Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

Pengantar Ilmu Hadits

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an. Namun prakteknya mempelajari hadits justru lebih sulit. ilmu hadits adalah sarana dalam memahami dan mendalami hadits yang berasal dar Nabi saw, sehingga akan didapatkan satu pemahaman yang benar tentang hadits tersebut. Di dalam buku ini dibahas: 1. Pengertian Hadits,Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi 2. As-Sunnah dan kedudukannya dalam Islam 3. Penulisan dan Pembukuan hadits Nabi saw 4. Ilmu Hadits; Pertumbuhan, Perkembangan dan Pengenalan akan keduanya 5. Ilmu Rijalul Hadits 6. Ilmu Al Jarh Wa Ta'dil 7.Ilmu Gharib Al Hadits 8. Ilmu Ilal Al Hadits 9. Ilmu Mukhtalaf dan Musykil Hadits 10.Ilmu Mustalah Al Hadits Buku ini diharapkan membantu bagi mereka yang ingin mengetahui ilmu hadits khususnya di kalangan mahasiswa yang mempelajari hadits dan llmu hadits.

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an.

Bunga Rampai “Analisis Kebijakan Hukum dan Perlindungan Anak”

Pemenuhan hak-hak anak merupakan fondasi dan modal anak sebagai tunas bangsa yang memiliki potensi serta generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa untuk berpartisipasi dalam membangun Indonesia menjadi negara yang berdaulat, maju, adil dan makmur. Tidak boleh ada seorang anak yang diabaikan dalam memperoleh haknya di manapun dia berada, dan bagaimanapun kondisinya, termasuk anak penyandang disabilitas, karena anak-anak tersebut juga mempunyai hak yang sama di berbagai bidang kehidupan.

... perlindungan hak perempuan dan anak, ACWC telah menyusun Declaration on the Elimination of Violence Against Women and Children in ASEAN (DEVAWC). Deklarasi tersebut memperkuat komitmen ASEAN dalam ASEAN Declaration on the Elimination of ...

Psikologi Perkembangan : Teori dan Stimulasi

Menjadi guru pada era industri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter anak. Pentingnya untuk membentuk karakter anak sedini mungkin sejak usia dini membuat guru perlu memiliki pengetahuan terkait dengan tahapan perkembangan anak. Dengan mengetahui dan memahami tahapan perkembangan anak hingga remaja membuat guru bisa menentukan bagaimana metode yang tepat serta kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan dan membentuk karakter anak. Buku psikologi perkembangan ini menjawab kebutuhan calon-calon guru terutama pada pendidikan anak usia dini dan SD. Buku ini membahas beberapa hal yang menjadi kajian perkembangan anak di antaranya bagaimana pengertian perkembangan dan membedakan antara pertumbuhan dan perkembanagan, teori-teori perkembangan mulai dari teori psikoanalisa, teori behaviorisme, kognitif dan sosial kognitif, teori evolusioner, teori ekologi dan teori biologi. Selain itu terdapat pula pembahasan mengenai desain dan metode penelitian dalam penelitian perkembangan, tahapan-tahapan perkembangan fisik dan otak, perkembangan kognitif, inteligensi, bahasa, emosi, perkembangan identitas dan sosial pada anak dan remaja berikut stimulasinya, serta mengenai konteks-konteks yang berpengaruh pada perkembngan seperti media, lingkungan dan bentuk-bentuk permainan. Menjadi seorang guru yang profesional sekaligus mampu mengakomodir setiap permasalahan yang dialami anak terutama pada jenjang dasar dengan menyisipkan penanaman kaakter di dalamya memang tidak mudah. Dengan menggunakan buku ini diharapkan bisa membantu membekali para calon guru dan pada akhirnya saat terjun secara langsung menjadi seorang guru, para calon guru ini mampu melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak dan melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. Selain guru, pemahaman terkait perkembangan serta penanaman karakter anak juga harus dimiliki oleh orang tua yang menjadi penanggung jawab utama dalam pengasuhan anak, hal ini menjadikan buku ini juga bisa menjadi sumber untuk menentukan bagaimana pola pengasuhan yang terbaik untuk anak sesuai dengan karakter dan tahap perkembangannya.

Menjadi guru pada era industri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter anak.

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila (Penjabaran 45 Butir Pancasila)

Pancasila sebagai dasar negara menjadi sendi utama dalam pembentukan karakter bangsa. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang plural dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, berberda-beda tetap satu jua. Dengan kondisi inilah, perlu adanya landasan ideologi mental yang kuat yang dapat menyatukan keberagaman ras, budaya, dan suku. Melalui Pancasila terbentuk manusia yang berketuhanan, berperikemanusiaan, adil dan beradab, bersatu, demokratis, dan berkeadilan sosial. Konsep ini termaktub dalam butir-butir Pancasila sebagai dasar filsafah bangsa. Melalui pemahaman terhadap butir-butir Pancasila, diharapkan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara menjadi sendi utama dalam pembentukan karakter bangsa.

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan mendalam, buku ini menguraikan peran krusial evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang efektif. Pembaca akan dibimbing melalui perjalanan eksplorasi konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga analisis hasil. Buku ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, gaya mengajar, dan karakteristik siswa. Penggunaan studi kasus dan contoh praktis memberikan pandangan langsung tentang penerapan teori-teori evaluasi dalam konteks pendidikan sehari-hari.

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan.

Membangun Spirit Moderasi Beragama di Madrasah

Buku ini merupakan panduan yang komprehensif untuk mengembangkan semangat moderasi beragama di lingkungan madrasah. Dalam era globalisasi dan keragaman kultural yang semakin kompleks, penting bagi lembaga pendidikan agama seperti madrasah untuk membentuk generasi yang memiliki sikap moderat dan inklusif dalam memahami dan menjalankan ajaran agama. Buku ini tidak hanya memberikan landasan teoritis, tetapi juga menyajikan panduan praktis bagi para pendidik dan pemimpin madrasah untuk mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum dan kehidupan sehari-hari di madrasah. Buku ini membahas dengan mendalam tentang makna moderasi beragama, menggambarkan bagaimana sikap moderat dapat menjadi fondasi yang kuat untuk membangun harmoni di tengah-tengah perbedaan kepercayaan. Buku "Membangun Spirit Moderasi Beragama di Madrasah" menjadi sumber rujukan yang berharga bagi para pendidik, kepala madrasah, dan siapa pun yang tertarik dalam mengembangkan pendekatan pendidikan agama yang inklusif, moderat, dan relevan dengan realitas zaman.

Buku "Membangun Spirit Moderasi Beragama di Madrasah" menjadi sumber rujukan yang berharga bagi para pendidik, kepala madrasah, dan siapa pun yang tertarik dalam mengembangkan pendekatan pendidikan agama yang inklusif, moderat, dan relevan ...

Manajemen Mutu Pendidikan Humanis Terpadu (Total Manajemen Quality) Berbasis Tri Hita Karana

Buku ini mengajak pembaca untuk menjelajahi dunia pendidikan melalui lensa inovatif Manajemen Mutu Pendidikan Humanis Terpadu (Total Manajemen Quality) dengan fondasi pada filosofi Tri Hita Karana. Menyadari kompleksitas pendidikan sebagai sebuah ekosistem, penulis menekankan pentingnya melibatkan semua pihak terkait, memandang mutu pendidikan bukan hanya dari segi akademis, tetapi juga nilai-nilai kemanusiaan. Konsep Total Manajemen Quality yang diusung mengajak kita untuk memahami pendidikan sebagai sebuah kesatuan, mengintegrasikan peran siswa, guru, orang tua, dan stakeholder lainnya. Filosofi Tri Hita Karana, yang berasal dari tradisi kearifan lokal Indonesia, menjadi fondasi spiritual dan sosial dalam manajemen mutu pendidikan. Penulis merinci bagaimana prinsip-prinsip Tri Hita Karana, yang menekankan keseimbangan antara hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam, dapat memberikan arah yang kuat untuk mencapai pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Baca buku ini, temukan inspirasi, dan ikut serta dalam merintis perubahan positif untuk pendidikan yang lebih manusiawi dan berkelanjutan.

Buku ini mengajak pembaca untuk menjelajahi dunia pendidikan melalui lensa inovatif Manajemen Mutu Pendidikan Humanis Terpadu (Total Manajemen Quality) dengan fondasi pada filosofi Tri Hita Karana.

INOVASI PRODUK (Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Koordinasi Lintas Fungsi)

Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing serta Koordinasi Lintas Fungsi menjadi masalah penting dalam ber-Inovasi Produk di pasar batik Trusmi Cirebon, sepinya pengunjung pasar batik Trusmi di sebabkan karena kurangnya berinovasi dalam memproduksi batiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi pesaing serta koordinasi lintas fungsi terhadap inovasi produk para pengrajin batik yang sekaligus sebagai pedagang di pasar batik Trusmi yang sampai saat ini masih sepi pengunjung dan pembeli. Metode penelitian yang di terapkan menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Populasi yang di teliti adalah pedagang yang ada di pasar batik Trusmi dengan menggunakan sensus. Adapun alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan orientasi pelanggan dan orientasi pesaing serta koordinasi lintas fungsi berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi produk.

... Integrasi Lintas Fungsi Perusahaan Terhadap Kesuksesan Produk Baru”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol 4, No 1. Im, Subin dan John P. Workman Jr. (2004), “Market Orientation, Creativity, and New Product Performance in HighTechnology ...

Matematika Ekonomi : Buku Ajar

Dalam buku ini, tipe-tipe utama analisis ekonomi berkaitan dengan ilmu matematika adalah sebagai berikut: fungsi liniear dalam ekonomi, fungsi non-liniear dalam ekonomi, penggunaan turunan dalam ekonomi, penggunaan nilai mksimum dan minum satu fungsi dalam ekonomi. Karena jumlah model ekonomi ilustratif sangat banyak yang muncul di sini, baik mikro maupun makro, buku ajar ini juga akan bermanfaat bagi mereka yang telah mempelajari matematika namun tetap memerlukan bimbingan untuk mengantarkan mereka dari bidang matematika ke bidang ilmu ekonomi.

Mathematical Economics. The Dryden Press, Harcourt Brace College Publisher. Haeussler, Ernest F. and Richard S. Paul. Introductory Mathematical Analysis for Business Economics, and The Life and Social Sciences. Eighth Edition.

Buku Ajar Sistem Teknologi Informasi dalam Pelayanan Kebidanan

Sistem informasi kesehatan merupakan gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi (mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kinerja sistem kesehatan. Sistem Informasi Kesehatan sebagai sarana penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Sistem informasi kesehatan merupakan komponen utama dalam sistem kesehatan suatu negara. Buku ajar ini merupakan panduan bagi mahasiswa kebidanan pada mata kuliah Sistem Teknologi Informasi dalam Pelayanan Kebidanan yang dilengkapi dengan Uraian materi dan Tugas terstruktur.

Buku ajar ini merupakan panduan bagi mahasiswa kebidanan pada mata kuliah Sistem Teknologi Informasi dalam Pelayanan Kebidanan yang dilengkapi dengan Uraian materi dan Tugas terstruktur.