Sebanyak 270 item atau buku ditemukan

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga negara agar hidup sesuai aturan, tujuan dan cita-cita bangsa. Pendidikan kewarganegaraan ini mulai diajarkan sejak para peserta didik berusia dini sampai perguruan tinggi, hal ini dilakukan agar dihasilkan para penerus bangsa yang memiliki kompeten dan siap menjalankan hidupnya dengan Benar di masyarakat dan paham menjadi masyarakat yang beretika, berbudaya dan berbangsa. Selain itu, hakikat pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan di sekolah dan instansi pendidikan tinggi yakni sebagai bentuk program pendidikan bernilai Pancasila yang dipelajari untuk dilestarikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yang terdiri dari: hakikat, fungsi, dan tujuan pendidikan kewarganegaraan; identitas dan integrasi nasional; negara dan konstitusi; model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan; sistem pemerintahan di Indonesia; ketahanan nasional Indonesia; penegakan hukum di Indonesia; hubungan negara dengan warga negara; hak asasi manusia; demokrasi di Indonesia dan pendidikan demokrasi.

... Civic Education. Citizenship Foundation. (2003). Running a Mock Trial: A Guide and Materials for Teachers, Participants and Organisers. London: Citizenship Foundation. Citizenship Foundation. (2006). CPD Handbook, Section 3. Citizenship ...

ULUMUL HADIS

Untuk Mahasiswa Tarbiyah/Ilmu Keguruan

Ulumul Hadis merupakan ilmu yang wajib dipelajari oleh seorang muslim khususnya para calon pendidik yang berkaitan dengan agama Islam, dalam hal ini mahasiswa Tarbiyah/Ilmu Keguruan, karena kedudukan hadis yang sangat penting yakni sebagai mubayyin (penjelas) terhadap al-Qur’an. Untuk itu, tanpa memahami dan menguasai hadis, siapapun tidak akan bisa memahami al-Qur’an. Sebaliknya, siapa pun tidak akan bisa memahami hadis tanpa memahami al-Qur’an, karena al-Qur’an merupakan dasar hukum pertama, yang di dalamnya berisi garis besar syariat, dan hadis merupakan dasar hukum kedua, yang di dalamnya berisi penjabaran dan penjelasan al-Qur’an. Dengan demikian, antara hadis dan al-Qur’an memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain dan tidak bisa dipisah-pisahkan atau berjalan sendiri-sendiri. Hadirnya buku ini diharapkan dapat membuka pintu pengetahuan mengenai hadis khususnya mengenai hubungan hadis dengan al-Qur’an; penghimpunan dan pengkodifikasian hadis, sanad dan matan hadis, pengklasifikasian hadis, penelitian sanad dan matan; takhrij hadis; ahwal ar-riwayah wa anwa’uha; kehujahan hadis dhaif dan mursal; ilmu rijalul hadis, ilmu al-jarh wa ta’dil; ilmu talfiqul hadis; ilmu asbabul wurud hadis; ilmu nasikh wa mansukh hadis.

... hadits-hadits ahad tersebut lupa atau berbuat salah; ketiga, sejarah telah membuktikan bahwa tidak sedikit orang-orang atau golongan-golongan tertentu membuat hadits palsu. Pembuatan hadits palsu tersebut digunakan untuk maksud tertentu ...

RELASI AGAMA DAN SAINS DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Wacana tentang relasi-integrasi agama dengan sains sudah muncul sejak awal abad ke-20. Ada yang setuju, ada yang menentang, ada pula yang mengambil jalan moderat dari para ilmuwan Islam. Pada perkembangannya, relasi antara agama dan sains ini memunculkan banyak perdebatan, baik dikalangan agamawan maupun ilmuwansaintis-sendiri; bagaimana bentuk ideal dari relasi antara agama dan sains menjadi topik utama perdebatan. Hingga kini, relasi-integrasi-multidimensi agama dan sains masih sebatas wacana yang “dicita-citakan”. Dalam tataran praksisnya, relasi tersebut belum menemukan bentuknya yang paling ideal, sehingga belum memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Hadirnya buku ini dimaksudkan agar dapat memberikan sumbangsih terkait diskursus integrasi keilmuan pada dunia pendidikan. Selama ini, kajian tentang gagasan integrasi keilmuan yang diangkat oleh cendekiawan muslim masih banyak berkutat pada aspek teoritis filosofis saja. Belum begitu mengarah pada tataran praktis implementatif institusional dan tersistem dalam sebuah kurikulum pada lembaga pendidikan. Sehingga hadirnya buku ini diharapkan bisa menginspirasi kepada pengelola lembaga pendidikan untuk bisa berinovasi dalam melakukan modernisasi lembaga pendidikannya secara holistik dan terintegratif dengan menjadikan al-Qur'an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan. Diawali dari telaah sejarah terkait keilmuan perspektif barat dan Islam hingga masa keemasan, masa dikotomi dan masa kebangkitan yakni dimulai dari munculnya gagasan (ide) dan wacana tentang relasi antara agama dan sains (integrasi keilmuan) dan perdebatannya dikalangan cendekiawan muslim baik yang ada di luar dan dalam negeri dan munculnya tawaran-tawaran model integrasi keilmuan oleh cendekiawan-cendekiawan muslim Indonesia. Berpijak dari semua tawaran yang dikemukakan tersebut, model Trensains yang dijelaskan dalam buku ini mendeklarasikan diri sebagai salah satu madzhab integrasi keilmuan pada lembaga pendidikan di Indonesia. Ide Trensains ini diawali dengan tinjauan Teoretik filosofis yakni berdasarkan filsafat sains Islam baik secara ontologi, epistemologi dan aksiologi yang menjadikan al-Qur'an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan. Hingga pada tataran praktis implementatif dan tersistem pada kurikulum hingga implementasi pembelajarannya baik di kelas maupun di luar kelas secara holistik.

Wacana tentang relasi-integrasi agama dengan sains sudah muncul sejak awal abad ke-20.

Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi

Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila

Buku Wajib Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi

Buku Wajib Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi

Aneka Teladan Pembangunan Politik Dunia Islam

Buku ini disusun untuk mematahkan berbagai stereotype Dunia Islam pasca runtuhnya Khilafah Islamiyah pada tahun 1924, area yang penuh kemunduran atau bahkan paling rawan konflik di dunia.

DR. Sidik Jatmika, MSi. EKONOMI. SYARIAH. Bahasan ini bermula dari beberapa pertanyaan awal: Apa yang anda ketahui mengenai konsep ekonomi syariah ? Jelaskan 1 contoh perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional ? Jelaskan ...

Sketsa Filsafat Ilmu Edisi 1

Sinopsis : Buku Sketsa Filsafat Ilmu ini merupakan edisi penyatu-paduan, revisi penambahan, dan perbaikan dari makalah – makalah perkuliahan program 5000 doktor program doctoral ilmu al-qur’an dan tafsir PTIQ Jakarta. Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, dan matematika. Filsafat ilmu merupakan mata kuliah yang wajib bagi program Magister dan Doktor. Bagi mahasiswa program sarjana, filsafat ilmu diperlukan agar memiliki wawasan mendasar mengenai ilmu pengetahuan. Dengan demikian, buku ini menjadi semakin lengkap dan sesuai dengan perkembangan terkini. Isi buku ini terdiri atas part 1 dan 2 dan terdiri dari 15 bab.

Awardee 5000 Doktor PTIQ Jakarta 2019. Peter Caws “Philosophy of science is a part of philosophy, which attempts to do for science what philosophy in general does for the whole of human experience. Philosophy does two sorts of thing: on ...

Kupas Tuntas Filsafat Ilmu Pengetahuan

Sebuah Pengantar Komprehensif untuk Pemula dan Umum

Dalam rangka memahami ilmu pengetahuan secara utuh, kritis, rasional, dan menyeluruh, perspektif filsafat menjadi penting digunakan. Dan inilah kemudian yang dikenal sebagai filsafat ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, filsafat ilmu pengetahuan adalah memandang (mempelajari) ilmu pengetahuan dalam perspektif filosofis. Buku ini secara gamblang menjelaskan filsafat ilmu pengetahuan secara detail dan komprehensif, mulai dari pengertian, sejarah, dasar-dasar ilmu pengetahuan, logika (sebagai metode berpikir kritis), hingga persoalan etika dan estetika ilmu pengetahuan. Tidak lupa, untuk melengkapi khazanah pengetahuan seputar filsafat ilmu pengetahuan, dibahas pula mengenai filsafat ilmu pengetahuan dalam dunia Islam. Ditutup dengan penjelasan ringkas (meliputi pengertian dan objek kajian) beberapa cabang filsafat, seperti filsafat sains, filsafat bahasa, filsafat politik, filsafat komunikasi, filsafat sosial, filsafat psikologi, filsafat pendidikan, filsafat pendidikan Islam, filsafat hukum, filsafat hukum Islam, filsafat Pancasila, dan lain-lain.

Dalam rangka memahami ilmu pengetahuan secara utuh, kritis, rasional, dan menyeluruh, perspektif filsafat menjadi penting digunakan.

Ensiklopedi Pancasila: Paradigma dan Pendidikan

Buku digital ini berjudul "Ensiklopedi Pancasila: Paradigma dan Pendidikan", merupakan tulisan yang berisi tentang "pendidikan karakter pancasila" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan pendidikan karakter yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

Buku digital ini berjudul "Ensiklopedi Pancasila: Paradigma dan Pendidikan", merupakan tulisan yang berisi tentang "pendidikan karakter pancasila" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

Tafsir Tarbawi : Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Quran

Tafsir Tarbawi memaparkan ayat-ayat Al-Quran yang diyakini mengandung nilai-nilai atau prinsip-prinsip pendidikan. Para peminat tafsir atau peminat bidang pendidikan diharapkan memperoleh dua kompetensi sekaligus, yaitu menguasai tafsir ayat-ayat Al-Quran tertentu dan memperkuat kompetensi ilmu pendidikan. Untuk itu, materi disusun berdasar aspek-aspek ilmu pendidikan, seperti tujuan pendidikan, metode pendidikan, materi pendidikan, dan sebagainya, kemudian dibahas tafsir ayat-ayat yang terkait. Buku sangat berharga ini dapat menjadi rujukan dan dinikmati oleh kalangan mana pun: akademisi, dai, dan kalangan umum yang hendak memahami wawasan Al-Quran tentang pendidikan untuk diajarkan dan diterapkan dalam keseharian.

Prof. Dr. H. Salman Harun. Pengantar. Alhamdulillah, buku Tafsir Tarbawi; Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Quran sebagai buku teks mata kuliah “Tafsir Tarbawi” ini dapat diterbitkan oleh Lentera Hati. “Tafsir Tarbawi” merupakan mata kuliah ...