Sebanyak 18 item atau buku ditemukan

Tafsir Ayat Ahkam (Edisi Kedua)

Perbincangan Islam mengenai hukum normatif sangat komprehensif, tidak ada persoalan kehidupan yang lowong tanpa ketentuan hukum. Umat Islam harus tunduk dan patuh terhadap hukum normatif maupun hukum alam (sunnatullah) yang telah ditetapkan dalam kitab suci Alquran untuk memperoleh kebahagiaan hidup. Karena pada hakikatnya, kebahagiaan hidup terletak pada ketaatan seorang hamba menjalankan dan mengamalkan hukum tersebut. Agar dapat diamalkan dengan baik, hukum itu harus dikenali dan pelajari. Buku Tafsir Ayat Ahkam ini akan memaparkan pandangan Alquran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hukum normatif, baik persoalan-persoalan ibadah ataupun muamalah. Penafsiran ayat-ayat hukum dalam buku ini menggunakan pola tafsir tematik (maudhu`i), ayat-ayat Alquran yang tersebar dalam berbagai surat dikelompokkan dalam suatu tema hukum kemudian ditafsirkan. Hal yang menarik dari buku ini adalah penulis tidak hanya mensyarahkan ayat-ayat Alquran, tetapi juga menjelaskan perbedaan pendapat para ulama dalam menafsirkan ayat-ayat hukum. Perbedaan tersebut melahirkan pula dalam perbedaan istinbat hukum. Demikian pula dengan berbagai hal yang melatarbelakangi munculnya pendapat dalam fiqh atau hukum Islam, semuanya akan dikupas dan dibahas secara tuntas dalam buku ini.

... agar umatnya rajin bekerja dan berusaha. At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzî wa Huwa Al-Jâmi' Ash-Shahîh, Jilid II, hlm. 240, hadis ke-1223. 3. Praktik riba merupakan sarana penjajahan ekonomi yang dilakukan oleh. 184 Tafsir Ayat Ahkam.

Komunikasi Bisnis

Kegiatan bisnis tidak terlepas dari peran praktisi komunikasi, baik dari tingkat karyawan hingga direktur diperlukan kepiawaian dalam mengelola komunikasi agar segala bentuk kegiatan komunikasi dan penyampaian informasi dapat dipahami oleh penerima informasi yang dituju. Dalam beberapa situasi, komunikasi bisnis saat ini sudah beralih ke media elektronik digital. Pemanfaatan internet dan sosial media cenderung menjadi bias komunikasi di organisasi. Untuk itu setiap perangkat organisasi di dalamnya perlu memahami peralihan cara komunikasi bisnis saat ini. Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar komunikasi bisnis dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami, tidak hanya tentang komunikasi bentuk konvensional dan digital, namun juga konsep kehumasan dan perangkat divisinya agar tujuan komunikasi organisasi dapat tercapai. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 12 bab yang saling terhubung, yaitu: Bentuk dan Lingkup Komunikasi Bisnis; Komunikasi dalam Organisasi; Komunikasi Interpersonal dan Antarbudaya; Perencanaan Pesan-pesan Bisnis; Korespondensi Surat Digital; Komunikasi Presentasi dan Panggilan Video; Menyusun Proposal Bisnis; Laporan Bisnis; Konsep Dasar Kehumasan Organisasi Bisnis; Komunikasi Pemasaran; Komunikasi Korporat; Media Sosial Organisasi Bisnis.

Dalam beberapa situasi, komunikasi bisnis saat ini sudah beralih ke media elektronik digital. Pemanfaatan internet dan sosial media cenderung menjadi bias komunikasi di organisasi.

PERKEMBANGAN STARTUP DI INDONESIA (Perkembangan Startup di Indonesia dalam berbagai bidang)

Perkembangan Start Up di Indonesia sangat berkembang pesat, hal ini ditandai dengan pertumbuhan perusahaan-perusahaan start up yang semakin hari semakin meningkat, Buku Perkembangan Start up di Indonesia ini membahas tentang peranan Startup di berbagai bidang seperti, pendidikan, transportasi, bisnis, pemasaran, pertanian, sosial media, e-commerce, layanan ekspedisi, hukum, perbankan, industri, UMKM, games dan fintech, buku ini sangat cocok dibaca oleh seluruh kalangan terutama yang berminat pada bidang start up.

Perkembangan Start Up di Indonesia sangat berkembang pesat, hal ini ditandai dengan pertumbuhan perusahaan-perusahaan start up yang semakin hari semakin meningkat, Buku Perkembangan Start up di Indonesia ini membahas tentang peranan Startup ...

Kaidah Tafsir Al-Quran

Buku ini memperbincangkan kaidah-kaidah yang sangat diperlukan untuk memahami Al-Quran. Kaidah-kaidah tersebut meliputi kaidah bahasa, kaidah yang berkaitan dengan ulum Al-Quran, kaidah ushul, dan sebagainya. Kaidah bahasa ialah berkaitan dengan prinsip-prinsip utama terkait dengan bahasa yang menjadi standar dalam memahami nuṣūṣ al-shar`iyah, khususnya Al-Quran. Kaidah bahasa itu antara lain, kaidah yang berkaitan dengan isim ḍamīr, makna huruf, jumlah shartiyah, dan sebagainya. Kaidah tafsir yang berkaitan dengan ushul, yang dibahas dalam buku ini, antara lain adalah kaidah tentang `am dan takhsis, muṭlaq dan muqayyad, manṭūq dan mafhum, dan sebagainya. Sementara kaidah tafsir yang berkaitan dengan ulum Al-Quran yang dibahas dalam buku ini adalah kaidah tentang sebab nuzul dan nasikh wa al-mansukh. Kaidah-kaidah ini merupakan prinsip-prinsip utama yang perlu dikuasai untuk dijadikan sebagai standar dalam memahami Al-Quran.

Selanjutnya gelar S2 M.Ag (Magister Agama) penulis peroleh pada perguruan tinggi yang sama pada tahun 2003 jurusan Pendidikan Islam. Pada tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikannya pada Program Doktoral (S3) jurusan Pendidikan Agama ...

Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter ini ditulis untuk membantu mahasiswa, guru, dosen, ataupun praktisi pendidikan agar mendapat tambahan wawasan tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter dapat dipahami urgensi dan implementasinya di sekolah maupun kampus secara baik dimana harapannya pendidikan karakter akan dapat berjalan secara efektif ke depan dan memberikan kontribusi yang berarti pada perbaikan karakter peserta didik kita di Indonesia. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari sekelompok akademisi dan praktisi dari berbagai sudut kepakaran yang berbeda untuk menawarkan sudut pandang lain tentang penerapan pendidikan karakter yang efektif. Buku ini ditulis dalam 14 Bab, mencakup pada pendekatan teoritis dan praktis yang didasarkan pada kajian teori dan praktik pengalaman riil di lapangan.

Buku Pendidikan Karakter ini ditulis untuk membantu mahasiswa, guru, dosen, ataupun praktisi pendidikan agar mendapat tambahan wawasan tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter dapat dipahami ...

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

Manajemen Pemasaran

Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern

Menjamurnya pelaku UMKM dan perusahaan startup semakin meningkatkan persaingan para pelaku usaha. Umumnya mereka yang baru terjun ke dunia pemasaran akan meraba-raba tentang bagaimana cara menerapkan strategi yang tepat untuk menjangkau pelanggan, menjaga loyalitas pelanggan, hingga melebarkan ekspansi usahanya. Berdasarkan temuan fenomena di atas, maka buku ini disusun untuk menjawab permasalahan tersebut dengan cara menghadirkan suatu pemahaman komprehensif dasar yang tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis. Materi yangtersaji dalam buku ini berisikan berbagai kajian kompleksitas manajemen pemasaran yang sering ditemui oleh para pelaku usaha pada kondisi perubahan pasar terkini (bisnis di era modern). Setiap pembahasan materi di dalamnya merupakan kumpulan pemikiran luar biasa yang dituangkan oleh para ahli manajemen pemasaran yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi. Terdapat 16 bab, yaitu: Ruang Lingkup Pemasaran; Marketing; Sales dan Public Relation; Informasi dan Riset Pemasaran; Strategi dan Rencana Pemasaran; Bauran Pemasaran (Marketing Mix); Segmentasi dan Target Pasar; Branding dan Positioning; Komunikasi Pemasaran; Saluran Pemasaran Terintegrasi; Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan; Kemitraan (Sponsorship); Pengelolaan dan Evaluasi Pemasaran; UMKM dan Perusahaan Startup; E-Commerce dan Media Sosial; Etika Pemasaran; dan Konsep Pemasaran Global.

Materi yangtersaji dalam buku ini berisikan berbagai kajian kompleksitas manajemen pemasaran yang sering ditemui oleh para pelaku usaha pada kondisi perubahan pasar terkini (bisnis di era modern).

Pembaharuan Hukum Keluarga di Dunia Islam

Pembaharuan hukum keluarga yang terjadi di beberapa Negara tersebut, dilakukan baik dari sisi materi maupun proseduralnya. Di antara beberapa pembaruan materi hukum yang tertuang dalam aturan perundang-undangan hukum keluarga di Negara-nagara Islam dapat dikemukakan sebagai berikut: 1) Pencataan Perkawinan; 2) Pembatasan usia pernikahan; 3) Poligami; 4) Perceraian; 5) Perjanjian Perkawinan dan 6) Kewarisan.

Pembaharuan hukum keluarga yang terjadi di beberapa Negara tersebut, dilakukan baik dari sisi materi maupun proseduralnya.