Sebanyak 213 item atau buku ditemukan

TAFSIR AYAT-AYAT PILIHAN JILID 1

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَبَعْدُ: Pada zaman ini kaum muslimin sangat perlu memahami Al-Qur'an dan berpegang padanya, terlebih dalam era globalisasi yang materialisme sudah mengalahkan segalanya. Sehingga manusia tenggelam dalam kubangan materi dan menyimpang dari hidayah Allah Ta’ala, padahal di antara mereka terdapat kitab suci yang merupakan cahaya ilahi, yang bisa menyelamatkan mereka dari kesengsaraan. Karena itu menjadi kewajiban para thalib ilm syar'i untuk mengembalikan umat Islam kepada kejayaan dan kemuliaannya. Hal itu dengan mempererat hubungan mereka dengan kitab Tuhannya yang di dalamnya terdapat kebahagiaan dunia Akhirat. Juga dengan memudahkan kaum muslimin memahami kitab sucinya. Dan menjadi kewajiban dosen yang mengajarkan agama Islam untuk memperdalam pengetahuan tentang Islam pada jiwa mahasiswanya. Dan tiada jalan untuk itu kecuali mendekatkan mereka kepada sumber Islam yaitu Al-Qur'an dan Sunnah Rasulillah Shallallahu Alahi Wasallam. Betapa banyak mahasiswa Islam zaman ini yang tidak mengenal Islam. Dan betapa banyak dari mereka yang jauh dari akhlaq-akhlaq Islami. Padahal Al-Qur'an adalah cahaya yang bisa menyinari kehidupan mereka di dunia maupun Akhirat. "Sungguh telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaanNya kepada jalan keselamatan, dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizinNya, dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus." (QS. Al-Maidah: 15-16) Karena itu kami sebagai dosen tafsir, berusaha menyusun buku tafsir I untuk kalangan mahasiswa dan umum dengan tujuan mendekatkan mereka kepada Al-Qur'an, mencintainya, dan bisa memahaminya dengan cara yang mudah. Pada edisi ini tafsir yang kami susun, dimulai dari surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya yang terdapat dalam juz Amma. Kami berusaha menyajikannya dengan bahasa yang mudah dipahami, penafsiran yang tidak bertele-tele, dan memberikan kesimpulan pada setiap akhir penafsiran. Dan perlu diketahui, pada tafsir ini kami berusaha tidak menyebutkan Hadis dhaif. Andaikan ada Hadis yang lemah, tentu kami menjelaskan kedhaifannya. Karena mengamalkan Hadis dhaif sama dengan mengerjakan perbuatan yang bukan dari ajaran Rasulillah SAW. Mudah-mudahan buku tafsir ini menjadi amal yang mengharumkan nama kami di sisi Allah Ta’ala, sesuai sabda NabiNya: ((إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ اْلـمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا نَشَرَهُ)) "Sesungguhnya di antara amal dan kebaikan yang diikutkan seorang mukmin setelah dia meninggal, adalah ilmu yang disebarkannya.” (Sahih Al-Jami’, no. 2231) Ya Allah jadikan amal kami ini amal yang ikhlas untuk menggapai wajahMu semata. Perbaiki dan tutupilah segala kesalahan kami, dan sempurnakan segala yang kurang. Sesungguhnya Engkau semata yang mampu melakukannya. Jadikan amal kami diterima semua kalangan, jadikan ia bermanfaat bagi setiap muslim. Dan shalawat beriring salam semoga senantiasa tersampaikan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga beliau, dan para sahabat hingga Hari Kiamat. Amin. Anggaswangi, 11 Muharram 1434 H/25 November 2012 Daftar Isi Daftar Isi... 3 Mukaddimah..... 8 Bab (1): Tafsir Surat Al-Fatihah..... 11 Tafsir Basmalah: 20 Tafsir Al-Hamdulillahi Rabbil Alamin: 25 Tafsir Ar-Rahman Ar-Rahim: 28 Tafsir Maaliki Yaumiddiin: 30 Tafsir Iyyaaka Na'budu Wa Iyyaaka Nasta'in: 35 Tafsir Ihdinash Shiraathal Mustaqim: 50 Tafsir Shiraathal Ladziina An'amta 'Alaihim: 63 Tafsir Ghairil Maghdhuubi 'Alaihim Waladh Dhaalliin: 69 Separuh Al-Fatihah Adalah Wala` Dan Bara`: 89 Ucapan Amin Atas Doa Al-Fatihah.. 90 Bab (2): Memohon Perlindungan Dari Keburukan Setan..... 92 Penamaan Surat An-Naas: 92 Kandungan surat An-Naas: 93 Tafsir surat An-Naas: 93 Pelajaran yang diambil dari surat An-Naas: 101 Bab (3): Memohon Perlindungan Dari Keburukan Makhluk..... 105 Penamaan surat Al-Falaq: 105 Hubungan dengan surat sebelumnya: 106 Kandungan surat Al-Falaq: 107 Keutamaan surat Al-Falaq dan An-Naas: 108 Sabab nuzul surat Al-Falaq dan surat An-Naas: 112 Tafsiran surat Al-Falaq: 113 Pelajaran yang diambil dari surat Al-Falaq: 115 Bab (4): Memurnikan Ibadah Hanya Kepada Allah..... 120 Nama-nama surat Al-Ikhlash: 120 Hubungan surat ini dengan surat sebelumnya: 121 Kandungan umum surat Al-Ikhlas: 121 Keutamaan surat Al-Ikhlas: 122 Sabab nuzul Surat Al-Ikhlas: 123 Tafsir surat Al-Ikhlas: 125 Makna Al-Ikhlash secara ringkas: 129 Pelajaran yang diambil dari ayat: 130 Bab (5): Balasan Abu Lahab Dan Istrinya.... 132 Penamaan surat: 132 Hubungan dengan surat sebelumnya: 133 Kandungan surat Al-Masad: 133 Sabab nuzul ayat: 134 Tafsiran ayat: 140 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Masad: 152 Bab (6): Penaklukan Kota Makkah..... 158 Penamaan surat An-Nashr: 158 Hubungan dengan surat sebelumnya: 159 Kandungan surat An-Nashr: 159 Keutamaan surat An-Nashr: 160 Sabab nuzul surat An-Nashr: 161 Waktu turunnya surat An-Nashr: 163 Tafsiran surat: 165 Pelajaran yang diambil dari surat An-Nashr: 168 Bab (7): Kewajiban Membebaskan Diri Dari Syirik, Kekufuran, Dan Perbuatan Orang Kafir..... 176 Makna mufradat: 177 Penamaan surat: 178 Keutamaan surat Al-Kafirun: 178 Kandungan surat Al-Kafirun: 180 Sabab nuzul ayat: 181 Tafsiran surat: 183 Pelajaran yang diambil dari surat Al-Kafirun: 188 Bab (8): Nikmat Besar Yang Diberikan Kepada Nabi Saw...... 193 Penamaan Surat: 193 Hubungan dengan surat sebelumnya: 194 Kandungan surat Al-Kautsar: 195 Keutamaan surat Al-Kautsar: 196 Sabab nuzul surat Al-Kautsar: 198 Tafsiran surat: 200 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Kautsar: 202 Bab (9): Balasan Orang Kafir Dan Munafik..... 205 Makkiyah atau Madaniyah: 206 Penamaan surat Al-Maa’un: 206 Hubungan dengan surat sebelumnya: 207 Kandungan surat Al-Maa’un: 208 Sabab nuzul ayat (1): 209 Sabab nuzul ayat (4): 210 Tafsiran Ayat: 211 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Maa’un: 224 Bab (10): Berbagai Nikmat Allah Yang Diberikan Kepada Kaum Quraisy.... 229 Penamaan surat Quraisy: 229 Hubungan dengan surat sebelumnya: 230 Kandungan surat Qurasiy: 231 Keutamaan surat Quraisy: 232 Tafsir surat Quraisy: 233 Faidah dan pelajaran yang diambil dari ayat: 241 Bab (11): Kisah Pasukan Bergajah..... 243 Penamaan surat: 244 Hubungan dengan surat sebelumnya: 244 Kandungan surat Al-Fiil: 245 Kisah pasukan bergajah: 246 Tafsir Surat Al-Fiil: 252 Hukum dan pelajaran dari surat Al-Fiil: 257 Bab (12): Balasan Bagi Yang Suka Mencela Manusia.... 261 Penamaan surat Al-Humazah: 262 Hubungan dengan surat sebelumnya: 262 Kandungan surat Al-Humazah: 262 Tafsir surat Al-Humazah: 263 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Humazah: 282 Bab (13): Kondisi Orang Mukmin Dan Kafir..... 286 Penamaan surat: 286 Hubungan dengan surat sebelumnya: 287 Kandungan surat Al-Ashr: 288 Keutamaan surat Al-Ashr: 288 Tafsir surat Al-Ashr: 291 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Ashr: 297 Bab (14): Berbangga Dengan Dunia.... 300 Penamaan At-Takatsur: 301 Hubungan dengan surat sebelumnya: 301 Kandungan surat At-Takatsur: 302 Sabab nuzul ayat: 303 Tafsir surat At-Takatsur: 305 Pelajaran yang diambil dari surat At-Takatsur: 314 Bab (15): Kondisi Hari Kiamat Yang Sangat Menakutkan..... 317 Penamaan surat Al-Qari’ah: 318 Hubungan dengan surat sebelumnya: 318 Kandungan surat Al-Qari’ah: 319 Tafsiran surat Al-Qari’ah: 320 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Qari’ah: 329 Bab (16): Mengingkari Nikmat, Pelit, Dan Lalai Bersiap Untuk Akhirat.... 333 Penamaan surat Al-Aadiyat: 334 Hubungan dengan surat sebelumnya: 335 Kandungan surat Al-Aadiyaat: 336 Tafsir surat Al-Aadiyaat: 337 Faidah dan pelajaran dari surat surat Al-Aadiyaat: 347 Bab (17): Tanda-Tanda Kiamat Dan Balasan Amal Perbuatan Masing-Masing Orang..... 350 Penamaan surat Az-Zalzalah: 351 Hubungan dengan surat sebelumnya: 351 Kandungan surat Az-Zalzalah: 352 Sabab Nuzul Ayat: 353 Keutamaan surat Az-Zalzalah: 354 Tafsir Surat Az-Zalzalah: 359 Ibrah dan pelajaran dari surat Az-Zalzalah: 370 Bab (18): Surat Al-Bayyinah..... 372 Penamaan surat Al-Bayyinah: 373 Hubungan dengan surat sebelumnya: 374 Kandungan surat Al-Bayyinah: 375 Keutamaan surat Al-Bayyinah: 376 Tafsir Ayat 1-5: 379 Tafsir ayat 6-8 Al-Bayyinah: 397 Daftar Referensi... 412 Tentang penulis: 414

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَبَعْدُ: Pada zaman ini kaum muslimin sangat perlu memahami Al-Qur'an dan berpegang padanya, terlebih dalam ...

Buku Tafsir Pendidikan

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan. Buku ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana ajaran-ajaran Al-Qur’an dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan modern, sehingga menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral. Penulis mengelaborasi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan konsep pendidikan, mulai dari metodologi Tafsir pendidikan, Nilai-Nilai pendidikan, Kisah-kisah Nabi, pendidikan keluarga, etika dalam belajar, hingga pendidikan sosial dalam al-Qur'an. Buku ini mengajak pembaca untuk menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat menjadi landasan dalam membangun generasi yang berilmu, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Buku persembahan penerbit PenaCendekia #PenaCendekiaPustaka

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan.

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Studi Hadis Teori dan Aplikasi

Buku Studi Hadis : Teori dan Aplikasi ini disusun dengan tujuan menyediakan serta memperkaya referensi materi mata kuliah Studi Hadis/Ilmu Hadis/Ulumul Hadits untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), maupun Perguruan Tinggi Umum (PTU), buku ini pula memberikan keunikan tersendiri, karena disusun secara sistematis dan seimbang antara kajian teoritis tentang ilmu-ilmu hadis dengan kajian aplikatif khususnya yang berkenaan dengan metodologi penelitian hadis.

Buku Studi Hadis : Teori dan Aplikasi ini disusun dengan tujuan menyediakan serta memperkaya referensi materi mata kuliah Studi Hadis/Ilmu Hadis/Ulumul Hadits untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), maupun Perguruan Tinggi ...

Modernisasi Pendidikan Agama Islam

Judul : Modernisasi Pendidikan Agama Islam Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 175 Halaman ISBN : 978-623-497-086-9 Sinopsi Buku Buku ini merupakan pengantar atau kajian awal bagi siapapun yang hendak mengembangkan pendidikan agama Islam (PAI) dari berbagai sudut pandang, tujuannya adalah agar Pendidikan Agama Islam dapat berkembang secara dinamis di tenggah krisis kebangsaan yang mutlidimensi. Dalam usaha mengatasi persoalan-persoalan pendidikan Islam di era modern, penulis mencoba memberikan tawaran-tawara gagasan tentang pengembangan pendidikan agama Islam dari berbagai perspektif. Selain itu, penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dan landasan yang kokoh bagi pelaksana Pendidikan Agama Islam, pengembangan dan menyelenggaraan program pendidikan agama Islam harus sejalan dengan pekembangan era, dimana era saat ini adalah era revolusi industry 4.0, dan sekolah atau madrasah begitu pula perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Buku ini sangat penting dibaca oleh mahasiswa, guru dan dosen untuk dijadikan salah satu sumber referensi dalam pengembangan pendidikan agama Islam baik secara praktis maupun konsep. Serta tentunya amat bermanfaat bagi kepala madrasah dan pengelola lembaga pendidikan berbasis Islam di antaranya sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan pendidikan Islam. Adapun bagi mahasiswa selain sebagai referensi dalam menyelesaikan tugas kuliahnya, buku ini dapat menjadi bahan dalam pengembangan potensi dan wawasan dalam bidang pendidikan Islam Seiring dengan pekembangan zaman, tantangan yang dihadapi umat Islam semakin kompleks. Modernisasi dan globalisasi memaksa pendidikan Islam untuk merekonstruksi ulang agar SDM yang dihasilkan tetap survive dalam kehidupan global. Lebih dari sekadar pendidikan Islam dalam pengertian normatif, buku ini mencakup sejumlah gagasan tentang isu-isu kontemporer yang dihadapi umat Islam di era global. Beberapa tema buku ini, yaitu: Kompetensi kepribadian pendidik, pendidikan multicultural dalam Al-Quran, etika belajar dalam Al-Quran, konsep pendidikan dalam pespektif A-Quran, dan tema-tema menarik lainnya. Tema tersebur bersumber dari pengalaman penulis yang menjadi pemikir sekaligus praktisi pendidikan Islam, buku ini menawarkan ide-ide baru yang orisinal dan membumi untuk menghadapi era modernisasi.

... sekolah. Sejalan dengan pendapat di atas, Dedy S. menjelaskan bahwa usia dini disebut pula dini usia adalah umur atau waktu tertentu seorang anak sebelum sampai pada usia sekolah dalam pendidikan dasar.97 Melihat hal tersebut, bahwa ...

Paradigma Pendidikan Agama Islam

Judul : Paradigma Pendidikan Agama Islam Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 228 Halaman No ISBN : 978-623-497-213-9 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsis Paradigma pendidikan agama Islam lebih cenderung mengorientasikan diri pada bidang humaniora dan ilmu-ilmu sosial, padahal sains (fisika, kimia, biologi dan matematika) modern dan pengembangan teknologi canggih mutlak diperlukan. Sains ini belum mendapat apresiasi dan tempat yang sepatutnya dalam sistem pendidikan Islam, artinya integrasi pendidikan Islam dalam prespektif trasnformasi menuju pendidikan Islam berkualitas memadukan sains, spiritual dengan pendidikan karakter sebagai ciri khas suatu bangsa mutlak diperlukan. Pendidikan dalam agama Islam sendiri merupakan integrasi antara kekuatan akal (rasional), empiris, dan bersumber pada wahyu yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadits. Esensi dari pendidikan adalah adanya proses transfer nilai, pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda agar mampu meraih hidup sukses masa depan. Dalam ajaran Islam ditegaskan bahwa pendidikan hendaknya memberi penyadaran potensi fitrah keagamaan, menumbuhkan, mengelola dan membentuk wawasan, akhlak serta tingkah laku yang sesuai dengan ajaran Islam, menggerakkan dan menyadarkan manusia untuk senantiasa beramal saleh dalam rangka beribadah kepada Allah, hal ini sebagaimana yang terungkap dalam Q.S Luqman: 1-34. Dan seiring dengan pekembangan zaman, tantangan yang dihadapi umat Islam semakin kompleks. Maka paradigma berfikir dan konsep penerapan pendidikan agama Islam harus beradaptasi dengan pekembangan zaman yang ada.

... sekolah formal tingkat dasar sebagai berikut:42 a) Akidah, adapun buku agama yang dipelajari pada sekolah dasar adalah buku ringkasan akidah Islam ahli sunnah dengan tidak mengajarkan perbedaan pendapat disertai dengan dalil-dalil yang ...

Berdakwah dan Berpolitik Ala Umar bin Khattab (Studi Hisoris Strategi Dakwah dan Komunikasi Politik Umar Selama Menjadi Khalifah)

Judul : Berdakwah dan Berpolitik Ala Umar bin Khattab (Studi Hisoris Strategi Dakwah dan Komunikasi Politik Umar Selama Menjadi Khalifah) Penulis : Mainuddin, M.Pd.I. dan M. Feri Firmansyah S.Pd.I, M.Sos Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 212 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-8756-38-4 No. E-ISBN : 978-623-8756-41-4 (PDF) SINOPSIS Tulisan ini membahas tidak hanya tentang Umar bin Khatthab. Tetapi lebih khusus pada strategi dakwah dan komunikasi politiknya. Yakni bagaimana Umar bin Khatthab berdakwah dan membangun komunikasi politik dengan masyarakat ataupun bawahannya. Ini sangat urgen bagi para dai dan politikus sekarang yang miskin akan teladan terbaik. Umar bin Khatthab sebagaimana yang kita ketahui adalah salah satu sahabat terbaik dan yang paling dekat Rasulullah saw. Selain itu, Umar bin Khatthab merupakan sahabat Rasulullah saw yang sangat visioner. Karena banyak landasan fiqih yang dia kembangkan denga ijtihad, kontribusinya terhadap peradaban Islam bahkan banyak ayat-ayat al-Quran yang membenarkan sikap Umar bin Khatthab ketika ia memberikan masukan kepada Rasulullah saw. Inilah alasan penulis mengambil tema tentang Umar bin Khatthab yang lebih dari sekedar bioghrafi beliau. Ternyata banyak hal-hal yang perlu kita gali dari Umar bin Khatthab selalu orang yang dididik langsung oleh Rasulullah SAW

... Islam rahmatan lil ' alamin . Dalam menjalankan tugasnya pegawai yang ditunjuk oleh Umar berperan sebagai dai , sehingga menjadi teladan bagi umat . Karena seorang dai adalah uswah bagi umat , maka akhlak da'i muslim adalah akhlak Islam ...

ULUMUL QUR'AN

Untuk Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Al-Qur’an merupakan mu’jizat teragung sepanjang masa. Lantaran al-Qur’an, umat manusia mendapat pencerahan sehingga mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Mempelajari al-Qur’an harus sampai pada tingkat pemahaman dan pengamalan. Apabila seseorang paham tetapi tidak mengamalkan maka sama saja seperti orang yang fasik dan apabila mengamalkan tanpa pemahaman maka akan berpotensi menyesatkan diri dan orang lain. Untuk mencapai pemahaman tersebut, banyak kajian-kajian yang harus dipelajari secara komprehensif yang kesemuanya itu tercakup dalam kajian ilmu-ilmu al-Qur’an atau yang sering kita kenal dengan ‘Ulumul Qur’an. Buku yang sedang Anda baca ini disusun untuk manambah wawasan mengenai kajian-kajian seputar ‘Ulumul Qur’an. Sebagaimana kita ketahui bahwa al-Qur’an mengandung nilai sastra yang sangat tinggi dan setiap katanya terdapat banyak ilmu terselubung yang mesti terus digali sehingga kitab-kitab atau buku-buku ‘Ulumul Qur’an menjadi kajian wajib bagi umat muslim khususnya para santri, pelajar, dan mahasiswa yang ingin memperdalam al-Qur’an. Buku ini berisi kajian: Seputar ‘Ulumul Qur’an; Penurunan al-Qur’an (Nuzulul Qur’an); Kodifikasi al-Qur’an; Rasm al-Mushaf; Asbabun Nuzul; Makkiyyah dan Madaniyyah; Nasikh Mansukh; Munasabah al-Qur’an; Muhkam Mutasyabih; I’jaz al-Qur’an; Qira’at al-Qur’an; Tafsir, Ta’wil, dan Terjemah; Fawatihus Suwar; Qashash al-Qur’an.

Al-Qur’an merupakan mu’jizat teragung sepanjang masa.

Teknologi Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid-19

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teknologi Pembelajar, karena sepanjang pengalaman penulis mengajar mata kuliah ini dapat menjadi sumber literasi tentang pemanfaatakn aplikasi-aplikasi digital pada pembelajaran e-learning pada masa pandemi ini. Buku ini terdiri dari sepuluh bab terkait dengan Mengenal Mata Kuliah TEP pada aspek Apa Pengertian Teknologi Pendidikan, Landasan Teknologi Pendidikan, Falsafah Teknologi Pendidikan, Bagaimana Visi, Misi, dan tujuan Teknologi Pendidikan, apa itu Konsep Teknologi Pendidikan, Bagaimana Kawasan Teknologi Pendidikan serta Mengembangkan Desain Pembelajaran Daring Inovatif, kreatif dan Menyenangkan berbasis Teknologi Pembelajaran agar belajar anak menjadi bermakna dalam mengembangkan kompetensinya di era industry 4.0 Garudhawaca.

... evaluasi, belajar kolaborasi atau mandiri. 2. Implementasi E-Learning Sistem ... (PAI) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,” Indonesian Journal ... Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid ...