Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum. Buku ini terbagi menjadi dua pembahasan umum, yaitu: kurikulum secara makro dan kurikulum secara mikro. Materi pada kurikulum secara makro terdiri dari enam bab pembahasan, yakni: (1) hakikat kurikulum; (2) landasan pengembangan kurikulum; (3) prosedur pengembangan kurikulum; (4) kurikulum sekolah dasar sebelum KBK; (5) KTSP tingkat sekolah dasar; serta (6) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tingkat sekolah dasar. Materi pada kurikulum secara mikro terdiri dari lima bab pembahasan, yakni: (1) program pembelajaran; (2) rencana pembelajaran; (3) penyusunan alat evaluasi; (4) pemilihan media, bahan dan sumber belajar; serta (5) pemilihan metode dan perancangan kegiatan pembelajaran. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.
Buku ini berisi tiga tema, yaitu filantropi Islam, pesantren, dan bisnis syariah. Kajian filantropi berisi tentang lembaga zakat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Keterbukaan informasi bagi muzakki berdampak posistif pada konsistensi pembayaran zakat, infaq, dan shodaqah. Infaq produktif berkontribusi pada pemberdayaan umat. Intinya, filantropi Islam bermanfaat bagi perekonomian umat. Kajian pesantren berisi tentang unit bisnis pesantren serta peran pesantren dalam pengembangan industri halal. Di Pekalongan, pesantren telah menjalankan unit usaha yang mampu menopang keuangan pesantren. Di sisi lain, pesantren memiliki peran penting dalam pengembangan industri halal. Di antara peran itu adalah sebagai pemberi fatwa dan juga produsen sekaligus konsumen produk halal. Tidak terkecuali pesantren, lembaga keuangan berbasis syariah juga memberi dampak positif bagi ekonomi umat. Sebab, dalam operasionalnya lembaga tersebut menjunjung tinggi kepatuhan syariah (syariah compliance).
Buku Pendidikan Anti Korupsi ini untuk membantu masyarakat dari semua kalangan dalam membekali diri dalam rangka bersama-sama mencegah korupsi di segala bidang dan lingkup. Buku ini berisi tentang ruang lingkup korupsi, penyebab korupsi, sosiologi korupsi, tindak pidana korupsi, pendidikan karakter anti korupsi, pengembangan budaya whistleblowing.
Buku Pendidikan Anti Korupsi ini untuk membantu masyarakat dari semua kalangan dalam membekali diri dalam rangka bersama-sama mencegah korupsi di segala bidang dan lingkup.
Buku ini disusun untuk memberikan wawasan yang luas kepada para pembaca tentang komunikasi antarmanusia yang dinamis dan menarik. Buku ini juga sangat penting karena membahas perilaku komunikasi kita sebagai manusia dan keterampilan atau efektivitas komunikasi yang diperlukan dalam membina hubungan antarpribadi, dalam kelompok, dalam organisasi, berbicara di depan umum, berbicara dengan orang dari budaya yang berbeda dan menghadapi pengaruh media. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Komunikasi khususnya dalam Komunikasi Antarmanusia. Buku ini terdiri dari 9 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Konsep dan Prinsip-prinsip Komunikasi Bab 2 Komponen-Komponen Komunikasi Bab 3 Model Komunikasi Bab 4 Mendengarkan Bab 5 Komunikasi Antarpribadi Bab 6 Komunikasi Kelompok Bab 7 Berbicara di Depan Publik Bab 8 Komunikasi Antarbudaya Bab 9 Komunikasi Massa
Buku ini menyampaikan materi kepada pembelajar tentang hal-hal yang perlu diketahui dalam memilih metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif sebagai metode yang bisa diterapkan untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena politik problem-problem politik. Selain itu, buku ini juga dapat dipakai untuk mengenalkan kepada peneliti pemula dalam rangka menyusun skripsi dan tesis, dan merancang usulan penelitian (desain penelitian) dan tata cara menganalisis hingga menulis laporan penelitian. Beberapa contoh diberikan dalam buku ini untuk memudahkan pembaca memahami penerapan metode dalam mengkaji dan untuk mengembangkan dan desain penelitian ilmiah yang masuk akal dan sistematis menjelaskan fenomena politik untuk memahami dunia politik. Semoga buku ini bermanfaat kepada para pembelajar Ilmu Politik Buku persembahan penerbit PrenadaMedia
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Bahan Ajar Bahasa Indonesia khususnya untuk mata kuliah umum (MKU) di kalangan mahasiswa. Selawat beriring salam penulis sampaikan kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad saw. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi juga merupakan mata kuliah umum bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis serta berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena penguasaan bahasa Indonesia dapat dijadikan ukuran nasionalisme seseorang sebagai bangsa Indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir ide-ide atau konsep-konsep untuk dikomunikasikan kepada pihak lain sehingga terjalin interaksi antar ide yang berkesinambungan. Penulis menyadari akan ketidak sempurnaan bahan ajar ini secara komplek dan utuh, sehingga penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun kesempurnaan bahan ajar ini kedepannya.
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Bahan Ajar Bahasa Indonesia khususnya untuk mata kuliah umum (MKU) di kalangan mahasiswa.