Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Psikologi industri dan organisasi memiliki peran yang penting dalam mengembangkan sumber daya manusia dan organisasi. Psikologi industri dan organisasi melakukan penilaian dan penyusunan hal-hal dibawah ini: rekrutmen dan releksi, sikap kerja, training dan pengembangan dan penilaian kinerja. Terdapat beberapa kajian yang berada dalam ruang lingkup psikologi industri dan organisasi, ini diantaranya psikologi industri dan organisasi sebagai ilmu, psikologi industri dan organisasi mempelajari perilaku manusia, perilaku manusia dalam perannya sebagai konsumen dan tenaga kerja, perilaku manusia dipelajari secara perorangan dan kelompok. Obyek kajian psikologi industri meliputi tiga komponen yaitu organisasi, kelompok dan individu. Kemudian aspek dari psikologi industri dan organisasi ini mengenai personel, organisasI dan faktor manusia. Dalam pendekatan psikologi industri dan organisasi terdapat dua pendekatan untuk mencapai tujuan psikologi industri dan organisasi. Pendekatan tersebut adalah industri dan organisasi. Pendekatan industri berfokus pada penentuan kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan dan berhubungan dengan organisasi kepegawaian. Industri juga dimaksudkan pada kompetensi yang dimiliki karyawan dan bagaimana kompetensi karyawan dapat ditingkatkan melalui training. Pendekatan organisasi menciptakan struktur organisasi dan budaya yang memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan. Organisasi juga memberi informasi yang diperlukan karyawan untuk untuk melakukan pekerjaan mereka. Organisasi juga memberikan situasi kerja yang aman. Manfaat dari psikologi industri dan organisasi yang berperan positif dan penting bagi organisasi. Psikologi industri dan organisasi bermanfaat untuk: • Membantu organisasi dan perusahaan dalam mencapai tujuan • Menjembatani kebutuhan individu dan kebutuhan organisasi • Meningkatkan kemampuan individu dalam setting kerja sehingga bukan saja • Meningkatkan kompetensi individu tapi juga mengembangkan perusahaan • Menjamin kesejahteraan tenaga kerja dengan memperhatikan kepuasan kerja

... industri perlu memenuhi empat tantangan di abad 21 ini. Jelaskan mengenai empat tantangan tersebut! DAFTAR. PUSTAKA. Aamodt, M. G. (2010). Industrial Organizational Psychology: An Applied Approach (J.-D. Hague, T. Tom, R. Guzman, & R ...

Metodologi Penelitian Kualitatif

Konsep Dasar Penelitian Kualitatif, Karakteristik Penelitian Kualitatif, Langkah-langkah Dasar Penelitian Kualitatif, Bagaimana Mengembangkan Asumsi dalam Penelitian Kualitatif, Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif, Teknik Analisis dalam Penelitian Kualitatif, Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif, Desain Wawancara, Desain Observasi, Desain Studi Kasus, Desain Etnografi, Desain Fenomenologi, Desain Discourse Analisys dan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif.

Konsep Dasar Penelitian Kualitatif, Karakteristik Penelitian Kualitatif, Langkah-langkah Dasar Penelitian Kualitatif, Bagaimana Mengembangkan Asumsi dalam Penelitian Kualitatif, Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif, Teknik ...

MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Implementasi dan Praktik Manajemen Bisnis pada Perbankan Syariah)

Manajemen bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting dalam Islam. Islam telah mengatur bahwa dalam menjalankan aktivitas bisnis harus berpatokan kepada prinsip-prinsip syariat Islam, dengan mengacu kepada Al-Qur’an dan hadis.[1] Dalam Islam manajemen bisnis dipandang sebagai suatu kegitan perwujudan amal sholeh yang harus bertitik tolak dari niat baik. Niat baik tersebut akan memunculkan motivasi aktivitas untuk mencapai hasil yang bagus demi kesejahteraan bersama. Ada empat landasan untuk mengembangkan manajemen bisnis menurut pandangan Islam, yaitu: kebenaran, kejujuran, keterbukaan dan keahlian. Seorang manajer harus memiliki empat sifat utama itu agar manajemen yang dijalankannya mendapatkan hasil yang maksimal.[2] [1] Yanti Nova Maleha, “Manajemen Bisnis Dalam Islam,” Economica Sharia 1, no. 2 (2016): hlm.52. [2] Berlian Herzeqovina, “Konsep Manajemen Bisnis Dalam Pandangan Islam Berdasarkan Al-Qur’an Dan Hadits,” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 3, no. 1 (2020): hlm.146, http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/80.

Jurnal Tabarru ' : Islamic Banking and Finance 5 , no . ... ISLAMICONOMIC : Jurnal Ekonomi Islam 7 , no . ... Penguatan Manajemen Syariah Melalui Total Quality Managementbagi Pelaku Lembaga Keuangan Syariah Di Kota Semarang .

Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Pos PAUD di Kota Malang

Buku Mengenai Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Pos PAUD di Kota Malang

Buku Mengenai Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Pos PAUD di Kota Malang

Komunikasi Pendidikan

Buku ini membahas tentang hubungan antara manusia dengan komunikasi, komunikasi pendidikan, komunikasi dalam organisasi pendidikan, komunikasi guru dan peserta didik, komunikasi internal sekolah, komunikasi sekolah dan masyarakat, komunikasi sekolah dengan pemerintah, pembelajaran berbasis teknologi informasi, komunikasi tertulis, serta komunikasi dan kepemimpinan.

Buku ini membahas tentang hubungan antara manusia dengan komunikasi, komunikasi pendidikan, komunikasi dalam organisasi pendidikan, komunikasi guru dan peserta didik, komunikasi internal sekolah, komunikasi sekolah dan masyarakat, ...

Teori Akuntansi

Konsep Dasar Akuntansi Dan Teori Akuntansi, Penalaran, Rekayasa Pelaporan Keuangan, Aset, Kewajiban, Pendapatan, Biaya, Laba Dan Pengungkapan Dan Sarana Interpretif

Konsep Dasar Akuntansi Dan Teori Akuntansi, Penalaran, Rekayasa Pelaporan Keuangan, Aset, Kewajiban, Pendapatan, Biaya, Laba Dan Pengungkapan Dan Sarana Interpretif

Manajemen Risiko

Kehadiran Buku Manajemen Risiko ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen Risiko, Prinsip Manajemen Risiko, Kerangka Kerja Manajemen Risiko, Risiko Kredit, Risiko Pasar, Risiko Likuiditas, Risiko Operasional, Risiko SDM, Prinsip Pengukuran Risiko, dan bab terakhir yaitu Penanggulangan Risiko.

Kehadiran Buku Manajemen Risiko ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Pentingnya Ilmu Komunikasi Pada Era 4.0

Bunga Rampai

Komunikasi baru digital dan juga Industri 4.0 telah mengubah cara praktisi Public Relations dalam melakukan pekerjaan mereka, bagaimana berhubungan dan dan berkomunikasi dengan publik. Komunikasi baru digital dan industri 4.0 menjadi tantangan bagi praktisi untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial sebagai profesional. Istilah Industri 4.0 lahir dari ide tentang revolusi industri keempat. Keberadaannya menawarkan banyak potensi manfaat. Guna mewujudkan Industri 4.0, diperlukan keterlibatan akademisi dalam bentuk riset. Oleh karena itu penulis mengangkan tema “ilmu komunikasi pada Era 4.0”.

Komunikasi baru digital dan juga Industri 4.0 telah mengubah cara praktisi Public Relations dalam melakukan pekerjaan mereka, bagaimana berhubungan dan dan berkomunikasi dengan publik.

STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI DENGAN MEMANFAATKAN MARKET PLACE MELALUI MEDIA INTERNET (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis)

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang bisnis dan perdagangan. Dengan adanya internet dan ICT proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Market Place mengarah pada pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis (Digital Marketing). Market Place sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online. Market Place atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya. Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis memulai usaha yang baru di BUMDES dengan rasa optimis. Kepala Desa menyatakan bahwa berdasarkan peluang dan potensi Desa Sungai Alam serta membaca peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. BUMDES menjalankan usahanya dengan didukung oleh pemerintah desa dan masyarakat seperti PKK dan pengrajin rumah tangga. Strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Sungai Alam dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet dapat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian desa. Faktor-faktor (penghambat dan pendukung) dalam meningkatkan ekonomi dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet yaitu akses internet, akses internet yang ada di BUMDes sudah sangat membantu dalam proses pemasaran menggunakan media sosial, BUMDes juga sudah merancang Website untuk dijadikan sebagai tempat promosi produk maupun jasa yang dihasilkan BUMDes. Internet yang belum merata disemua wilayah Indonesia menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Faktor logistik menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan E-Commerce dalam pemasaran dan pengiriman barang disebabkan Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga dalam pengiriman barang sering kali terhambat mengingat jarak tempu yang dilalui dalam pengantaran barang ke konsumen sering mengalami gangguan yang menyebabkan keterlambatan barang samapai ke konsumen. Metode pembayaran, untuk metode pembayaran belum begitu mapan dimana transaksi saat pengiriman barang masih banyak yang melakukan Cash on Delivery (COD) yang menyadi pilihan konsumen dalam pembelian produk.

Compas. Last modified 2021. https://compas. co.id/article/perkembangan-e-commerce. Peraturan Pemerintah RI. 2005. “PP RI Nomor 72 Tahun 2005.” 2005, 25-27. Santoso, Rudi. 2020. “Review of Digital Marketing ...

Fintech dalam Keuangan Islam: Teori dan Praktik

Gelombang revolusi dalam teknologi digital yang terus berkembang dengan pesat telah mengubah wajah dunia. Jika dibandingkan dengan sektor lain, kemajuan teknologi digital ini berjalan lebih gesit dan penuh inovatif. Dari aspek yang sederhana saja, dewasa ini jumlah orang yang memiliki telepon seluler (ponsel) mungkin jauh lebih besar daripada mereka yang memiliki akses terhadap listrik atau air bersih. Difusi gelombang teknologi digital telah merangkak masuk ke semua aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat dunia, seperti transportasi, kesehatan, pendidikan, ritel, hotel, dan bahkan keuangan. Dalam sektor keuangan, inovasi teknologi sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Antara teknologi dan keuangan, keduanya memiliki sejarah simbiosis mutualisme yang panjang, sehingga secara inheren teknologi keuangan (financial technology), juga bukan merupakan pengembangan baru bagi industri jasa keuangan. Meskipun demikian, intensitas pembahasan dan kajian tentang keduanya cukup tinggi akhir-akhir ini, terutama karena penetrasi fintech itu sangat cepat. Isu tersebut menjadi perhatian banyak pihak pada berbagai level di Indonesia, baik di kalangan pengambil keputusan, akademisi, dan praktisi bisnis keuangan maupun di tingkat publik (masyarakat) sebagai konsumen atau pengguna fintech. Misalnya seperti isu mata uang kripto (cryptocurrency), bitcoin, blockchain. Meskipun telah muncul banyak perhatikan dari kalangan ekonom secara umum terkait fintech, penulis belum banyak melihat diskursus yang mengaitkannya dengan keuangan Islam. Padahal, kaitannya dengan keuangan Islam (Islamic Finance) menarik untuk dibahas, sebab Indonesia merupakan salah satu pasar ekonomi syariah terbesar di Indonesia (katadata.co.id, 2020). Oleh sebab itu, Book Chapter ini hadir untuk memberikan perspektif baru terkait fintech dari sudut pandang keuangan Islam secara komprehensif dari berbagai kalangan akademisi yang terbagi dalam 18 sub pembahasan yang saling terkait. Tujuannya tentu memberikan edukasi edukasi kepada para umat Islam khususnya, dan bagi pelaku pada pasar ekonomi syariah pada umumnya.

Gelombang revolusi dalam teknologi digital yang terus berkembang dengan pesat telah mengubah wajah dunia.