Sebanyak 13 item atau buku ditemukan

KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI

Buku dengan judul Kewirausahaan dan Inovasi dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Kewirausahaan dan Inovasi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang pengantarkewirausahaan dan inovasi, proses kewirausahaan: dari ide hingga peluncuran, kreativitas dan inovasi dalam bisnis, identifikasi dan evaluasi peluang bisnis, pembelajaran dari kegagalan dalam kewirausahaan, strategi inovasi dalam bisnis, tantangan pembiayaan umkm, etika dan tanggung jawab sosial dalam kewirausahaan, inovasi dan produk layanan, inovasi organisasi dan manajemen, inovasi teknologi dan digitalisasi bisnis, kemitraan dan aliansi strategis dalam kewirausahaan, dan pengukuran dan evaluasi inovasi bisnis dan perusahaan secara efektif.

Buku dengan judul Kewirausahaan dan Inovasi dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Kewirausahaan dan Inovasi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Sistem Manajemen Mutu

Pemahaman Sistem Manajemen Mutu disusun terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup. Penyusunan buku yang sistematis diharapkan mampu mempermudah pembaca memahami sistem manajemen mutu dalam pengendalian pengawasan pekerjaan agar lebih baik hasilnya. Penekanan orientasi pembelajaran pada buku ini lebih menonjolkan partisipasi aktif dari para pembaca.

Pemahaman Sistem Manajemen Mutu disusun terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup.

Pendidikan Karakter Melalui Seni Tari Daerah

Pendidikan merupakan aspek kehidupan yang fundamental bagi pembangunan bangsa. Namun, Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan di bidang pendidikan. Misalnya saja, masih terdapat berbagai ketimpangan moral, sosial, ekonomi, politik, dan identitas bangsa dalam masyarakat. Untuk mengatasinya, salah satu solusi yang bisa ditempuh adalah melalui penguatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter bisa dilakukan dengan mengangkat kearifan lokal, salah satunya dengan seni tari daerah. Buku ini merupakan hasil penelitian yang di dalamnya menguraikan tentang dasar berbagai hal yang perlu diketahui dalam upaya pendidikan karakter, yang dilakukan dengan memanfaatkan seni tari daerah. Model integrasi pendidikan karakter melalui seni tari daerah ini diharap mampu menghasilkan pendidikan bangsa dengan moral yang lebih kuat dan positif.

Model integrasi pendidikan karakter melalui seni tari daerah ini diharap mampu menghasilkan pendidikan bangsa dengan moral yang lebih kuat dan positif.

Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM

Teknologi digital kewirausahaan dan UMKM merupakan kapasitas kewirausahaan dan UMKM dalam pemanfaatan teknologi guna keberlangsungan usaha. Konseptualisasi teknologi kewirausahaan merupakan kombinasi dari kewirausahaan dan inovasi berbasis teknologi. Dalam ekonomi digital teknologi menjadi bagian integral organisasi. Teknologi digital secara praktis terwujud dalam pertumbuhan fungsi serta peran teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini menjadi pendorong pertumbuhan aspek bisnis dan kewirausahan dan memungkinkan berkembangnya bisnis UMKM. Buku ini terdiri dari 17 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Kewirausahaan Digital Bab 2 Sosial Media Marketing Pada UMKM Bab 3 Inovasi Model Bisnis Kewirausahaan Bab 4 Ekosistem Kewirausahaan Digital Bab 5 Kewirausahaan, Inovasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Bab 6 Perencanaan Bisnis Kewirausahaan Bab 7 Peluang dan Tantangan Kewirausahaan di Era Digital Bab 8 Etika Bisnis dan Kewirausahaan Bab 9 Inovasi Bisnis di Era Industri 4.0 Bab 10 Strategi Digital Bisnis UMKM Bab 11 Sistem Pembayaran Digital dan UMKM Bab 12 Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Bab 13 Brand Visibility Online Produk UMKM Bab 14 Peer to Peer Lending (P2P) dan Sistem Permodalan UMKM Bab 15 Komunikasi Digital Pada UMKM Bab 16 Saluran Pemasaran Digital UMKM Bab 17 Jalur Distribusi UMKM

Aktivitas keuangan yang awalnya hanya dilakukan oleh perbankan pada kantor cabang dan anjungan tunai mandiri (ATM) telah beralih kepada aplikasi mobile banking yang dapat dilakukan di mana saja tanpa batas.

Financial Technology: Sistem Keuangan Digital

Industri Financial Technology (Fintech) merupakan salah satu inovasi layanan jasa keuangan yang mulai populer di era digital sekarang ini dan teknologi dengan konsep digitalisasi pembayaran menjadi salah satu sektor dalam industri Fintech yang paling berkembang di Indonesia. Dalam hal ini sektor Fintech paling diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mendorong dan meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses untuk dapat menggunakan layanan keuangan Berikut bab yang dibahas pada buku ini: Bab 1 Financial Technology dan Perkembangannya Bab 2 Road Map Financial Technology di Indonesia Bab 3 Peta Persaingan Bisnis Financial Technology di Era Digital Bab 4 Konsep Bisnis Financial Technology Bab 5 Inovasi Digital di Bidang Keuangan Bab 6 Transformasi Digital Perbankan Bab 7 Pelaku-Pelaku Financial Technology Bab 8 Aplikasi Financial Technology Bab 9 Kemitraan Perbankan dan Financial Technology Bab 10 Crypto Currency dan Blockchain Bab 11 Regulasi dan Kebijakan Pemerintah tentang Financial Technology

Dampak Financial Technology Terhadap Kinerja Bank Umum Konvensional di Indonesia. Mimbar Agribisnis 7,450–465. Mardia, M. et al. (2021) Bisnis dan Ekonomi Digital. Yayasan Kita Menulis. Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015).

Strategi Pemasaran Kewirausahaan UMKM

Pemberdayaan UMKM ditengah era globalisasi dan tingginya persaingan pasar, diharapkan mampu memberikan peluang pada pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya hingga dapat menembus pasar internasional. Namun, terbatasnya pengetahuan pelaku UMKM terhadap ilmu pemasaran merupakan masalah mendasar yang harus dihadapi dan diberikan solusinya, dimana aspek penting dari ilmu pemasaran ini diteliti dan dikembangkan dalam konteks pemasaran kewirausahaan. Konsep pemasaran kewirausahaan terfokus pada inovasi dan pengembangan ide yang sesuai dengan pemahaman kebutuhan pasar, mentargetkan konsumen melalui pendekatan bottom-up ke pasar, menggunakan metode pemasaran interaktif yang bekerja erat dengan konsumen dan pengumpulan informasi informal melalui jaringan kontak personal. Tujuan akhir suatu usaha adalah tercapainya keuntungan/profitabilitas, yang dapat diukur melalui pertumbuhan dan pengembangan usaha. Strategi pertumbuhan yang dikemukakan oleh Igor Ansoff dapat digunakan UMKM untuk menggambarkan peluang pertumbuhan usahanya melalui : Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, Pengembangan Produk dan Diversifikasi. Sedangkan untuk mencapai pasar internasional, maka UMKM harus mengenal dan menerapkan E-commerce.

1 B. Definisi Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) .5 BAB 2 PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN . ... 91 A. 91 B. 92 Pengertian E-Commerce Internet Sebagai Media Marketing Peranan Internet bagi UMKM Karakteristik E-Commerce .

Strategi Transformasi Digital

Transformasi digital dalam industri telah mengubah cara pandang baru bagi pelaku bisnis didalam bersaing untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui keunggulan daya saing. Hal ini menyebabkan banyak pelaku bisnis telah bergeser dari memproduksi dan menjual satu produk dan jasa hingga menawarkan solusi terintegrasi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Di dalam buku terdiri dari 10 (sepuluh) bab yaitu : Bab 1 Social Media Marketing Capability Bab 2 Digital Collaboration Bab 3 Digital Competence Bab 4 Information Technology And E-Commerce Capability Bab 5 Digital Value Co-Creation Bab 6 Digital Engagement Bab 7 Digital Orientation Bab 8 Social Content Marketing Bab 9 Relationship Digital Marketing Bab 10 Digital Readiness

Transformasi digital dalam industri telah mengubah cara pandang baru bagi pelaku bisnis didalam bersaing untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui keunggulan daya saing.

Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai perilaku organisasi dalam ilmu manajemen, baik konsep, teori maupun penerapannya dalam kehidupan organisasi. Buku ini diharapkan dapat memberi tambahan ilmu dan pengetahuan kepada pembaca khususnya yang berkaitan dengan konsep perilaku organisasi. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi).

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi).

Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)

Buku yang berjudul “Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya para pembaca dan sekaligus menambah daftar buku-buku manajemen yang telah ada. Ilmu manajemen mengalami perkembangan yang semakin pesat. Ilmu manajemen berperan penting sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, pola-pola manajemen yang terstruktur sangat penting, agar dapat mengelola segala sesuatu secara efektif dan efisien. Book chapter ini terdiri dari empat belas bab dan tiap-tiap bab membahas mengenai konsep yang terkait dengan ilmu manajemen.

Buku yang berjudul “Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya para pembaca dan sekaligus menambah daftar buku-buku manajemen yang ...

Pengantar Manajemen Operasional

Manajemen Operasional merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu manajemen dan bisnis. Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas tentang: Bab 1 Pengenalan Manajemen Produksi Bab 2 Strategi Operasi Bab 3 Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Pendekatan Luas Produksi Bab 4 Pola Produksi Bab 5 Peramalan Permintaan Produk dan Jasa Bab 6 Penentuan Lokasi Bab 7 Desain Fasilitas dan Layout Bab 8 Pengendalian Persediaan Bab 9 Manajemen Proyek Bab 10 Perencanaan Kapasitas dengan Learning Curve Bab 11 Material Handling Bab 12 Manajemen Kualitas Bab 13 Perencanaan Kapasitas Dengan BEP

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.