Sebanyak 76 item atau buku ditemukan

Bahan ajar moderasi beragama di lingkungan perguruan tinggi

Buku “Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi” membahas pentingnya moderasi beragama dalam membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan harmonis, terutama di lingkungan pendidikan tinggi. Buku ini mengupas konsep dasar moderasi beragama, peran tokoh agama, dan tantangan masa depan dalam mempertahankan nilai-nilai moderasi di tengah kemajuan teknologi dan dinamika masyarakat modern. Selain itu, buku ini menjelaskan sembilan nilai kunci moderasi beragama, upaya penguatan sikap inklusivisme, serta bagaimana moderasi dapat diterapkan melalui media sosial dan online. Juga disajikan hasil penelitian terkait implementasi moderasi di pendidikan tinggi keagamaan Islam.

Buku “Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi” membahas pentingnya moderasi beragama dalam membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan harmonis, terutama di lingkungan pendidikan tinggi.

Manajemen Risiko Bisnis

Proses manajemen risiko yang efektif merupakan suatu kebutuhan yang mutlak dan mendesak di era globalisasi. Untuk memiliki keunggulan dalam persaingan bisnis di era globalisasi ini dibutuhkan proses penilaian dan pengelolaan risiko secara efektif. Tujuan manajemen risiko bisnis adalah bukan untuk menghilangkan risiko. Jika anda berusaha menghilangkan risiko hingga nol, maka itu berarti bahwa anda sedang berada dalam proses untuk membangkrutkan bisnis anda sendiri.

Untuk memiliki keunggulan dalam persaingan bisnis di era globalisasi ini dibutuhkan proses penilaian dan pengelolaan risiko secara efektif. Tujuan manajemen risiko bisnis adalah bukan untuk menghilangkan risiko.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ABAD 21

Konsep kepemimpinan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seiring dengan berbagai tantangan global, kepemimpinan harus dinamis dan berorientasi jauh ke depan. Suatu organisasi akan “semakin tak berdaya” jika kepemimpinan yang diterapkan tidak adaptif dan visioner. Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan kemampuan hidup, dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana belajar terjadi sangat perlu untuk dikembangkan dan menjadi perhatian yang intens bagi seorang pemimpin di abad 21. Semua pemimpin harus berpikir besar dan melakukan langkah besar, namun etika kepemimpinan tetap menjadi jiwa dalam praktik kepemimpinan apalagi dalam kepemimpinan pendidikan.

Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21.