Buku ini merupakan hasil pemikiran dan ide praktis berdasarkan literatur ilmiah yang dapat digunakan untuk menulis maupun mengembangkan karya tulis bagi mahasiswa PGSD. Pendidik di Sekolah Dasar harus memiliki pengetahuan dan pengalaman secara teoritis dan praktis dalam mengimplementasikan metode maupun media dalam pembelajaran seni untuk dunia anak yang bersifat bermain serta berkarya seni. Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran seni yang selama ini belum banyak dikaji secara empiris dan berdasarkan konsep-konsep seni untuk anak yang berbasis keunggulan budaya lokal. Perkembangan teknologi dan perubahan paradigma pendidikan saat ini menempatkan kebutuhan individu anak yang menjadi permasalahan pendidik, orangtua, dan masyarakat di era disrupsi. Analisis ilmiah dalam pembahasan buku ini memberikan gambaran umum maupun secara operasional dalam mengajarkan dan melatih anak-anak dalam pembelajaran seni rupa, seni musik, dan seni tari di ruang lingkup pendidikan estetis. Semoga dengan hadirnya buku ini dapat memberikan informasi dan wawasan pendidikan seni untuk anak sebagai penerapan dialektika akademis untuk perkembangan ilmu sebagai paradigma belajar yang sesuai dengan psikologis maupun budaya sekitarnya.
Buku ini merupakan hasil pemikiran dan ide praktis berdasarkan literatur ilmiah yang dapat digunakan untuk menulis maupun mengembangkan karya tulis bagi mahasiswa PGSD.
Psikologi industri dan organisasi memiliki peran yang penting dalam mengembangkan sumber daya manusia dan organisasi. Psikologi industri dan organisasi melakukan penilaian dan penyusunan hal-hal dibawah ini: rekrutmen dan releksi, sikap kerja, training dan pengembangan dan penilaian kinerja. Terdapat beberapa kajian yang berada dalam ruang lingkup psikologi industri dan organisasi, ini diantaranya psikologi industri dan organisasi sebagai ilmu, psikologi industri dan organisasi mempelajari perilaku manusia, perilaku manusia dalam perannya sebagai konsumen dan tenaga kerja, perilaku manusia dipelajari secara perorangan dan kelompok. Obyek kajian psikologi industri meliputi tiga komponen yaitu organisasi, kelompok dan individu. Kemudian aspek dari psikologi industri dan organisasi ini mengenai personel, organisasI dan faktor manusia. Dalam pendekatan psikologi industri dan organisasi terdapat dua pendekatan untuk mencapai tujuan psikologi industri dan organisasi. Pendekatan tersebut adalah industri dan organisasi. Pendekatan industri berfokus pada penentuan kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan dan berhubungan dengan organisasi kepegawaian. Industri juga dimaksudkan pada kompetensi yang dimiliki karyawan dan bagaimana kompetensi karyawan dapat ditingkatkan melalui training. Pendekatan organisasi menciptakan struktur organisasi dan budaya yang memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan. Organisasi juga memberi informasi yang diperlukan karyawan untuk untuk melakukan pekerjaan mereka. Organisasi juga memberikan situasi kerja yang aman. Manfaat dari psikologi industri dan organisasi yang berperan positif dan penting bagi organisasi. Psikologi industri dan organisasi bermanfaat untuk: • Membantu organisasi dan perusahaan dalam mencapai tujuan • Menjembatani kebutuhan individu dan kebutuhan organisasi • Meningkatkan kemampuan individu dalam setting kerja sehingga bukan saja • Meningkatkan kompetensi individu tapi juga mengembangkan perusahaan • Menjamin kesejahteraan tenaga kerja dengan memperhatikan kepuasan kerja
... industri perlu memenuhi empat tantangan di abad 21 ini. Jelaskan mengenai empat tantangan tersebut! DAFTAR. PUSTAKA. Aamodt, M. G. (2010). Industrial Organizational Psychology: An Applied Approach (J.-D. Hague, T. Tom, R. Guzman, & R ...