Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

Audit Internal

Setiap organisasi bisnis dewasa ini selalu menghadapi tantangan yang semakin beragam dan kompleks. Dengan kondisi ini, manajemen bisnis tentu telah menyadari bahwa usaha yang dipimpinnya penuh dengan persaingan yang selalu berubah secara dinamis dan menjadi tantangan tersendiri di dalam bisnis. Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, yaitu : Bab 1 Konsep dan Ruang Lingkup Audit Internal Bab 2 Akuntansi dan Sistem Pengendalian Manajemen Bab 3 Perilaku Organisasi Bab 4 Strategi Bisnis Bab 5 Analisis Laporan Keuangan Bab 6 Pertanggungjawaban Pusat Pendapatan Bab 7 Pertanggungjawaban Pusat Biaya Bab 8 Efisiensi dan Efektivitas Bisnis Bab 9 Activity Based Costing Bab 10 Manajemen Mutu Terpadu Bab 11 Manajemen Inovasi Bisnis Bab 12 Balanced Scorecard

Pada tahun 2008 memulai karir sebagai staf pengajar di STMIK AKBA Makassar di Prodi Komputerisasi Akuntansi, dan tahun 2016 diangkat menjadi Dosen Tetap IAIN Sorong dengan homebass di Program Studi Ekonomi Syariah.

Manajemen Perbankan

Buku Manajemen Perbankan ini merupakan kumpulan dari berbagai bahan ajar, referensi dari berbagai sumber bacaan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dalam ruang lingkup Perbankan. Dengan terbitnya buku ini diharapkan dapat memberikan keilmuan bagi para pembaca, khusunya yang berkaitan dengan Manajemen Perbankan. Sebagaiman kita ketahui bahwa Bank merupakan bagian dari Lembaga Keuangan yang memiliki peran yang sangat penting dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Fungsi bank sebagai perantara diantara masyarakat yang membutuhkan dana dengan masyarakat yang kelebihan dana, disamping menyediakan berbagai jasa-jasa keuangan lainnya. Mengelola bank tentu sangat berbeda dengan mengelola usaha industry lainnya, pengelolaan bank yang utama adalah bagaimana upaya bank untuk menarik uang dari masyarakat agar mau menyimpan di bank dan melalui penghimpunan dana tersebut bank juga harus berperan untuk menyalurkan dana tersebut kembali ke masyarakat. Buku ini menguraikan tentang : Bab 1 Dasar Manajemen Perbankan Bab 2 Perbankan dan Lembaga Keuangan Lainnya Bab 3 Sumber Dana dan Penggunaan Dana Bank Bab 4 Manajemen Kredit Perbankan Bab 5 Manajemen Sumber Daya Manusia Perbankan Bab 6 Manajemen Likuiditas Perbankan Bab 7 Manajemen Pemasaran Perbankan Bab 8 Laporan Keuangan Perbankan Bab 9 Rasio Keuangan Perbankan Bab 10 Manajemen Risiko Perbankan Bab 11 Penilaian Kesehatan Perbankan

Buku Manajemen Perbankan ini merupakan kumpulan dari berbagai bahan ajar, referensi dari berbagai sumber bacaan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dalam ruang lingkup Perbankan.

Manajemen Keuangan

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, mulai dari bahasan tentang Konsep Dasar Manajemen Keuangan, Laporan Keuangan dan Arus Kas, hingga bahasan tentang Manajemen Keuangan Internasional. Dengan bahasan yang sangat lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan bisa menjadi salah satu rujukan dan referensi bagi pihak-pihak yang memerlukannya.

diterima dari penerbitan ssaham (sekuritas modal) atau obligasi (sekuritas utang), pembayaran untuk membeli kembali saham biasa (sebagai treasury stock), atau untuk menebus kembali utang obligasi dan pembayaran dividen tunai.

Manajemen UMKM dan Koperasi

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di sisi lain pertumbuhan koperasi di Indonesia menunjukkan peningkatan baik dari segi kuantitas maupun ragam usaha koperasi. UMKM dan Koperasi sebagai penopang ekonomi nasional perlu mendapat perhatian para akademisi melalui studi dan penelitian, masyarakat sebagai penerima manfaat dan terutama calon pengusaha dalam penciptaan nilai tambah usaha. Tanpa pengetahuan dan ketempilan serta penguasaan informasi terkini mengenai kewirausahaan, calon dan pengusaha akan menemukan tantangan dalam mencapai keberlanjutan. Daftar 11 BAB, sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Konsep Dasar Koperasi Bab 3 Pengertian UMKM dan Koperasi Bab 4 Manajemen Dalam Koperasi Bab 5 Hubungan Koperasi dan UMKM Bab 6 Karakteristik UMKM di Indonesia Bab 7 Kewirausahaan dan Koperasi Bab 8 Regulasi dan Etika Bisnis Bab 9 Manajemen UMKM dan Koperasi Bab 10 Mengelola SDM Bab 11 Perkembangan UKM di Indonesia

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Artificial Intelligence dan Manajemen Keuangan

Diandra Kreatif

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah masuk ke kehidupan masyarakat di dunia dalam kesehariannya. Di era milenial pada tahun 2021, AI menjadi teknologi yang mendominasi segala lini proses yang dengan adanya dorongan dari teknologi inovasi, terobosan penigkatan komputasi, keinginan untuk dapat menampung data yang besar, terobosan algoritmik, menyebabkan banyak perubahan proses dan prosedur pada banyak industri. AI juga mencakup berbagai macam hal mulai dari hal-hal umum sampai ke industri. Hal umum antara lain seperti chatbot, permainan catur, pembuktian teorema matematika, mengendarai mobil otomatis, mendiagnosis penyakit, dan lain sebagainya. Untuk industri, AI telah diadopsi di industri game, e-commerce, start-up, microfinancing, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan juga bahwa AI relevan untuk semua tugas yang menyangkut proses dan tindakan intelektual pada bidang yang universal. Hal ini membuat kami tertarik untuk menulis buku mengenai konsep dasar artificial intelligence dalam kaitannya dengan sektor keuangan. Pembahasan di dalam buku ini akan dimulai dari pengenalan manajemen keuangan, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai digitalisasi bisnis sebagai konsep awal perpindahan bisnis tradisional ke bisnis digital, lalu mengenai pengenalan artificial intelligence dan pemanfaatannya dalam sektor keuangan.

Pembahasan di dalam buku ini akan dimulai dari pengenalan manajemen keuangan, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai digitalisasi bisnis sebagai konsep awal perpindahan bisnis tradisional ke bisnis digital, lalu mengenai pengenalan ...

Sistem Pengendalian Internal

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, mulai dari bahasan tentang peran pengendalian internal dalam bisnis, dilanjutkan pembahasan internal control dan risk management, hingga pembahasan tentang consulting oleh audit internal serta maturitas audit internal. Dengan bahasan yang lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Buku ini membahas: Bab 1 Bisnis dan Peran Pengendalian Internal Bab 2 Internal Control dan Risk Management Bab 3 Good Corporate Governance Bab 4 Sumber Daya Manusia dan Organisasi Pengendalian Internal Bab 5 Ruang Lingkup Pengendalian Internal Bab 6 Perencanaan Pengendalian Internal Bab 7 Pelaksanaan, Hasil Kerja, dan Evaluasi Internal Bab 8 Keterampilan Auditor Bab 9 Bukti-Bukti Pemeriksaan Audit Bab 10 Audit Keuangan Bab 11 Audit SDM Bab 12 Audit Pengelolaan Rantai Pasokan Bab 13 Audit Pemasaran dan Penjualan Bab 14 Audit Teknologi Informasi Bab 15 Audit Tindak Kecurangan (Fraud Auditing) Bab 16 Pendeteksian dan Penanganan Fraud Bab 17 Audit Sektor Publik Bab 18 Konsulting Oleh Audit Internal Bab 19 Maturitas Audit Internal

Baehaqi, A. (2018) 'Audit Internla Lembaga Keuangan Syariah dalam Perpektif Al-Hisbah', Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 4(2), pp. 1–14. Banjaŕnahor, A. R. et al. (2021) Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Metode Penelitian Sosial

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan bersama dalam masyarakat. Dalam masyarakat terdapat individu, keluarga, kelompok, organisasi, aturan-aturan dan lembaga-lembaga, yang kesemuanya itu merupakan suatu kebulatan yang utuh. Dalam hal ini sosiologi ingin mengetahui kehidupan bersama dalam masyarakat, baik yang menyangkut latar belakang, permasalahan dan sebab musababnya. Pada buku ini, para penulis memetakan pola berpikir bagaimana menjadi seorang peneliti melalui beberapa abstraksi mental yang dibutuhkan mulai dari konsep dan filosofi ilmu sosial, mengidentifikasi permasalahan, unit analisis, konstruksi, hipotesis, operasionalisasi, teori, model, induksi, deduksi, dan sebagainya. Adapun materi yang di pelajari antar bab di dalam buku ini antara lain sebagai berikut: Bab 1 Konsep dan Filosofi Ilmu Sosial Bab 2 Asas dan Lingkup Penelitian Ilmu Sosial Bab 3 Perkembangan Dinamika Penelitian Ilmu Sosial Bab 4 Metode Penulisan Ilmiah Bab 5 Ragam dan Paradigma Penelitian Sosial Bab 6 Rancangan Penelitian Sosial Bab 7 Relevansi Teori Dalam Penelitian Sosial Bab 8 Ragam Variabel dalam Penelitian Sosial Bab 9 Teknik Pengumpulan Data Penelitian Sosial Bab 10 Prosedur Umum dalam Penelitian Sosial Bab 11 Validitas dalam Penelitian Sosial Bab 12 Skala Pengukuran dalam Penelitian Sosial Bab 13 Penarikan Kesimpulan dan Rekomendasi Penelitian Sosial

Adapun materi yang di pelajari antar bab di dalam buku ini antara lain sebagai berikut: Bab 1 Konsep dan Filosofi Ilmu Sosial Bab 2 Asas dan Lingkup Penelitian Ilmu Sosial Bab 3 Perkembangan Dinamika Penelitian Ilmu Sosial Bab 4 Metode ...

Dasar-Dasar Ilmu Manajemen

Ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis maupun dalam menjalankan kehidupan manusia sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok. Penguasaan ilmu manajemen yang baik dapat membantu manusia melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien. Implementasi ilmu manajemen yang baik pada organisasi juga akan mendukung keberhasilan organisasi tersebut dalam upaya pencapaian tujuannya. Buku ini disusun untuk memberi manfaat teoritis bagi para akademisi dan mahasiswa, serta memberi manfaat praktis bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum berupa wawasan dan pengetahuan dasar mengenai ilmu manajemen. Buku ini terdiri dari 11 bab yang berisi pengetahuan dasar ilmu manajemen, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Manajemen Bab 2 Sejarah dan Teori Manajemen Bab 3 Manajemen dan Lingkungannya Bab 4 Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 5 Manajemen Strategis Bab 6 Perencanaan dan Pengambilan Keputusan Bab 7 Kebijakan dan Hubungan Karyawan Bab 8 Manajemen Konflik dan Negosiasi Bab 9 Manajemen Usaha Kecil Bab 10 Manajemen Kewirausahaan Bab 11 Manajemen Masa Depan

Buku ini terdiri dari 11 bab yang berisi pengetahuan dasar ilmu manajemen, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Manajemen Bab 2 Sejarah dan Teori Manajemen Bab 3 Manajemen dan Lingkungannya Bab 4 Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 5 Manajemen Strategis ...

Pengantar Manajemen Risiko dan Asuransi

Semua orang menyadari bahwa dunia penuh ketidak pastian. ketidakpastian beserta risikonya tidak dapat diabaikan, tetapi dapat diminimalisasikan dengan manajemen risiko. Perkembangan manajemen Risiko di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hadirnya buku ini diharapkan dapat memberikan informasi risiko – risiko yang dihadapi oleh perusahaan /organisasi, dan bagaimana perusahaan / organisasi bisa mengelola risiko menggunakan manajemen resiko untuk menghasilkan nilai tambah. Buku ini membahas bagian-bagian menarik dan penting seperti: Bab 1 Pengertian dan Konsep Manajemen Risiko Bab 2 Kerangka Kerja Enterprise Risk Management (ERM) Bab 3 Identifikasi dan Penilaian Risiko Bab 4 Prinsip-Prinsip Pengukuran Risiko Bab 5 Bentuk-Bentuk Risiko Di Beberapa Sektor Bisnis Bab 6 Risiko operasional dalam Perusahaan Bab 7 Risiko Valuta Asing Bab 8 Prinsip Dasar dalam Kontrak Asuransi Risiko Bab 9 Hukum Asuransi di Indonesia

industri perbankan, hal ini dikarenakan sifatnya yang sangat fluktuatif, sehingga antisipasi diperlukan melalui ... sehingga dari berbagai kepentingan yang majemuk ini, akan memberikan pengaruh pada risiko operasional perbankan.