Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

RELASI AGAMA DAN SAINS DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Wacana tentang relasi-integrasi agama dengan sains sudah muncul sejak awal abad ke-20. Ada yang setuju, ada yang menentang, ada pula yang mengambil jalan moderat dari para ilmuwan Islam. Pada perkembangannya, relasi antara agama dan sains ini memunculkan banyak perdebatan, baik dikalangan agamawan maupun ilmuwansaintis-sendiri; bagaimana bentuk ideal dari relasi antara agama dan sains menjadi topik utama perdebatan. Hingga kini, relasi-integrasi-multidimensi agama dan sains masih sebatas wacana yang “dicita-citakan”. Dalam tataran praksisnya, relasi tersebut belum menemukan bentuknya yang paling ideal, sehingga belum memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Hadirnya buku ini dimaksudkan agar dapat memberikan sumbangsih terkait diskursus integrasi keilmuan pada dunia pendidikan. Selama ini, kajian tentang gagasan integrasi keilmuan yang diangkat oleh cendekiawan muslim masih banyak berkutat pada aspek teoritis filosofis saja. Belum begitu mengarah pada tataran praktis implementatif institusional dan tersistem dalam sebuah kurikulum pada lembaga pendidikan. Sehingga hadirnya buku ini diharapkan bisa menginspirasi kepada pengelola lembaga pendidikan untuk bisa berinovasi dalam melakukan modernisasi lembaga pendidikannya secara holistik dan terintegratif dengan menjadikan al-Qur'an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan. Diawali dari telaah sejarah terkait keilmuan perspektif barat dan Islam hingga masa keemasan, masa dikotomi dan masa kebangkitan yakni dimulai dari munculnya gagasan (ide) dan wacana tentang relasi antara agama dan sains (integrasi keilmuan) dan perdebatannya dikalangan cendekiawan muslim baik yang ada di luar dan dalam negeri dan munculnya tawaran-tawaran model integrasi keilmuan oleh cendekiawan-cendekiawan muslim Indonesia. Berpijak dari semua tawaran yang dikemukakan tersebut, model Trensains yang dijelaskan dalam buku ini mendeklarasikan diri sebagai salah satu madzhab integrasi keilmuan pada lembaga pendidikan di Indonesia. Ide Trensains ini diawali dengan tinjauan Teoretik filosofis yakni berdasarkan filsafat sains Islam baik secara ontologi, epistemologi dan aksiologi yang menjadikan al-Qur'an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan. Hingga pada tataran praktis implementatif dan tersistem pada kurikulum hingga implementasi pembelajarannya baik di kelas maupun di luar kelas secara holistik.

Wacana tentang relasi-integrasi agama dengan sains sudah muncul sejak awal abad ke-20.

Kedudukan instruksi presiden nomor I tahun 1991 tentang kompilasi hukum Islam

sebagai sumber hukum dalam sistem hukum di Indonesia

Analysis on Indonesian presidential instruction concerning Islamic law compendium.

AUDIT SISTEM INFORMASI: TEORI, FRAMEWORK DAN STUDI KASUS MENGGUNAKAN FRAMEWORK

Buku ini menyajikan konsep dasar teori tentang studi audit sistem informasi. Buku ini menampilkan uraian pandangan dari akademisi dan pakar lain yang telah mengaplikasikan penerapan standar dan panduan audit sistem informasi. Buku ini dapat menjadi referensi untuk mahasiswa atau khalayak umum yang memiliki minat bidang ilmu audit sistem informasi. Pembaca akan belajar bagaimana konsep tata kelola yang solid dan bertanggung jawab yang diadopsi dari hasil penelitian penulis, bagian berikutnya pembahasan prinsip dasar, standar dan panduan, serta perkembangannya dari audit sistem informasi. Bagian terakhir berfokus pada studi kasus bagaimana penerapan salah satu kerangka kerja dari audit TI/SI. Buku ini menyatukan sejumlah perspektif yang menarik dan berguna, dibahas secara sistematis berdasarkan rencana pemebelajaran semester pada perguruan tinggi sehingga dapat menunjang dalam pembelajaran audit SI. Adapun uraian pembahasan adalah sebagai barikut: – IT Governance: Konsep Dimensi Untuk Penilaian Kesadaran Tata Kelola Ti Yang Efektif – Prinsip Dasar Audit Sistem Informasi Dan Standar Panduan Audit Sistem Informasi – Kontrol Dan Audit Sistem Informasi – Ruang Lingkup Audit Sistem Informasi – Proses Audit Sistem Informasi – Teknik Audit Berbantuan Komputer – Pemeriksaan Terhadap Jaringan Komputer – Standar Dan Panduan Audit Sistem Informasi – Aspek-Aspek Manajemen Control – Framework – Control : Internal-Objective-Risk – Pengertian, Peran, Dan Keterkaitan Antara Management Framework Dan Application Control Framework – Aspek-Aspek Pada Application Control Framework – Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Audit Sistem Informasi – Studi Kasus Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit

Buku ini menyatukan sejumlah perspektif yang menarik dan berguna, dibahas secara sistematis berdasarkan rencana pemebelajaran semester pada perguruan tinggi sehingga dapat menunjang dalam pembelajaran audit SI. Adapun uraian pembahasan ...

SKM (Sukses Kuasai Materi) Fisika SMA Kelas X, XI, XII

Buku SKM (Sukses Kuasai Materi) Fisika SMA Kelas X, XI, XII hadir sebagai solusi bagi siswa SMA dan MA yang ingin memahami pelajaran Fisika secara mendalam dan menyeluruh. Dalam buku tersusun atas konsep: • Pendalaman materi disusun secara jelas, detail, dan mendalam dari materi yang diajarkan di kelas X, XI, XII untuk memudahkan siswa. • Ribuan soal dan pembahasan, dibahas sesuai materi yang disampaikan sehingga memberikan aplikasi pemahaman materi terhadap soal-soal ujian. • Paket soal evaluasi, merupakan kumpulan soal-soal dari setiap bab yang dikumpulkan di bagian akhir buku sebagai evaluasi akhir terhadap pemahaman siswa. • Prediksi ujian nasional, sebagai bahan latihan siswa menghadapi ujian nasional sebenarnya. Dari konsep buku ini diharapkan siswa dapat memahami Fisika sehingga memudahkan siswa menjalani ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian sekolah berstandar nasional, dan ujian nasional.

Buku SKM (Sukses Kuasai Materi) Fisika SMA Kelas X, XI, XII hadir sebagai solusi bagi siswa SMA dan MA yang ingin memahami pelajaran Fisika secara mendalam dan menyeluruh.

Manajemen Keuangan

Buku ini di tujukan untuk mereka yang ingin mempelajari manajemen keuangan suatu organisasi. Meskipun setting dari isi buku ini untuk perusahaan (organisasi yang mencari profit), tetapi penulis percaya bahwa konsep dan logika pikir manajemen keuangan perusahaan bisa diterapkan pada organisasi lainnya, seperti organisasi yang tidak bermotif profit. Buku manajemen keuangan ini berbeda dengan buku sejenisnya karena di dalam isi buku ini pembahasannya lebih komprehensif. Topik-topik yang dibahas diantaranya adalah peramalan keuangan, budgeting, portfolio, saham, obligasi, merger dan reorganisasi dan instrumen derifative. Dengan pembahasan yang komprehensif tersebut diharapkan pembaca memperoleh pemahaman mengenai manajemen keuangan. Penulisan buku ini di dasarkan pada pengalaman mengajar dalam bidang manajemen keuangan. Proses penulisan ini memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan persiapan-persiapan agar buku manajemen keuangan ini menjadi lebih baik. Penulis untuk sementara ini baru bisa menyajikan 14 bab dan besar harapan di setiap tahunnya akan dilakukan revisi untuk memperkaya ilmu dan disesuikan dengan perkembangan ekonomi global.

... dengan aktivitas menerbitkan deposito dan tabungan sebagai sumber dana mereka kemudian memberikan pinjaman (loan). ... fee untuk jasa pengiriman uang dengan kawat (wire transfer) atau pembukuan fasilitas L/C (letter of credit).

Pendidikan Islam dalam peradaban industrial

Islamic education during industrial transformation, Indonesia; collection of articles.

... Ilmu Umum, pada jenjang SMA atau Aliyah sebagai fardlu ain DCG :
Spesialisasi pendidikan umum (Ilmu Kauni) CEF : Spesialisasi pendidikan Ma'
had Aly (Ilmu Tanzili) Ilmu Kauni = Ayat-ayat yang tersurat dalam Al-Qur'an dan
As Sunnah.

Buku Referensi Perancangan Kurikulum Program Studi Dietisien

Buku referensi ini akan menjabarkan masing-masing capaian pembelajaran terkait 3 (tiga) bidang penekanan (emphasize area) yaitu gizi klinik, gizi komunitas dan manajemen penyelenggaraan makanan .Buku ini secara umum tersusun dengan menggunakan pendekatan konsep Nutritional Care Process (NCP) dimana pada setiap tahapan asuhan gizi harus melalui tahapan Pengkajian Status Gizi (Nutritional Assessment), Diagnosa Gizi (Nutritional Diagnosis), Intervensi Gizi (Nutrition Intervention), serta Monitoring dan Evaluasi (Monitoring and Evaluation). Namun untuk bidang Manajemen Penyelenggaraan Makanan penjabaran capaian pembelajaran berdasarkan pada sistem manajemen penyelenggaraan makanan. Buku referensi ini sangat bermanfaat untuk para pembimbing maupun peserta pendidikan dietisien dalam memahami tiap kompetensi yang harus dicapai maupun cara mencapainya. Manfaat bagi pembimbing adalah dapat menjadi pedoman untuk mengatur kegiatan pada tiap rotasi, penugasan yang diberikan kepada peserta pendidikan profesi maupun indikator untuk mencapai tiap tujuan pembelajaran. Adapun untuk peserta dapat dijadikan pedoman untuk mengetahui kompetensi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai serta kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama pendidikan profesi maupun evaluasinya sehingga peserta dapat merencanakan pendidikannya dengan lebih baik dan terarah.

... feasibility mengembangkan business plan study di institusi rencana bisnis dan menganalisis penyelenggaraan untuk program , kelayakan usaha makanan proses Laporan Kampus semua menu Sekolah Sekolah dan / atau intervensi makanan Buku ...