Sebanyak 1963 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan

Buku ini merupakan buku yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi dibidang pendidikan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kami berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan judul “Manajemen Pendidikan”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya manajemen pendidikan. Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: Konsep dasar manajemen pendidikan, Organisasi lembaga pendidikan, Kurikulum pendidikan, Sarana dan prasarana pendidikan, Manajemen kepemimpinan, Manajemen kelas, Manajemen berbasis sekolah, Manajemen mutu dan akreditasi, Manajemen pembiayaan, Manajemen humas, Tata laksana lembaga pendidikan, Problematika pendidikan Indonesia, Kebijakan pendidikan Indonesia, dan Inovasi pendidikan Indonesia. Buku ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari para pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

... Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), pp. 199–207. Suardi M (2017) 'Analisis Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap ... Humas Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah', Jurnal Heriansyah 186 Manajemen Humas.

Manajemen Pelayanan Publik

Buku ini secara lengkap membahas 6 (enam) bab terkait manajemen pelayanan publik. Bab pertama, Konsep Dasar Manajemen Pelayanan Publik meliputi konsep dan teori manajemen institusi publik; lingkup, corak, dimensi dan kualitas pelayanan publik; serta pelayanan sektor publik dan privat. Bab kedua, Kajian Normatif Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Indonesia meliputi maksud, tujuan, asas, dan ruang lingkup; pembina, organisasi penyelenggara, dan penataan; hak, kewajiban, dan larangan penyelenggara; penyelenggaraan; dan peran serta masyarakat, penyelesaian pengaduan, serta ketentuan sanksi dalam pelayanan publik. Bab ketiga, Isu dan Inovasi Manajemen Pelayanan Publik meliputi isu dan potret buram; tantangan manajemen; arti penting inovasi; beberapa pengalaman praktik baik inovasi; dan roadmap pedoman inovasi pelayanan publik. Bab keempat, Kunci Sukses Manajemen Pelayanan Publik meliputi pengelolaan SDM; pengawasan; etika dan profesionalisme; serta teknologi dan informasi pelayanan publik. Bab kelima, Pelayanan Administrasi Kependudukan meliputi arti penting pelayanan, kewenangan penyelenggara, instansi pelaksana dan sistem informasi administrasi kependudukan; hak dan kewajiban serta pelayanan pendaftaran penduduk; pencatatan sipil, data dan dokumen. Bab keenam, Pelayanan Prima dan Standar Pelayanan Minimal Daerah meliputi prinsip pelayanan prima serta penetapan dan jenis SPM daerah; SPM daerah bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan perumahan rakyat, ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, sosial; serta pelaporan, pembinaan dan pengawasan SPM daerah.

swasta, organisasi pemerintah bekerja dengan tidak dipengaruhi langsung oleh dimensi pola hubungan the costumer and the ... Tujuannya adalah bahwa manajer dan pegawai organisasi publik berbagi beberapa dilema mereka dengan masyarakat, ...

Manajemen Risiko

Kehadiran Buku Manajemen Risiko ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen Risiko, Prinsip Manajemen Risiko, Kerangka Kerja Manajemen Risiko, Risiko Kredit, Risiko Pasar, Risiko Likuiditas, Risiko Operasional, Risiko SDM, Prinsip Pengukuran Risiko, dan bab terakhir yaitu Penanggulangan Risiko.

Kehadiran Buku Manajemen Risiko ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Manajemen Keuangan

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, mulai dari bahasan tentang Konsep Dasar Manajemen Keuangan, Laporan Keuangan dan Arus Kas, hingga bahasan tentang Manajemen Keuangan Internasional. Dengan bahasan yang sangat lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan bisa menjadi salah satu rujukan dan referensi bagi pihak-pihak yang memerlukannya.

diterima dari penerbitan ssaham (sekuritas modal) atau obligasi (sekuritas utang), pembayaran untuk membeli kembali saham biasa (sebagai treasury stock), atau untuk menebus kembali utang obligasi dan pembayaran dividen tunai.

Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi

Sistematika penyusunan buku ini terdiri atas dua puluh satu bab dengan judul Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Setiap bab membahas secara rinci materi yang terdiri dari konsep dasar manajemen keuangan; pendekatan dan perkembangan manajemen keuangan; pasar keuangan dan perusahaan; agency theory; nilai waktu dari uang, penilaian sekuritas; penerapan akuntansi untuk pengambilan keputusan; rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas; analisis sumber dan penggunaan dana; tingkat suku bunga; saham dan obligasi; manajemen kas; manajemen piutang; manajemen persediaan barang; aktiva lancar dan struktur hutang; investasi modal; risiko dalam investasi; pendanaan perusahaan dan efisiensi pasar modal; kebijakan dividen; analisa break even point; serta merger dan akuisisi.

Saat ini adalah Dosen Tetap Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Mengampu Mata Kuliah Perbandingan Sistem Ekonomi, Perekonomian di Indonesia, Ekonomi Koperasi, ...

Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan Pengembangannya

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum. Buku ini terbagi menjadi dua pembahasan umum, yaitu: kurikulum secara makro dan kurikulum secara mikro. Materi pada kurikulum secara makro terdiri dari enam bab pembahasan, yakni: (1) hakikat kurikulum; (2) landasan pengembangan kurikulum; (3) prosedur pengembangan kurikulum; (4) kurikulum sekolah dasar sebelum KBK; (5) KTSP tingkat sekolah dasar; serta (6) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tingkat sekolah dasar. Materi pada kurikulum secara mikro terdiri dari lima bab pembahasan, yakni: (1) program pembelajaran; (2) rencana pembelajaran; (3) penyusunan alat evaluasi; (4) pemilihan media, bahan dan sumber belajar; serta (5) pemilihan metode dan perancangan kegiatan pembelajaran. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum.

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

NEVER DIES : Alternative Islamic Education

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ruang Publik

Buku ini ditulis tak lain adalah hasil penelitian dari 6 orang Mahasiswa Doktor Studi Islam UIN Sunan Kalijaga yang berkonsentrasi pada Kependidikan Islam. Sebagai bentuk rasa gelisah akan Pendidikan Islam – pada era post-truth yang penuh dengan VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) ini – sering mendapatkan sindiran akan tidak berhasilnya Pendidikan Islam itu sendiri. Di dalam buku ini ada 6 penelitian yang hasilnya sangat menakjubkan dalam dunia Pendidikan Islam, dalam tulisan Pertama, Pendidikan Islam yang bergerak dan berpengaruh dalam bidang Ekonomi, Kedua, Pendidikan Islam Partisipatoris yang bergerak di Masyarakat dalam bidang Keagamaan, Pendidikan dan Budaya, Ketiga, Modernisasi Pendidikan Islam yang selama ini dianggap selalu konvensional, Keempat, Integrasi Pendidikan Islam yang bergerak dalam bidang Budaya Alam (Sunnatulloh), Kelima, Pendidikan Islam yang menyenangkan dalam mentalitas Akademik dan Keahlian yang mendunia, Keenam, Pendidikan Islam yang bergerak dalam Budaya Pemimpin serta Perekonomian.

Buku ini ditulis tak lain adalah hasil penelitian dari 6 orang Mahasiswa Doktor Studi Islam UIN Sunan Kalijaga yang berkonsentrasi pada Kependidikan Islam.