Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengelolaan Kelas

Buku Manajemen Pengelolaan Kelas ini menawarkan panduan menyeluruh mengenai strategi dan teknik yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, efektif, dan menyenangkan. Dalam pendidikan yang semakin kompleks, keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola kelas secara sistematis dan profesional. Buku ini menyajikan berbagai konsep dan praktik terbaik dalam pengelolaan kelas yang dapat diimplementasikan oleh pendidik di berbagai jenjang pendidikan. Dibagi menjadi lima belas bab, buku ini mencakup berbagai topik penting, di antaranya: (1) Konsep Dasar Pengelolaan Kelas, (2) Peran Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas, (3) Teknik Manajemen Kelas yang Efektif, (4) Pendekatan dan Strategi Pengelolaan Kelas, (5) Strategi Guru dalam Menumbuhkan Iklim Kelas yang Kondusif, (6) Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa, (7) Manajemen Konflik di dalam Kelas dan Sekolah, (8) Membangun Hubungan yang Baik Antara Guru dan Siswa, (9) Manajemen dan Pengelolaan Kelas Berbasis Teknologi Informasi, (10) Tata Ruang Kelas, Manajemen Kelas, dan Lingkungan Belajar Aktif, (11) Manajemen Waktu dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa di Sekolah, (12) Manajemen Kelas Hybrid pada Pembelajaran Berbasis Proyek, (13) Manajemen Pengelolaan Kelas di PAUD, (14) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa, (15) Evaluasi Pengelolaan Kelas.

... Management to Study Biology Education Student Achievement. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM 87–95. Wahidaty, Hilma. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan ...

Etika & Profesi Keguruan

Manusia sebagai bagian makhluk hidup yang bermasyarakat (zoon politicon) tidak dapat terlepas dari relasi dengan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggal di mana melakukan aktivitas. Dalam melakukan aktivitas keseharian maka manusia membutuhkan etik, manusia diperhadapkan pada norma atau aturan atau adat atau hukum yang mengikat, baik saat berelasi dengan Tuhan, secara interpersonal, lingkungan hidup sekitar maupun secara hubungan pribadi. Seorang guru perlu berkontribusi dalam tingkat keberhasilan pendidikan melalui aktivitas dan kinerja pengajaran pada tahap institusional dan intruksional. Kontribusi strategis guru harus selaras dengan amanat yang tercantum pada UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Aktivitas guru sebagai tenaga profesional merupakan agent of change dalam pembelajaran. Tenaga profesional ditentukan oleh aktivitas yang berdasarkan kualifikasi akademik, kompetensi dasar, sertifikat pendidik yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan akademik yang telah ditetapkan pemeritah sehingga guru semakin berperan dalam pendidikan. Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, bab lima tentang prinsip dan tahapan pengembangan karier guru, bab enam tentang pendidikan profesi guru, bab tujuh tentang kompetensi dan karakteristik guru abad 21, bab delapan tentang hak dan kewajiban guru, bab sembilan tentang kinerja, komitmen, dan efektivitas kerja guru, bab sepuluh tentang guru sebagai jabatan profesional, bab sebelas tentang kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran, bab dua belas tentang sertifikasi guru, bab tiga belas tentang guru dalam implementasi kurikulum, dan bab empat belas tentang guru dalam menilai proses dan evaluasi pembelajaran.

Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.