Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Islam Perspektif Hadits

Seri Antologi Pendidikan Islam

Buku digital ini berjudul "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Islam Perspektif Hadits", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga.

2, 2016, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Rekonstruksi Materi Peperangan dalam Pembelajaran PAI di Madrasah, (segera terbit), dan karya lainnya bisa dibaca pada blog pribadinya ...

KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi merupakan salah satu komponen yang harus dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Evaluasi mempunyai peranan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran , tanpa evaluasi kita tidak dapat mengetahuai tingkat keberhasilan dari kegitan pembelajaran. Guru yang profesional bukan hanya dituntut menguasai materi dan strategi penyampaian tetapi juga harus menguasai konsep, prinsip, tehnik, prosedur evaluasi, dan dapat melaksanakan dengan benar agar hasil evaluasi dapat dipertanggung jawabkan dan memberikan kepuasan semua pihak. Buku ini dapat digunakan membantu para mahasiswa calon guru untuk memahami konsep dasar tenatang evluasi pembelajaran dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Keberhasilan pembelajaran dapat diketahui dengan adanya kegiatan evaluasi.

Evaluasi merupakan salah satu komponen yang harus dilaksanakan dalam proses pembelajaran.

Evaluasi Kurikulum Pascasarjana PTKIN di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Implementasinya)

Pendidikan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang riil dalam kehidupan di masyarakat, kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan Pendidikan, sudah barang tentu perlu dilakukan pembenahan pembenahan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, apalagi kurikulum Pendidikan Tinggi sebagai ujung tombak pengembangan Pendidikan Nasional. Di era revolusi industri sekarang ini, semua lini haris massif dengan teknologi. Kemajuan teknologi yang terus pesat ini merupakan salah satu tuntutan agar dunia Pendidikan juga mengikuti perkembangannya. Pendidikan akan melemah bahkan tidak berdaya jika tanpa diiringi oleh kemajuan teknologi. Dari situlah kurikulum Pascasarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam baik negeri maupun swasta (PTKIN/PTKIS ) harus dilakukan evaluasi secara berkala, agar mampu menyesuaikan dengan kondisi zaman dengan tuntutan teknologi.

studi d) Mewujudkan pengelolaan program pendidikan agama Islam yang baik 3) Tujuan a) Menghasilkan magister pendidikan ... inklusif integratif. c) Pengembang/desainer pembelajaran PAI berwawasan inklusif integratif. d) Konsultan PAI d.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Undang-Undang menyatakan bahwa pendidik adalah tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, salah satu kompetensi yang mesti dimiliki seorang pendidik adalah mampu merancang dan melaksanakan evaluasi, baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran. Buku ini Evaluasi Pembelajaran ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Penguasaan terhadap materi buku ini diharapkan memberi mereka kemampuan dasar untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Performans dalam mata pelajaran PAI umumnya berupa praktik ibadah. Untuk melakukan penilaian terhadap praktik ini digunakan format berikut: No 1 2 3 Format Daftar Cek/Skala Penilaian Perawatan Jenazah 87 EVALUASI PEMBELAJARAN.

Evaluasi Pada Pembelajaran Era Society 5.0

Buku ini merupakan refleksi dari berbagai pemikiran oleh para praktisi pendidikan, akademisi dan peneliti yang bekecimpung di dunia pendidikan. Dunia pendidikan yang begitu dinamis menuntut kita agar selalu meng-upgrade skill dan wawasan terhadap perubahan yang terjadi. Demikian halnya dalam dalam pembelajaran, berawal dari kegiatan input, proses, dan outputnya harus di desain sedemikian rupa agar menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Gambaran umum tentang evaluasi pembelajaran dan bagaimana melakukan evaluasi di era society 5.0 merupakan isi yang dibahas dalam buku ini. Buku ini dapat digunakan sebagai salah satu acuan dan atau pembanding dalam melakukan dan menyusun evaluasi pada pembelajaran era society 5.0.

Pembelajaran harus menghasilkan belajar pada peserta didik dan harus dilakukan suatu perencanaan yang sistematis, sedangkan mengajar hanya salah satu penerapan strategi pembelajaran di antara strategistrategi pembelajaran yang lain ...

Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Al-Irsyad sebagai Landasan dalam Penguatan Ideologi Pendidikan Al-Irsyad

Buku ini judul Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Al-Irsyad sebagai Landasan dalam Penguatan Ideologi Pendidikan Al-Irsyad. buku ini banyak pihak yang terlibat, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak sebagai berikut: 1) Rektor Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta dan jajarannya yang mendorong menerbitkan buku ini, 2) Direktur Program Pascasarjana dan jajarannya yang banyak memberi ilmu dan melayani dengan baik selama studi S3, 3) Ketua Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4) Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd., Prof. Zamroni, Ph.D., Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd., Dr. Marzuki M.Ag,, Dr. Miftahuddin, M.Hum., Dr. Main Sufanti, M.Hum., Dr. Sarbini, M.Ag., Dr. Faishol bin Madi, M.A., Ibnu Rochi, L.C, Juwadi, S.Pd.I, M.Pd.I., Ali Bakrisuk, S.Pd.I., Khoirul Rizki, L.C., Sudarajat, S.Sos., M.Pd., Arif Budi Santosa S.Si., Ranoto S.Pd.I., Mukhlisin, S.Ag., Sutardi, S.Pd.I., 5) Rekan-rekan dosen IIM Surakarta, 6) Ust Ali Basmul, Ust Abdullah, Ust Manshur Al Katiri yang banyak memberikan data dan sumbangan pemikiran.

Ketiga aspek output dan outcome; belum ada penelusuran hasil dan dampak pembelajaran dari dimensi sikap, ... materi dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan agama, artinya pengembangan materi diserahkan kepada guru PAI.

Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Buku ini mengulas tentang bagaimana memberikan pendidikan karakter kepada peserta didik dalam bidang pendidikan jasmani mulai dari strategi sampai dengan implementasinya. Penulisan buku ini menggunakan metode studi kasus penelitian secara langsung di sekolah. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam dunia pendidikan nasionl. Sesuai dengan Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter merupakan tanggungjawab satuan pendidikan. Penguatan pendidikan karakter tidak akan berjalan dengan secara efektif tanpa adanya strategi implementasi yang baik. Implementasi penguatan pendidikan karakter dipengaruhi oleh manajemen strategi baik itu perencanaan strategi pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi. Sekolah merupakan tempat strategis dalam pengembangan penguatan pendidikan karakter. Implementasi penguatan pendidikan karakter budaya sekolah dan basis kelas diharapkan dapat menjadikan pelajar memiliki nilai-nilai karakter yang baik.

Astutik, Pipit Pudji. 2017. “Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dan Higer Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Tematik SD.” Bahri, Samsul. 2019. “Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter Pada Anak Usia Dini.

Konsep dan Strategi Pembelajaran

Kekeliruan memilih dan menerapkan strategi pembelajaran menjadi salah satu pemicu dari rendahnya minat belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran sejatinya adalah suatu lingkaran yang saling topang menopang antara pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran dan teknik pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam buku Konsep dan Strategi Pembelajaran ini terdiri dari 11 Bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Bab 2 Teori-Teori Belajar Dalam Pembelajaran Bab 3 Pendekatan Pembelajaran Bab 4 Model Pembelajaran Bab 5 Metode dan Teknik Pembelajaran Bab 6 Pengelolaan Kelas Bab 7 Strategi Pembelajaran Langsung Bab 8 Strategi Pembelajaran Tak Langsung Bab 9 Strategi Pembelajaran Interaktif Bab 10 Strategi Pembelajaran Eksperimen Bab 11 Strategi Pembelajaran Mandiri Besar harapan kami, Buku ini berguna bagi dunia pendidikan dan bisa dimanfaatkan menjadi referensi dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang baik, serta dapat menambah wawasan pembaca terkait konsep dan strategi pembelajaran.

Pembelajaran tematik (konsep dan aplikasi). Magetan: CV. AE Media Grafika. Margaretha, L. (2020) 'Teori- Teori Belajar Untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini', Early Childhood Research and Practice, 1(01), ...

VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Buku ini merupaan karya mahasiswa IAIN Parepare pada kuliah Pengabdian Masyarakat, oleh karena itu proses penyelesaian buku ini tidak terlepas dari keseriusan mahasiswa KPM. Buku ini diterbitkan dengan menggunakan anggaran pengusulan ISBN perguruan tinggi IAIN Parepare Nusantara Press. Oleh karena itu, penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya, kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan buku ini. Buku ini yang merupakan kumpulan tulisan mahasiswa KPM angkatan 2020

Tematik Posdaya Berbasis Asset Based Communities Development ( ABCD ) , Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Tahun 2017 . ... Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , Volume 5 Issue 2 ( 2021 ) Pages 1138-1150 .

Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning Kelompok Mata Kuliah Normatif

Pembelajaran problem based learning lebih banyak dilaksanakan pada kelompok mata kuliah adaptif dan produktif, sedangkan kelompok mata kuliah normatif masih jarang digunakan hal ini dikarenakan kesulitan tenaga pendidik untuk merumuskan permasalahan yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Hadirnya Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning mata kuliah normatif dapat membantu dosen untuk melaksnaakan pembelajaran problem based learning dengan baik sehingga membuat pelibatan mahasiswa menjadi lebih aktif selama pembelajaran.

... Pendidikan Seni dan Keagamaan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Penerangan Agama ... holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan berpusat pada mahasiswa.