Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

Aksi Komunikasi Dalam Teori dan Praktik

Bidang ilmu komunikasi semakin dianggap signifikan. dari berbagai bidang, termasuk sastra, ekonomi, psikologi, dan bahkan teknik dan kedokteran, serta mereka yang memiliki latar belakang komunikasi, mempelajari ilmu komunikasi. Diyakini bahwa ilmu komunikasi dapat menghubungkan proses penciptaan pengetahuan seorang guru dengan interaksi siswanya dengan orang lain di masyarakat. Buku ini dibuat dengan harapan bisa berkontribusi sebagai kajian yang ditujukan untuk memahami komunikasi manusia. Ilmu Komunikasi telah berkembang menjadi bidang studi multidisiplin dalam artian merupakan ilmu interdisipliner.

Bidang ilmu komunikasi semakin dianggap signifikan. dari berbagai bidang, termasuk sastra, ekonomi, psikologi, dan bahkan teknik dan kedokteran, serta mereka yang memiliki latar belakang komunikasi, mempelajari ilmu komunikasi.

Lembaga Keuangan Bank Dan Non Bank

Pembahasan dalam buku ini meliputi Sistem Keuangan Dan Lembaga Keuangan, Otoritas Moneter dan Kebijakan Moneter Di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Pasar Modal, Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing, Bank Umum dan Perkreditan Rakyat, Bank Syariah, Leasing (Sewa Guna Usaha), Pegadaian, Asuransi, Anjak Piutang, Modal Ventura, Kartu Kredit, Dana Pensiun dan Financial Technology.

Pembahasan dalam buku ini meliputi Sistem Keuangan Dan Lembaga Keuangan, Otoritas Moneter dan Kebijakan Moneter Di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Pasar Modal, Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing, ...

Manajemen Keuangan (Konsep dan Implementasi)

Buku ini, menyajikan pengetahuan mengenai manajemen keuangan, baik teori maupun penerapannya. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan mengenai manajemen keuangan kepada para pembaca. Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam book chapter yang terdiri atas delapan belas bab, dan diberi judul Manajemen Keuangan (Konsep dan Impementasi).

Dengan Amanah sebagai Direktur Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia kampus (IAIN) Fattahul Muluk Papua sebagai bagian pengabdian kepada masyarakat khususnya civitas akademik (IAIN) Fattahul Muluk Papua dalam rangka pengembangan ...

Mirroring Rasulullah dalam Mendidik Akhlak Sahabat: Metode Neuro Linguistik Program

“Salah satu dari mutiara hadits yang tampak sederhana tetapi mengandung filosofi yang mendalam adalah Segala sesuatu perbuatan tergantung atas niatnya. Inilah yang menjadi pijakan nalar didik ajar pendidik secara holistik baik kognitif afektif maupun psikomotorik. Buku ini memeberi solusi menuju kesana” Dr.KH. Muchotob Hamzah, M.M. (Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, Penulis Buku Agama dan Negara) “Buku ini cocok sekali untuk dijadikan cermin pendidikan etika, di saat kondisi masyarakat dan anak-anak muda khususnya kehilangan orientasi etik. Dengan contoh Nabi SAW sebagai uswah hasanah yang telah berhasil mencetak para sahabat sebagai murid-murid terbaik di sepanjang masa, yang dipoles melalui pendekatan Neuro Linguistic Programming (NLP), maka tak ada alasan bagi kita untuk tidak berkaca padanya” Asmaji Muchtar, Ph.D (Dekan Fikes UNSIQ Wonosobo, Penulis Buku Best Seller di Malaysia) “Hidup itu harus meniru. Begitupun mendidik akhlak anak perlu meniru pola mirroring Rasul dalam mendidik para sahabatnya dengan teknik NLP yang Rasul terapkan. Dan buku ini sudah cukup mewakilinya” Dr.KH. Abdurrahman Asy’ari, Alh. M.Pd.I (Pengasuh PPTQ Al Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo, Penulis Buku Quantum Tahfidz)

Tidak ada lagi orang yang tidak makan pada suatu hari, tidak ada lagi percikan api kebencian karena membicarakan aib orang, tidak ada lagi anak yang buta aksara dalam membaca huruf latin dan Al-Quran. Model Pembelajaran Kontruktivisme ...

Etika Manajemen Perspektif Islam

Etika merupakan kode yang berisi prinsip- prinsip dan nilainilai moral yang mengatur perilaku orang atau kelompok terkait dengan apa yang benar atau salah. Etika menetukan standar sejauh mana sesuatu dalam tingkah laku dan pengambilan keputusan dianggap baik dan buruk. Etika berhubungan dengan nilai- nilai internal yang merupakan sebagian dari budaya organisasi dan membentuk keputusan mengenai tanggung jawab sosial yang berkaitan dengan lingkungan eksternal. Buku ini merupakan hasil perenungan yang dalam berkaitan dengan pengelolaan terhadap hidup, bahwa sesungguhnya segala tindakan manusia memiliki aturan atau rambu-rambu yang harus ditaati. Etika Manajemen Islam, selain mengatur rambu-rambu kehidupan agar sampai pada tujuan, menyadarkan pada kita bahwa hidup harus diorientasikan kepada Tuhan. Pelaksanaan kehidupan didasarkan pada Etika Manajemen Islam merupakan tanggung jawab tauhid umat Islam untuk menyeimbangkan (equalibrium) jiwa kemanusiaannya.

Akhlâq Îslâm wa Sufiyyâh, Cairo: Maktâb al-Sa'âdah. Amin, Ahmad, 1995. Etika (Ilmu Akhlak). Terj. Farid Ma'ruf, Jakarta: Bulan Bintang. Anis, Ibrahim, 1972. Al-Mu'jam al-Wasît, Cairo: Dâr al-Ma'rîf. An-Nahlawi, A. 1995.

Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan tantangan bagi organisasi, baik organisasi sektor publik maupun sektor bisnis. Perkembangan teknologi berdampak pula pada pekerjaan bidang administrasi perkantoran. Agar organisasi dapat bersaing, bertahan, serta berkelanjutan, maka organisasi harus menyusun strategi agar dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi tersebut. Pemanfaatan teknologi yang terus mengalami evolusi akan memberikan hasil yang Iebih berdaya guna serta berhasil guna bagi organisasi nantinya. Perkembangan teknologi, menuntut pekerja di bidang administrasi menguasai sejumlah kompetensi. Kompetensi yang harus dikuasai oleh pengelola dan pelaku bidang administrasi perkantoran professional mencakup: pengoperasian komputer, internet, komunikasi, kemandirian, pengetolaan database, perencanaan sumber daya organisasi, pengelolaan media sosial, dan berfokus pada pencapaian tujuan organisasi. Pengelola pekerjaan kantor dituntut memiliki kemampuan berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik dan memahami teknologi digital. Oleh karena itu, buku ini disusun sebagai sarana pengayaan pengetahuan serta keterampilan di bidang administrasi perkantoran dengan berbasis teknologi informasi yang terdiri dari 14 bab yaitu Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi informasi, Organisasi Perkantoran Modern, Perencanaan Pekerjaan Perkantoran, Proses Bisnis Administrasi Perkantoran, Korespondensi Bisnis, Laporan Bisnis, Pengelolaan Arsip Elektronik, Pengelolaan Data dan Informasi, Sistem informasi Perkantoran, Sarana dan Prasarana Kantor, Lingkungan Kantor, Otomatisasi Perkantoran dan Virtual Office, Pengawasan dan Pengarahan Perkantoran, serta Efisiensi Kerja Perkantoran. Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain, manajer perusahaan bisnis, pustakawan, dan arsiparis tentang Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi maupun siapapun pekerja yang memanfaatkan administrasi perkantoran sebagai pedoman dalam pengelolaan administrasi perkantoran sebuah perusahaan bisnis, instansi, kantor, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain; serta berbagai sumber informasi untuk penguasaan keterampilan dalam administrasi perkantoran.

Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan ...

Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan Pengembangannya

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum. Buku ini terbagi menjadi dua pembahasan umum, yaitu: kurikulum secara makro dan kurikulum secara mikro. Materi pada kurikulum secara makro terdiri dari enam bab pembahasan, yakni: (1) hakikat kurikulum; (2) landasan pengembangan kurikulum; (3) prosedur pengembangan kurikulum; (4) kurikulum sekolah dasar sebelum KBK; (5) KTSP tingkat sekolah dasar; serta (6) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tingkat sekolah dasar. Materi pada kurikulum secara mikro terdiri dari lima bab pembahasan, yakni: (1) program pembelajaran; (2) rencana pembelajaran; (3) penyusunan alat evaluasi; (4) pemilihan media, bahan dan sumber belajar; serta (5) pemilihan metode dan perancangan kegiatan pembelajaran. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum.

Islamic Social Finance

Waqf, Endowment, and SMEs

Islamic Social Finance provides an introduction to the Waqf system, which has played a significant socio-economic role throughout the history of Islamic civilization. In a contemporary framework, Waqf creates new networks between micro-entrepreneurs, Small and Medium Sized Enterprises (SMEs), and entrepreneurship through voluntary donations made by individuals in a society. In other contexts, Waqf supports the financial system and contributes to the UN sustainable development goals (SDGs).

First, it introduces the definitions of waqf and the practices of waqf. ... properties, agriculture, tourism, Islamic Social institutions, the health industry, Real Estate Investment Trust (REIT), and financial technology (Fintech).

PAI Interdisipliner

Layanan Khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi IMTAQ & IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum berbasis Karakter

Proses pendidikan membutuhkan kesiapan semua pihak lembaga pendidikan terutama pihak internal lembaga pendidikan untuk dapat memberikan pelayanan yang relevan dengan kondisi peserta didiknya. Layanan khusus perlu disediakan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus, kenakalan remaja perlu dihadapi dengan strategi pembinaan yang tepat, dikotomi ilmu agama dan umum perlu diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga tidak muncul pemahaman yang terpisah antara keduanya, kekerasan dalam pendidikan perlu dikendalikan sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam, begitupun kurikulum pendidikan pada lembaga pendidikan perlu diarahkan dan diatur agar dapat menumbuhkan karakter-karakter yang baik pada peserta didik. Buku ini, sangat tepat untuk dijadikan referensi bagi para guru dan para pimpinan lembaga pendidikan dalam rangka memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholdersnya yang beranekaragam kebutuhannya agar tetap mendapatkan layanan pendidikan yang berorientasi menjadi manusia yang lebih baik di masanya yang akan datang. Buku PAI interdisipliner: layanan khusus cibi, kenakalan remaja, integrasi imtaq & iptek, pendidikan anti kekerasan, dan kurikulum berbasis karakter ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Sebagai model pelayanan, akselerasi dapat diartikan sebagai model layanan pembelajaran cara lompat kelas, misalnya bagi ... 4Dave Meier, The Accelerated Learning Hand Book, Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan ...

INOVASI PEMBELAJARAN PAI REORIENTASI TEORI APLIKATIF IMPLEMENTATIF

Sebuah inovasi keilmuan sangat dinantikan bagi penggerak perubahan, dikarenakan inovasi menjanjikan kemajuan, mempertahankan eksistensi dan meningkatkan daya saing di tingkat global. Sebaliknya inovasi juga merupakan musuh terbesar bagi para penyanjung masa lalu sebab selama ini telah merasa dalam zona nyaman serta seolah pembaharuan hanya akan menghadirkan ancaman bagi bangunan keilmuan yang telah berdiri kokoh. Dengan demikian, buku Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Reorientasi Teori yang Aplikatif berikut dengan contoh yang Implementatif ini dihadirkan untuk menengahi antar kubu, baik kubu pro inovasi maupun kubu yang kontra akan inovasi. Karena sejatinya sebuah inovasi merupakan upaya mempertahankan kematangan ilmu Pendidikan Agama Islam (PAI) sekaligus mengembangkannya agar tetap mampu beradaptasi di tengah-tengah samudra ilmu Pendidikan yang dinamis. Buku ini menghadirkan hasil analisis inovatif dan holistik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, Tantangan dunia pendidikan dan implikasinya terhadap pengembangan inovasi, Strategi Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI, Kedua, Proses Inovasi Pendidikan dan pembeajaran PAI (Difusi dan Diseminasi inovasi, proses keputusan inovasi, Proses Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI, Ketiga, Inovasi Paradigma Dan kelembagaan pendidikan Islam, Keempat, Model-Model Inovasi pengembangan Kurikulum PAI, Kelima, Inovasi pengembangan Strategi Pembelajaran PAI, Keenam, Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran PAI, Ketujuh, Inovasi pengembangan pendekatan Pembelajaran PAI, Kedelapan, Inovasi Pengembangan Metode Pembelajaran PAI, Kesembilan, Inovasi Pengembangan Teknik Pembelajaran PAI, Kesepuluh, Inovasi Pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Integrasi Akhlak Mulia. Kesebelas, Inovasi pengembangan evaluasi/ penilaian pendidikan dan pembelajaran PAI. Keduabelas, Model-Model Inovasi Pengembangan Lingkungan Belajar PAI. Dan Ketigabelas Inovasi Pengendalian mutu pembelajaran PAI.

J.W. Cresswell, Research: Planning, Conductioning, and Evaluating Quantitative and Qualitativve Research, New York: Pearson Merril Prentice Hall, 2012 Jones, L. What Does Spirituality in Education Mean ? What Does Spirituality in ...