Sebanyak 8 item atau buku ditemukan

Membangun Kemandirian Petani Garam melalui Literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Produksi, Akses Modal, dan Informasi Pasar

Buku ini merupakan suplemen dari penelitian tentang produktivitas, akses modal, akses pasar dan literasi keuangan garam rakyat di Cirebon, Pati dan Sampang. Buku ini disusun semacam buku kutipan tulisan dari berbagai sumber termasuk hasil penelitian ini dengan harapan mampu melaporkan tentang garam rakyat secara lengkap. Isinya disusun terdiri dari dua bagian bagian pertama membahas tentang pergaraman mulai dari bab satu hingga bab empat, bicara produksi, modal, pasar dan impor garam. Bagian kedua bab lima hingga bab sepuluh membahasa tentang literasi keuangan, perencanaan keuangan keluarga, alokasi penghasilan dan kemandirian keuangan petani garam rakyat.

Buku ini merupakan suplemen dari penelitian tentang produktivitas, akses modal, akses pasar dan literasi keuangan garam rakyat di Cirebon, Pati dan Sampang.

Manajemen pemasaran syariah

Buku ini disusun berdasarkan hasil riset terhadap salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia guna mendapatkan hasil penelitian yang objektif dan valid dengan langsung mewawancarai pihak terkait untuk membantu proses pemasaran yang sesuai dengan syariah dengan strategi yang jitu.

Buku ini disusun berdasarkan hasil riset terhadap salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia guna mendapatkan hasil penelitian yang objektif dan valid dengan langsung mewawancarai pihak terkait untuk membantu proses pemasaran yang ...

Inovasi belajar & pembelajaran PAI : teori dan aplikatif

Pendidikan memiliki peranan strategis dalam menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi perkembangan bangsa dan negara. Kemajuan suatu kebudayaan tergantung kepada cara kebudayaan tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM). Hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakatnya, salah satunya kepada peserta didik.

Henry C. Morrison di Laboratory School Universitas Chicago tahun 1926 kemudian model Mastery Learning ini dikembangkan oleh Bloom dan Carrol pada tahun 1963 berdasarkan penemuannya mengenai model belajar yaitu "Model School Learning".

Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2021 “ Bangkit dan Berdaya Menuju Kemandirian Desa Melalui Adaptasi Teknologi di Masa New Normal ”

Buku pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memiliki arti penting bagi civitas akademika terutama dalam mengendalikan dan mengikuti gerak langkah KKN dan tatanan administrasinya sehingga diharapkan dengan buku pedoman ini akan mampu bekerja secara efektif dan efesien sesuai dengan aspek kegiatanya. Tujuan dari penyusunan buku pedoman ini adalah sebagai acuan bagi mahasiswa dan dosen pembimbing dalam melaksanakan kegiatan KKN dimana pada Buku Pedoman Pelaksanaan dan Penulisan Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan beberapa penyempurnaan Buku pedoman ini dilengkapi dengan SOP sebagai Standard Operational Procedure (SOP) umum yang mengatur tentang pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Tentu dalam penerapan nantinya masih diperlukan petunjuk-petunjuk teknis yang lebih detail sesuai dengan aspeknya masing-masing.

Menempuh pendidikan S1 dan mendapatkan gelar sarjana Akuntansi pada tahun 2014 di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Akuntansi, mendapat gelar Magister Akuntansi pada tahun ...

Panduan praktis merencanakan keuangan untuk investasi di pasar modal, pasar uang & valas

Buku ini disusun sengaja untuk memenuhi keinginan‘investor pemula’ dalam investasi jangka pendek-panjang di pasar uang dan pasar modal. Juga sebagai supplement bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah manajemen keuangan, pasar modal dan manajemen investasi-portofolio. Dalam buku ini mencoba menjelaskan semua produk investasi terutama di aset keuangan (financial assets) dari mulai definisi investasi, tujuan investasi, risiko investasi, analisis teknikal-fundamental dalam investasi. Mulai dari saham, obligasi, reksadana, SUN, sukuk, SBI, SBR, emas, dinar, dirham, deposito, dana pensiun. Pokoknya mulai dari konsep, produk, hingga perusahaan pialang, metode penentuan suku bunga oleh Perbankan, konsep time value of money (konvensional) hingga economic value of time (syariah). Lengkap ada di buku ini.

Buku ini disusun sengaja untuk memenuhi keinginan‘investor pemula’ dalam investasi jangka pendek-panjang di pasar uang dan pasar modal.

Sistem informasi akuntansi : teori dan praktikal

Buku ini didesain untuk tujuan pembelajaran klasikal dan praktikal. Untuk tujuan pembelajaran dimaksudkan, buku ini siap untuk digunakan sebagai buku ajar dan buku teks bagi mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya jurusan Akuntansi dan juga sesuai untuk mata kuliah yang sama atau mata kuliah Sistem Informasi di Sekolah Tinggi atau Akademi Informasi dan Komputer (STIMIK/AMIK). Untuk tujuan praktikal, buku ini disiapkan bagi para petugas dan karyawan di bagian akuntansi, pembukuan dan keuangan yang ingin memperdalam ilmu akuntansi nya sebagai bagian dari system informasi yang ada dalam perusahaan. Arsitektur buku ini didesain untuk matakuliah Sistem Informasi Akuntansi dalam satu semester dengan bobot tiga (3) SKS. Buku ini berisi 10 bab. Bila tersedia 14 minggu untuk tatap muka masing masing tiga (3) jam, maka keseluruhan bab dalam buku ini akan dapat diselesaikan dalam satu semester atau enam belas (16) minggu lengkap dengan pencapaian Tujuan Pembelajaran (Learning Objectives= LO). Dua (2) minggu dialokasikan untuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sedang empat (4) minggu lagi dapat digunakan untuk berlatih (hands-on) untuk membuat: Kode Akun, Formulir, Pedoman Penjurnalan, dan Prosedur Transaksi yang di arahkan secara spesifik sesuai jenis industri yang dikehendaki.

Adapun timbulnya bagian unsur laporan keuangan baru di masa yang akan datang sehubungan dengan pengembangan usaha perusahaan, diatur sesuai dengan pendekatan sistem dan prosedur akuntansi yang berlaku sesuai dengan ketetapan Direksi dan ...

Buku Ajar Gizi dan Diet

Penyusunan buku ini untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa kesehatan, kebidanan dan keperawatan, yang mana buku ini selain menjelaskan tentang ilmu gizi yang berkaitan dengan gizi kilnik dan gizi masyarakat. Dalam buku ini menyajikan pengenalan konsep dasar ilmu gizi sampai dengan dasar-dasar dietetik sehingga dapat menjadi pedoman mahasiswa di klinik atau tatanan masyarakat.

Penyusunan buku ini untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa kesehatan, kebidanan dan keperawatan, yang mana buku ini selain menjelaskan tentang ilmu gizi yang berkaitan dengan gizi kilnik dan gizi masyarakat.

Rifa’ah thahthawi : sang pembaharu pendidikan Islam

Mengelola, megatur dan memanej sebuah institusi pendidikan akan menjadi perkara yang tak bisa dianggap biasa saja, atau bisa dikerjakan dengan sambil lalu. Permasalahannya, pendidikan yang ada di tengah-tengah masyarakat pada era ini senantiasa bertumbuh-kembang tak tentu arah. Tanpa dapat memahami corak dari perubahan, pembaharuan serta perkembangan yang terjadi di dunia global, akan terasa sangat ironi. Jika kembali mengingat dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945, pasal 31 dinyatakan, bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, juga pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional. Hal ini tentu menjadi home work bagi para pendidik, pemegang kebijakan pendidikan di tanah air, bagaimana harusnya mengelola, mengatur bahkan mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait. Agar manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya pendidikan Islam mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang pengelolaan dan dinamikanya. Maka dirasa sangat perlu untuk tak hanya mengaca pada pola pengelolaan yang ada di masa kini, namun juga urgen membuka lembaran sejarah panjang pendidikan Islam di era pertengahan atau abad pencerahan. Akan tetapi, sangat disayangkan kajian-kajian pemikiran pembaharuan pendidikan Islam termasuk langka dan jarang peminatnya. Hal ini dapat dilihat indikatornya dengan tak banyak refrensi atau buku-buku tentang tokoh-tokoh atau pemikiran tokoh pembaharu pendidikan Islam di abad pertengahan. Mayoritas hasil pelacakan ditemukan sitasi hanya terfokus pada sosok Rashid Rid}a dan Muhammad Abduh semata. Buku ini ditulis dengan menjelaskan secara diskriptif-naratif tentang ide-ide dan gagasan Rifa>’ah al-T{aht}a>wi tentang pembaharuan pendidikan Islam di saat Islam ketika itu sedang mengalami masa-masa kritisnya. Bagaimana juga ia bersentuhan dengan pendidikan Barat yang saat itu mulai mendominasi dan bersinggungan langsung dengan daerah-daerah imperialisnya. Selain itu, ia juga menjabarkan teori-teori pengelolaan pendidikan Islam, misalkan pendidikan yang terjadi di al-Azhar-Mesir dengan ditengarai munculnya jenjang-jenjang atau tingkatan-tingkatan dalam pendidikannya, ibtida>i (dasar), i’da>di (menengah) dan thana>wi (atas). Selain itu, pembelajaran di tingkat perguruan tinggi tak lagi ekslusif untuk kaum laki-laki semata, tapi kaum wanita juga mendapatkan ruangnya. Dengan demikian pembaca dapat lebih memahami atas beberapa asumsi-asumsi yang bertendensi negatif tentang sosoknya di dunia pembaharuan Islam.

Mengelola, megatur dan memanej sebuah institusi pendidikan akan menjadi perkara yang tak bisa dianggap biasa saja, atau bisa dikerjakan dengan sambil lalu.