Sebagai sebuah buku yang terkait komunikasi pendidikan, buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: (1) disusun secara praktis dan aplikatif sesuai dengan praktik-praktik terbaru komunikasi pendidikan di era Revolusi Industri 4.0; (2) pendekatan teoritis dan aplikatif terkait konteks komunikasi pendidikan terbaru; dan (3) menggunakan analisis kajian yang mudah dipahami, sehingga buku ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya akademisi, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang pendidikan yang akan mendalami kajian-kajian yang terkait dengan komunikasi pendidikan. Lengkap buku ini membahas tentang : Bab 1 Pengertian Media Komunikasi dalam Pendidikan Bab 2 Hakikat Komunikasi Pendidikan Bab 3 Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi Bab 4 Prinsip-prinsip Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bab 5 Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Bab 6 Fungsi-Fungsi Komunikasi Bab 7 Teori Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
Lengkap buku ini membahas tentang : Bab 1 Pengertian Media Komunikasi dalam Pendidikan Bab 2 Hakikat Komunikasi Pendidikan Bab 3 Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi Bab 4 Prinsip-prinsip Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bab 5 ...
Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.