Sebanyak 94 item atau buku ditemukan

POLITIK DAN KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA (Upaya Membangun Profesionalisme Guru dan Dosen)

Buku ini diuraikan secara detail upaya pemerintah mengembangkan profesionalisme pendidik sebagai profesi dan dihormati, terlihat dari UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tentang hak dan kewajiban guru dan dosen, LPPG dan sertifikasi sebagai langkah-langkah profesionalisme guru dan dosen, tunjangan, dan perlindungan. Hal yang penting dalam membangun kemandirian di kalangan pendidik yaitu mengaktualisasikan dirinya guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pengembangan kompetensi seorang guru dan dosen akan berpengaruh terhadap tingkat profesionalismenya. Dengan profesionalisme tentu akan meningkatkan kinerja dan dapat menjadi motivasi bagi peningkatan karirnya, selanjutnya kinerja dan karir akan meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai bentuk kontribusi positif bagi lembaga di mana guru dan dosen tersebut bertempat. Kinerja dan karir juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan, dan di mana hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi diri seorang guru dan dosen juga akan memberikan pengaruh dan manfaat positif secara berkesinambungan terhadap dirinya sendiri.

Kemudian upaya peningkatan kompetensi profesional guru bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui berbagai macam pendidikan, pelatihan, seminar, diskusii, pemenuhan peralatan pengajaran dan sebagainya. Peningkatan kompetensi guru ...

Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU

buku “Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU” dengan tujuan penyeragaman teknis penulisan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Lampiran 3: Contoh Form Berita Acara Pengesahan Proposal Lampiran 4: Contoh Form Berita Acara ______ Seminar Proposal Lampiran 5: Contoh Form Berita Acara. Bimbingan Skripsi. Lampiran 6: Contoh Format Halaman Sampul __ Lampiran 7: ...

BELAJAR TADABBUR ILMU KARAKTER PADA LEBAH, BURUNG GAGAK DAN SINGA (Kajian Tafsir Ayat-ayat Fauna)

BELAJAR TADABBUR ILMU KARAKTER PADA LEBAH, BURUNG GAGAK DAN SINGA (Kajian Tafsir Ayat-ayat Fauna) PENULIS: Dr. Doni Putra, Lc., M.Hum., Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H.,M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-818-6 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Persoalan karakter merupakan di antara isu penting yang sedang mencuat ke permukaan dalam dunia pendidikan saat ini, khususnya di Indonesia. Program Pembentukan karakter adalah bentuk respon terhadap dekadensi moral yang terjadi pada berbagai sisi kehidupan. Dekadensi moral itu terlihat nyata di hadapan mata seiring dengan mulai jauhnya peserta didik bahkan pendidik sekalipun dari nilai-nilai karakter atau akhlak mulia, seperti: seks bebas yang semakin mengkhawatirkan, tawuran antar pelajar, bullying, peredaran video porno di kalangan pelajar, tidak disiplin, tidak jujur, hilangnya rasa hormat kepada guru dan orangtua, narkoba, pelecehan terhadap nilai-nilai agama, sodomi dan masih banyak yang lainnya. Persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, mulai dari kalangan pejabat Negara sampai kepada masyarakat bawah harus dicarikan solusinya. Apabila tidak ditanggulangi dengan cepat dan benar, tentunya keluarga, masyarakat agama dan Negara akan hancur binasa. Sebagaimana diketahui Indonesia yang mayoritas beragama Islam maka tentunya yang banyak melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai akhlak dan karakter mulia adalah umat Islam sendiri. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah kembali menggali nilai-nilai akhlak dan karakter mulia yang terdapat di dalam al-Quran. Banyak ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan nilai-nilai karakter. Salah satunya yang akan dibahas dalam maha karya ini adalah mencari nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada ayat-ayat hewan (fauna) yaitu: lebah, burung gagak dan singa). Banyaknya penyebutan hewan dalam al-Quran dengan tujuan agar manusia dapat memahami pesan Allah dan menunjukkan bahwa hewan adalah makhluk yang mesti dikaji dan dipelajari demi kepentingan dan kebaikan manusia. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Eksistensi al-Qur'an dan Hadis tidak dapat dilepaskan dari pelaksanaan metode pendidikan Islam. Dalam kedudukannya sebagai dasar agama Islam, maka dengan sendirinya metode pendidikan Islam harus merujuk pada kedua sumber ajaran tersebut ...

WAKAF UANG: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA

Buku ini akan sangat membantu bagi praktisi Wakaf Uang. Di dalamnya dijelaskan konsep-konsep wakaf uang serta bagaimana iumplementasinya. Konsep yang dimaksud adalah konsep wakaf secara umum dan wakaf uang secara khusus. Unsur-unsur wakaf uang pun di jelaskan secara rinci dan pula disertakan beberapa tugas pokok dan fungsinya. Konsep cara mengelola kader wakaf atau duta wakaf atau syiar wakaf yang sangat diperlukan dalam proses marekting wakaf uang pun dijelaskan. Kurikulum dan konten pendidikan yang perlu diajarkan disampaikan secara singkat dan belum memiliki tingkat teknisnya terutama bagaimana kurikulum itu diimplementasikan di ruang-ruang kelas. Buku ini bisa menjadi anak tangga untuk menjadi pertimbangan dalam menggagas pendidikan wakaf uang. Beberapa konsep implementasi dijelaskan secara gamblang di dalam buku ini terutama dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf uang. Penjelasan investasi wakaf uang yang paling aman adalah menggunakan cash waqf linked sukuk (CWLS) yang juga disertakan secara tersendiri karena menjadi solusi terbaik untuk wakaf uang. Selain aman dan tingkat resiko rendah, konsep ini pun bisa membantu negara dalam mendanai projek nasional pembangunan sehingga kemanfaatannya sangat jelas. Tentu saja, Wakaf jenis ini bukan satu pilihan, membiayai sektor produktif adalah cara yang real untuk mengembangkan ekonomi umat. Beberapa pemikiran filantropi yang pernah di publikasikan melalui buletin Jum’at milik lembaga Filantropi Baznas yakni Bait al Mal dan milik BWI yakni Auqaf disertakan dalam buku ini agar menjadi wacana yang terhubung dengan kebutuhan publik. Pun, dalam buku ini pun disisipkan produk-produk hukum dari UU Wakaf, Peraturan Menteri Agama tentang wakaf uang beserta dengan peraturan di bawahnya serta beberapa kaitan teknis yang mendampinginya.

Setiap Pemesanan Pembelian kemudian akan diteruskan secara real time dari Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi ke Sistem Elektronik Kementerian Keuangan Republik Indonesia. f. Sistem Elektronik Kementerian Keuangan ...

PENGANTAR MANAJEMEN Teori Dan Aplikasi

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri. Artinya pengelolaan telah berlangsung sejak manusia ada di muka bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman dahulu atau batu Kaman, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya membuat alat dari batu untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Berbagai konsep dan praktik manajemen dalam konteks dunia yang kompleks, dinamis, bergejolak, dan semakin mengglobal. Diskusi menekankan pendekatan fungsional atau proses untuk studi manajemen. Materi diskusi mencakup semua fungsi manajemen. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami sifat pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

... pendekatan sistem dan pendekatan kontingensi. 1. Pendekatan Sistem Manajemen memandang organisasi sebagai satu kesatuan sub system dengan tujuan yang terdiri dari bagian bagian yang saling berkaitan. Sistem dapat diartikan sebagai ...

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET PENULIS: Dr. Abdul Rahman, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-363-0 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Model pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, sehingga dapat dipastikan bahwa setiap guru memiliki model pengembangan pembelajaran yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan masing-masing tujuan yang ingin dicapai oleh setiap mata pelajaran tersebut, membutuhkan kemampuan pendidik dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan motivasi yang tinggi dan pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar. Pengembangan model pembelajaran PAI berbasis riset, dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan pembelajaran discovery learning, cooperatif learning, problem-based learning, problem-solving, active learning, dengan sintak, orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menyeleksi hasil jawaban yang terkait dengan materi, siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah. Efektifitas model pembelajaran PAI berbasis riset (a) mengenal apa dan bagaimana meneliti itu. Mereka tidak akan canggung lagi dalam mengerjakan skripsi nantinya. (b) terlatih berpikir, menganalisis dan mengemukakan serta mempertahankan ide. (c) terlatih bekerja secara terencana. (d) terlatih bekerja keras, dan (e) terlatih bekerja dalam tim dan berhubungan dengan orang lain serta menjalin kerjasama/jaringan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Tahap-tahap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis riset. Adapun tahapan penelitian mulai dari kajian pendahuluan permasalahan yang diteliti, penyiapan rancangan model pembelajaran PAI berbasis riset yang akan dikembangkan, ...

TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL

TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL PENULIS: Dr. Bambang Supradi, M.Pd. EDITOR : Dr. NURHADI,S.Pd.I.,S.E.Sy.,S.H.,M.Sy.,MH.,M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-322-3 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Model Full Day School dalam Pembinaan terdiri dari Pembinaan Aqidah, Pembinaan Ibadah dan Pembinaan Akhlak. Pembinaan Keagamaan dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang termuat dalam materi pelajaran K-13 menggunakan model webbed yang dipandu oleh silabus dan RPP. Pembinaan intrakurikuler dalam pembentukan Aqidah, dan ibadah dilakukan melalui proses pembelajaran dengan berbagai metode seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan dan penugasan. Sumber belajar yang digunakan adalah buku pegangan guru dan siswa, LKDP dan Al-Qur’an dengan menggunakan media in-fokus, sedangkan dalam pembinaan akhlak dengan cara menanamkan nilai-nilai religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Sementara dalam pembinaan ekstrakurikuluer dilakukan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas seperti shalat berjama’ah, tuntas bacaan Qur’an, pesantren kilat, pembacaan hadits-hadits rasul, MABIT (malam bina Iman dan Takwa), infaq harian, kerja bakti, bakti sosial, peringatan hari besar Islam, santunan dan kunjungan anak yatim ke panti asuhan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Negeri Pekanbaru adalah di kelas pembelajaran PAI sudah terpasang foto presiden dan wakil presiden, bendera Negara, serta lambang Negara. Selain itu dalam pembelajaran khususnya menghargai karya orang lain, guru memberikan penekanan ...

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan. Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mewujudkan modul ini.

Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan.

Perjuangan Meraih Award Kompetisi Digital Madrasah dan PAI

Guru adalah salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Guru merupakan motivator dan inovator sekaligus inspirator bagi lingkungannya tempat mengajar maupun siswanya. Dalam kondisi pandemi ini, para guru dan penulis ini memberikan inspirasi kepada kita bahwa meski dalam keadaan sesulit apapun, harus tetap berkarya. Manusia tentu tidaklah selamanya ada di dunia ini, hanya saja namanya akan tetap hidup abadi ke generasi selanjutnya lewat karya-karyanya yang bermanfaat dan penuh inspirasi. Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading. Bagaimana dengan kita? Kita mati meninggalkan apa? Itu adalah ungkapan yang sering kita dengar. Ungkapan itu bukan hanya sekedar ungkapan tapi perlu kita renungkan dan kita kaji. Apa yang dapat kita tinggalkan setelah kita tidak ada. Sebagai orang yang berilmu tentu saja kita akan meninggalkan sebuah karya yang dapat dijadikan kenangan bahwa kita itu ada dengan hasil karyanya. Karya apa yang dapat dijadikan kenangan? Tentu saja diantaranya yaitu tulisan, video, dan lain-lain. Karya abadi yang tidak akan habis oleh masa dan hilang oleh waktu. Tulisan itu sebagai bukti bahwa kita pernah berkarya. Tulisan yang kita tuangkan akan jadi bahan bacaan yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Bacaan yang bermakna dan bermanfaat yang dihasilkan oleh para guru Kabupaten Cilacap berupa buku. Buku itulah yang membuktikan kita sudah meninggalkan karya yang dapat dijadikan kebanggaan. Tulisan hasil karya para guru di Cilacap ini menjadi bukti bahwa guru madrasah dan Pendidikan Agama Islam hebat dan kreatif. Hasil tulisan buku antologi Perjuangan Meraih Award ini adalah hasil nyata dari gerakan Guru Menulis. Selamat saya ucapkan bagi guru yang telah menghasilkan buku hasil karyanya. Alhamdulillah saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap sangat bangga dengan hasil karya yang berupa buku ini. Mari hidupkan literasi di Kabupaten Cilacap dengan karya-karya guru.

Dengan pola pikir yang positif dapat membantu menerapkan model pembelajaran berbasis digital yang telah ... Ada yang menggunakan media Google Classroom, e-learning, Google Formulir, Quizz, dan ada yang lebih keren lagi pakai Google Meet ...