Sebanyak 84 item atau buku ditemukan

Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi dan Elektronik

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi Elektronik. Sistematika buku Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi Elektronik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

PBB menyerukan kriminalisasi di seluruh dunia atas produksi, distribusi, ekspor, transmisi, impor, dan NEGARA DALAM HUKUM INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK” kepemilikan dan iklan 153 PENGANTAR INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK ...

Teknik dan Aplikasi Produktivitas Hijau (Green Productivity) pada Agroindustri

Buku ini memperkenalkan konsep Produktivitas Hijau yang diperkenalkan oleh Asian Productivity Organization sebagai guidance untuk mencapai keberlanjutan dalam pengelolaan industri di Asia. Buku ini mendiskusikan secara ilustratif tahap demi tahap suatu cara pandang Produktivitas Hijau dalam pengelolaan industri, dalam pengambilan keputusan dan aplikasinya dalam agroindustri. Aspek kajian diawali dengan pembahasan tentang konsep produktivitas secara umum sehingga bisa memandang produktivitas sebagai sebuah sistem

Panji Islam F.P, S.TP, Wibisono Adhi, S.TP ... Merujuk kepada konsep ekonomi, bahwa sumberdaya bersifat terbatas. ... tersebut telah dipergunakan dalam banyak konteks pada berbagai level, terutama dalam sistem ekonomi (Tangen 2005).

Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja

Buku ini ditujukan untuk para mahasiswa, akademisi, dokter, dokter kesehatan kerja, perawat kesehatan kerja, higienis industri, ergonomis, praktisi keselamatan dan kesehatan kerja termasuk pimpinan perusahaan dan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja di dunia usaha dan dunia kerja, serta profesional di bidang keselamatan dan kesehatan kerja maupun bidang lainnya. Isi tulisan selain bersumber dari literatur, banyak pula yang merupakan pengalaman penulis sebagai praktisi di lapangan, atau hasil kajian maupun penelitian penulis bersama teman sejawat di bidang kesehatan kerja dan mahasiswa bimbingan. Buku Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja ini terdiri dari 5 (lima) bab. Bab 1 mengantarkan pembaca pada fakta di lapangan, serta pengenalan tentang sejarah kesehatan kerja dari zaman antik sampai sekarang, masalah kesehatan kerja di tingkat nasional dan internasional, diharapkan pembaca mendapatkan gambaran mengapa dan bagaimana kesehatan kerja berkembang, serta pengenalan tentang apa dan mengapa ilmu epidemiologi diperlukan serta bagaimana dipraktikkan dalam pemecahan masalah kesehatan kerja, khususnya dalam rangka mengenal dan menilai faktor risiko penyakit atau cedera akibat kerja di tingkat kelompok atau populasi pekerja. Bab 2 menjelaskan tentang peraturan perundang-undangan yang mengatur pelaksanaan kesehatan kerja, bermanfaat sebagai acuan dalam aplikasi di lapangan. Bab III membahas Konsep Dasar Kesehatan Kerja, yang fokus utamanya adalah manajemen risiko kesehatan yaitu siklus antisipasi, rekognisi hazard, evaluasi dan pengendalian risiko (AREP), dalam bab ini dirinci mulai dari definisi sehat dan definisi kesehatan kerja, hazard dan risiko kesehatan di tempat kerja serta konsep pengendaliannya, sampai pada ruang lingkup dan perspektif keilmuan serta profesi kesehatan kerja, terakhir dibahas pula etika dalam pelaksanaan kesehatan kerja. Bab 4 membahas tentang bagaimana aplikasi kesehatan kerja di dunia usaha dan di dunia kerja, mencakup promosi kesehatan di tempat kerja yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kapasitas kerja dan status kesehatan pekerja; pelaksanaan surveilans kesehatan kerja untuk mendiagnosis dini dan melakukan pengobatan segera bila terjadi penyakit akibat pajanan di tempat kerja serta menilai efektivitas pengendalian hazard; tentang apa dan bagaimana upaya pencegahan primer dilaksanakan di tempat kerja melalui kegiatan perbaikan lingkungan kerja (higiene industri) dan perbaikan ergonomi pekerjaan, serta pengembangan pengorganisasian pekerjaan dan budaya kerja yang kondusif untuk mengurangi faktor stres kerja. Selain itu, bab ini juga menjelaskan tentang teknik pelaksanaan survei jalan selintas yang sangat dibutuhkan sebagai langkah awal dari penilaian risiko kesehatan; tentang teknik penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan di klinik kesehatan kerja dalam rangka mendapatkan atau menempatkan pekerja yang sehat dan sesuai dengan risiko kesehatan yang mungkin dihadapinya di tempat kerja ('fit' to work), serta teknik manajemen absensi sakit dan program kembali kerja untuk melindungi pekerja serta mengurangi kemangkiran. Bab 5 membahas pelayanan kesehatan kerja, lebih rinci dibahas tentang landasan hukum, beberapa model pelayanan serta contoh pelaksanaannya di dunia usaha dan dunia kerja, baik di perusahaan maupun di ranah publik, termasuk infrastruktur yang diperlukan.

... dan pendekatan partisipatif, di tempat kerja, penyediaan waktu, dana, sarana dan prasarana, publkasi, dan sistem ... Penanggung jawab K3 (sebaiknya profesional kesehatan) harus mempersiapkan manajemen dengan memberikan advokasi ...

STATISTIKA DESKRIPTIF & KONSEP PELUANG Aplikasi R-Stat

Dalam penyelesaian perkuliahan, statistika berperan penting membantu mahasiswa. Namun demikian, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami statistika karena berbagai faktor. Salah satunya adalah keterbatasan sumber dan kesempatan untuk lebih mendalami materi-materi statistika. Dalam kesempatan tatap muka di kelas, materi statistika yang disampaikan pada mahasiswa sedemikian padat, sehingga mahasiswa kekurangan waktu untuk berlatih agar lebih menguasai materi-materi statistika. Buku ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika. Materi dalam buku yang merupakan seri pertama ini tersusun dari 8 bab yang memaparkan tentang statistika deskriptif hingga konsep peluang. Dalam buku ini juga disampaikan penjelasan terkait penggunaan software R-Stat yang sangat berguna terutama dalam penyelesaian analisis data terkait big data yang akan dihadapi pembaca dalam dunia kerja. Penekanan dari buku ini adalah pada pendalaman materi dan latihan soal-soal.

Dalam penyelesaian perkuliahan, statistika berperan penting membantu mahasiswa.

STATISTIKA TERAPAN UNTUK BISNIS DAN EKONOMI

Statistika berperan penting membantu mahasiswa menyelesaikan perkuliahan. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami statistika karena berbagai faktor. Salah satunya adalah keterbatasan sumber dan kesempatan untuk lebih mendalami materi-materi statistika. Dalam kesempatan tatap muka di kelas, materi Statistika yang disampaikan ke mahasiswa sedemikian padat sehingga mahasiswa kurang waktu untuk berlatih dan memahaminya. Buku Statistika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika dan kegunaan praktisnya. Buku ini berisi 16 bab yang memaparkan tentang statistika deskriptif hingga statistika inferensia. Buku ini juga menjelaskan terkait penggunaan konsep-konsep statistika untuk menyelesaikan permasalahan keseharian. Setiap awal bab diberi pengantar yang mengemukakan esensi dari bab yang bersangkutan sehingga pembaca akan lebih jelas memahami topik bahasan yang dipaparkan. Selain itu, pembaca juga akan lebih mendalami konsep-konsep yang diulas karena melimpahnya materi dan latihan soal-soal, sekaligus penyelesaiannya yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan komunikatif.

Buku Statistika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika dan kegunaan praktisnya.

Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dan Pengembangan keilmuan Ekonomi Islam di Indonesia. Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam Pada Zaman Rasulullah, Khulafaurrasyidin, Dinasti Umayyah - Al Haq, Dinasti Abbasiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Yusuf, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Muhammad Bin Hasan Al-Syaibani, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ubaid Al Qasim Ibnu Sallam, Pemikiran Ekonomi Islam Yahya Bin Umar, Pemikiran Ekonomi Islam Al Mawardi, Pemikiran Ekonomi Islam Imam Al Ghazali, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Taimiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Ishaq Al-Syatibi, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaih, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Hazm.

Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern.

Ilmu Tanah Dasar-Dasar dan Pengelolaan

Buku Ilmu Tanah: Dasar-dasar dan Pengelolaan ini berisi tentang konsep mutakhir tentang sifat, ciri, dan proses dalam tanah sebagai dasar untuk penggunaan dan pengelolaan tanah berkelanjutan. Buku pegangan Ilmu Tanah Dasar untuk mahasiswa Fakultas Pertanian, disiplin terkait, dan praktisi ini merupakan penjabaran dari fungsi ekosistem tanah yangtertuang dalam 12 babyaitu (1) Sumber daya Tanah dan Kehidupan di Muka Bumi ; (2) Proses Pembentukan Tanah; (3) Sifat Fisik Tanah; (4) Sifat dan Perilaku Air Tanah; (5) Ekologi Tanah; (6) Siklus Karbon dan Bahan Organik Tanah; (7) Sifat dan Proses Kimia; (8) Tanah dan Hara Tanaman; (9) Pengelolaan Kesuburan Tanah; (10) Klasifikasi Tanah, Survei dan Evaluasi Lahan; Degradasi Tanah dan Konservasi Tanah; (12) Tanah dan Kualitas Lingkungan. Buku ini ditulis oleh para senior di bidang Ilmu Tanah yaitu Prof. I r, Muhajir Utomo, M.Sc., Ph.D. (Unila), Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc, (IPB), Prof. Dr. Ir. Bujang Rusman, M.S. (Unand); Prof. Ir.Tengku Sabrina, M.Sc., Ph.D. (USU), Prof. Ir. Jamalam Lumbanraja, M.Sc., Ph.D. (Unila), dan Prof. Dr. lr. Wawan, M.P. (Unri). Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Selain itu, respons tanaman terhadap taraf hara tanah berbeda dan terhadap peningkatan pertambahan pupuk yang diberikan disebar (broadcasting) dan larikan (banding) harus diketahui. Faktor tersebut memerlukan penelitian yang ...

Metodologi Penelitian Pendidikan

Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi)

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi. Materi buku ini luas dan dilengkapi dengan contoh metode, simpulan, dan pertanyaan yang bisa dikembangkan untuk masing-masing keperluan. Masing-masing bab membahas tentang fondasi penelitian; struktur organisasi; studi kepustakaan; teknik sampling; rencana penelitian; analisis data; kesimpulan, implikasi, dan saran; evaluasi laporan penelitian; instrumen penelitian; macam-macam instrumen pengukuran; penelitian deskriptif; penelitian ex-postfacto; penelitian eksperimen; penelitian survei; penelitian sejarah; dan penelitian tindakan.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi.

TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN

B elajar merupakan suatu perubahan perilaku setiap individu yang dapat dibentuk dari pengalaman atau pengetahuan yang diperoleh. Perubahan perilaku setiap individu juga berbeda, selain bertambahnya ilmu pengetahuan, perubahan lainnya dapat terlihat dari cara individu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, minat terhadap sesuatu, sikap, dan kepercayaan diri. Proses belajar bertujuan untuk memberikan perubahan perilaku individu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian dengan mendapatkan ilmu pengetahuan diharapkan tiap individu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kognitifnya dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya dapat menumbuhkan dan menerapkan konsep keterampilan jasmani maupun rohani dengan matang sehingga munculnya perubahan psikomotorik, juga dapat membentuk sikap individu mengarahkan untuk berpikir kepada hal yang positif agar memunculkan perubahan afektif pada individu. Dalam hal ini, terdapat beberapa urutan bentuk belajar sebagai tahap belajar yang hirarkis, artinya semua bentuk belajar berjenjang dan bersyarat, dimana bentuk belajar yang satu menjadi dasar untuk bentuk belajar berikutnya. Sehingga bentuk belajar yang satu harus terlebih dahulu dapat dikuasai oleh individu sebelum beralih kebentuk belajar yang lain. Kemudian, terdapat prinsip-prinsip dalam belajar, meskipun memiliki beberapa perbedaan, tetapi arah dari prinsip belajar yang telah dijelaskan menuju kepada tujuan yang sama. Tujuan yang dimaksud adalah agar mempermudah individu dalam belajar, mendapatkan ilmu dan memahaminya dengan mudah sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik. Selain itu, terdapat beberapa teori yang penting untuk dipahami dalam belajar dan pembelajaran, seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, teori belajar konstruktivistik, teori humanistik, teori sibernetik, teori belajar revolusi sosio kultural, dan teori belajar kecerdasan majemuk (multiple intellegences). Semua teori ini akan dibahas secara rinci dan mendalam dalam buku ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Selain itu, terdapat beberapa teori yang penting untuk dipahami dalam belajar dan pembelajaran, seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, teori belajar konstruktivistik, teori humanistik, ...