Sebanyak 1150 item atau buku ditemukan

Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0

Judul : Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0 Penulis : Wahyu Hidayat, SE.I., ME.Sy. Ukuran : 14,5 x 21 Tebal : 82 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-27-6 No. E-ISBN : 978-634-7168-26-9 (PDF) Terbitan : Maret 2025 SINOPSIS Buku Pasar Modal Syariah: Panduan Praktis Berinvestasi di Era 5.0, membahas konsep dan penerapan pasar modal syariah yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Pasar modal syariah bukanlah sistem yang terpisah dari pasar modal konvensional, tetapi memiliki karakteristik khusus, yaitu produk dan mekanisme transaksi yang sesuai dengan syariah. Berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits, serta ditafsirkan melalui fiqih muamalah, buku ini menjelaskan bahwa segala bentuk transaksi diperbolehkan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Konsep ini menjadi dasar pengembangan pasar modal syariah di Indonesia. Buku ini menguraikan berbagai instrumen investasi syariah, seperti saham syariah, obligasi syariah (sukuk), reksa dana syariah, ETF syariah, EBA syariah, DIRE syariah, serta indeks saham syariah. Selain itu, pembaca akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana menjadi investor syariah yang cerdas di era 5.0. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, buku ini menjadi panduan praktis bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di pasar modal syariah. Diharapkan setelah membaca buku ini, pembaca dapat menjadi investor yang tidak hanya cakap dalam meningkatkan nilai aset, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Judul : Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0 Penulis : Wahyu Hidayat, SE.I., ME.Sy. Ukuran : 14,5 x 21 Tebal : 82 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-27-6 No. E-ISBN : 978-634-7168-26-9 (PDF) Terbitan ...

TAFSIR AYAT-AYAT PILIHAN JILID 1

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَبَعْدُ: Pada zaman ini kaum muslimin sangat perlu memahami Al-Qur'an dan berpegang padanya, terlebih dalam era globalisasi yang materialisme sudah mengalahkan segalanya. Sehingga manusia tenggelam dalam kubangan materi dan menyimpang dari hidayah Allah Ta’ala, padahal di antara mereka terdapat kitab suci yang merupakan cahaya ilahi, yang bisa menyelamatkan mereka dari kesengsaraan. Karena itu menjadi kewajiban para thalib ilm syar'i untuk mengembalikan umat Islam kepada kejayaan dan kemuliaannya. Hal itu dengan mempererat hubungan mereka dengan kitab Tuhannya yang di dalamnya terdapat kebahagiaan dunia Akhirat. Juga dengan memudahkan kaum muslimin memahami kitab sucinya. Dan menjadi kewajiban dosen yang mengajarkan agama Islam untuk memperdalam pengetahuan tentang Islam pada jiwa mahasiswanya. Dan tiada jalan untuk itu kecuali mendekatkan mereka kepada sumber Islam yaitu Al-Qur'an dan Sunnah Rasulillah Shallallahu Alahi Wasallam. Betapa banyak mahasiswa Islam zaman ini yang tidak mengenal Islam. Dan betapa banyak dari mereka yang jauh dari akhlaq-akhlaq Islami. Padahal Al-Qur'an adalah cahaya yang bisa menyinari kehidupan mereka di dunia maupun Akhirat. "Sungguh telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaanNya kepada jalan keselamatan, dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizinNya, dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus." (QS. Al-Maidah: 15-16) Karena itu kami sebagai dosen tafsir, berusaha menyusun buku tafsir I untuk kalangan mahasiswa dan umum dengan tujuan mendekatkan mereka kepada Al-Qur'an, mencintainya, dan bisa memahaminya dengan cara yang mudah. Pada edisi ini tafsir yang kami susun, dimulai dari surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya yang terdapat dalam juz Amma. Kami berusaha menyajikannya dengan bahasa yang mudah dipahami, penafsiran yang tidak bertele-tele, dan memberikan kesimpulan pada setiap akhir penafsiran. Dan perlu diketahui, pada tafsir ini kami berusaha tidak menyebutkan Hadis dhaif. Andaikan ada Hadis yang lemah, tentu kami menjelaskan kedhaifannya. Karena mengamalkan Hadis dhaif sama dengan mengerjakan perbuatan yang bukan dari ajaran Rasulillah SAW. Mudah-mudahan buku tafsir ini menjadi amal yang mengharumkan nama kami di sisi Allah Ta’ala, sesuai sabda NabiNya: ((إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ اْلـمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا نَشَرَهُ)) "Sesungguhnya di antara amal dan kebaikan yang diikutkan seorang mukmin setelah dia meninggal, adalah ilmu yang disebarkannya.” (Sahih Al-Jami’, no. 2231) Ya Allah jadikan amal kami ini amal yang ikhlas untuk menggapai wajahMu semata. Perbaiki dan tutupilah segala kesalahan kami, dan sempurnakan segala yang kurang. Sesungguhnya Engkau semata yang mampu melakukannya. Jadikan amal kami diterima semua kalangan, jadikan ia bermanfaat bagi setiap muslim. Dan shalawat beriring salam semoga senantiasa tersampaikan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga beliau, dan para sahabat hingga Hari Kiamat. Amin. Anggaswangi, 11 Muharram 1434 H/25 November 2012 Daftar Isi Daftar Isi... 3 Mukaddimah..... 8 Bab (1): Tafsir Surat Al-Fatihah..... 11 Tafsir Basmalah: 20 Tafsir Al-Hamdulillahi Rabbil Alamin: 25 Tafsir Ar-Rahman Ar-Rahim: 28 Tafsir Maaliki Yaumiddiin: 30 Tafsir Iyyaaka Na'budu Wa Iyyaaka Nasta'in: 35 Tafsir Ihdinash Shiraathal Mustaqim: 50 Tafsir Shiraathal Ladziina An'amta 'Alaihim: 63 Tafsir Ghairil Maghdhuubi 'Alaihim Waladh Dhaalliin: 69 Separuh Al-Fatihah Adalah Wala` Dan Bara`: 89 Ucapan Amin Atas Doa Al-Fatihah.. 90 Bab (2): Memohon Perlindungan Dari Keburukan Setan..... 92 Penamaan Surat An-Naas: 92 Kandungan surat An-Naas: 93 Tafsir surat An-Naas: 93 Pelajaran yang diambil dari surat An-Naas: 101 Bab (3): Memohon Perlindungan Dari Keburukan Makhluk..... 105 Penamaan surat Al-Falaq: 105 Hubungan dengan surat sebelumnya: 106 Kandungan surat Al-Falaq: 107 Keutamaan surat Al-Falaq dan An-Naas: 108 Sabab nuzul surat Al-Falaq dan surat An-Naas: 112 Tafsiran surat Al-Falaq: 113 Pelajaran yang diambil dari surat Al-Falaq: 115 Bab (4): Memurnikan Ibadah Hanya Kepada Allah..... 120 Nama-nama surat Al-Ikhlash: 120 Hubungan surat ini dengan surat sebelumnya: 121 Kandungan umum surat Al-Ikhlas: 121 Keutamaan surat Al-Ikhlas: 122 Sabab nuzul Surat Al-Ikhlas: 123 Tafsir surat Al-Ikhlas: 125 Makna Al-Ikhlash secara ringkas: 129 Pelajaran yang diambil dari ayat: 130 Bab (5): Balasan Abu Lahab Dan Istrinya.... 132 Penamaan surat: 132 Hubungan dengan surat sebelumnya: 133 Kandungan surat Al-Masad: 133 Sabab nuzul ayat: 134 Tafsiran ayat: 140 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Masad: 152 Bab (6): Penaklukan Kota Makkah..... 158 Penamaan surat An-Nashr: 158 Hubungan dengan surat sebelumnya: 159 Kandungan surat An-Nashr: 159 Keutamaan surat An-Nashr: 160 Sabab nuzul surat An-Nashr: 161 Waktu turunnya surat An-Nashr: 163 Tafsiran surat: 165 Pelajaran yang diambil dari surat An-Nashr: 168 Bab (7): Kewajiban Membebaskan Diri Dari Syirik, Kekufuran, Dan Perbuatan Orang Kafir..... 176 Makna mufradat: 177 Penamaan surat: 178 Keutamaan surat Al-Kafirun: 178 Kandungan surat Al-Kafirun: 180 Sabab nuzul ayat: 181 Tafsiran surat: 183 Pelajaran yang diambil dari surat Al-Kafirun: 188 Bab (8): Nikmat Besar Yang Diberikan Kepada Nabi Saw...... 193 Penamaan Surat: 193 Hubungan dengan surat sebelumnya: 194 Kandungan surat Al-Kautsar: 195 Keutamaan surat Al-Kautsar: 196 Sabab nuzul surat Al-Kautsar: 198 Tafsiran surat: 200 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Kautsar: 202 Bab (9): Balasan Orang Kafir Dan Munafik..... 205 Makkiyah atau Madaniyah: 206 Penamaan surat Al-Maa’un: 206 Hubungan dengan surat sebelumnya: 207 Kandungan surat Al-Maa’un: 208 Sabab nuzul ayat (1): 209 Sabab nuzul ayat (4): 210 Tafsiran Ayat: 211 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Maa’un: 224 Bab (10): Berbagai Nikmat Allah Yang Diberikan Kepada Kaum Quraisy.... 229 Penamaan surat Quraisy: 229 Hubungan dengan surat sebelumnya: 230 Kandungan surat Qurasiy: 231 Keutamaan surat Quraisy: 232 Tafsir surat Quraisy: 233 Faidah dan pelajaran yang diambil dari ayat: 241 Bab (11): Kisah Pasukan Bergajah..... 243 Penamaan surat: 244 Hubungan dengan surat sebelumnya: 244 Kandungan surat Al-Fiil: 245 Kisah pasukan bergajah: 246 Tafsir Surat Al-Fiil: 252 Hukum dan pelajaran dari surat Al-Fiil: 257 Bab (12): Balasan Bagi Yang Suka Mencela Manusia.... 261 Penamaan surat Al-Humazah: 262 Hubungan dengan surat sebelumnya: 262 Kandungan surat Al-Humazah: 262 Tafsir surat Al-Humazah: 263 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Humazah: 282 Bab (13): Kondisi Orang Mukmin Dan Kafir..... 286 Penamaan surat: 286 Hubungan dengan surat sebelumnya: 287 Kandungan surat Al-Ashr: 288 Keutamaan surat Al-Ashr: 288 Tafsir surat Al-Ashr: 291 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Ashr: 297 Bab (14): Berbangga Dengan Dunia.... 300 Penamaan At-Takatsur: 301 Hubungan dengan surat sebelumnya: 301 Kandungan surat At-Takatsur: 302 Sabab nuzul ayat: 303 Tafsir surat At-Takatsur: 305 Pelajaran yang diambil dari surat At-Takatsur: 314 Bab (15): Kondisi Hari Kiamat Yang Sangat Menakutkan..... 317 Penamaan surat Al-Qari’ah: 318 Hubungan dengan surat sebelumnya: 318 Kandungan surat Al-Qari’ah: 319 Tafsiran surat Al-Qari’ah: 320 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Qari’ah: 329 Bab (16): Mengingkari Nikmat, Pelit, Dan Lalai Bersiap Untuk Akhirat.... 333 Penamaan surat Al-Aadiyat: 334 Hubungan dengan surat sebelumnya: 335 Kandungan surat Al-Aadiyaat: 336 Tafsir surat Al-Aadiyaat: 337 Faidah dan pelajaran dari surat surat Al-Aadiyaat: 347 Bab (17): Tanda-Tanda Kiamat Dan Balasan Amal Perbuatan Masing-Masing Orang..... 350 Penamaan surat Az-Zalzalah: 351 Hubungan dengan surat sebelumnya: 351 Kandungan surat Az-Zalzalah: 352 Sabab Nuzul Ayat: 353 Keutamaan surat Az-Zalzalah: 354 Tafsir Surat Az-Zalzalah: 359 Ibrah dan pelajaran dari surat Az-Zalzalah: 370 Bab (18): Surat Al-Bayyinah..... 372 Penamaan surat Al-Bayyinah: 373 Hubungan dengan surat sebelumnya: 374 Kandungan surat Al-Bayyinah: 375 Keutamaan surat Al-Bayyinah: 376 Tafsir Ayat 1-5: 379 Tafsir ayat 6-8 Al-Bayyinah: 397 Daftar Referensi... 412 Tentang penulis: 414

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَبَعْدُ: Pada zaman ini kaum muslimin sangat perlu memahami Al-Qur'an dan berpegang padanya, terlebih dalam ...

Buku Tafsir Pendidikan

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan. Buku ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana ajaran-ajaran Al-Qur’an dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan modern, sehingga menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral. Penulis mengelaborasi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan konsep pendidikan, mulai dari metodologi Tafsir pendidikan, Nilai-Nilai pendidikan, Kisah-kisah Nabi, pendidikan keluarga, etika dalam belajar, hingga pendidikan sosial dalam al-Qur'an. Buku ini mengajak pembaca untuk menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat menjadi landasan dalam membangun generasi yang berilmu, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Buku persembahan penerbit PenaCendekia #PenaCendekiaPustaka

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.

... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Cyber Law: Dimensi Hukum dalam Era Digital

Buku "Cyber Law: Dimensi Hukum dalam Era Digital" merupakan telaah komprehensif tentang kompleksitas hukum di ruang siber. Melalui 11 bab yang saling terkait, buku ini memetakan perjalanan hukum dalam menghadapi tantangan teknologi digital yang terus berkembang. Dimulai dari fondasi konseptual hukum siber, buku ini mengupas secara mendalam yurisdiksi dalam ruang virtual, menganalisis ragam kejahatan siber, serta menelaah isu-isu kritis seperti perlindungan data, privasi digital, dan transaksi elektronik. Pembahasan berlanjut pada aspek-aspek strategis seperti kekayaan intelektual digital, keamanan siber, dan tanggung jawab hukum di media sosial. Buku ini tidak hanya berhenti pada konteks saat ini, tetapi juga memproyeksikan masa depan dengan mengeksplorasi tema-tema mutakhir seperti kecerdasan buatan, cryptocurrency, dan regulasi fintech. Setiap bab dirancang untuk memberikan wawasan praktis dan teoritis, membekali pembaca dengan pemahaman komprehensif tentang dinamika hukum di era digital. Sebagai referensi akademis dan praktis, buku ini bertujuan membangkitkan kesadaran kritis pembaca akan pentingnya kerangka hukum yang adaptif, responsif, dan berkeadilan di tengah transformasi digital yang berkelanjutan.

... siber (cyber law) telah menjadi bidang yang sangat dinamis dan krusial. Buku "Cyber Law: Dimensi Hukum dalam Era Digital" hadir sebagai respons komprehensif terhadap kompleksitas lanskap hukum di ruang siber yang senantiasa berubah ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan. Tentu urgensinya keadaan bangsa yang saat ini masih krisis sumber daya manusia yang berkualitas. Peringkat daya saing Indonesia turun dari peringkat 37 pada 2021 ke peringkat 44 pada 2022 (Survei World Competitiveness Yearbook (WCY) 2022 yang dilakukan oleh Institut Management Development (IMD), Swiss. Realita ini berhubungan dengan kualitas sumber daya manusia yang juga secara langsung terhubung dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Realita ini akhirnya menuntut pada suatu inovasi, kreasi serta manajemen yang harus dilakukan agar peningkatan sumber daya manusia meningkat signifikan. Buku ini, akan menuntun pembaca pada sebuah inovasi, kreasi dan manajemen yang secara signifikan mampu meningkatkan sumber daya manusia.

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgensi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik, supervisi pendidikan, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen konflik, dan manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan. Manajemen pendidikan adalah serangkaian proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ini mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, administrator, dan staf pendidikan lainnya untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan lancar dan hasil yang diinginkan tercapai.

... Student-Centered Leadership. San Francisco: Jossey-Bass. Ruslan Rosady. 2005. Manajemen Public Relation & Media ... Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta ...