Sebanyak 2028 item atau buku ditemukan

Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis Internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Memasuki abad ke-21 ini kemajuan teknologi sangat pesat di dalam segala bidang termasuk dalam SIM Banyak Perusahaan yang telah mengunakan SIM yang terkomputerisasi dan mengambil keuntungan dari SIM yang terkomputerisasi. Tetapi juga terdapat perusahaan yang masih menggunakan SIM yang masih manual dengan kelemahan dan kelebihannya. Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi, Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen, Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi, Bab 4 Struktur Sistem Informasi Manajemen, Bab 5 Keamanan Sistem Informasi, Bab 6 Sistem Informasi Pada Organisasi, Bab 7 Konsep Pengambilan Keputusan Pada Sistem Informasi Manajemen, Bab 8 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 9 Dasar Dasar Intelegensi Bisnis, Bab 10 Isu Sosial dan Etika dalam Sistem Informasi, Bab 11 Telekomunikasi, Internet dan Teknologi Nirkabel, Bab 12 Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Saat Ini, Bab 13 Perusahaan Digital E-Commerce dan E-Business, dan Bab 14 Mengelola Sistem Informasi Internasional.

Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen pemasaran. Kehadiran buku ini, masih terdapat banyak kekurangan. Kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen ...

Manajemen Pemasaran

Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern

Menjamurnya pelaku UMKM dan perusahaan startup semakin meningkatkan persaingan para pelaku usaha. Umumnya mereka yang baru terjun ke dunia pemasaran akan meraba-raba tentang bagaimana cara menerapkan strategi yang tepat untuk menjangkau pelanggan, menjaga loyalitas pelanggan, hingga melebarkan ekspansi usahanya. Berdasarkan temuan fenomena di atas, maka buku ini disusun untuk menjawab permasalahan tersebut dengan cara menghadirkan suatu pemahaman komprehensif dasar yang tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis. Materi yangtersaji dalam buku ini berisikan berbagai kajian kompleksitas manajemen pemasaran yang sering ditemui oleh para pelaku usaha pada kondisi perubahan pasar terkini (bisnis di era modern). Setiap pembahasan materi di dalamnya merupakan kumpulan pemikiran luar biasa yang dituangkan oleh para ahli manajemen pemasaran yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi. Terdapat 16 bab, yaitu: Ruang Lingkup Pemasaran; Marketing; Sales dan Public Relation; Informasi dan Riset Pemasaran; Strategi dan Rencana Pemasaran; Bauran Pemasaran (Marketing Mix); Segmentasi dan Target Pasar; Branding dan Positioning; Komunikasi Pemasaran; Saluran Pemasaran Terintegrasi; Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan; Kemitraan (Sponsorship); Pengelolaan dan Evaluasi Pemasaran; UMKM dan Perusahaan Startup; E-Commerce dan Media Sosial; Etika Pemasaran; dan Konsep Pemasaran Global.

Materi yangtersaji dalam buku ini berisikan berbagai kajian kompleksitas manajemen pemasaran yang sering ditemui oleh para pelaku usaha pada kondisi perubahan pasar terkini (bisnis di era modern).

Artificial Intelligence dan Manajemen Keuangan

Diandra Kreatif

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah masuk ke kehidupan masyarakat di dunia dalam kesehariannya. Di era milenial pada tahun 2021, AI menjadi teknologi yang mendominasi segala lini proses yang dengan adanya dorongan dari teknologi inovasi, terobosan penigkatan komputasi, keinginan untuk dapat menampung data yang besar, terobosan algoritmik, menyebabkan banyak perubahan proses dan prosedur pada banyak industri. AI juga mencakup berbagai macam hal mulai dari hal-hal umum sampai ke industri. Hal umum antara lain seperti chatbot, permainan catur, pembuktian teorema matematika, mengendarai mobil otomatis, mendiagnosis penyakit, dan lain sebagainya. Untuk industri, AI telah diadopsi di industri game, e-commerce, start-up, microfinancing, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan juga bahwa AI relevan untuk semua tugas yang menyangkut proses dan tindakan intelektual pada bidang yang universal. Hal ini membuat kami tertarik untuk menulis buku mengenai konsep dasar artificial intelligence dalam kaitannya dengan sektor keuangan. Pembahasan di dalam buku ini akan dimulai dari pengenalan manajemen keuangan, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai digitalisasi bisnis sebagai konsep awal perpindahan bisnis tradisional ke bisnis digital, lalu mengenai pengenalan artificial intelligence dan pemanfaatannya dalam sektor keuangan.

Pembahasan di dalam buku ini akan dimulai dari pengenalan manajemen keuangan, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai digitalisasi bisnis sebagai konsep awal perpindahan bisnis tradisional ke bisnis digital, lalu mengenai pengenalan ...

Beyond Fintech: Technology Applications For The Islamic Economy

Beyond Fintech: Technology Applications for the Islamic Economy is a follow-up to the first-ever Islamic Fintech book by the author (published in 2018) that provided linkages between Islamic Finance and disruptive technologies like the blockchain. In the wake of fintech as a new trend in financial markets, the ground-breaking book stressed the relevance of Islamic finance and its implications, when enabled by fintech, towards the development of the Islamic digital economy. While the earlier work discussed the crucial innovation, structural, and institutional development for financial technologies in Islamic Finance, this new research explores the multiple applications possible in the various sectors of the economy, within and beyond finance, that can be significantly transformed. These revolutionary applications involve the integration of AI, blockchain, data analytics, and Internet-of-Things (IoT) devices for a holistic solution to tackle the bottlenecks and other issues in existing processes of traditional systems. The principles of accountability, duty, justice, and transparency are the foundation of shaping the framework in achieving good governance in all institutions — public or private, Islamic or otherwise. Technologies like AI, blockchain, and IoT devices can operationalize the transparency and accountability that is required to eradicate poverty, distribute wealth, enhance micro-, small- and large-scale initiatives for social and economic development, and thus share prosperity for a moral system that enables a more secure and sustainable economy.

While the earlier work discussed the crucial innovation, structural, and institutional development for financial technologies in Islamic Finance, this new research explores the multiple applications possible in the various sectors of the ...

Artificial Intelligence and Islamic Finance

Practical Applications for Financial Risk Management

This book provides a systematic overview of the current trends in research relating to the use of artificial intelligence in Islamic financial institutions (IFIs), across all organization of Islamic cooperation (OIC) countries. Artificial Intelligence and Islamic Finance discusses current and potential applications of artificial intelligence (AI) for risk management in Islamic finance. It covers various techniques of risk management, encompassing asset and liability management risk, credit, market, operational, liquidity risk, as well as regulatory and Shariah risk compliance within the financial industry. The authors highlight AI’s ability to combat financial crime such as monitoring trader recklessness, anti-fraud and anti-money laundering, and assert that the capacity of machine learning (ML) to examine large amounts of data allows for greater granular and profound analyses across a variety of Islamic financial products and services. The book concludes with practical limitations around data management policies, transparency, and lack of necessary skill sets within financial institutions. By adopting new methodological approaches steeped in an Islamic economic framework (e.g., analysing FinTech in the context of Shariah principles and Islamic values), it devises practical solutions and generates insightful knowledge, helping readers to understand and explore the role of technological enablers in the Islamic finance industry, such as RegTech and artificial intelligence, in providing better and Shariah-compliant services to customers through digital platforms. The book will attract a wide readership spanning Shariah scholars, academicians, and researchers as well as Islamic financial practitioners and policymakers.

61–82. Leong, K. & Sung, A., 2018. FinTech (Financial Technology): What is it and how to use technologies to create business value in FinTech way?. International Journal of Innovation, Management and Technology, 9(2), pp. 74–78.

Blockchain, Fintech, and Islamic Finance

Building the Future in the New Islamic Digital Economy

While creating new forms (Shari'ah-compliant standards) to operationalize Islamic values and ethics into the current conventional economic system and banking products is crucial to sustain the Islamic economy as it is today, we also need to develop new strategies to cope with the next economic evolution. The digital revolution in financial services is under way, and digital disruption has the potential to shrink the role and relevance of today’s banks, while simultaneously creating better, faster, cheaper services that will be an essential part of everyday life. This forward-looking book discusses the crucial innovation, structural and institutional development for financial technologies (fintech) in Islamic finance. The authors explain concepts in fintech and blockchain technology and follow through with their applications, challenges and evolving nature. The book provides insights into technology which will enable and enhance actual prescribed Islamic behaviors in modern economic transactions. Case studies highlight how to cope with modern transactional behavior with the advent of global online/mobile markets, shorter attention spans, and impersonal trade exchange.

This forward-looking book discusses the crucial innovation, structural and institutional development for financial technologies (fintech) in Islamic finance.

Islamic perspectives relating to business, arts, culture and communication

Proceedings of the 1st ICIBACC 2014

This timely book explores how the Malays and Muslims in general are faced with challenges in the fields of business, economy and politics, in the modern era of globalisation. These research findings can help the Muslim community to enhance international integration, particularly in Malaysia and Southeast Asia. In this work, scholarly and expert authors explore Islamic perspectives on communication, art and culture, business, and law and policy. They respond to the need to uphold and strengthen the culture, arts and heritage of the Malays. Readers are invited to explore the challenges for the Malay and Muslim world and to evolve strategies to ensure competitiveness, dynamism and sustainability. Topics such as Islamophobia, drug trafficking, savings behaviours and the role of social media are addressed. These reviewed papers were presented at the International Conference on Islamic Business, Art, Culture & Communication 2014, held in Melaka, Malaysia. They have the potential to strengthen aspects of Islamic economy and leadership, if translated into action plans. This book represents essential reading for scholars of Islamic studies and will be of interest to those examining Southeast Asia and the Malay world.

The non-Islamic business practices have led to many problems. ... has also exerted many efforts to encourage sustainable management in entrepreneurship; one of them was the establishment of the National Green Technology Policy.

Manajemen Pemasaran Jasa (Konsep Dasar)

Konsep Jasa dan Manajemen Pemasaran, Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa, Memahami Perilaku Konsumen, Bauran Pemasaran Jasa, Merancang Produk Jasa, Menetapkan Harga, Strategi, Target dan Pomosisian Pada Perusahaan Jasa, Membangun Komunikasi Pemasaran Jasa Terintegritas, Strategi SDM Dalam Pemasaran Jasa dan Mengelola Proses Jasa, Membangun Kepuasan Pelanggan, Mewujudkan Loyalitas Pelanggan serta Pemanfaatan Pemasaran Digital Bagi Perusahaan.

Konsep Jasa dan Manajemen Pemasaran, Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa, Memahami Perilaku Konsumen, Bauran Pemasaran Jasa, Merancang Produk Jasa, Menetapkan Harga, Strategi, Target dan Pomosisian Pada Perusahaan Jasa, ...