Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

KARYA TULIS ILMIAH : IMPLEMENTASI CHATGPT DAN MANAJEMEN REFERENSI MENULIS

Buku Karya Tulis Ilmiah: Implementasi ChatGPT dan Manajemen Referensi Menulis ini, penulis rancang secara sistematis, menyajikan materi cukup lengkap, mulai dari konsep dasar, struktur dan implementasinya. Warna baru dunia teknologi dalam dunia karya ilmiah menjadi salah satu alasan utama hadirnya buku ini. Sebagaimana hadirnya ChatGPT yang menjadi platform untuk membantu para penulis. Selain itu, buku ini juga memberikan contoh instalasi manajemen referensi (zotero) secara detail. Maka, besar harapan kami untuk para mahasiswa membaca buku ini.

Buku Karya Tulis Ilmiah: Implementasi ChatGPT dan Manajemen Referensi Menulis ini, penulis rancang secara sistematis, menyajikan materi cukup lengkap, mulai dari konsep dasar, struktur dan implementasinya.

Paradigma Pendidikan Praktis dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Anak di Sekolah Dasar

Buku ini merupakan hasil pemikiran dan ide praktis berdasarkan literatur ilmiah yang dapat digunakan untuk menulis maupun mengembangkan karya tulis bagi mahasiswa PGSD. Pendidik di Sekolah Dasar harus memiliki pengetahuan dan pengalaman secara teoritis dan praktis dalam mengimplementasikan metode maupun media dalam pembelajaran seni untuk dunia anak yang bersifat bermain serta berkarya seni. Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran seni yang selama ini belum banyak dikaji secara empiris dan berdasarkan konsep-konsep seni untuk anak yang berbasis keunggulan budaya lokal. Perkembangan teknologi dan perubahan paradigma pendidikan saat ini menempatkan kebutuhan individu anak yang menjadi permasalahan pendidik, orangtua, dan masyarakat di era disrupsi. Analisis ilmiah dalam pembahasan buku ini memberikan gambaran umum maupun secara operasional dalam mengajarkan dan melatih anak-anak dalam pembelajaran seni rupa, seni musik, dan seni tari di ruang lingkup pendidikan estetis. Semoga dengan hadirnya buku ini dapat memberikan informasi dan wawasan pendidikan seni untuk anak sebagai penerapan dialektika akademis untuk perkembangan ilmu sebagai paradigma belajar yang sesuai dengan psikologis maupun budaya sekitarnya.

Buku ini merupakan hasil pemikiran dan ide praktis berdasarkan literatur ilmiah yang dapat digunakan untuk menulis maupun mengembangkan karya tulis bagi mahasiswa PGSD.

Teknik Analisis Pembelajaran Tari

Upaya inovasi teknologi pendidikan, diantara salah satunya adalah dengan kegiatan penelitian, pengembangan, clan ataupun perekayasaan yang hasilnya dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Hasil ataupun temuan inovasi dapat berupa ilmu pengetahuan baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan clan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses pembuatannya. Oleh karena itu harapan di masa depan adalah sangat bergantung upaya inovasi yang kita lakukan saat ini. Demikian pula bahwa masa depan bangsa, sesungguhnya, sangat ditentukan upaya kita untuk memajukan anak-anak di masa kini. Oleh karena itu, seluruh anak bangsa Indonesia sangat memerlukan pendidikan. .Anak­ anak perlu diberi pendidikan yang tepat clan terarah. Pendidikan yang diberilrnn pad.a anak adalah pendidikan yang memberi kemungkinan ke arah perkembangan potensinya yang berguna bagi dirinya, masyarakat, clan bangsanya di masa depan

Upaya inovasi teknologi pendidikan, diantara salah satunya adalah dengan kegiatan penelitian, pengembangan, clan ataupun perekayasaan yang hasilnya dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.

Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar

Untuk dapat memahami Al-Qur’an dengan benar diperlukan penafsiran yang tidak hanya mengandalkan bahasa Arab secara baik dan benar, akan tetapi juga diperlukan pengetahuan yang komprehensif tentang ilmu-ilmu yang berhubungan dengan penafsiran Al-Qur’an itu sendiri dan kaidah-kaidah dari ilmu-ilmu tersebut seperti yang ditulis dalam buku ini. Buku yang sekarang ada di hadapan Anda ini adalah buku Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar Edisi Revisi yang memang disusun sesuai dengan silabus mata kuliah Studi al-Qur’an di PTKAI, baik Negeri maupun Swasta. Penulisannya dilakukan dalam rangka membantu mahasiswa dan masyarakat pada umumnya dalam mendapatkan literatur Ulumul Qur’an. Buku ini juga dimaksudkan untuk membantu para pembaca dalam mempelajari dan memahami hal-hal yang terpenting dalam Al-Qur’an yang diturunkan Allah Swt. Selamat membaca.

Buku yang sekarang ada di hadapan Anda ini adalah buku Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar Edisi Revisi yang memang disusun sesuai dengan silabus mata kuliah Studi al-Qur’an di PTKAI, baik Negeri maupun Swasta.

Manajemen Sarana dan Prasarana

Buku "Manajemen Sarana dan Prasarana" adalah panduan komprehensif yang menyajikan pemahaman mendalam tentang pengelolaan fasilitas dan infrastruktur di berbagai lingkungan. Dengan fokus pada konsep-konsep dasar, buku ini memberikan pembaca wawasan strategis mengenai peran penting manajemen sarana dan prasarana dalam mencapai tujuan organisasi.

... Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1). Digdowiseiso, K. (2022). School-Based Management for Education Quality: Evidence from Procurement of Facility and Infrastructure ... Facilities And Infrastructure In Improving Quality Of Graduates ...

Pendidikan Pancasila

Judul : Pendidikan Pancasila Penulis : KBP (Purn.) Dr. H. Yusuf Setyadi, SH., SStMk, MM, M. Hum & Dr. Abdul Aziz, M. Ag Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 300 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-697-4 No. E-ISBN : 978-623-162-702-5 (PDF) SINOPSIS Indonesia adalah negara terbesar di kawasan Asia Tenggara, dan terbesar nomor tiga di kawasan Asia, serta penduduknya mayoritas Muslim nomor wahid. Akan tetapi dalam penyelenggaraan ketatanegaraannya tidak menganut sistem ideologi keagamaan tertentu melainkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan negara yang harus ditaati oleh seluruh warga negaranya. Di samping sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan negara, Pancasila juga menjadi falsafah pandangan hidup bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesepakatan satu-satunya Ideologi negara Indonesia ini tidak lepas dari peran besar para pendiri bangsa di awal kemerdekaannya dengan lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, terutama peran para Ulama, Kyai, dan tokoh masyarakatnya. Secara historis, Pancasila yang lahir 1 Juni 1945 dan ditetapkan sebagai satu-satunya ideologi negara dan bangsa Indonesia pada 18 Agustus 1945 sampai saat ini telah matang dalam merangkai kebineka tunggal ika-an sebagai wujud pemersatu rakyat Indonesia, meskipun tentu masih perlu diperkuat secara sistemik demi terus menjadi inspirasi dan motivasi masyarakat bangsa dan negara beserta seluruh warga-negaranya memegang teguh keyakinannya dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu maka Pancasila perlu disosialisasikan, dipahamkan dan hayati serta amalkan secara terus menerus kepada segenap lapisan anak bangsa dari generasi ke generasi sehingga tidak ada lagi yang ingin merubah ideologi ini pada ideologi lain, baik ideologi ke kiri-kirian maupun ke kanan-kananan. Meskipun tak terbantahkan bahwa dalam perjalanan panjang sejarah sejak awal kemerdekaannya sampai era melineal, Ideologi Pancasila mengalami hiruk pikuk ide gagasan yang ingin mencoba untuk merubahnya – akibat menguatknya ideologi lain, seperti Komunis dan Liberalis – namun dengan keteguhan keyakinan para tokoh agama, masyarakat dan tentu Pemerintah, Pancasila tetap eksis. Oleh karena itu, salah satu cara agar Pancasila betul-betul dapat dipahami dan hayati segenap lapisan masyarakat, terutama generasi mudanya wajib untuk mengetahui ideologi yang satu ini sejak dini.

Judul : Pendidikan Pancasila Penulis : KBP (Purn.) Dr. H. Yusuf Setyadi, SH., SStMk, MM, M. Hum & Dr. Abdul Aziz, M. Ag Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 300 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-697-4 No. E-ISBN : 978-623-162-702-5 ...

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ABAD 21

Konsep kepemimpinan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seiring dengan berbagai tantangan global, kepemimpinan harus dinamis dan berorientasi jauh ke depan. Suatu organisasi akan “semakin tak berdaya” jika kepemimpinan yang diterapkan tidak adaptif dan visioner. Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan kemampuan hidup, dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana belajar terjadi sangat perlu untuk dikembangkan dan menjadi perhatian yang intens bagi seorang pemimpin di abad 21. Semua pemimpin harus berpikir besar dan melakukan langkah besar, namun etika kepemimpinan tetap menjadi jiwa dalam praktik kepemimpinan apalagi dalam kepemimpinan pendidikan.

Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21.

Teknologi Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid-19

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teknologi Pembelajar, karena sepanjang pengalaman penulis mengajar mata kuliah ini dapat menjadi sumber literasi tentang pemanfaatakn aplikasi-aplikasi digital pada pembelajaran e-learning pada masa pandemi ini. Buku ini terdiri dari sepuluh bab terkait dengan Mengenal Mata Kuliah TEP pada aspek Apa Pengertian Teknologi Pendidikan, Landasan Teknologi Pendidikan, Falsafah Teknologi Pendidikan, Bagaimana Visi, Misi, dan tujuan Teknologi Pendidikan, apa itu Konsep Teknologi Pendidikan, Bagaimana Kawasan Teknologi Pendidikan serta Mengembangkan Desain Pembelajaran Daring Inovatif, kreatif dan Menyenangkan berbasis Teknologi Pembelajaran agar belajar anak menjadi bermakna dalam mengembangkan kompetensinya di era industry 4.0 Garudhawaca.

... evaluasi, belajar kolaborasi atau mandiri. 2. Implementasi E-Learning Sistem ... (PAI) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,” Indonesian Journal ... Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid ...

Kepemimpinan Pendidikan Modern

Buku ini hadir dalam rangka memahami konsep manajemen oleh seorang pemimpin dalam perilaku menjadi seorang leader yang futuristik dan modern karena buku ini didasarkan pada penelitian terhadap materi-materi dari perkuliahan meliputi: Konsep dan Definisi Kepemimpinan, Karakteristik Kepemimpinan, Syarat Dan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan, Kepemimpinan Dan Manajemen, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Kepemimpinan Sekolah Yang Sukses, Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah, Kepimpinan Pendidikan Pada Konteks Yang Multikultural Dan Menantang, Konteksasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Negeri, Kontestasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Swasta. Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku, bersikap dan lainnya, agar proses pembelajaran lebih optimal.

Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku ...

Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi

Buku "Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi" adalah panduan komprehensif bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran. Buku ini dimulai dengan definisi dan ruang lingkup pembelajaran berbasis teknologi, lalu membahas teori pembelajaran dan integrasi teknologi, serta berbagai model pedagogi yang relevan. Topik utama lainnya mencakup pembelajaran blended, kelas terbalik (flipped classroom), e-learning, pembelajaran berbasis mobile, dan alat digital untuk pembelajaran interaktif. Selain itu, buku ini juga menawarkan panduan praktis tentang integrasi teknologi di kelas, pengembangan profesional untuk guru, evaluasi pembelajaran dengan teknologi, dan alat penilaian online. Dengan pembahasan yang mendalam dan menyeluruh, buku ini memberikan wawasan serta strategi implementasi yang efektif untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam pembelajaran, menjadikannya sumber yang berharga bagi para pendidik di era digital.

Buku "Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi" adalah panduan komprehensif bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran.