Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi

Buku Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas Tinggi adalah sebuah buku yang berisikan materi Bahasa Indonesia yang dipelajari pada kelas tinggi jenjang pendidikan sekolah dasar. Buku ini dapat dijadikan acuan materi dari pembelajaran yang akan diajarkan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai buku penunjang mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi, buku ini memiliki manfaat dalam menyiapkan bekal pemahaman bagi mahasiswa calon guru, terutama dalam mengajarkan empat keterampilan berbahasa yakni: menyimak, membaca, menulis, dan berbicara.

Buku Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas Tinggi adalah sebuah buku yang berisikan materi Bahasa Indonesia yang dipelajari pada kelas tinggi jenjang pendidikan sekolah dasar.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan yang digunakan untuk interaksi sosial antar individu dalam kehidupan. Begitu pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia. Dengan demikian Pembelajaran Bahasa Indonesia mendapatkan peran penting untuk pendidikan di Indonesia karena merupakan bahasa resmi di semua bidang. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Agar dapat melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia, silakan baca selengkapnya pada buku ini.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan yang digunakan untuk interaksi sosial antar individu dalam ...

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan: Peningkatan Profesionalisme Guru di Era Disrupsi Pendidikan

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ini ditujukan untuk menambah khazanah pengetahuan para mahasiswa, dosen, guru, dan para stakeholders pendidikan terkait MSDM Pendidikan dalam hal ini adalah guru. Buku ini memuat tentang proses perencanaan dan rekrutmen guru, kompetensi, kinerja dan kompensasi guru, pengembangan profesionalisme guru, hingga isu-isu kontemporer seperti learning loss, transformasi pendidikan Indonesia, hingga pendidikan guru penggerak dan pengembangan keprofesian berkelanjutan di era disrupsi pendidikan saat ini. Pada level yang lebih luas, buku ini digunakan sebagai buku referensi sekaligus pegangan untuk mata kuliah Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Semoga buku ini dapat memberi kontribusi dan manfaat yang baik untuk para pembacanya.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ini ditujukan untuk menambah khazanah pengetahuan para mahasiswa, dosen, guru, dan para stakeholders pendidikan terkait MSDM Pendidikan dalam hal ini adalah guru.

Pengantar Ilmu Hadits

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an. Namun prakteknya mempelajari hadits justru lebih sulit. ilmu hadits adalah sarana dalam memahami dan mendalami hadits yang berasal dar Nabi saw, sehingga akan didapatkan satu pemahaman yang benar tentang hadits tersebut. Di dalam buku ini dibahas: 1. Pengertian Hadits,Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi 2. As-Sunnah dan kedudukannya dalam Islam 3. Penulisan dan Pembukuan hadits Nabi saw 4. Ilmu Hadits; Pertumbuhan, Perkembangan dan Pengenalan akan keduanya 5. Ilmu Rijalul Hadits 6. Ilmu Al Jarh Wa Ta'dil 7.Ilmu Gharib Al Hadits 8. Ilmu Ilal Al Hadits 9. Ilmu Mukhtalaf dan Musykil Hadits 10.Ilmu Mustalah Al Hadits Buku ini diharapkan membantu bagi mereka yang ingin mengetahui ilmu hadits khususnya di kalangan mahasiswa yang mempelajari hadits dan llmu hadits.

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an.

Bunga Rampai “Analisis Kebijakan Hukum dan Perlindungan Anak”

Pemenuhan hak-hak anak merupakan fondasi dan modal anak sebagai tunas bangsa yang memiliki potensi serta generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa untuk berpartisipasi dalam membangun Indonesia menjadi negara yang berdaulat, maju, adil dan makmur. Tidak boleh ada seorang anak yang diabaikan dalam memperoleh haknya di manapun dia berada, dan bagaimanapun kondisinya, termasuk anak penyandang disabilitas, karena anak-anak tersebut juga mempunyai hak yang sama di berbagai bidang kehidupan.

... perlindungan hak perempuan dan anak, ACWC telah menyusun Declaration on the Elimination of Violence Against Women and Children in ASEAN (DEVAWC). Deklarasi tersebut memperkuat komitmen ASEAN dalam ASEAN Declaration on the Elimination of ...

Psikologi Perkembangan : Teori dan Stimulasi

Menjadi guru pada era industri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter anak. Pentingnya untuk membentuk karakter anak sedini mungkin sejak usia dini membuat guru perlu memiliki pengetahuan terkait dengan tahapan perkembangan anak. Dengan mengetahui dan memahami tahapan perkembangan anak hingga remaja membuat guru bisa menentukan bagaimana metode yang tepat serta kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan dan membentuk karakter anak. Buku psikologi perkembangan ini menjawab kebutuhan calon-calon guru terutama pada pendidikan anak usia dini dan SD. Buku ini membahas beberapa hal yang menjadi kajian perkembangan anak di antaranya bagaimana pengertian perkembangan dan membedakan antara pertumbuhan dan perkembanagan, teori-teori perkembangan mulai dari teori psikoanalisa, teori behaviorisme, kognitif dan sosial kognitif, teori evolusioner, teori ekologi dan teori biologi. Selain itu terdapat pula pembahasan mengenai desain dan metode penelitian dalam penelitian perkembangan, tahapan-tahapan perkembangan fisik dan otak, perkembangan kognitif, inteligensi, bahasa, emosi, perkembangan identitas dan sosial pada anak dan remaja berikut stimulasinya, serta mengenai konteks-konteks yang berpengaruh pada perkembngan seperti media, lingkungan dan bentuk-bentuk permainan. Menjadi seorang guru yang profesional sekaligus mampu mengakomodir setiap permasalahan yang dialami anak terutama pada jenjang dasar dengan menyisipkan penanaman kaakter di dalamya memang tidak mudah. Dengan menggunakan buku ini diharapkan bisa membantu membekali para calon guru dan pada akhirnya saat terjun secara langsung menjadi seorang guru, para calon guru ini mampu melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak dan melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. Selain guru, pemahaman terkait perkembangan serta penanaman karakter anak juga harus dimiliki oleh orang tua yang menjadi penanggung jawab utama dalam pengasuhan anak, hal ini menjadikan buku ini juga bisa menjadi sumber untuk menentukan bagaimana pola pengasuhan yang terbaik untuk anak sesuai dengan karakter dan tahap perkembangannya.

Menjadi guru pada era industri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter anak.

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila (Penjabaran 45 Butir Pancasila)

Pancasila sebagai dasar negara menjadi sendi utama dalam pembentukan karakter bangsa. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang plural dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, berberda-beda tetap satu jua. Dengan kondisi inilah, perlu adanya landasan ideologi mental yang kuat yang dapat menyatukan keberagaman ras, budaya, dan suku. Melalui Pancasila terbentuk manusia yang berketuhanan, berperikemanusiaan, adil dan beradab, bersatu, demokratis, dan berkeadilan sosial. Konsep ini termaktub dalam butir-butir Pancasila sebagai dasar filsafah bangsa. Melalui pemahaman terhadap butir-butir Pancasila, diharapkan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara menjadi sendi utama dalam pembentukan karakter bangsa.

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan mendalam, buku ini menguraikan peran krusial evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang efektif. Pembaca akan dibimbing melalui perjalanan eksplorasi konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga analisis hasil. Buku ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, gaya mengajar, dan karakteristik siswa. Penggunaan studi kasus dan contoh praktis memberikan pandangan langsung tentang penerapan teori-teori evaluasi dalam konteks pendidikan sehari-hari.

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan.

Membangun Spirit Moderasi Beragama di Madrasah

Buku ini merupakan panduan yang komprehensif untuk mengembangkan semangat moderasi beragama di lingkungan madrasah. Dalam era globalisasi dan keragaman kultural yang semakin kompleks, penting bagi lembaga pendidikan agama seperti madrasah untuk membentuk generasi yang memiliki sikap moderat dan inklusif dalam memahami dan menjalankan ajaran agama. Buku ini tidak hanya memberikan landasan teoritis, tetapi juga menyajikan panduan praktis bagi para pendidik dan pemimpin madrasah untuk mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum dan kehidupan sehari-hari di madrasah. Buku ini membahas dengan mendalam tentang makna moderasi beragama, menggambarkan bagaimana sikap moderat dapat menjadi fondasi yang kuat untuk membangun harmoni di tengah-tengah perbedaan kepercayaan. Buku "Membangun Spirit Moderasi Beragama di Madrasah" menjadi sumber rujukan yang berharga bagi para pendidik, kepala madrasah, dan siapa pun yang tertarik dalam mengembangkan pendekatan pendidikan agama yang inklusif, moderat, dan relevan dengan realitas zaman.

Buku "Membangun Spirit Moderasi Beragama di Madrasah" menjadi sumber rujukan yang berharga bagi para pendidik, kepala madrasah, dan siapa pun yang tertarik dalam mengembangkan pendekatan pendidikan agama yang inklusif, moderat, dan relevan ...

Manajemen Mutu Pendidikan Humanis Terpadu (Total Manajemen Quality) Berbasis Tri Hita Karana

Buku ini mengajak pembaca untuk menjelajahi dunia pendidikan melalui lensa inovatif Manajemen Mutu Pendidikan Humanis Terpadu (Total Manajemen Quality) dengan fondasi pada filosofi Tri Hita Karana. Menyadari kompleksitas pendidikan sebagai sebuah ekosistem, penulis menekankan pentingnya melibatkan semua pihak terkait, memandang mutu pendidikan bukan hanya dari segi akademis, tetapi juga nilai-nilai kemanusiaan. Konsep Total Manajemen Quality yang diusung mengajak kita untuk memahami pendidikan sebagai sebuah kesatuan, mengintegrasikan peran siswa, guru, orang tua, dan stakeholder lainnya. Filosofi Tri Hita Karana, yang berasal dari tradisi kearifan lokal Indonesia, menjadi fondasi spiritual dan sosial dalam manajemen mutu pendidikan. Penulis merinci bagaimana prinsip-prinsip Tri Hita Karana, yang menekankan keseimbangan antara hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam, dapat memberikan arah yang kuat untuk mencapai pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Baca buku ini, temukan inspirasi, dan ikut serta dalam merintis perubahan positif untuk pendidikan yang lebih manusiawi dan berkelanjutan.

Buku ini mengajak pembaca untuk menjelajahi dunia pendidikan melalui lensa inovatif Manajemen Mutu Pendidikan Humanis Terpadu (Total Manajemen Quality) dengan fondasi pada filosofi Tri Hita Karana.