Pemahaman Sistem Manajemen Mutu disusun terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup. Penyusunan buku yang sistematis diharapkan mampu mempermudah pembaca memahami sistem manajemen mutu dalam pengendalian pengawasan pekerjaan agar lebih baik hasilnya. Penekanan orientasi pembelajaran pada buku ini lebih menonjolkan partisipasi aktif dari para pembaca.
Mata kuliah Sistem Manajemen Mutu di Program Studi Teknik Sipil sifatnya masih umum, sehingga untuk lebih memberi pemahaman secara spesifik kepada mahasiswa khususnya, maka buku ajar ini saya coba untuk disusun. Dengan adanya buku ajar ini diharapkan dapat lebih memudahkan di dalam memahami materi perkuliahan, khususnya mata kuliah Sistem Manajemen Mutu, baik bagi pengajar dan mahasiswa. Buku ajar ini disusun berdasarkan beberapa literatur dan pengalaman praktisi di lapangan.
Mata kuliah Sistem Manajemen Mutu di Program Studi Teknik Sipil sifatnya masih umum, sehingga untuk lebih memberi pemahaman secara spesifik kepada mahasiswa khususnya, maka buku ajar ini saya coba untuk disusun.
Buku referensi ini mengupas konsep mutu, sistem manajemen mutu, dan akreditasi sebagai mekanisme penjaminan mutu eksternal secara historis, etimologi dan empirik berdasar hasil penelitian dan review sistematis. Disajikan analisis sistematis bukti dan mekanisme dampak akreditasi pada kinerja organisasi pelayanan kesehatan. Dibahas juga pergeseran paradigma pelayanan yang berfokus pada pasien, relevansi dengan standar akreditasi, tantangan, dan strategi implementasinya.
Buku referensi ini mengupas konsep mutu, sistem manajemen mutu, dan akreditasi sebagai mekanisme penjaminan mutu eksternal secara historis, etimologi dan empirik berdasar hasil penelitian dan review sistematis.
Manajemen mutu merupakan sebuah konsep yang meliputi budaya, sikap dan struktur organisasi menjadi bagian dari suatu unit usaha/bisnis yang berusaha untuk menyediakan kepada pelanggan berupa produk atau jasa yang memenuhi atau melebihi kebutuhan mereka dengan melibatkan manajemen dan seluruh karyawan melalui perbaikan terus menerus dan mengurangi kerugian akibat praktik pemborosan, pembuangan, dan cacat. Unit usaha bisnis yang menerapkan konsep manajemen mutu pada akhirnya akan bisa meningkatkan keuntungan dengan melakukan sesuatu yang benar dengan cara yang benar di seluruh proses kegiatannya. Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap Bab 1 Konsep Manajemen Mutu Bab 2 Usaha Kecil dan Menengah Bab 3 Standar Nasional Indonesia dan ISO 9000 Bab 4 Fokus Pelanggan Pada UKM Bab 5 Sistem Kepemimpinan UKM Bab 6 Peran dan Kapabilitas Individu UKM Bab 7 Proses Improvement Pada UKM Perencanaan SDM Pada UKM Bab 9 Manajemen Produksi UKM Bab 10 Manajemen Strategi UKM Bab 11 Manajemen Sistem Informasi UKM Bab 12 Manajemen Keuangan UKM Bab 13 Budaya Organisasi UKM Bab 14 Etika Bisnis UKM Bab 15 Peranan Pemerintah Dalam Pengembangan UKM
Barbara Becker Pengertian perencanaan menurut Barbara Becker (dalam Rustiadi 2008:339), meliputi cara rasional dan dalam menentukan masa depan organisasi. Pertama adalah bagaimana cara rasional sebuah organisasi di dalam mencapai ...
Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela. ISO merupakan federasi badan-badan standar nasional di seluruh dunia (ISO member bodies) Dalam pengertian standar, ISO adalah standar Internasional yang mengarahkan dan mengendalikan (direct & control) organisasi untuk mencapai tujuan mereka atau target, yang dirilis oleh Organisasi Internasional untuk standarisasi. Sistem manajemen mutu terbaru adalah ISO 9001:2015 yang diterbitkan pada bulan September 2015. Banyak sekali pertanyaan dari pelaksana sistem manajemen mutu terkait dengan implementasi dan interpretasi dari masing-masing klausul yang tertulis di standar ISO 90001:2015. Penulis berharap dengan diterbitkannya buku ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan semua pihak terkait (terutama yang memproduksi barang dan jasa) tentang pemahaman dan pelaksanaan persyaratan sistem manajemen kualitas. Sistem Manajemen Mutu bisa diterapkan disemua bidang kegiatan dan tidak ekslusif bagi perusahaan besar, jadi marilah kita semua memahami dengan baik sistem manajemen mutu ini sehingga mampu bersaing dengan negara lain yang sudah maju dan mempunyai produk-produk yang berkualitas.
Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela.