Sebanyak 22 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulisan Buku Ajar ini dilatarbelakangi adanya upaya peningkatan mutu pembelajaran di Prodi Manajemen Pendidikan Kristen (MPK), Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Selain itu, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Prodi MPK tahun 2021, publikasi dosen untuk buku ajar jumlahnya masih perlu ditingkatkan. Fenomena yang demikian sebenarnya tidak hanya terjadi di Prodi MPK, melainkan di beberapa Prodi yang ada di IAKN Tarutung dan bahkan di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen lainnya yang ada di Indonesia.

Buku ajar manajemen pendidikan dasar dan menengah membahas tentang bagaimana proses manajemen satuan pendidikan dasar dan menengah atau sekolah dapat dilakukan.

Fisabilillah: Kumpulan Komik Strip Karakter Mahasiswa Islami

Alhamdulillah, buku kumpulan komik strip tentang karakter mahasiswa Islami ini telah berhasil kami selesaikan. Kami berharap semoga nilai-nilai karakter Islami yang terdapat pada buku ini dapat tersampaikan pada pembaca, khususnya mahasiswa.

Alhamdulillah, buku kumpulan komik strip tentang karakter mahasiswa Islami ini telah berhasil kami selesaikan.

CALL FOR BOOK TEMA 1 (Teknologi pendidikan)

Tujuan Pendidikan Elfachmi (2015:16) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan, oleh karena itu tujuan pendidikan memiliki dua fungsi: ...

Memahami Biaya Pembangkit Listrik untuk Penelitian Bidang Manajemen Keuangan

Memahami Biaya Pembangkit Listrik untuk Penelitian Bidang Manajemen Keuangan. Energi memainkan peran penting dalam masyarakat, yang menopang semua bidang kegiatan ekonomi. Dampak ekonomi dari berfluktuasinya harga menjadi signifikan karena mendorong pemerintah untuk memastikan bahwa sumber energinya aman, andal, dan tersedia dengan harga wajar. Kebijakan keamanan energi suatu negara umumnya diambil untuk mengurangi risiko gangguan pasokan di bawah tingkat yang dapat ditoleransi. Langkah-langkah seperti itu perlu diseimbangkan untuk memastikan ketersediaan energi yang terjangkau untuk memenuhi permintaan. Keamanan pasokan energi dengan demikian mencakup masalah kuantitas dan harga. Namun, waktu juga merupakan parameter utama, karena kenaikan harga yang tiba-tiba akan memiliki efek yang signifikan bagi masyarakat maupun ekonomi dibandingkan dengan kenaikan harga jangka panjang.

Opsi delivery dan Wild Card Play Treasury bond berjangka bahwa salah satu menu treasury bond yang dapat di delivery untuk memenuhi kewajiban pada obligasi memberikan keuntungan kepada penjual kontrak futures berjangka.

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

Pengenalan Pengembangan Bahasa (Menulis, Membaca, Berbicara Dan Mendengarkan) Melalui Pembelajaran Online Untuk PAUD

Kebijakan pemerintah Indonesia saat ini masih berusaha menerapkan social dan physical distancing, salah satu tindakan yang tepat namun sekaligus menghentikan roda perekonomian, pariwisata dan juga pendidikan. Akibat diberlakukannya hal tersebut, secara serentak seluruh sekolah dari pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi melaksanakan pembelajaran secara daring/online. Tentu saja hal ini merupakan suatu pengalaman baru di kalangan guru dan siswa. Pandemi yang terjadi memaksa agar semua komponen pendidikan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet. Hal ini agar pendidikan bisa tetap berjalan walaupun di tengah pandemi. Maka dari itu, dengan adanya buku ini sekiranya dapat menjadi bahan bacaan anak di rumah selama masa pandemi seperti saat ini. Selain menjadi bahan baca, penulis berharap isi buku ini dapat memberi pelajaran, inspirasi, nasihat, dan hiburan untuk para pembaca. Pengenalan Pengembangan Bahasa (Menulis, Membaca, Berbicara Dan Mendengarkan) Melalui Pembelajaran Online Untuk PAUD ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pengenalan Pengembangan Bahasa (Menulis, Membaca, Berbicara Dan Mendengarkan) Melalui Pembelajaran Online Untuk PAUD ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi)

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi. Materi buku ini luas dan dilengkapi dengan contoh metode, simpulan, dan pertanyaan yang bisa dikembangkan untuk masing-masing keperluan. Masing-masing bab membahas tentang fondasi penelitian; struktur organisasi; studi kepustakaan; teknik sampling; rencana penelitian; analisis data; kesimpulan, implikasi, dan saran; evaluasi laporan penelitian; instrumen penelitian; macam-macam instrumen pengukuran; penelitian deskriptif; penelitian ex-postfacto; penelitian eksperimen; penelitian survei; penelitian sejarah; dan penelitian tindakan.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi.

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN MADRASAH RAMAH ANAK : Tinjauan Teoretis dan Praktis Berbasis CIPP Model

Penulis : Jumari, M.Pd.I. dan Suwandi, M.Ed. Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 150 Halaman Cover : Soft Cover ISBN : 978-623-68721-9-2 SINOPSIS (COVER BELAKANG) Berkaitan dengan hasil Konvensi Hak Anak (KHA) yang kemudian diadopsi dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, setidaknya terdapat empat prinsip utama di dalam perlindungan anak yang harus menjadi dasar bagi setiap penyelenggara perlindungan anak, dalam hal ini adalah termasuk sekolah dan madrasah. Buku ini mengajak para pembaca, khususnya mereka yang melakukan penelitian dalam bidang evaluasi program dengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) dan juga penelitian pada program Sekolah Ramah Anak. Selain itu, buku ini berusaha untuk memberikan gambaran secara teoritis dan praktis bagaimana melakukan penelitian pada kebijakan program pendidikan dengan menggunakan model penelitian evaluatif. Diantara topik utama dalam buku ini adalah: Konsep Kebijakan, Konsep Evaluasi Program, Model-Model Evaluasi Program, Evaluasi Program Model CIPP, dan juga Konsep Sekolah/Madrasah Ramah Anak. Buku “Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berbasis CIPP Model” ini dapat dijadikan acuan atau rujukan dan juga pedoman bagi sekolah atau madrasah, serta lembaga pendidikan lainnya untuk menerapkan dan/atau mengembangkan model Sekolah Ramah Anak (SRA) atau Madrasah Ramah Anak (MRA). Secara praktis buku ini menyajikan bagaimana konsep evaluasi program digunakan didalam penelitian evaluasi terkait dengan program sekolah/madrasah ramah anak. Secara garis besar, buku ini juga sangat sesuai dan dapat menjadi panduan bagi para akademisi, pendidik, pengelola satuan pendidikan, pemegang kebijakan, mahasiswa di berbagai jenjang strata (S1/S2/S3) untuk dijadikan bahan rujukan dalam penelitian terkait evaluasi program pendidikan dan Sekolah/Madrasah Ramah Anak, serta para penanggungjawab pendidikan, baik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama dalam upaya mewujudkan sekolah/madrasah ramah anak dalam melayani peserta didik sebagai upaya mencapai tujuan pendidikan.

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 67–76. Utari, Ranti Eka. 2016. ... Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Winarno, Budi. 2007.