Sebanyak 29 item atau buku ditemukan

Gizi & Tumbuh Kembang Anak di Indonesia

Buku ini mencakup topik yang hangat dibahas dalam perencanaan pembangunan generasi Indonesia yang sehat dan sejahtera. Penulis-penulis kami telah membaca beragam referensi nasional dan internasional dan mempresentasikan ilmu terkait gizi dan perkembangan anak dalam bahasa yang mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca. Isu masih tingginya angka stunting di Indonesia menjadi motivasi penulis untuk mempublikasikan buku ini agar dapat menjadi referensi bagi akademisi dan pekerja sosial yang memiliki peran penting dalam penurunan angka stunting di Indonesia. Adapun sistematika penulisan yang terkandung dalam buku ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bagian Perkembangan Anak (Bab 1-6) dan Gizi Anak (Bab 7-15) yang terurai sebagai berikut: Aspek dan Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini (0-5 Tahun), Pengasuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini, Prevalensi Stunting dan Perkembangan AUD di Indonesia Bagian Barat, Perkembangan AUD di Indonesia Wilayah Timur, Program Edukasi Pengasuhan dan Perkembangan Anak di Indonesia, Program Edukasi Pengasuhan dan Perkembangan Anak oleh NGO Indonesia, Triple Burden Malnutrition, 3 Masalah Gizi Utama Anak Indonesia, Mengenal 8000 HPK untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal, Pengukuran Antropometri Status Gizi pada Anak, Peran Posyandu dalam Tumbuh Kembang Anak, Dukungan Gizi terhadap Keberhasilan ASI Eksklusif, Prinsip Dasar PMBA, Resep MP-ASI 6-8 Bulan, Resep MP-ASI 9-11 Bulan, dan Resep MP-ASI 12-23 Bulan.

Adapun sistematika penulisan yang terkandung dalam buku ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bagian Perkembangan Anak (Bab 1-6) dan Gizi Anak (Bab 7-15) yang terurai sebagai berikut: Aspek dan Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini (0-5 Tahun) ...

Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI

Buku "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah sebuah panduan yang inovatif untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dalam memperkaya pembelajaran Agama Islam. Dalam era teknologi yang terus berkembang, AI telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman belajar. Dalam konteks Agama Islam, penggunaan AI dalam media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif, personal, dan adaptif bagi para siswa. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar AI dan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam pembelajaran Agama Islam. Para penulis, yang merupakan para ahli dalam bidang pendidikan Agama Islam dan kecerdasan buatan, membahas berbagai aspek pengembangan media pembelajaran berbasis AI. Mereka menjelaskan tentang metode dan strategi yang efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan dengan menggunakan AI. Buku ini juga mengungkapkan berbagai aplikasi praktis dari AI dalam pembelajaran Agama Islam, termasuk pengembangan kurikulum adaptif, personalisasi pembelajaran, dan evaluasi siswa. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana teknologi AI dapat membantu guru memberikan umpan balik yang lebih tepat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam penilaian kemajuan siswa. Selain itu, buku ini juga mengulas tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan AI dalam pembelajaran Agama Islam, seperti keadilan dalam penggunaan teknologi dan perlindungan privasi data siswa. Para penulis juga memberikan panduan etis dalam memanfaatkan teknologi AI sehingga dapat menjaga nilai-nilai agama yang penting. "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah buku yang sangat relevan bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan Agama Islam yang ingin memanfaatkan teknologi AI dengan cara yang efektif dan bertanggung jawab. Buku ini memberikan inspirasi dan pedoman yang praktis dalam menghadapi era digital dan memperkaya pembelajaran Agama Islam dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

... Al-Quran secara komputasional. Dengan menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami (natural language processing) dan machine learning ... Hadis: AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi tema atau topik tertentu dalam koleksi hadis ...

KONSEP DAN APLIKASI LANDASAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH PENGGERAK

Landasan pendidikan merupakan pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Dalam konteks ini, landasan pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai makhluk pembelajar, interaksi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Landasan pendidikan merupakan tumpuan, landas pacu atau pijakan dasar dalam melaksanakan proses pendidikan. Landasan-landasan tersebut adalah landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious. Oleh karenanya, landasan-landasan di atas diperlukan sebagai pondasi dan pijakan dalam proses pendidikan. Pendidikan yang ada di suatu negara akan berubah atau akan adah penambahan sistem ataupun program. Hal ini dilakukan agar menjadikan negara yang maju dan tidak tertinggal zaman. Program yang akan dibuat dari waktu ke waktu tetap memeperhatikan perkembangan zaman dan landasan pendidikan. Landasan pendidikan adalah pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Landasan Pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai maklhuk pembelajar, interkasi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Nadim Makarin telah membuat Program Merdeka Belajar Episode Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Sekolah penggerak dalam konteks landasan pendidikan mengacu pada landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious dalam mewujudkan merdeka belajar. Program ini akan mendorong transisi pendidikan daerah untuk memiliki posisi yang sangat penting sebagai tempat konsultasi, mengacu pada kearifan lokal masingmasing daerah sehingga sekolah dapat lebih terinspirasi untuk membawa lebih banyak inspirasi perubahan lagi. Pasuruan, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara

... Education. School of Education. Oregon: Oregon State University. Orstein, A. (1989). Foundation of Education. Fourth Edition. Boston: Houghton Miflin Company. Salahudin, D. A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia ...

Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan

Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ini pada intinya membahas tujuh topik utama. Pertama, pemahaman tentang peran dan pentingnya Total Quality Service dalam pendidikan. Kedua, pembahasan tentang perbaikan mutu berkelanjutan dan standar mutu dalam pendidikan. Ketiga, tentang budaya pendidikan dan budaya organisasi, serta jaringan komunikasi dalam pendidikan. Keempat, dalam membangun lembaga pendidikan yang baik maka perlu mengetahui jati diri lembaga, citra dan jaminan kualitas. Kelima, pemahaman tentang kualitas pendidikan dan keunggulan kompetitif. Keenam, pembahasan yang lebih praktis, yaitu tentang studi kasus tentang sekolah-sekolah bertaraf (branding): Terpadu, Program Khusus. Ketujuh, studi kasus tentang sekolah/madrasah bertaraf (branding): Islami, Boarding school dan terpadu.

Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ini pada intinya membahas tujuh topik utama.

Manajemen Pemasaran Perusahaan

Konsep Dasar Pemasaran, Perkembangan Pemasaran Di Abad 21, Perencanaan Strategi Pemasaran, Proses Pemasaran, Strategi Produk, Kondisi Pasar Dan Konsumen, Perilaku Konsumen, Identifikasi Segmen Dan Pasar Sasaran, Pasar Global Dan Strategi, Sistem Informasi Pemasaran Dan Pemasaran Era Digital

Konsep Dasar Pemasaran, Perkembangan Pemasaran Di Abad 21, Perencanaan Strategi Pemasaran, Proses Pemasaran, Strategi Produk, Kondisi Pasar Dan Konsumen, Perilaku Konsumen, Identifikasi Segmen Dan Pasar Sasaran, Pasar Global Dan Strategi, ...

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia atau disingkat MSDM, adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain. Akan tetapi unsur utama dalam MSDM adalah manusia. Manajemen sumber daya manusia pada prinsipnya merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia serta berfungsi melakukan perencanaan sumber daya manusia, penerapan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karir karyawan atau pegawai serta melakukan inisiatif terhadap pengembangan organisasional sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam MSDM mencakup beberapa aktivitas yang secara signifikan mempengaruhi keseluruhan area kerja suatu perusahaan yang terdiri atas perencanaan, pengangkatan dan pemberhentian karyawan, pengupahan tunjangan, penilaian kinerja, penghargaan dan pengembangan karir, pelatihan dan pengembangan, keselamatan dan kesehatan kerja, kepemimpinan, serta produktivitas. Buku “Manajemen Sumber Daya Manusia” didalamnya dibahas beberapa bab sebagai berikut: 1) Konsep dan Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia; 2) Perencanaan Sumber Daya Manusia; 3) Perekrutan dan Seleksi Sumber Daya Manusia; 4) Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; 5) Manajemen dan Penilaian Kerja; 6) Analisis Jabatan dan Beban Kerja; 7) Tunjangan dan Kompensasi Non Finansial; 8) Keselamatan dan Kesehatan Kerja; 9) Hubungan Kekaryawanan Internal; 10) Manajemen Sumber Daya Manusia Modern. Terbitnya buku ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada praktisi, akademisi dan mahasiswa dalam memahami konsep manajemen sumber daya manusia.

Manajemen sumber daya manusia atau disingkat MSDM, adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

ANTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBNU SINA

Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil karya dari teman-teman mahasiswa Program Doktor Pendidikan Islam kelas PEDI-A tahun akademik 2021-2022 pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam (Lanjutan). Pendidikan dan filsafat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebagai ibu dari semua ilmu (mother of knowledge)filsafat dipakai menjadi kerangka teori dasar dalam pengembangan disiplin ilmu pengetahuan. Itulah mengapa dalam pendidikan dikenal cabang ilmu Filsafat Pendidikan, belakangan pendidikan Islam terutama Perguruan Tinggi Kegaman Islam (PTKI) juga menggunakannya sebagai sebuah disiplin ilmu baru yaitu Filsafat Pendidikan Islam dan ini menjadi mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Tugas kekholifahaan menuntut manusia itu berilmu pengetahuan. Sedangkan manusia sebagai hamba Allah menunjukkan dan membuktikan baktinya kepada Allah SWT. Kajian tentang manusia tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan.

Politik Perpajakan Kontemporer

Pertautan Ekonomi, Politik, Dan Demokrasi

Sejak tahun 2000-an, pajak telah menjadi potensi penerimaan negara yang sangat meyakinkan dan menjadi sentral kehidupan berbangsa dan bernegara, karena pajak dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kekuatan sosial dalam masyarakat. Fungsi sederhana pajak adalah membatasi kepemilikan mereka yang kuat dan memberi perlindungan kepada mereka yang secara ekonomi lemah. Lahirnya regulasi yang mengatur pajak daerah membuka ruang pemerintah daerah untuk memaksimalkan potensi perpajakannya untuk memberikan jaminan sosial dan pembangunan yang merata kepada masyarakat. Buku ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pergulatan intelektual dalam menyelesaikan disertasi doktor pada program studi ilmu politik UGM. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang menempuh studi hukum, studi perpajakan, studi ekonomi, studi ilmu politik, birokrat pajak, politisi sebagai dasar dalam merumuskan regulasi, dan siapa saja yang meminati studi mengenai politik perpajakan dan melihat kecenderungan proses politik bangsa yang makin mengukuhkan kemandirian, setidaknya dalam hal penerimaan negara yang makin meningkat. Selamat membaca. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana #PrenadaMedia

Sejak tahun 2000-an, pajak telah menjadi potensi penerimaan negara yang sangat meyakinkan dan menjadi sentral kehidupan berbangsa dan bernegara, karena pajak dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kekuatan sosial dalam masyarakat.