Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

Kajian dan Evaluasi Kurikulum

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Hakikat Evaluasi Kurikulum; Perbandingan Kurikulum Perspektif Lama dan Baru; Asas, Komponen dan Pendekatan Kurikulum; Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurikulum; Teori Pendidikan dan Jenis Kurikulum; Tahapan dan Komponen dalam Pengembangan Kurikulum; Model dan Teknik Evaluasi Kurikulum.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Hakikat Evaluasi Kurikulum; Perbandingan Kurikulum Perspektif Lama dan Baru; Asas, Komponen dan Pendekatan Kurikulum; Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurikulum; Teori Pendidikan dan Jenis ...

Pengantar Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi, yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Hal-hal yang dipelajari dalam ekonomi pembangunan berkaitan dengan persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Selain berfokus pada metode pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan sosial, ekonomi pembangunan juga memperluas kesempatan bagi penduduk dengan mendukung perbaikan kondisi kesehatan, pendidikan, dan tempat kerja melalui sektor publik atau swasta. Ekonomi pembangunan mencakup perumusan teori dan metode yang menentukan kebijakan dan praktik dan dapat diterapkan di tingkat domestik maupun internasional. Berbeda dengan bidang ekonomi lainnya, pendekatan ekonomi pembangunan mempertimbangkan faktor-faktor sosial dan politik dalam pembuatan rencana tertentu. Selain itu, tidak ada kepastian soal isu yang perlu dipelajari dalam ekonomi pembangunan. Mempelajari ekonomi pembangunan dapat memberikan wawasan pembaca tentang berbagai macam isu yang terjadi dalam pembangunan ekonomi saat ini, yang dihadapi dan ditemukan di negara-negara sedang berkembang serta mampu mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Demi menunjangnya pengetahuan tentang ekonomi pembangunan buku “Ekonomi Pembangunan” ini mencakup bahasan berikut: 1) Konsep Dasar Ekonomi Pembangunan; 2) Teori Pembangunan Ekonomi; 3) Struktur dan Karakteristik Negara Berkembang; 4) Struktur Ekonomi; 5) Masalah Utama Pembangunan; 6) Hambatan Pembangunan; 7) Pembangunan Pertanian; 8) Pembangunan Industri; 9) Pendapatan Nasional dan Pendapatan Per Kapita; 10) Kebijakan Ekonomi dalam Pembangunan; 11) Sumber Pembiayaan untuk Pembangunan; 12) Hubungan Internasional dalam Ekonomi Pembangunan Nasional.

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi, yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia atau disingkat MSDM, adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain. Akan tetapi unsur utama dalam MSDM adalah manusia. Manajemen sumber daya manusia pada prinsipnya merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia serta berfungsi melakukan perencanaan sumber daya manusia, penerapan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karir karyawan atau pegawai serta melakukan inisiatif terhadap pengembangan organisasional sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam MSDM mencakup beberapa aktivitas yang secara signifikan mempengaruhi keseluruhan area kerja suatu perusahaan yang terdiri atas perencanaan, pengangkatan dan pemberhentian karyawan, pengupahan tunjangan, penilaian kinerja, penghargaan dan pengembangan karir, pelatihan dan pengembangan, keselamatan dan kesehatan kerja, kepemimpinan, serta produktivitas. Buku “Manajemen Sumber Daya Manusia” didalamnya dibahas beberapa bab sebagai berikut: 1) Konsep dan Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia; 2) Perencanaan Sumber Daya Manusia; 3) Perekrutan dan Seleksi Sumber Daya Manusia; 4) Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; 5) Manajemen dan Penilaian Kerja; 6) Analisis Jabatan dan Beban Kerja; 7) Tunjangan dan Kompensasi Non Finansial; 8) Keselamatan dan Kesehatan Kerja; 9) Hubungan Kekaryawanan Internal; 10) Manajemen Sumber Daya Manusia Modern. Terbitnya buku ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada praktisi, akademisi dan mahasiswa dalam memahami konsep manajemen sumber daya manusia.

Manajemen sumber daya manusia atau disingkat MSDM, adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

Pengantar Ilmu Komunikasi

Buku dengan judul “Pengantar Ilmu Komunikasi” merupakan media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan. Pokok-pokok bahasan dalam buku bunga rampai ini mencakup: Konsep dasar ilmu komunikasi; Sejarah komunikasi manusia dan perkembangan ilmu komunikasi; Ruang lingkup komunikasi; Prinsip dasar komunikasi; Fungsi, tujuan dan efek komunikasi; Proses komunikasi; Informasi, pesan dan makna; Model-model komunikasi; Komunikasi verbal dan non verbal; Komunikasi antarpribadi; Komunikasi massa dan media sosial; Pengaruh kebudayaan dalam komunikasi; Teknik komunikasi yang efektif.

Untuk mendalami komunikasi sebagai proses sosial dan bagaimana sebuah komunikasi dikatakan efektif tersebut, berikut diuraikan tentang konsep ilmu komunikasi. Menurut Rohim (2009:27) dalam bukunya Teori Komunikasi: Perspektif, ...

PARIWISATA SEBAGAI MODEL, SISTEM DAN PRAKTIK

Pariwisata tidak hanya membahas tempat, tempat, daerah, atau obyek wisata yang dianggap itu tempat wisata akan tetapi ilmu pariwisata juga membahas banyak hal hal yang berkaitan dengan wisata, perjalanan wisata, wisatawan dan Tipologi wisatawan, mengetahui etika dalam pariwisata, antropologi pariwisata, kebudayaan pariwisata, psikologi, sosiologi, tujuan berwisata mencakup destinasi wisata, organisasi pariwisata, layanan fasilitas pariwisata, infrasruktur, wisatawan ( turis) terkait model dan tipologi, mencakup jalur distribusi pariwisata, model perjalanan wisata beserta tempat makan minum dan acara di sektor pariwisata. Berbagai pengetahuan dan model pariwisata di tulis dalam buku ini untuk mengetahui paradigma dampak pariwisata, perilaku berwisata mencakup social responsibility in decisision making with tourism stakeholders, antropologi pariwisata yang merupakan dimensi berbeda dari aktivitas wisata dan pengalaman sosial budaya berdasarkan nilai, kepercayaan dan praktik yang merupakan cara hidup kelompok tertentu untuk mengidentifikasi dan mengkarakterisasi hasil budaya dalam pariwisata serta mengetahui tipologi wisata berdasarkan postmodernitas pariwisata melalui bentuk kehidupan baru (individualisme, sekularisasi, rasionalitas instrumental dan bentuk-bentuk baru berdasarkan sosial ekonomi dan lingkungan untuk melihat perilaku berdasarkan psikologi secara cognitive psycology, social physicology, environmental psicology dan economy physicology. Buku ini juga menjelaskan tentang kebijakan publik pariwisata mengacu pada empat faktor utama yaitu sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan seperti transportasi, akomodasi, atraksi dan lain sebagainya untuk mengembangkan sebuah kerangka konseptual antara pemangku kepentingan pelaku pariwisata berdasarkan prinsip dan karakteristik administrasi publik yang di hubungkan dengan perencanaan pariwisata berdasarkan scope of interest global ekonomi makro dan mikro subsector tertentu.

Dalam ekonomi kapitalis omy, ada lebih banyak penekanan pada interaksi dengan sektor swasta untuk mempromosikan dan mengatur pariwisata, sedangkan dalam sistem sosialis, pemerintah mengasumsikan peran yang lebih mengatur, ...

Perencanaan Pembelajaran di Sekolah : Teori dan Implementasi

Buku dengan judul “Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi” merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran, 2) Model Perencanaan Pembelajaran 1 (Model Assure, Model Kemp, dan Model Arcs), 3) Model Perencanaan Pembelajaran 2 (Model Dick And Carey, Model Addie), 4) Analisis Kurikulum 2013, 5) Analisis Materi Pembelajaran, 6) Program Tahunan dan Program Semester, 7) Pemilihan Model, Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran, 8) Rancangan Penilaian, 9) Pengembangan Media Pembelajaran, 10) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, 11) Pengembangan Silabus, 12) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Untuk merancang suatu pembelajaran perlu menggunakan pendekatan sistem 3. ... Pembelajaran yang dilakukan akan bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini akan ada tujuan langsung pembelajaran dan tujuan pengiring dari ...

Menulis Itu Mudah Menggunakan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan, untuk itu kenyataannya banyak hal yang harus kita satukan di dalam bahasa Indonesia. Terutama, kita belum menyatu ke dalam bahasa persatuan itu. Buku ini, dibuat seringkas mungkin. Berdasarkan pengalaman ahli dan sejarah yang mengikuti proses bahasa Indonesia. Diharapkan dengan pemahaman baru ini kita dapat mengerti mengapa bahasa Indonesia digunakan. Mulai dari Vietnam, Kamboja dan negara ASEAN lainnya. Sedangkan yang lain hanya mengenal bahasanya saja tanpa mengenal bagaimana sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki peran yang sangat penting dalam perilaku berbahasa, baik secara lisan maupun tertulis. Karena sifatnya yang sangat penting ini, maka Bahasa Indonesia perlu kita bina dan lestarikan. Buku ini memang sengaja tanpa Latihan karena umumnya langsung dipraktikan dan diharapkan buku ini mengantarkan kita memahami, ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan, diksi, kalimat, pengembangan paragraf, dan maupun penulisan ilmiah, juga jurnalistik. Diharapkan buku ini mampu memberi pedoman dan tuntunan bagi pembaca dalam memahami Bahasa Indonesia dan mampu menyusun karya ilmiah.

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan, untuk itu kenyataannya banyak hal yang harus kita satukan di dalam bahasa Indonesia.

Technopreneurship : Inovasi Bisnis di Era Digital

Dalam dunia globalisasi ekonomi yang berkembang pesat saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pun berlangsung sangat cepat. Ilmu Pengetahuan adalah kompetensi inti dalam mengumpulkan harta kekayaan. Bahkan pada pertengahan abad ke-20 sudah bisa terlihat bahwa ternyata ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sumber dari harta. Seni berwirausaha memiliki potensi untuk menciptakan sebuah pengetahuan dan inovasi dalam industri berbasis teknologi informasi. Sebagai seorang pengusaha/wirausaha harus bisa menemukan cara terbaik untuk melihat sebuah peluang dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan inovasi berbasis teknologi dalam seni berwirausaha. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Pengantar Technopreneurship dan Bisnis, 2) Menilai Kebutuhan dan Pengembangan Usaha, 3) Studi Kelayakan Bisnis, 4) Analisis Model Bisnis, 5) Manajemen Pemasaran, 6) Manajemen Operasional Bisnis, 7) Manajemen Sumber Daya Manusia, 8) Manajemen Keuangan, 9) Pengembangan Produk dan Jasa, 10) Membangun Startup dan Etika Bisnis Technopreneurship di Era Digital, 11) Peran Technopreneurship dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 12) Peran Technopreneurship dalam Menghadapi Revolusi Sosial 5.0, 13) Sistematika Penulisan Business Plan

... MODEL BISNIS Bаru-bаru ini dаerаh pаnturа menjаdi kotа yаng berkembаng аkаn bisnis. Sedikit demi sedikit generаsi mudа kаbupаten Tanjung Balaikarimun membukа bisnis mulаi dаri bisnis bаber shop, kаve ... MODEL CANVAS YANG DIMODIFIKASI.