya, pemahaman yang kurang lengkap tersebut, dapat berdampak pada implementasinya dalam bentuk kegiatan pembelajaran ril kepada peserta didik. Buku ini berusaha menjembatani pemahaman tenaga pendidik tersebut dengan memaparkan konsep kurikulum dalam berbagai aspek dan sudut pandang. Buku ini berisi tentang berbagai isu terkait kurikulum dan beragam dimensi terkait pembelajaran. Kedua mainstream isu tersebut ditata ke dalam 9 Bab dan 38 Sub-bab. Kesembilan Bab tersebut tereksplorasi secara berturut-turut meliputi Hakikat Kurikulum, Isi Kurikulum, Kurikulum Berkarakter, Implementasi Kurikulum, Kondusifitas Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran Tematik-Integratif, Model-model Pembelajaran Kontemporer, Lesson Study dan Kompetensi Guru. Kurikulum dan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan lesson study. Lesson study, merupakan salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kajian pembelajaran kolaboratif. Isi Sub-sub bab dipaparkan secara lugas dan sistematis serta diperjelas dengan contoh-contoh konkret untuk memudahkan pembaca menangkap isi dan maknanya. Dengan demikian, buku ini sangat cocok dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan atau siapa saja pembaca yang tertarik untuk mengembangkan wawasan mengenai kurikulum dan pembelajaran di sekolah.

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis.