Sebanyak 38 item atau buku ditemukan

TEORI DAN APLIKASI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal. Terapan dari ilmu psikologi perkembangan digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan dan pengasuhan, organisasi industri, pengoptimalan kualitas hidup dewasa tua, dan penanganan remaja.

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal.

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Kajian Teoritik dan Aplikatif

Pendidikan merupakan salah satu sektor vital dalam pembangunan suatu negara. Kebijakan pendidikan yang tepat dan terarah dapat membawa dampak signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Namun, proses perumusan kebijakan pendidikan bukanlah tugas yang sederhana. Dibutuhkan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai konsep dasar, pendekatan, serta proses yang terlibat dalam perumusan hingga implementasi kebijakan pendidikan. Buku ini disusun untuk menjadi panduan bagi para akademisi, praktisi, pembuat kebijakan, dan mahasiswa yang ingin mendalami dunia kebijakan pendidikan. Dalam buku ini, kami menyajikan berbagai bab yang mencakup: Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan: Memaparkan landasan teoritis dan prinsip-prinsip dasar yang mendasari kebijakan pendidikan. Pendekatan dan Proses dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan: Menguraikan berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam proses perumusan kebijakan, serta tahapan-tahapan yang harus dilalui. Konsep Analisis Kebijakan Pendidikan: Menjelaskan metode dan teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kebijakan pendidikan. Meneliti Hakekat Isu dan Masalah dalam Konteks Analisis Kebijakan Pendidikan: Mengidentifikasi dan menganalisis berbagai isu dan masalah yang sering muncul dalam konteks kebijakan pendidikan. Implementasi Kebijakan Pendidikan: Membahas langkah-langkah dan strategi dalam mengimplementasikan kebijakan yang telah dirumuskan. Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan: Menyoroti pentingnya monitoring dan evaluasi dalam memastikan kebijakan pendidikan berjalan efektif dan efisien.

Pendidikan merupakan salah satu sektor vital dalam pembangunan suatu negara.

Membangun Karakter Tenaga Kesehatan yang Berbasis I-CARE

Akan tetapi hanya Tuhanlah yang mengetahui, betapa banyak jerih payah harus kami alami sehingga kebahagiaan ini dapat dilimpahkan kepada para penderita yang malang ini. (EG, 109). Kalimat itu mengungkapkan semangat melakukan pelayanan yang berbela rasa dan demi keselamatan jiwa para penderita. Hingga saat ini semangat pelayanan itu terus-menerus diwariskan agar dihayati dan dihidupi, khususnya para praktisi yang melayani di bidang kesehatan. Namun, upaya tersebut tidak hanya berhenti pada para praktisi saja melainkan juga kepada pihak lain yang tergerak untuk berdinamika dalam bidang pelayanan kesehatan. Upaya meneruskan warisan rohani itu agar makin kontekstual juga dilakukan dengan menyusun buku Pendidikan Karakter Mahasiswa Berbasis I-CARE (Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation). Buku ini bisa digunakan sebagai inspirasi oleh seluruh karya pelayanan pendidikan kesehatan sebagai nilai-nilai pokok yang menjiwai serta menjadi ciri khas yang didalami serta dihidupi oleh unit-unit pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan. Diharapkan buku ini membantu dalam mewujudkan pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan yang profesional dan berbela rasa sesuai dengan tuntutan zaman.

Akan tetapi hanya Tuhanlah yang mengetahui, betapa banyak jerih payah harus kami alami sehingga kebahagiaan ini dapat dilimpahkan kepada para penderita yang malang ini. (EG, 109).

Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas

Menjadi ancaman dalam masyarakat jika pendidikan diselenggarakan tanpa didikan karakter cerdas (moral). Belum tentu, dan tidak semua orang yang berpendidikan itu, telah terdidik dengan nilai-nilai karakter. Buku ini merupakan hasil penelitian, mengkaji masalah pendidikan karakter cerdas yang mengemuka saat ini. Ia terdiri dari nilai-nilai karakter cerdas dalam kehidupan utuh, efektif, dan yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, terdiri dari tiga bagian. Bagian I terdiri dari tiga bab, yakni: Bab 1 Landasan Dasar, mempresentasikan landasan pendidikan karakter cerdas sebagai fondasi utama pendidikan, memuat landasan: filosofi, historis, sosiologi, psikologi, dan teori belajar pembelajaran karakter cerdas. Bab 2 Model Pembelajaran Karakter Cerdas, menguraikan: pengertian pembelajaran afektif, komponen domain/ ranah afektif dan hirargikalnya, kedudukan skemata afeksi dalam pembelajaran, hubungan integrasi antara ranah afektif dengan kognitif dan psikomotor, aplikasi kurikulum pengembangan afektif, prinsip pembelajaran afektif, dan pengembangan instrumen penilaian afektif. Bab 3 Konsep Dasar Pendidikan Karakter Cerdas, mempresentasikan: hakikat pendidikan karakter cerdas, pengertian karakter, konsep dasar kecerdasan, tujuan pendidikan karakter cerdas, dan pokok-pokok nilai-nilai karakter cerdas. Bagian II terdiri dari Bab 4, Nilai-Nilai Karakter Cerdas dalam kehidupan yang Utuh dan Efektif, mempresentasikan sumber nilai-nilai karekter cerdas, yakni Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bab 5, Jujur, mengurai konsep dasar karakter cerdas jujur. Bab 6, Cerdas, menguraikan: pengertian cerdas. Bab 7, Tangguh, menguraikan pengertian tangguh, yakni: 22) cermat, teliti, dan hati-hati, 23) sabar/ mengendalikan diri, 24) disiplin, 25) ulet/ tidak putus asa, 26) bekerja keras, 27) terampil, 28) produktif, 29) berorientasi nilai tambah, 30) berani berkorban, 31) tahan uji, 32) berani menanggung resiko, dan 33) menjaga K3. Bab 8, Peduli, menguraikan pengertian peduli, yakni: 34) mematuhi peraturan/ hukum yang berlaku, 35) sopan santun, 36) loyal dengan mentaati perintah, 37) demokratis, 38) sikap kekeluargaan, 39) gotong royong, 40) toleransi/ suka menolong, 41) musyawarah, 42) tertib/ menjaga ketertiban, 43) damai/ anti kekerasan, 44) pemaaf, dan 45) menjaga kerahasiaan. Bagian III terdiri dari enam bab (Bab 9-14), mengurai Nilai-nilai karakter cerdas (45 butir) yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia, dan sumber jati diri. Selamat membaca!

ga komponen bekerja sama melaksanakan dengan baik, maka akan terbentuk karakter cerdas bangsa yang kuat (Kesuma, 2011: 2). Dari pembahasan di atas dapat ditegaskan bahwa pendidikan karakter cerdas merupakan upaya memanusiakan manusia ...

KOMUNIKASI KEPERAWATAN (TEORI DAN PENERAPANNYA)

Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberikan kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Komunikasi Keperawatan (Teori dan Penerapannya). Sistematika buku Komunikasi Keperawatan (Teori dan Penerapannya) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan Buku ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Tipe Komunikasi Ada beberapa tipe komunikasi yang sering digunakan oleh seorang komunikator dalam berkomunikasi. Berdasarkan penggunaan kata, pesan yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima dapat dikemas secara verbal dengan ...

Department of the Interior and Related Agencies Appropriations for 1992: Office of Indian Education

Explain what is involved in Total Quality Management , for which an increase of $ 122,000 for training is included . ... TQM is a strategic , integrated management system for achieving internal and external customer satisfaction which ...

Yearbook of the International Law Commission

Several days must elapse before the report on item 4 (law of treaties) was available in French. 27. ... report on previous sessions, such as the question of an international criminal court and the question of defining aggression. 30.

Departments of Transportation and Treasury, and Independent Agencies Appropriations for 2005

Hearings Before a Subcommittee of the Committee on Appropriations, House of Representatives, One Hundred Eighth Congress, Second Session

Distributed to some depository libraries in microfiche.

These improved data are needed for effective Federal, State, and local transportation policy-making, planning, and program management. We will replace the five-year National Household Travel Survey (NHTS) with a more frequent local and ...

Treasury, Postal Service, and General Government Appropriations for Fiscal Year 1991: Department of the Treasury ... U.S. Postal Service

Examples of specific initiatives being undertaken in four key management areas are as follows : MANAGEMENT INTEGRITY : O o high risk area list : Based on a review of agency Federal Managers ' Financial Integrity Act ( FMFIA ) reports ...