Sebanyak 153 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

CORPORATE GOVERNANCE : Konsep dan Implementasinya Pada Emiten Saham Syariah

Judul : CORPORATE GOVERNANCE : Konsep dan Implementasinya Pada Emiten Saham Syariah Penulis : Dr. Evan Hamzah Muchtar, S.E., M.E.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 274 Halaman ISBN : 978-623-6872-54-3 Pelaksanaan Tata kelola perusahaan (Corporate Governance) dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan meningkatkan kinerja keuangannya yang diukur melalui kualitas laba. Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan atau kualitas laba yang baik. Kinerja keuangan atau kualitas laba perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat oleh calon investor untuk menemukan investasi saham. Semakin baik pertumbuhan kualitas laba perusahaan berarti prospek perusahaan di masa depan dinilai semakin baik, artinya nilai perusahaan juga akan dinilai semakin baik di mata investor. Indikator-indikator pada tata kelola perusahaan yang terdiri dari hubungan perusahaan dengan pemegang saham, fungsi dan peran Dewan Komisaris, fungsi dan peran Direksi, partisipasi pemangku kepentingan dan keterbukaan informasi perlu diterapkan lebih makasimal untuk meningkatkan profitabilitas sehingga meningkatkan nilai perusahaan pada konstituen Indeks Saham Syaiah Indonesia (ISSI). Dalam buku ini akan dibahas : 1. Bagaimana mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap profitabilitas pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 2. Bagaimana mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 3. Bagaimana mengkaji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 4. Bagaimana mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Sumber : Tobin's Q versi Chung dan Pruitt (1994) D. Pasar Modal Syariah 1. Perkembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia Keberadaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal menjadi pemicu kehadiran beragam ...

STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI DENGAN MEMANFAATKAN MARKET PLACE MELALUI MEDIA INTERNET (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis)

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang bisnis dan perdagangan. Dengan adanya internet dan ICT proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Market Place mengarah pada pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis (Digital Marketing). Market Place sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online. Market Place atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya. Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis memulai usaha yang baru di BUMDES dengan rasa optimis. Kepala Desa menyatakan bahwa berdasarkan peluang dan potensi Desa Sungai Alam serta membaca peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. BUMDES menjalankan usahanya dengan didukung oleh pemerintah desa dan masyarakat seperti PKK dan pengrajin rumah tangga. Strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Sungai Alam dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet dapat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian desa. Faktor-faktor (penghambat dan pendukung) dalam meningkatkan ekonomi dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet yaitu akses internet, akses internet yang ada di BUMDes sudah sangat membantu dalam proses pemasaran menggunakan media sosial, BUMDes juga sudah merancang Website untuk dijadikan sebagai tempat promosi produk maupun jasa yang dihasilkan BUMDes. Internet yang belum merata disemua wilayah Indonesia menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Faktor logistik menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan E-Commerce dalam pemasaran dan pengiriman barang disebabkan Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga dalam pengiriman barang sering kali terhambat mengingat jarak tempu yang dilalui dalam pengantaran barang ke konsumen sering mengalami gangguan yang menyebabkan keterlambatan barang samapai ke konsumen. Metode pembayaran, untuk metode pembayaran belum begitu mapan dimana transaksi saat pengiriman barang masih banyak yang melakukan Cash on Delivery (COD) yang menyadi pilihan konsumen dalam pembelian produk.

Compas. Last modified 2021. https://compas. co.id/article/perkembangan-e-commerce. Peraturan Pemerintah RI. 2005. “PP RI Nomor 72 Tahun 2005.” 2005, 25-27. Santoso, Rudi. 2020. “Review of Digital Marketing ...

Dakwah Islam Moderat ala KH. Afifuddin Muhajir dan KH. Abdul Moqsith Ghazali

Di tengah eskalasi kelompok radikal-fundamental yang mengancam keutuhan negara dan bangsa yang damai dan toleran, belajar kepada ulama yang punya pengaruh luas, baik pemikiran maupun kiprah kebangsaannya, adalah langkah urgen yang harus dilakukan, utamanya ulama yang membawa panji-panji Islam moderat. KH. Afifuddin Muhajir dan KH. Abdul Moqsith Ghazali merupakan dua ulama yang kepakarannya dalam bidang fiqh dan ushul fiqh telah diakui oleh publik, dan dedikasi sosial serta kontribusinya dalam membangun peradaban Islam telah teruji. KH. Afifuddin Muhajir dikenal sebagai pengusung fiqh tata negara, sedangkan KH. Abdul Moqsith Ghazali mendedahkan argumen pluralisme agama. Lebih dari itu, keduanya merupakan perumus ijtihad maqashidi. Buku ini mengeksplorasi model dan strategi dakwah Islam moderat yang diperjuangkan oleh dua ulama tersebut. Tujuannya tidak lain agar menjadi inspirasi, motivasi, dan teladan bagi generasi muda dan segenap elemen bangsa agar Islam moderat tetap kokoh sebagai basis umat Islam Indonesia untuk memperkuat bangunan NKRI yang toleran, damai, dan berkeadaban. Moderatisme Islam yang digaungkan oleh kedua ulama ini didasarkan kepada basis keilmuan yang kokoh dan relevansi yang tinggi terhadap realitas kontemporer. Keduanya mampu melakukan kontekstualisasi doktrin yang terdapat dalam kitab kuning terhadap kompleksitas dunia modern.

Di tengah eskalasi kelompok radikal-fundamental yang mengancam keutuhan negara dan bangsa yang damai dan toleran, belajar kepada ulama yang punya pengaruh luas, baik pemikiran maupun kiprah kebangsaannya, adalah langkah urgen yang harus ...

Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce)

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.

Panorama Maqashid Syariah

Buku ini merupakan kumpulan pemikiran dari para ulama terkait dengan Maqshid syariah yang disusun oleh para penulis yang sudah berpengalaman di dalam dunia ilmu Hukum Islam dan Maqashid Syariah. Sebagai sebuah pemikiran tentu saja ianya memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga harus disikapi sebagai suatu karya brilliant yang menjadi bahan kajian untuk generasi berikutnya.

Beberapa karangan fonumental yang pernah ditulis diantaranya Maqashid Al Shariah : A Beginner's Guide, Islam, Christiany and Pluralism, Shariah and Politics, Maqashid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law A system Approach, ...

Ekonomi Moneter (Teori dan Kebijakan)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai ekonomi moneter, baik konsep, teori, maupun kebijakan. Kehadiran buku ini menambah daftar buku-buku ekonomi moneter yang ada sebelumnya, diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas sebelas bab, dan diberi judul Ekonomi Moneter (Teori dan Kebijakan). Karya ini, tentunya masih belum sempurna dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

(2000). Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani. Dahlan, Ahmad. (2008). Keuangan Publik Islam : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Grafindo Litera Media. Gilarso, T. (2004). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.