Sebanyak 77 item atau buku ditemukan

Motivasi Moderasi Beragama

Sikap keras dan kaku dalam beragama merupakan fenomena lama, tetapi pada dekade terakhir ini terasa membesar dan berubah menjadi bahaya yang tidak boleh disepelekan atau dipandang dengan sebelah mata, inilah yang memotivasi penulis dalam upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup bermoderasi dalam beragama. Dengan hadirnya buku ini penulis berharap dapat memotivasi pembaca dalam menerapkan moderasi beragama dalam kesehariannya, sehingga tidak ada lagi konflik dalam beragama yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sikap keras dan kaku dalam beragama merupakan fenomena lama, tetapi pada dekade terakhir ini terasa membesar dan berubah menjadi bahaya yang tidak boleh disepelekan atau dipandang dengan sebelah mata, inilah yang memotivasi penulis dalam ...

BUKU AJAR KODE ETIK PROFESIONALISME GURU

Guru Indonesia adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, khususnya oleh peserta didik yang dalam melaksanakan tugasnya berpegang teguh pada prinsip, “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangon karso, tut wuri handayani” Dalam mewujudkan prinsip-prinsip tersebut guru Indonesia akan menjalankan tugas-tugas profesional sesuai dengan perkembangan dan teknologi. Karenanya diperlukan Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman/ aturan-aturan/ norma-norma tingkah laku yang harus ditaati dan diikuti oleh guru profesional di Indonesia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari sebagai guru profesional.

Guru Indonesia adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, khususnya oleh peserta didik yang dalam melaksanakan tugasnya berpegang teguh pada prinsip, “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangon ...

42 HADITS METODE DAKWAH NABI

Hadits dan Penjelasan

Bagaimana cara berdakwah adalah bentuk keteladanan yang harus ditapaki oleh seorang penyeru. Sebelum ia mengharap kebaikan lebih dari hasil seruannya. Maka, pertama kali ia harus memperbaiki bagaiama ia menyeru. Buku ini diharapkan sedikit memberi gambaran dan faidah kepada pembaca tentang etika Rasulullah dalam berdakwah. Pengambilan hadits-hadits, penulis batasi hanya hadits yang telah disepakati keshahihannya. Hal ini untuk berhati-hati dari berdusta mengatasnamakan Rasulullah ﷺ. Juga, memberikan ketenangan di hati pembaca bahwa apa yang mereka dapatkan adalah benar dari perkataan nabi yang mulia. Tidaklah buku ini kecuali hanya sedikit sekali menggambarkan keindahan pekerti beliau dalam berdakwah. Adanya kesalahan dalam pengambilan kesimpulan merupakan kekurangan penulis sebagai seorang pelajar. Jika dirasa ada kelebihan, maka hal tersebut milik Allah semata.

Bagaimana cara berdakwah adalah bentuk keteladanan yang harus ditapaki oleh seorang penyeru.

MANAJEMEN & PELAKSANAAN PENGAJARAN MIKRO (MICROTEACHING)

Pengajaran mikro (Microteaching) adalah salah satu mata kuliah praktikum yang wajib lulus dan diikuti oleh mahasiswa program sarjana pada program studi keguruan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan pedagogis dalam bentuk sederhana, yaitu mempraktikkan kemampuan mengajar topik tertentu, dengan waktu terbatas, dan mengelola kelas dalam skala kecil atau mikro sebelum praktik mengajar di kelas sesungguhnya (real teaching) pada Program Lapangan Persekolahan (PLP). Pengajaran mikro adalah salah satu upaya untuk mencetak calon guru yang memiliki empat kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi guru profesional sesuai dengan Undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yaitu 1) kompetensi padagogik; 2) kompetensi profesional; 3) kompetensi sosial, dan 4) kompetensi kepribadian. Mahasiswa sebagai calon guru ideal yang melakukan tugasnya dengan profesional akan didapat tidak hanya dari proses pembelajaran secara teori di ruang kelas, tetapi juga diperoleh dari kegiatan praktik mengajar secara langsung, baik keterampilan mengajar dasar maupun terpadu. Mengingat pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran, maka keberadaan microteaching menjadi sangat esensial dalam menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru profesional di masa yang akan datang. Untuk dapat menguasai kompetensi tersebut di atas, mahasiswa keguruan sebagai calon guru harus memiliki bekal yang memadai, salah satunya adalah melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar (teaching skills) baik secara teoritik maupun praktik. Pada tataran teori, mahasiswa mendapatkan pengetahuan berupa teori pengajaran, dan secara praktik bekal kemampuan mengajar dapat diperoleh melalui kegiatan microteaching dengan mengajar teman sejawat (peerteaching). Buku Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola program studi dalam mengelola dan melaksanakan program microteaching di masing-masing unit penyelenggara pendidikan tinggi. Buku ini membahas cara pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan praktik pengajaran mikro, dimulai dari tahap persiapan pengajaran mikro sampai dengan evaluasi pembelajaran mikro yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai praktikkan di bawah supervisi dosen pembimbing. Disamping itu, dalam buku ini disediakan juga contoh format RPP, format penilaian RPS microteaching, dan format penilaian keterampilan mengajar dasar dan terpadu sebagai inti dari kegiatan pengajaran mikro.

Buku Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola program studi dalam mengelola dan melaksanakan program microteaching di masing-masing unit penyelenggara pendidikan ...