Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Buku ini dirancang sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Bahasa Indonesia pada Universitas Halu Oleo, lebih khusus diperuntukan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian sesuai dengan KKNI merdeka belajar yang digambarkan secara umum dan disetiap akhir pembelajaran disajikan soal-soal latihan bagi mahasiswa. Buku ini terdiri atas enam Bab. Pembelajaran disajikan dalam enam belas kali pertemuan, sebagai berikut: Bab I memahami tentang Hakikat, Fungsi, Ragam dan Manfaat Bahasa Indonesia, Bab II Pembakuan Bahasa Indonesia, Bab III Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia, Bab IV Keterampilan Berbahasa Indonesia, Bab V Pengembangan Paragraf dalam Kalimat, dan Bab VI Menulis Karya Ilmiah.

Buku ini dirancang sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Bahasa Indonesia pada Universitas Halu Oleo, lebih khusus diperuntukan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo.

Bahan Ajar Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah

Matakuliah bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena penguasaan atas bahasa Indonesia dapat dijadikan ukuran nasionalisme seseorang sebagai bangsa Indonesia. Selain itu matakuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir ide dan gagasan dalam berkomunikasi kepada pihak lain sehingga terjadi interaksi antar ide daan gagasan yang berkesinambungan dan menghasilkan transfer ilmu dan pengeloaan berjalan secara efektif. Pada semester ini dihasilkan rencana pembelajaran secara rinci, beserta bahan ajar yang kami harapkan. Terampil berbahasa Indonesia dengan benar dan baik, khususnya dalam penyusunan karya ilmiah, harus disokong oleh keterampilan berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan. Untuk mencapai keterampilan tersebut, dirasa sangat perlu ketersediaan buku pedoman yang memadai. Banyak buku yang beredar mengenai ulasan pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik. Akan tetapi, ketersediaan buku acuan yang sudah teramu sesuai dengan kebutuhan pengajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi dirasa masih jarang. Untuk itu, kehadiran buku ini sangat diperlukan untuk tujuan tersebut. Secara spesifik, buku ini terdiri atas 8 bab, yakni (1) sejarah perkembangan bahasa Indonesia (2) ejaan yang disempurnakan, (3) kalimat, (4) paragraf, (5) teknik penulisan karya ilmiah, (6) makalah, (7) reproduksi bacaan, dan (8) proposal penelitian.

Contoh ikhtisar dapat ditemukan dalam penulisan teras berita (lead) di surat kabar, sampul belakang buku, kilasan berita (Utorodewo dkk.2004). Contoh: Empat orang insiyur Indonesia terlibat dalam pembuatan pesawat penumpang Boeing 787 ...