Sebanyak 62 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Manajemen Pelayanan Publik merupakan konsep dan praktik pengelolaan organisasi atau lembaga pemerintahan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan publik yang efektif dan efisien menjadi kunci utama dalam memastikan kepuasan dan kebutuhan masyarakat terpenuhi. Pentingnya Manajemen Pelayanan Publik tidak hanya sebatas pada aspek penyediaan layanan, tetapi juga melibatkan berbagai faktor seperti transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, pemerintahan di seluruh dunia dihadapkan pada tantangan untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik.

Manajemen Pelayanan Publik merupakan konsep dan praktik pengelolaan organisasi atau lembaga pemerintahan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA LAYANAN KESEHATAN PRIMER

Sistem informasi berguna mewujudkan pengelolaan kesehatan yang diselenggarakan oleh semua komponen bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pada setiap penyelenggaraan sistem kesehatan harus memiliki sistem informasi kesehatan (SIK) untuk mendukung manajemen Kesehatan. Dalam kesehatan, terlalu banyak sistem yang bersaing dalam penggunaannya sehingga proses integrasi sulit dan belum dapat dilaksanakan. Persoalan klasik lainnya adalah sebagian besar daerah belum memiliki kemampuan yang memadai. Selain itu, pemanfaatan data dan informasi oleh manajemen belum optimal. Menyadari hambatan serta pentingnya penggunaan sistem informasi manajemen (SIM) dengan baik, oleh karena itu dalam penerapan SIM perlu adanya pemahaman bagaimana penggunaan sistem informasi pada istitusi tersebut.

Sistem informasi berguna mewujudkan pengelolaan kesehatan yang diselenggarakan oleh semua komponen bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

MANAJEMEN RUMAH SAKIT

Buku ini di susun berbekal pengalaman penulis di lapangan bahwa masih banyak pemaham yang kurang tehadap konsep pengelolahan rumah sakit, penulis mencoba menuangkan ide, pikiran, pengetahuan bagaiaman pembaca memahami konsep teori terkait ...

Sistem Informasi Kesehatan (Kajian Covid-19 Melalui Sistem Informasi Kesehatan)

Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, sejalan dengan perkembangan pandemi Covid-19 di tingkat global atau tingkat dunia. Dalam proses penanggulangan Covid-19, keterbukaan data maupun informasi merupakan komponen yang sangat penting. Hal ini dapat meningkatkan sekaligus menjadi landasan keterlibatan semua kalangan masyarakat untuk aktif dalam mengawasi dan memberi masukan terkait perkembangan situasi pandemi dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat. Pandemi Covid-19 ini telah membuat aktivitas sosial manusia menjadi terbatas dan dibatasi oleh berbagai rambu-rambu peraturan yang mengharuskannya. Manusia mencari cara dan jalan lain untuk bisa menjembatani hal ini. Agar aktivitas dan semua rencana bisa terus berjalan, walau disadari tidak seperti di masa normal. Paling tidak, ada solusi untuk memudahkan semua tetap berjalan sebagaimana mestinya melalui berbagai sistem baru yang memungkinkan dilaksanakan pada kondisi pandemi Covid-19 ini. Tawaran sistem informasi yang fasilitasi oleh kemajuan teknologi komunikasi melalui berbagai perangkat telepon selular hingga telepon pintar (smartphone) sudah menjamur dan menjadi kebiasaan baru manusia di masa pandemi Covid-19 ini (9). Sejak pandemi Covid-19 inilah manusia “dipaksa” untuk menggunakan berbagai fasilitas jaringan dan aplikasi yang diharapkan memudahkan komunikasi dan aktivitas bisa berjalan lebih simpel, mudah, lancar, dan cepat. Penemuan internet dan aplikasi pada smartphone yang terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu makin mempermudah manusia bergerak dan beraktivitas. Sistem informasi yang dikembangkan melalui inovasi yang terus menerus dalam berbagai bidang kehidupan manusia, juga menyentuh keperluan dasar dalam bidang pelayanan kesehatan. Sistem Informasi Kesehatan (Kajian Covid-19 Melalui Sistem Informasi Kesehatan) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Sistem Informasi Kesehatan (Kajian Covid-19 Melalui Sistem Informasi Kesehatan) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Rumah Sakit “Informasi Cakupan Capaian Target Pelayanan, Manajemen Mutu, Manajemen Efisiensi Pelayanan, Biaya Ekonomi Penyakit, Pendidikan Dan Pelatihan” Di Rumah Sakit

Judul : Manajemen Rumah Sakit “Informasi Cakupan Capaian Target Pelayanan, Manajemen Mutu, Manajemen Efisiensi Pelayanan, Biaya Ekonomi Penyakit, Pendidikan Dan Pelatihan” Di Rumah Sakit Penulis : Prof. Dr. Darmawan, M. Kep, M.Kes Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 120 Halaman ISBN : 978-623-6233-20-7 SINOPSIS BUKU Buku ini membahas tentang Manajemen Rumah Sakit “Informasi Cakupan Capaian Target Pelayanan, Manajemen Mutu, Manajemen Efisiensi Pelayanan, Biaya Ekonomi Penyakit, Pendidikan dan Pelatihan” di Rumah Sakit. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia manajemen di Indonesia. Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama tentang pendahuluan yang meliputi Pentingnya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dan Tujuan & Manfaat Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Bab kedua membahas tentang Sistem Informasi Manajemen yang meliputi Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Manajemen dan Komputer dan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Bab ketiga membahas tentang Indikator dan Kendala Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang meliputi Indikator Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dan Kendala Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Bab ketiga tentang Rumah Sakit Umum Haji Makassar yang meliputi Deskripsi Lokasi Rumah Sakit Umum Haji Makassar, Deskripsi Karakteristik Rumah Sakit Umum Haji Makassar dan Deskripsi Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Rumah Sakit Haji Makassar. Bab kelima tentang Studi Kasus Penerapan Sistem Informasi Manajemen yang meliputi Faktor Pendukung Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Haji Makassar, Faktor Penghambat Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Haji Makassar dan Upaya-Upaya Mengoptimalkan Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Haji Makassar.

Judul : Manajemen Rumah Sakit “Informasi Cakupan Capaian Target Pelayanan, Manajemen Mutu, Manajemen Efisiensi Pelayanan, Biaya Ekonomi Penyakit, Pendidikan Dan Pelatihan” Di Rumah Sakit Penulis : Prof.

MANAJEMEN JAMINAN MUTU KESEHATAN

Seperti yang diketahui bahwa Jaminan Mutu Kesehatan merupakan suatu proses upaya yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis, objektif dan terpadu dalam menetapkan masalah dan penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan berdasarkan standar yang telah ditetapkan serta menentukan dan melaksanakan cara pemecahan masalah mutu sesuai kemampuan yang ada dan menilai hasil yang dicapai guna menyusun saran tindak lanjut untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Manajemen mutu sebagai upaya sistematis melalui fungsi perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan atau pengendalian serta tindak lanjut terhadap semua unsur organisasi, baik internal maupun eksternal yang tercakup dalam dimensi material, metode, mesin, dana, manusia, lingkungan, sasaran mutu yang telah ditetapkan dalam rangka memberikan kepuasan kepada pelanggan untuk masa sekarang maupun di masa mendatang.

Seperti yang diketahui bahwa Jaminan Mutu Kesehatan merupakan suatu proses upaya yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis, objektif dan terpadu dalam menetapkan masalah dan penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan yang ...

Membangun Kemandirian Petani Garam melalui Literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Produksi, Akses Modal, dan Informasi Pasar

Buku ini merupakan suplemen dari penelitian tentang produktivitas, akses modal, akses pasar dan literasi keuangan garam rakyat di Cirebon, Pati dan Sampang. Buku ini disusun semacam buku kutipan tulisan dari berbagai sumber termasuk hasil penelitian ini dengan harapan mampu melaporkan tentang garam rakyat secara lengkap. Isinya disusun terdiri dari dua bagian bagian pertama membahas tentang pergaraman mulai dari bab satu hingga bab empat, bicara produksi, modal, pasar dan impor garam. Bagian kedua bab lima hingga bab sepuluh membahasa tentang literasi keuangan, perencanaan keuangan keluarga, alokasi penghasilan dan kemandirian keuangan petani garam rakyat.

Buku ini merupakan suplemen dari penelitian tentang produktivitas, akses modal, akses pasar dan literasi keuangan garam rakyat di Cirebon, Pati dan Sampang.

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI UNTUK BIDANG KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

Penulisan tugas akhir atau skripsi menjadi salah satu syarat kelulusan di jenjang perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa S-l wajib memiliki keterampilan umum, di antaranya mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir Skripsi untuk Bidang Kesehatan dan Kedokteran ini bertujuan untuk memudahkan dalam menyusun dan menulis suatu karya tulis ilmiah berupa naskah skripsi yang sesuai dengan aturan baku penulisan ilmiah. Dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu berpikir logis, kritis dalam merumuskan masalah dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penguasaan metode penelitian untuk menghasilkan karya tulis ilmiah/skripsi dengan baik dan benar.

... konsep dan hipotesis; d. penguasaan materi; e. desain penelitian; f. uraian hasil dan analisis statistik yang relevan; dan g. pembahasan dan kesimpulan. Contoh Berita Acara Presentasi Sidang BERITA ACARA PRESENTASI SIDANG TUGAS.

MENGASAH SKILL EMAS Fakultas Vokasi Unair Membentuk Kompetensi Praktisi Zilenialist

Buku ini menggambarkan proses pembelajaran vokasi untuk mengembangkan skil mahasiswa gerenasi zilenial menjadi praktisi unggul yang siap kerja. Pembelajaran di Fakultas Vokasi Unair beda dengan fakultas lain di lingkungan Unair. Jika di fakultas lain pembelajaran akademik teori porsinya 60 persen di Fakultas Vokasi teori hanya 40 persen. Sebaliknya 60 persen pembelajaran di Fakultas Vokasi berupa praktik langsung atau tidak langsung terkait dengan dunia industri dan kerja (Iduka). Jika di fakultas lain mahasiswa lebih banyak di bangku dan ruang perkuliahan di Fakultas Vokasi para mahasiswa harus berpeluh-peluh menjalankan praktik di berbagai kantor perusahaan swasta, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), kantor pajak, dan rumah sakit, dan sentrasentra industri.

Buku ini juga sebagai bagian dari manajemen public relation (PR) untuk media branding Fakultas Vokasi Unair. Pembaca buku dapat menikmati sajian informasi pembelajaran Fakultas Vokasi dalam membentuk skil emas mahasiswa generasi ...

KOMUNIKASI KEPERAWATAN (TEORI DAN PENERAPANNYA)

Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberikan kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Komunikasi Keperawatan (Teori dan Penerapannya). Sistematika buku Komunikasi Keperawatan (Teori dan Penerapannya) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan Buku ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Tipe Komunikasi Ada beberapa tipe komunikasi yang sering digunakan oleh seorang komunikator dalam berkomunikasi. Berdasarkan penggunaan kata, pesan yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima dapat dikemas secara verbal dengan ...