Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Pengantar Ilmu Ekonomi Teori dan Aplikasi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Sebagai contoh, seseorang yang ingin membeli barang kebutuhan dipasar. Contoh yang lain adalah seseorang mengalokasikan pendapatan untuk kehiduan sehari-hari. Aktivitas membeli aset juga adalah contoh yang berhubungan dengan ilmu ekonomi. Definisi ilmu ekonomi yang lain adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan tingkat kepuasan yang maksimal, dan bagaimana perusahaan memilih kombinasi input serta besaran jenis komoditas yang diproduksi, kemudian menyalurkan bermacam komoditas tersebut ke konsumen akhir untuk dimanfaatkan nilai gunanya. Sadono Sukirno berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak pembangunan sumber daya yang terdiri atas sumber daya alam dan sumber daya manusia.

... permintaan = perubahan harga = jumlah permintaan awal = harga awal Dari berbagai koefisien elastisitas permintaan sebagaimana dihasilkan oleh rumus diatas , dapat dirincikan macam - macam elastisitas permintaan sebagai berikut . a ...

Studi Kelayakan Pariwisata Di Sulawesi Utara

Sektor pariwisata berperan penting dalam meningkatkan kesempatan berusaha bagi penduduk atau masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata. Selain itu, kehadiran wisatawan ke wilayah wisata alam memberi peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan alternatif, mulai dengan menjadi pemandu wisatawan, menyediakan warung, penginapan/homestay, sehingga dapat mensejahterakan atau meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, studi kelayakan pariwisata di perguruan tinggi menjadi sangat penting untuk membantu meningkatkan pariwisata di Indonesia. Sayangnya buku-buku Studi Kelayakan Pariwisata masihlah kurang dibandingkan buku-buku mata kuliah lain. Untuk mengisi kekurangan tersebut, buku ini hadir sebagai pengantar untuk lebih memahami konsep pariwisata dan bagaimana studi kelayakan pariwisata dilaksanakan dan bisa berdampak pada peningkatkan kualitas pariwisata di Indonesia secara umum dan Sulawesi utara secara khusus.

... bisnis bukan wisata tetapi perjalanan wisatanakan dilakukannya setelah tujuan utama selesai. Studi Kelayakan a. Studi Kelayakan Studi kelayakan (Feasibility Study) merupakan kajian yang bersifat praktis atas berbagai keunggulan dan ...

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya 2021

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Palangka Raya (UPR) 2021 ini adalah revisi dari buku panduan penulisan skripsi yang pernah dimiliki sebelumnya. Panduan ini sangat penting sebagai pedoman bagi mahasiswa dan dosen dalam menyelesaikan tugas akhir sarjana strata satu (S1) FISIP UPR. Buku panduan ini juga merupakan acuan gaya selingkung yang konsisten bagi para mahasiswa, dosen pembimbing dan penguji serta pihak-pihak lain yang memerlukannya seperti pimpinan fakultas dan ketua jurusan/program studi di lingkungan FISIP UPR. Sebagaimana diketahui bahwa pada panduan penulisan skripsi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Kekurangan itu diantaranya sebagai berikut: 1) tidak ada keseragaman panduan penulisan skripsi antar jurusan/prodi, maka dilakukan revisi yaitu: a) Penyeragaman syarat SKS 128 SKS; b) Penyeragaman syarat IPK minimal 2.00; c) Penyeragaman teknik penulisan dan format skripsi 6 bab. 2) sudah cukup lama (mayoritas diterbitkan antara tahun 2009- 2012), maka dilakukan revisi yaitu: a) Panduan Seminar proposal dan ujian skripsi Daring dan Luring; b) Mendorong penggunaan manajemen referensi (Mendeley, Zotero, Google References dll) c) Mendorong penelitian berbasis internet (Netnografi, studi literatur dll). 3) tidak ada batasan “fraud”, maka dilakukan revisi yaitu: Menerapkan uji plagiasi pada proposal dan skripsi batas kemiripan ≤ 30%. 4) kurang memaksimalkan inovasi dan kreativitas serta tidak memberikan ruang penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Maka dilakukan revisi yaitu: 1) Dosen pembimbing pendamping dimungkinkan dari Fakultas lain atau Perguruan Tinggi lain, bahkan praktisi berpengalaman > 10 tahun; 2) Memberikan ruang penguji eksternal atas usulan pembimbing.

Ketua Penguji mengisi form berita acara dan form nilai ujian yang sudah disiapkan tim akademik dari file yang sudah dikirim. n. Dosen pembimbing (panitera/sekretaris ujian) akan menghubungi mahasiswa peserta ujian untuk bergabung ...

MANAJEMEN KEUNGAN SEKOLAH

Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang tercapainya tujuan lembaga pendidikan secara optimal. Manajemen pendidikan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik limkungan pendidikan, kemampuan dan commitment (tanggung jawab terhadap tugas) pendidik dan tenaga kependidikan yang handal. Kesemuanya itu perlu dukung dengan sarana-prasarana yang memadai, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan (sekolah/madrasah) kurang optimal. Dengan demikian diperlukan adanya keseimbangan antara komponen-komponen di atas. Untuk mencapai keseimbangan tersebut, di perlukan sumberdaya manusia (SDM) profesinal yang mampu memahami prinsip-prinsip dan aplikasinya dalam pegelolaan keuangan. Oleh karena itu perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu, kajian tentang pengelolaan keuangan di lingkungan pendidikan dibahas tuntas dalam mata kuliah Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan hadir, untuk memahami dan mendalami mata kuliah ini dengan tuntas dan mendalam. Buku refen ”manajemen keuangan pendidikan” ini menjadi salah satu alternatif pendukungnya. Dalam konteks itulah buku “Manajemen Keuangan Pendidikan” Revisi ke IV ini, melalui penyesuaian kekinian, disajikan guna membantu para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam rangka memehami konsep manajemen keuangan pendidikan, serta melakukannya secara efektif dan efisien dalam rangka membangun mutu sekolah/madrasah yang efektif yang dapat mengahasilkan lulusan bermutu dan ber-kualitas, sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan zaman. Buku ini ditulis berdasarkan kebutuhan para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya yang terungkap dalam berbagai pertemuan diskusi, seminar, lokakarya dilingkungan Kementerian Pendidkan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Agama (Kemenag). Secara lebih khusus, buku ini ditujukan untuk para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 program manajemen pendidikan. Buku ini berupaya memformulasikan suatu konsep dan cara praktis berbasis pengalaman, bagi para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam megelola keuangan pendidikan. Pemaparananya dimulai dengan Wawasan Pengembangan Mananajemen Keuangan, Konsep dasar manajem keuangan pendidikan, kemudian berturut-turut perencanaan keuangan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan dan pertanggungjawaban keunagan, pada tiap bab dilengkapi model implemtasinya yang sarat pengalaman. Penulis berharap, kehadiran buku revisi ke IV ini, dapat memberikan inspirasi dan urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, dan menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan manajemen tenaga pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin.

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

BUKU AJAR PANCASILA

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila. Setelah mengikuti perkuliahan Pancasila diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis konsep ideologis Pancasila sebagai ideologi negara serta secara kreatif dan inovatif mengaplikasikannya pada berbagai keputusan-keputusan etis.

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila.

STRATEGI CERDAS DALAM PENGEMBANGAN, INOVASI DAN PERUBAHAN ORGANISASI

naskah buku ajar ini, tidak sekadar untuk melengkapi materi kuliah, akan tetapi menjadi ”inspirator” bagi mahasiswa untuk melakukan kajian riil di lapangan.

naskah buku ajar ini, tidak sekadar untuk melengkapi materi kuliah, akan tetapi menjadi ”inspirator” bagi mahasiswa untuk melakukan kajian riil di lapangan.

Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Google Podcast

Dalam buku ini dapat kita lihat bahwa pendidikan adalah proses belajar yang didalamnya terdapat jaringan informasi dari dosen kepada mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Agama Islam. tahapan informasi tersebut akan membentuk sebuah interaksi yang aktif dalam meningkatkan cara berpikir, mengubah pola perilaku pembelajaran berbasis digital semakin menjadi lebih baik. Perkembangan teknologi dan era society 5.0 yg bertujuan mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik. Dengan Pengembangan pembuatan media pemlajaran ini Mahasiswa bisa melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu (multitasking), sehingga dalam hal ini dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis Audio Podcast. Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 memunculkan banyak metode. Beragam metode pembelajaran yang kemudian diterapkan pada mahasiswa, ada yang melalui google classroom, whatsapp grup, google meet, video conference zoom, dan lain-lain. Podcast dalam pembelajaran agama Islam secara sederhana merupakan materi audio dengan menghadirkan para pemateri yang didalamnya terdapat dialog dan informasi yang berkembang. potensi podcast ini terletak pada keunggulannya, karena dapat diakses secara otomatis, penggunaan mudah dan kontrol ada di tangan mahasiswa atau pendengar. Selain itu, podcast dapat dibawa dan didengar kapanpun dan di manapun dan dapat di ulang-ulang oleh mahasiswa dan pendengar, serta konten ini akan selalu tersedia di wadah platform yang digunakan oleh pemilik konten.

Dalam buku ini dapat kita lihat bahwa pendidikan adalah proses belajar yang didalamnya terdapat jaringan informasi dari dosen kepada mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Agama Islam. tahapan informasi tersebut akan membentuk sebuah ...

PENGEMBANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN dalam Tinjauan Polkumeksosbud

Kajian Pengembangan Kebijakan Pendidikan, sudah banyak dilakukan, namun khusus mengkaji dalam tinjauan politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya, perlu dipertajam lagi. Buku ditangan pembaca ini merupakan hasil gagasan dari mahasiswa kandidat Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2020/2021. Buku ini memuat kajian tentang (1) pengembangan kebijakan pendidikan, metode dan strategi pengembangan kebijakan pendidikan, (2) Dimensi ekonomi, meliputi konsep, isu-isu ekonomi, dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam perspektif ekonomi, (3) Dimensi hukum meliputi konsep, isu-isu hukum dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam perspektif hukum dan regulasi, (4) Dimensi politik dalam pengembangan kebijakan pendidikan, meliputi konsep politik pendidikan, isu-isu dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam prespektif politik, dan (5) Dimensi sosial budaya dalam pengembangan kebijakan pendidikan, meliputi konsep perubahan sosial budaya, isu-isu sosial budaya dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam perspektif sosial budaya. Buku ini layak dimiliki, dibaca, menjadi pegangan dan referensi utamanya bagi mahasiswa, guru, pengamat, peneliti, dosen, ilmuwan, pengambil kebijakan pendidikan, dan pihak yang konsen dalam kebijakan pendidikan di Indonesia. Selamat membaca..

Kajian Pengembangan Kebijakan Pendidikan, sudah banyak dilakukan, namun khusus mengkaji dalam tinjauan politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya, perlu dipertajam lagi.