Sistematika buku Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen Pendidikan berbasis sekolah, diantaranya: Konsep Dasar Teori Manajemen; Konsep Dasar Perilaku Organisasi dalam Pendidikan; Manajemen Kurikulum Berbasis Sekolah; Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah; Manajemen Ekstrakurikuler Sekolah; Manajemen Peserta Didik; Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Sekolah; Manajemen Operasional Berbasis Sekolah; Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah; Manajemen Keuangan Sekolah; Manajemen Sistem Informasi Sekolah; Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Sekolah; Supervisi Pendidikan; Manajemen Mutu Sekolah; serta Monitoring dan Evaluasi Program di Sekolah.
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum. Buku ini terbagi menjadi dua pembahasan umum, yaitu: kurikulum secara makro dan kurikulum secara mikro. Materi pada kurikulum secara makro terdiri dari enam bab pembahasan, yakni: (1) hakikat kurikulum; (2) landasan pengembangan kurikulum; (3) prosedur pengembangan kurikulum; (4) kurikulum sekolah dasar sebelum KBK; (5) KTSP tingkat sekolah dasar; serta (6) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tingkat sekolah dasar. Materi pada kurikulum secara mikro terdiri dari lima bab pembahasan, yakni: (1) program pembelajaran; (2) rencana pembelajaran; (3) penyusunan alat evaluasi; (4) pemilihan media, bahan dan sumber belajar; serta (5) pemilihan metode dan perancangan kegiatan pembelajaran. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.