Sebanyak 117 item atau buku ditemukan

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan sistem evaluasi yang efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar evaluasi PAI, desain sistem evaluasi, implementasi, dan jenis evaluasi formatif dan sumatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan agama Islam. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses evaluasi PAI dan memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Pentingnya inklusivitas dalam sistem evaluasi PAI juga menjadi sorotan dalam buku ini, dengan penekanan pada bagaimana mengakomodasi beragam gaya belajar dan memahami kebutuhan siswa khusus. Selain membahas evaluasi siswa, buku ini juga mengeksplorasi evaluasi kinerja guru PAI, dengan fokus pada pengembangan guru melalui hasil evaluasi. Dengan panduan praktis, penelitian yang mendalam, dan contoh-contoh kasus, "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" menjadi sumber daya berharga bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui sistem evaluasi yang lebih baik.

... Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran guru PAI melalui platform daring, webinar, atau sumber daya online. 7) Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan guru ...

Kehidupan Moderasi Beragama

Tinjauan Potensi Adat dan Budaya

Buku ini merupakan hasil penelitian BOPTN yang mengangkat judu tentang Kehidupan Moderasi Beragama (Tinjauan Potensi Adat dan Budaya). Keberagaman dan kemajemukan bangsa Indonesia merupakan fakta sosial dan keniscayaan yang harus diterima dan disikapi dengan bijaksana oleh segenap bangsa Indonesi dan harus dijadikan sebagai potensi untuk membangun kehidupan sosial bangsa Indonesia. Keberagamaan itu harus dijadikan diolah menjadi modal dan potensi kemajuan bangsa dan harus disukuri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Seiring perkembangan jaman tentu bangsa Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan, munculnya gesekan, bibit konflik tidak bisa dihindarkan, oleh karena itu harus terus dilakukan upaya utnuk merawatnya dan mengantisipasi gesekan dan lahirnya bibit konflik yakni dengan gerakan moderasi beragama. Kondisi adat dan budaya yang heterogen dalam masyarakat harus dirawat dengan baik dalam bingkai moderasi sehingga dapat terbangun kerukunan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari. Buku persembahan penerbit Bypass #PenerbitBypass

Buku ini merupakan hasil penelitian BOPTN yang mengangkat judu tentang Kehidupan Moderasi Beragama (Tinjauan Potensi Adat dan Budaya).

HUKUM EKONOMI ISLAM Dari Politik Hukum Ekonomi Islam Sampai Pranata Ekonomi Syariah

Alhamdulillahirabbil’alamin. Penulis bersyukur kehadirat Allah swt yang karena kasih sayangnya inspirasi dan motivasi untuk menyelesaiakan penulisan buku ini dapat terjaga hingga buku ini dapat diterbitkan. Fokus utama buku ini membahas jaminan ekonomi rakyat dalam perspektif Islam. Buku ini terbagi dalam enam bab. Bab pertama, Politik Ekonomi dalam Islam: Urgensi dan Perkembangan Wacana. Bab ini membahas politik hukum ekonomi dalam Islam, khususnya masalah jaminan ekonomi rakyat yang harus dilakukan oleh sebuah pemerintahan. Bab kedua, Jaminan Ekonomi Rakyat dalam Tradisi Hukum Barat; Sebuah Deskripsi Untuk Komparasi. Bab ini membahas varian madzhab negara kesejahteraan dan implementasi jaminan sosial (ekonomi rakyat) di berbagai negara dalam tradisi hukum Barat. Di samping itu, juga dibahas kritik terhadap negara kesejahteraan. Bab ketiga, Prinsip Islam tentang Jaminan Ekonomi Rakyat. Di dalam bab ini dibahas tentang prinsip-prinsip bagi pemimpin dan warga negara untuk perwujudan jaminan sosial. Bab keempat, Implementasi Jaminan Ekonomi Rakyat dalam Perspektif Islam. Kajian difokuskan pada bentuk-bentuk jaminan sosial dalam pemerintahan Islam serta landasan nilai bagi eksistensi model negara kesejahteraan dalam Islam.

Alhamdulillahirabbil’alamin. Penulis bersyukur kehadirat Allah swt yang karena kasih sayangnya inspirasi dan motivasi untuk menyelesaiakan penulisan buku ini dapat terjaga hingga buku ini dapat diterbitkan.

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan dapat diartikan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai individu, anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia, ideologi Negara Indonesia, sekaligus menjadi pandangan hidup bangsa. Pancasila juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara Republik Indonesia. Oleh karena itu pengalamannya harus dimulai dari setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara yang secara meluas akan berkembang menjadi pengalaman Pancasila oleh setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik dipusat maupun di daerah.

Pendidikan Kewarganegaraan dapat diartikan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Mendidik Generasi Milenial Yang Berwawasan Kebangsaan

Pendidikan Kewarganegaraan pada hakikatnya adalah suatu proses INDONESIANISASI, proses meng-indonesia-kan orang-orang Indonesia, dalam hal ini para ‘mahasiswa’, agar sungguh menjadi Indonesia. Maka keseluruhan materi kuliah ini dirancang untuk mengantar para mahasiswa pada suatu ‘penemuan-diri dan penegasan-diri’ sebagai orang Indonesia: AKU INDONESIA – AKU PANCASILA. Seluruh materi dalam perkuliahan ini terdiri dari 11 bab yang secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut: Bab 1 Pendahuluan berisi suatu pengantar umum ke dalam materi kuliah Pendidikan Kewarganegaraan sebagai suatu proses INDONESIANISASI, proses meng-indonesia-kan orang-orang Indonesia, dalam hal ini mahasiswa agar mereka sungguh menjadi “Orang Indonesia”. Terkandung maksud “pembentukan karakter keindonesiaan” para mahasiswa sebagai generasi muda pemimpin masa depan bangsa dan negara. Pendidikan Kewarganegaraan dipandang sebagai sarana yang sangat strategis untuk menanamkan nilai-nilai kerakyatan, kebangsaan, dan kenegaraan pada generasi muda. Penanaman nilai-nilai ini melibatkan seluruh aspek kepribadian, dalam arti: harus diketahui dan dipahami ‘akal-budi’ (koqnitif), diresapkan dalam hati, dihayati dan dicintai (afeksi), dan diwujudkan dalam perbuatan nyata (psikomotorik). Hasilnya ialah kita memperoleh sosok-sosok warga negara yang berkualitas unggul: unggul akal budinya, unggul nuraninya dan unggul keterampilan kewarganegaraannya. Bab 2 hingga Bab 7 menyajikan materi-materi terkait Indonesia sebagai bangsa yang menegara. Di dalamnya dikemukakan segala hal ihwal kerakyatan, kebangsaan dan kenegaraan Indonesia, mulai dari : (1) negara dan konstitusi, (2) hak dan kewajiban warga negara dan negara, (3) identitas nasional dan integrasi nasional, (4) ciri Indonesia sebagai sebuah negara hukum yang bersifat demokratis, dan (5) otonomi daerah sebagai suatu kebijakan politik ketatanegaraan orde reformasi, yang menerapkan asas desentralisasi dalam politik administrasi pemerintahan. Tujuan bab-bab kebangsaan dan kenegaraan ini dimaksudkan untuk membekali para mahasiswa dengan materi-materi seputar Negara Indonesia, agar Character Building yang diupayakan melalui Pendidikan Kewarganegaraan ini mempunyai dasar ke-ilmu-an yang kokoh secara ontologis, epistemologis dan axiologis. Berbekalkan materi-materi kebangsaan dan kenegaraan dalam Bab 2 hingga Bab 7, buku ini membawa mahasiswa memasuki 3 bab puncak, yaitu: Bab 8 tentang Geopolitik Indonesia, yang lazim disebut Wawasan Nusantara; Bab 9 tentang Geostrategi Indonesia, yang lazim disebut Ketahanan Nasional, dan Bab 10 tentang Bela Negara. Ketiga bab ini disebut “puncak-puncak” mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, karena sebagai suatu proses Indonesianisasi, Pendidikan Kewarganegaran pada akhirnya harus menyadarkan mahasiswa bahwa watak kepribadian Indonesia yang telah terbentuk dalam diri mereka masing-masing harus berpuncak pada suatu “komitmen dan bakti” pada Nusa dan Bangsa Indonesia yang sedang membangun, dengan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional sesuai profesi masing masing berdasarkan ‘wawasan Nusantara’ sebagai geopolitik nasional Indonesia. Komitmen dan bakti terhadap Nusa dan Bangsa ini, selain mencerminkan semangat nasionalisme dan patriotisme, juga sekaligus berfungsi membangun suatu postur ‘ketahanan nasional’ yang tangguh, tahan uji, dan tahan banting di tengah rongrongan aneka ragam ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, langsung maupun tidak langsung, nyata maupun tidak/belum nyata, bersifat militeristik maupun nir-militeristik. Itulah semangat BELA NEGARA. Dari antara aneka ragam masalah nyata yang merongrong tubuh bangsa dan negara ini, salah satu yang sangat potensial menghancurkan Indonesia dari dalam adalah KORUPSI, KOLUSI dan NEPOTISME. Maka seluruh materi ditutup dengan Bab 11 tentang MEMBANGUN BUDAYA ANTIKORUPSI. Budaya antikorupsi harus dikembangkan di kalangan generasi muda, agar pada saatnya mereka memimpin bangsa dan negara ini, mereka setidak-tidaknya telah memiliki suatu ‘kebiasaan yang jauh dari perilaku koruptif. Demikian SINOPSIS materi perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan di Unika Atma Jaya Jakarta. Semoga berkat Tuhan Yang Mahakuasa menyertai pelaksanaan perkuliahan ini demi Indonesia Maju.

Pendidikan Kewarganegaraan pada hakikatnya adalah suatu proses INDONESIANISASI, proses meng-indonesia-kan orang-orang Indonesia, dalam hal ini para ‘mahasiswa’, agar sungguh menjadi Indonesia.

Islamic Law and Human Rights

Islam, as a faith is a complete code of life. It tells its followers how to lead a happy and prosperous life, here and hereafter. Almighty Allah's last and final Prophet, Muhammad (Pbuh) preached a goodfor- all-times religion in this world over 1400 years back in the Arabian desert. When the Prophet (Pbuh) opened his eyes in this world, the Land of Arabia was completely engulfed in inhuman and utterly barbarous practices. There was no room for mercy and compassion in stony-hearted people of Arabia. Seeing this utterly ignoble and pathetic condition, Allah, the Mighty and Powerful, decided to change the age-long tradition, prevailing among the pagans. These people were not known to education, rights of human beings, neighbours, parents and even the Divine Creator. Hence, Allah, the Almighty, sent the most beloved of his prophets and messengers (peace be upon them) and named him "Muhammad", which means, the 'praised' and 'applauded one'

Hence, Allah, the Almighty, sent the most beloved of his prophets and messengers (peace be upon them) and named him "Muhammad", which means, the 'praised' and 'applauded one'

Teknologi Dasar Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X

Buku ÒTeknologi Dasar OtomotifÓ untuk SMK/MAK Kelas X ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 KI & KD Spektrum terbaru. Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21, menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi belajar (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (students centered). Buku ini disajikan sedemikian sehingga mudah dipahami dan diterapkan pada program keahlian. Buku ini dilengkapi dengan tur- tur berikut. 1. Pendahuluan, berisi kompetensi dasar, deskripsi pembelajaran, waktu, prasyarat, petunjuk penggunaan buku, dan tujuan akhir pembelajaran. 2. Kegiatan Pembelajaran, berisi materi-materi pembelajaran yang disusun menjadi 14 kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. 3. Rangkuman, berisi intisari dari kegiatan pembelajaran yang dipelajari. 4. Tugas Mandiri, berisi latihan soal dan kegiatan yang harus dikerjakan peserta didik secara mandiri. 5. Tugas Kelompok, berisi latihan soal dan kegiatan yang harus dikerjakan peserta didik secara kelompok. 6. Uji Kompetensi, berisi soal-soal pilihan ganda untuk mengasah kemampuan peserta didik. 7. Soal Variasi, berisi soal-soal variasi untuk mengasah kemampuan peserta didik. 8. Uji Kompetensi Semester Gasal, berisi soal-soal pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan peserta didik selama satu semester. 9. Uji Kompetensi Semester Genap, berisi soal-soal pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan peserta didik selama dua semester.

Laporan Pemeringkatan Bank 2016 6. Laporan Pemeringkatan Bank 2015 7. Keterkaitan Perbankan Dalam Perkebunan Sawit PT. Wira Mas Permai 8. Peran Perbankan Menuju Keuangan Inklusif di Indonesia 9. Buku Jaring Pengaman (Kemitraan Publik ...

Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU

buku “Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU” dengan tujuan penyeragaman teknis penulisan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Lampiran 3: Contoh Form Berita Acara Pengesahan Proposal Lampiran 4: Contoh Form Berita Acara ______ Seminar Proposal Lampiran 5: Contoh Form Berita Acara. Bimbingan Skripsi. Lampiran 6: Contoh Format Halaman Sampul __ Lampiran 7: ...

Oswaal CBSE Chapterwise & Topicwise Question Bank Class 10 Social Science Book (For 2022-23 Exam)

Chapter Navigation Tools • CBSE Syllabus : Strictly as per the latest CBSE Syllabus dated: April 21, 2022 Cir. No. Acad-48/2022 • Latest updations: 1. Includes Term 1 Exam paper 2021+Term II CBSE Sample paper+ Latest Topper Answers. 2. Newly added topics/concepts has been included via dynamic code • Revision Notes: Chapter wise & Topic wise • Exam Questions: Includes Previous Years Board Examination questions (2013-2021) • CBSE Marking Scheme Answers: Previous Years’ Board Marking scheme answers (2013-2020) • New Typology of Questions: MCQs, assertion-reason, VSA ,SA & LA including case based questions • Toppers Answers: Latest Toppers’ handwritten answers sheets Exam Oriented Prep Tools • Commonly Made Errors & Answering Tips to avoid errors and score improvement • Mind Maps for quick learning • Concept Videos for blended learning • Academically Important (AI) look out for highly expected questions for the upcoming exams • Mnemonics for better memorisation • Self Assessment Papers Unit wise test for self preparation

KEY HIGHLIGHTS OF CBSE QUESTION BANK CLASS 10 Oswaal CBSE Question Bank Class 10 Social Science 2022-23 are based on latest & full syllabus The CBSE Question Bank Class 10 Social Science 2022-23 Includes Term 1 Exam paper 2021+Term II CBSE ...