Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM

Teknologi digital kewirausahaan dan UMKM merupakan kapasitas kewirausahaan dan UMKM dalam pemanfaatan teknologi guna keberlangsungan usaha. Konseptualisasi teknologi kewirausahaan merupakan kombinasi dari kewirausahaan dan inovasi berbasis teknologi. Dalam ekonomi digital teknologi menjadi bagian integral organisasi. Teknologi digital secara praktis terwujud dalam pertumbuhan fungsi serta peran teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini menjadi pendorong pertumbuhan aspek bisnis dan kewirausahan dan memungkinkan berkembangnya bisnis UMKM. Buku ini terdiri dari 17 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Kewirausahaan Digital Bab 2 Sosial Media Marketing Pada UMKM Bab 3 Inovasi Model Bisnis Kewirausahaan Bab 4 Ekosistem Kewirausahaan Digital Bab 5 Kewirausahaan, Inovasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Bab 6 Perencanaan Bisnis Kewirausahaan Bab 7 Peluang dan Tantangan Kewirausahaan di Era Digital Bab 8 Etika Bisnis dan Kewirausahaan Bab 9 Inovasi Bisnis di Era Industri 4.0 Bab 10 Strategi Digital Bisnis UMKM Bab 11 Sistem Pembayaran Digital dan UMKM Bab 12 Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Bab 13 Brand Visibility Online Produk UMKM Bab 14 Peer to Peer Lending (P2P) dan Sistem Permodalan UMKM Bab 15 Komunikasi Digital Pada UMKM Bab 16 Saluran Pemasaran Digital UMKM Bab 17 Jalur Distribusi UMKM

Aktivitas keuangan yang awalnya hanya dilakukan oleh perbankan pada kantor cabang dan anjungan tunai mandiri (ATM) telah beralih kepada aplikasi mobile banking yang dapat dilakukan di mana saja tanpa batas.

Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis Internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Memasuki abad ke-21 ini kemajuan teknologi sangat pesat di dalam segala bidang termasuk dalam SIM Banyak Perusahaan yang telah mengunakan SIM yang terkomputerisasi dan mengambil keuntungan dari SIM yang terkomputerisasi. Tetapi juga terdapat perusahaan yang masih menggunakan SIM yang masih manual dengan kelemahan dan kelebihannya. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi Bab 4 Sistem Informasi Pemasaran Bab 5 Model Sistem Umum Perusahaan Bab 6 Manajer dan Sarana Pengambilan Keputusan Bab 7 Pemanfaatan Teknologi pada Sistem Informasi Bab 8 Peranan Komputer dalam Pasar, Produksi dan Jasa Bab 9 Perusahaan Digital: e-Commerce dan e-Business Bab 10 Infrastruktur Teknologi Informasi

Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi Bab 4 Sistem Informasi Pemasaran Bab 5 Model Sistem Umum ...

Kewirausahaan dan Strategi Bisnis

Kewirausahaan merupakan salah satu indikator kemajuan dari suatu negara. Data pada tahun 2019, pelaku wirausaha Indonesia baru mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk. Rasio ini jauh berbeda sekali dibandingkan dengan Singapura yang mencapai 7 persen, Malaysia 6 persen, atau Thailand 5 persen. Sedangkan dalam laporan US News and World Report – 2019 Best Countries, Indonesia memiliki skor terendah bersama Filipina dalam peringkat kewirausahaan tahun 2018. Pada peringkat global, Indonesia hanya berada pada peringkat 50 dari 80 negara dari seluruh survei. Rendahnya tingkat kewirausahaan Indonesia dibandingkan negara-negara lain disinyalir karena sistem pendidikan di Indonesia yang kurang mendorong mahasiswa untuk berkembang sebagai wirausaha. Buku ini disusun dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang Kewirausahaan dan Strategi Bisnis dengan harapan meningkatkan pelaku wirausaha di Indonesia. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Umum Kewirausahaan Bab 2 Ide dan Inovasi Bab 3 Risiko dan Etika Bisnis Bab 4 Kepemimpinan dalam Kewirausahaan Bab 5 Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya Bab 6 Menciptakan dan Memulai Usaha Bab 7 Strategi Kelayakan Bisnis Bab 8 Strategi Pemasaran dalam Kewirausahaan Bab 9 Strategi untuk bersaing dalam Industri Bab 10 Strategi merubah pola pikir masyarakat menjadi Wirausahawan

Buku ini disusun dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang Kewirausahaan dan Strategi Bisnis dengan harapan meningkatkan pelaku wirausaha di Indonesia.

Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang menganggap SPSS dan penelitian kuantitatif merupakan sosok yang menakutkan dan enggan jika harus berurusan dengan SPSS. Keadaan ini membuat banyak mahasiswa memilih untuk menggunakan jasa ahli dalam pengolahan data penelitiannya, sehingga membuat mahasiswa tidak mandiri dan akan mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai contoh yang praktis sehingga mudah untuk dipahami. Materi pada buku ini menitikberatkan pada pendekatan mahasiswa S1 untuk berbagai Fakultas dan Program Studi seperti Ekonomi, Pendidikan, Psikologi, Peternakan, Sosial, dan lain-lain. Dalam pembahasan buku ini penulis menggunakan program SPSS 24, dan bagi pembaca yang mengunakan SPSS versi d iatas ataupun di bawahnya tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti karena tidak banyak terdapat perbedaan dalam pengaplikasiannya.

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif.

Belajar dari Covid-19: Perspektif Teknologi dan Pertanian

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan yang berdampak pada lebih dari 200 negara dan hampir di setiap aspek kehidupan. Perubahan-perubahan ini juga terlihat dalam perilaku pengunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia, terutama ketika miliaran orang beralih ke teknologi yang membantu mereka mengatasi kehidupan dan bekerja pada status lockdown yang diterapkan oleh pemerintah sebagian negara di dunia. Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama dua minggu sejak 20 Juni sampai 5 Juli 2020. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi melakukan kajian-kajian terhadap permasalahan khusus pada bidang Teknologi dan Pertanian untuk menghasilkan solusi demi kemaslahatan Bersama. Buku ini membahas: 1. Memasuki Era New Normal, Apa Kata Netizen? 2. Tren Teknologi Informasi pada masa Pandemi Covid-19 3. Kolaborasi Online yang Efektif pada Masa Pandemi COVID-19 4. Komunikasi Inovasi: Pendampingan Mahasiswa dan Bina Desa Pada Masa Covid-19 5. Penguatan dan Optimalisasi TIK Di Tengah Pandemi Covid-19 6. Covid-19 dan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Pembelajaran 7. Pemanfaatan IT Menuju New Normal pada Dunia Jasa Konstruksi 8. Teknologi Digital untuk Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19: Tantangannya 9. Work From Home selama COVID-19: Kepuasan dan Efektivitas Kerja 10. Pemanfaatan Youtube Untuk Meningkatkan Kreativitas Dosen Dalam Mengajar di Masa Pandemi COVID-19 11. Transisi Normal Baru dalam Teknologi 12. Sektor Pertanian Pada Masa Pandemi Covid-19 13. Strategi Sektor Pertanian Menghadapi Pandemi Covid-19 14. Teknologi Budidaya Tanaman untuk Swasembada Pangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19 15. Teknologi Urban Farming Di Masa covid-19 16. Peran dan Potensi Agribisnis dalam Memastikan Ketahanan Pangan di Tengah Wabah Covid 19

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan yang berdampak pada lebih dari 200 negara dan hampir di setiap aspek kehidupan.