Sebanyak 32 item atau buku ditemukan

Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI

Buku "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah sebuah panduan yang inovatif untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dalam memperkaya pembelajaran Agama Islam. Dalam era teknologi yang terus berkembang, AI telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman belajar. Dalam konteks Agama Islam, penggunaan AI dalam media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif, personal, dan adaptif bagi para siswa. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar AI dan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam pembelajaran Agama Islam. Para penulis, yang merupakan para ahli dalam bidang pendidikan Agama Islam dan kecerdasan buatan, membahas berbagai aspek pengembangan media pembelajaran berbasis AI. Mereka menjelaskan tentang metode dan strategi yang efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan dengan menggunakan AI. Buku ini juga mengungkapkan berbagai aplikasi praktis dari AI dalam pembelajaran Agama Islam, termasuk pengembangan kurikulum adaptif, personalisasi pembelajaran, dan evaluasi siswa. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana teknologi AI dapat membantu guru memberikan umpan balik yang lebih tepat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam penilaian kemajuan siswa. Selain itu, buku ini juga mengulas tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan AI dalam pembelajaran Agama Islam, seperti keadilan dalam penggunaan teknologi dan perlindungan privasi data siswa. Para penulis juga memberikan panduan etis dalam memanfaatkan teknologi AI sehingga dapat menjaga nilai-nilai agama yang penting. "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah buku yang sangat relevan bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan Agama Islam yang ingin memanfaatkan teknologi AI dengan cara yang efektif dan bertanggung jawab. Buku ini memberikan inspirasi dan pedoman yang praktis dalam menghadapi era digital dan memperkaya pembelajaran Agama Islam dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

... Al-Quran secara komputasional. Dengan menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami (natural language processing) dan machine learning ... Hadis: AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi tema atau topik tertentu dalam koleksi hadis ...

Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Globalisasi telah menggeser pendidikan dari upaya mencerdaskan bangsa menjadi komoditas, sehingga nilai kebangsaan dan moralitas sering kali diabaikan. Indonesia menghadapi tantangan besar dari perubahan ini, yang menjadikan pendidikan lebih pragmatis dengan fokus pada penguasaan ilmu (scientia) tanpa memperhatikan nilai-nilai kebangsaan. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan prinsip “trikon” (kontinyu, konvergen, konsentris) diyakini mampu mengatasi distorsi dalam pendidikan, menekankan internalisasi budaya agar peserta didik berkembang secara utuh dan tetap terhubung dengan identitas bangsa. Kurikulum Merdeka diimplementasikan untuk mengoptimalkan potensi siswa melalui pendekatan yang fleksibel. Guru diberikan keleluasaan memilih materi yang sesuai kebutuhan siswa, diharapkan menjadi penggerak untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan adaptif terhadap teknologi. Prinsip Sekolah Ramah Anak juga diterapkan, memastikan hak siswa dalam lingkungan yang aman dan bebas kekerasan serta diskriminasi, sekaligus mendorong partisipasi aktif siswa. Buku Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar mengupas penerapan Kurikulum Merdeka di jenjang dasar sebagai respons terhadap tantangan global. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara menjadi dasar buku ini, menggarisbawahi kemandirian dan pembentukan karakter sesuai nilai kebangsaan. Buku ini mencakup program sekolah ramah anak, profil pelajar Pancasila, dan pembelajaran sosial-emosional berbasis digital, serta pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sebagai panduan lengkap, buku ini membantu pendidik memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk membangun generasi yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan global.

... Islam & Pendidikan , 14 ( 2 ) , 92–97 . Nasution , M. K. ( 2017 ) . Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Ilmiah ... sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah . Jurnal Ilmiah. Merdeka di Sekolah Dasar.

TEORI DAN IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN STRATEGIS

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan. Buku ini disusun agar pembaca dapat memperluas tentang manajemen kepemimpinan yang kami sampaian berdasarkan berbagai sumber, pengamatan, pengalaman dan implemetasinya

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan.

BUKU AJAR MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...

Hadits Tarbawi

Secara terminolog Hadits Tarbawi adalah Segala sesuatu yang bersumber dari nabi Muhammad Saw baik berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, maupun sifat fisk Nabi Muhammad Sawyang berhubungan dengan proses pengembangan sosial kejiwaan manusia menuju pengembangan bakat alami secara bertahap dan memperbaiki akhlak serta menyempurnakannya sesuai deangan akidah dan nilai-nilai budaya.

Secara terminolog Hadits Tarbawi adalah Segala sesuatu yang bersumber dari nabi Muhammad Saw baik berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, maupun sifat fisk Nabi Muhammad Sawyang berhubungan dengan proses pengembangan sosial kejiwaan manusia ...

PENGELOLAAN PENDIDIKAN KE-SD-AN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural terdiri dari 5 Bab yaitu meliputi Pendahuluan, Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Penilaian Berbasis Pendidikan Multikultural, dan Pengelolaan Kompetensi Guru Berbasis Pendidikan Multikultural. Diharapkan Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan dapat meningkatkan efektivitas sosialisasi penerapan praktik Pendidikan kultural di dalam pengelolaan pendidikan di sekolah dasar.

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan ...

FILSAFAT ILMU Bagi Program Magister/Pascasarjana

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, dan matematika. Filsafat ilmu merupakan mata kuliah yang wajib bagi program Magister. Bagi mahasiswa program sarjana, filsafat ilmu diperlukan agar memiliki wawasan mendasar mengenai ilmu pengetahuan.

... philosophy is all learning exclusive of technical precepts and practical arts; a discipline comprising as its core logic, aesthetic, ethics, metaphysic and epistemology; a search for a general understanding of values and reality by ...

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN HUKUM

Hukum yang semakin hari mengalami perkembangan yang progresif menuntu terus adanya pembeharuan terhadap penelitian-penelitian yang bertemakan hukum. Selain itu keilmuan hukum yang memiliki kekhasan sendiri menunut adanya sebuah pembahasan yang berbeda dari penelitian ilmiah biasanya. Pranata masyarakat hukum semakin hari juga semakin kompleks menuntut adanya konseptual pembaharuan hukum yang memang diharapkan hasil dari penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan. Buku ini penulis hadirkan sebagai ikhtiar akademik dalam menjadi acuan terhadap penelitian hukum dilingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang pada faktanya masih belum memahami betul konsepsi tipologi hukum yang ada. Walaupun penulis sadar betul bahwa masih banyak memerlukan tambahan masukan dan kritik terhadap buku ini, semoga dapat memberi warna.

Muhammad Wahdini, S.H., M.H. Tri Ramdhani. A. Pengertian Penelitian Hukum Istilah penelitian hukum dalam bahasa Inggris dikenal dengan legal research , legal method . Adapun beberapa pengertian penelitian hukum menurut para ahli ...

MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan. Moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Keseimbangan atau jalan tengah dalam praktik beragama ini niscaya akan menghindarkan kita dari sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama. Moderasi beragama merupakan solusi atas hadirnya dua kutub ekstrem dalam beragama, kutub ultra­konservatif atau ekstrem kanan di satu sisi, dan liberal atau ekstrem kiri di sisi lain. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah­tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama, tentu perlu adanya ukuran, batasan, dan indikator untuk menentukan apakah sebuah cara pandang, sikap, dan perilaku beragama tertentu itu tergolong moderat atau ekstrem. Ukuran tersebut dapat dibuat dengan berlandaskan pada sumber­sumber terpercaya, seperti teks­teks agama, konstitusi negara, kearifan lokal, serta konsensus dan kesepakatan bersama. Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki peran strategis dalam mendialogkan faham dan cara beragama yang moderat di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Kedua ormas ini, dinilai sebagai salah satu dari beberapa ormas yang berpandangan moderat dan mengedepankan pendekatan humanis sebagai bagian dari strategi moderasi beragama, di samping keduanya memiliki modal jaringan organisasi yang kuat dan luas yang dapat mencapai akar rumput sehingga strategis dalam upaya mengonter radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan.

PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN PELESTARIAN EKOSISTEM HUTAN

Pembangunan kehutanan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat dengan tetap menjaga kelestarian dan kelangsungan fungsi hutan, dan dengan mengutamakan pelestarian sumberdaya alam dan fungsi lingkungan hidup, memelihara tata air, serta untuk memperluas kesempatan usaha dan lapangan kerja, meningkatkan sumber pendapatan negara dan devisa serta memacu pembangunan daerah. Pengusahaan hutan yang menjamin penerimaan sebesar-besarnya bagi negara dan diselaraskan dengan kepentingan rakyat yang tinggal dan hidup di wilayah hutan serta diatur bersama pemerintah daerah setempat. Pengusahaan hutan harus mencegah terjadinya kerusakan hutan dan pengaturan pendayagunaan serta perlindungan hutan perlu ditegakkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hutan sebagai salah satu penentu ekosistem, pengelolaannya ditingkatkan secara terpadu dan berwawasan lingkungan untuk menjaga dan memelihara fungsi tanah, air, udara, iklim dan lingkungan hidup serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Inventarisasi dan penatagunaan hutan ditingkatkan untuk memantapkan status kawasan hutan, memanfaatkan hutan konversi bagi penyediaan lahan untuk kepentingan pembangunan, serta untuk melestarikan manfaat ekosistem dan keserasian tata lingkungan. Konservasi hutan tanah kering, hutan rawa, dan hutan perairan serta kekhasan alam, termasuk flora dan faunanya, ditingkatkan untuk melindungi plasma nutfah, keanekaragaman hayati, dan ekosistem beserta unsur-unsurnya, juga untuk mengembangkan cagar alam wisata. Dalam pembangunan kehutanan, keikutsertaan masyarakat di kawasan hutan dan sekitarnya termasuk masyarakat transmigrasi kehutanan perlu diberi peluang dan ditingkatkan. Usaha kehutanan besar didorong agar dapat membantu pengembangan usaha hutan rakyat dan perajin kayu. Peran serta koperasi terutama di dalam pengolahan dan pemasaran hasil hutan nonkayu perlu ditingkatkan. Pengaturan permukiman masyarakat yang tinggal di hutan dan kawsan hutan, peladang berpindah perlu disempurnakan. Pembangunan kehutanan perlu didukung dengan kegiatan penyuluhan, pendidikan, pelatihan, peraturan serta perundang-undangan, informasi, serta penelitian dan pengembangan. Peranan dan mutu kelembagaan kehutanan baik pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan dan lembaga kemasyarakatan lainnya terus ditingkatkan. Penyuluhan kehutanan lebih diutamakan pada peningkatan kemampuan dan peran serta masyarakat di dalam dan di sekitar hutan.

Pembangunan kehutanan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat dengan tetap menjaga kelestarian dan kelangsungan fungsi hutan, dan dengan mengutamakan pelestarian sumberdaya alam dan fungsi lingkungan hidup, ...