Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

PENGANTAR MANAJEMEN Teori Dan Aplikasi

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri. Artinya pengelolaan telah berlangsung sejak manusia ada di muka bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman dahulu atau batu Kaman, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya membuat alat dari batu untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Berbagai konsep dan praktik manajemen dalam konteks dunia yang kompleks, dinamis, bergejolak, dan semakin mengglobal. Diskusi menekankan pendekatan fungsional atau proses untuk studi manajemen. Materi diskusi mencakup semua fungsi manajemen. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami sifat pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

... pendekatan sistem dan pendekatan kontingensi. 1. Pendekatan Sistem Manajemen memandang organisasi sebagai satu kesatuan sub system dengan tujuan yang terdiri dari bagian bagian yang saling berkaitan. Sistem dapat diartikan sebagai ...

Management Theory and Practice in Physical Activity Education (Including Athletics)

A new text in management thought, theory, and practice applied to physical activity education and athletics required justification. Management Theory and Practice in Physical Activity Education (Including Athletics) has been planned primarily for administrators of physical education and athletics at several levels of educational institutions. However, much that is included here can be very helpful as well to the sport and physical recreation manager in public and/or commercial sport and physical activity. In other words, it is the underlying "thought, theory, and practice" that is fundamentally important. The twentieth century has been characterized as a transitional one in human history. Moving into the twenty-first century, we start down the path to finding the answer to this assumption. At any rate, changing times are occasioned by the impact of a variety of social forces on society. Additionally, such change has its accompanying, but often unsteady, influence on the professional training of leaders in the large number of fields that make up the society in which such change occurs. The caliber of young people recruited into the field within education is paramount, as is the way they are prepared for leadership roles as managers, teachers, coaches, performers, supervisors, or exercise specialists. This is OUR responsibility. We should carry out these assignments in a way that is comparable to that used in the finest professions.

AA Plan Leading Toward an Ever-Expanding Body of Knowledge Through the Implementation of a System Approach To this point an effort has been made to present the "why" and "what" of a proposed inventory of scientific findings covering ...

Permainan Sirkuit Dalam Mengembangkan Kreativitas Gross Motorik Taman Kanak-Kanak

Modul ini dirancang sebagai tambahan referensi untuk membantu guru dalam pembelajaran di taman kanak-kanak khususnya dalam pengembangan kreativitas gross motorik anak. Pada setiap permainan dijabarkan langkah-langkah pelaksanaan permainan, tujuan permainan, alat-alat yang di gunakan dalam merancang permainan, serta penjelasan melalui gambar supaya lebih mudah dipahami guru. Permainan ini disesuaikan dengan kurikulum, kebutuhan, dan tingkat perkembangan peserta didik di taman kanak-kanak. Pesan bermain sambil belajar selain berisi apa dan bagaimana, juga tentang mengapa dan untuk apa suatu permainan dilakukan, sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik. Penerapan permainan sirkuit bertujuan untuk mengembangkan kreativitas gross motorik pada anak usia dini. Permainan sirkuit yang dikembangkan dalam penelitian ini ada 4 pos yaitu: (1) pos pertama permainan Raksasa berjalan untuk melatih kemampuan gerak dasar lokomotor. Permainan ini akan melatih kemampuan kekuatan otot kaki; (2) pos kedua permainan lari ular untuk melatih kemampuan gerak dasar lokomotor, pada permainan ini akan melatih pembentukan kemampuan kekuatan dan kelincahan otot kaki; (3) pos ketiga permainan lompat katak untuk melatih kemampuan gerak dasar non lokomotor, permainan pada pos ini untuk melatih pembentukan otot kaki; (4) pos keempat permainan bola panas untuk melatih kemampuan gerak dasar manipulatif. Permainan pada pos ini akan melatih pembentukan kemampuan kekuatan otot lengan.

Modul ini dirancang sebagai tambahan referensi untuk membantu guru dalam pembelajaran di taman kanak-kanak khususnya dalam pengembangan kreativitas gross motorik anak.

Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar

Dewasa ini model pembelajaran yang berorientasi pada prestasi itu sudah mulai digantikan dengan model pembelajaran yang berorientasi pada kesegaran jasmani melalui permainan. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak, tidak hanya merupakan tugas orang tua saja, tetapi juga merupakan tugas atau tanggung jawab bersama yaitu orang tua, guru dan masyarakat. Di sekolah guru pendidikan jasmani mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu tercapainya kesegaran jasmani merupakan salah satu komponen untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendekatan model pembelajaran bermain adalah suatu proses pembelajaran dimana dalam mengajarkan teknik cabang olahraga melalui bentuk permainan kecil tanpa mengabaikan materi inti pelajaran. Karena bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dewasa maupun anak-anak. Kesempatan bermain dan rekreasi akan memberikan kegembiraan serta kepuasan emosional tersendiri, karena bermain merupakan kegiatan spontan dan kreatif, yang dengannya seseorang dapat menemukan ekspresi diri secara sepenuhnya. Bermain merupakan jiwa anak yang tidak bisa dipisahkan dimana sesuai dengan karakteristik murid SD usia 6 –12 tahun kebanyakan dari mereka cenderung masih suka bermain. Bermain mempunyai peranan penting bagi anak. Sebagian waktunya dihabiskan adalah untuk bermain, aktivitas bermain selalu berhubungan dengan kesenangan yang mempunyai potensi untuk membantu meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya. Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Menurut Hans Daeng dalam (Ismail, 2009), permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan ... aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional.

Ilmu Sosial & Budaya Dasar

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) dapat dikatakan sebagai integrasi dari kajian Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Kajian ISBD mencakup masalah social dan budaya serta keberadaan manusia sebagai subjek bati masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan wawasan, kepekaan, serta berempati terhadap masalah maupun pemecahannya. Buku ini dimaksud untuk memenuhi bahan ajar ISBD yang sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 44/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat di Perguruan Tinggi. Materi yang dibahas meliputi pengantar ISBD; Menusia sebagai Makhluk Budaya; Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial; Manusia dan Peradaban; Manusia Keragaman dan Kesetaraan; Manusia: Nilai, Moral, dan Hukum; Manusia Sains, Teknologi, dan Seni; Manusia dan Lingkungan. Dengan penyajian yang praktis dan sederhana, diharapkan pengguna buku ini dapat mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud.

Dasar Konsep Pendidikan Moral. Semarang: Aneka Ilmu. Bambang S. Mintargo. 1993. Manusia dan Nilai Budaya. Jakarta: Universitas Trisakti. Darji Darmodiharjo. 1979. Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Dirjen Dikti. 2003.

ASESMEN OLAHRAGA

buku yang berjudul “Asesmen Olahraga” Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memudahkan para mahasiswa pendidikan olahraga, pendidikan kepelatihan olahraga, dan pelatih olahraga maupun guru pendidikan jasmani dalam memahami bagaimana cara mengevaluasi dan menganalisis hasil latihan, hasil belajar, dan hasil pertandingan yang kesannya cukup rumit sehingga menjadi lebih mudah.

buku yang berjudul “Asesmen Olahraga” Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memudahkan para mahasiswa pendidikan olahraga, pendidikan kepelatihan olahraga, dan pelatih olahraga maupun guru pendidikan jasmani dalam memahami ...

Kajian Ilmu Keolahragaan Ditinjau Dari Filsafat Ilmu

Filsafat Olahraga berarti kajian filsafat tentang olahraga, secara praktis berupa tindakan mengkritis secara sistematis ihwal fenomena keolahragaan, Aktivitas keolahragaan dalam profesi apa saja akan maju bila didukung riset dalam Ilmu Keolahragaan; dan sebaliknya ilmu keolahragaan akan maju bila dapat menperoleh pengalaman terkait manfaat aplikasi dalam bidang profesi keolahragaan. Filsafat Olahraga dipandang sebagai subjek yang memiliki penalaran kritis tinggi, skeptik, dan mampu berpikir secara dialektik dalam rangka memperoleh pencerahan dan kebenaran secara filsafati. Justru itu, mahasiswa diinspirasi dan dimotivasi agar mampu mengekspresikan diri untuk menunjukkan eksistensi diri dalam menuangkan ide atau gagasan tentang fenomena olahraga ditinjau dari perspektif filsafati. Pendidikan jasmani dan olahraga merupakan proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak yang bertujuan menjaga kebugaran pada tubuh. Selain belajar dan dididik melalui gerak untuk mencapai tujuan pengajaran, dalam pendidikan jasmani itu anak diajarkan untuk bersosial, Proses kegiatannya mencakup kegiatan latihan atau pelaksanaan tugas-tugas permebalajarn yang dilakukan secara berulang-ulang. Dalam kajian buku ini membahas secara tuntas dan lengkap bagaiamana mengembangkan Ilmu Olahraga dengan filsafat dan Ilmu yang mempunyai tujuan yang sama mencari kebenaran. Diharapkan dengan adanya buku ini menambahkan dapat dijadikan wawasan serta pengetahuan kepada mahasiswa, Dosen, Guru, Peneliti dan Praktisi lainya dalam dunia Ilmu Keolahragaan.

Filsafat Olahraga berarti kajian filsafat tentang olahraga, secara praktis berupa tindakan mengkritis secara sistematis ihwal fenomena keolahragaan, Aktivitas keolahragaan dalam profesi apa saja akan maju bila didukung riset dalam Ilmu ...

FIKIH SEPAK BOLA

Faktanya, kini sepak bola telah menjelma sebagai sesuatu yang bukan sekedar permainan. Ia bermetamorfosis sebagai suatu hobi, budaya, dan kini tampil sebagai "identitas" budaya global. Sepak bola telah mengikis habis sekat-sekat tradisi, budaya, negara, bangsa, dan bahkan agama. Nyaris tak ada lini kehidupan manusia yang tak tersentuh oleh bola. Buku ini berusaha memberikan sentuhan Islami terhadap sepak bola sebagai suatu fenomena global. Ia membaca sepak bola tidak sekedar sebagai entitas yang menyendiri, akan tetapi sebagai semacam titik yang menjadi denyut nadi bagi suatu organisme yang hidup. Karena faktanya sepak bola telah menggerakkan berbagai hal; semangat patriotisme, nasionalisme, hedonisme, ekonomi-bisnis, kesehatan, permainan, perjudian, mode dan style, dan lain sebagainya.

Faktanya, kini sepak bola telah menjelma sebagai sesuatu yang bukan sekedar permainan. Ia bermetamorfosis sebagai suatu hobi, budaya, dan kini tampil sebagai "identitas" budaya global.

Manajemen Olahraga Prestasi dan Rekreasi

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga buku ini dapat diselesaikan. buku ini dengan judul “Manajemen Olahraga Prestasi dan Rekreasi” dapat diselesaikan dengan lancar.

SARANA PRASARANA OLAHRAGA REKREASI Menurut UU RI No.3 Tahun
2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dalam pasal 1 ayat 20 dan 21 ;
Prasarana olahraga: Tempat / ruang, termasuk lingkungan yang digunakan
untuk ...