Sebanyak 313 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN KEUANGAN

Syukur Alhamdulillah kepada Tuhan YME atas lindungan dan rahmat-Nya karena para penulis dari berbagai Perguruan Tinggi dan Instansi kembali mampu menyelesaikan naskah kolaborasi dengan Judul “Manajemen Keuangan”. Yang melatarbelakangi penerbit mengadakan kegiatan Menulis Kolaborasi adalah untuk membiasakan Dosen dan Guru menulis sesuai dengan rumpun keilmuannya. Buku dengan judul Manajemen Keuangan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Sumber Dana Jangka Pendek, 2) Sumber Dana Jangka Panjang, 3) Leasing vs Borrowing, 4) Biaya Modal, 5) Penilaian Obligasi, 6) Penilaian Saham, 7) Analisis Leverage, 8) Teori Struktur Modal, 9) Kebijakan Dividen. Akhir kata Dengan terbitnya buku ini, harapan penerbit ialah menambah Khazanah Keilmuan dibidang Pendidikan dan dapat dinikmati oleh kalangan pembaca baik Akademisi, Dosen, Peneliti, Mahasiswa atau Masyarakat pada Umumnya.

Buku dengan judul Manajemen Keuangan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

LEMBAGA KEUANGAN BANK & NON BANK

Pada umumnya, setiap orang pasti tahu pengertian fungsi Bank adalah tempat menabung, menyimpan uang atau harta benda penting, serta tempat dimana kita dapat meminjam sejumlah uang dengan persyaratan tertentu. Berdasarkan hal tersebut maka Istilah Lembaga keuangan diartikan sebagai perusahaan yang berkombinasi dengan berbagai sumber daya ekonomi (resources) seperti alam, tenaga kerja, modal, dan manajemen (managerial skill) dalam memproduksi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu. Berdasarkan UU RI NO. 10 Tahun 1998: Bank adalah Badan usaha yg menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Sedangkan Lembaga Keuangan non-BANK berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/I97 yang menjelaskan bahwa Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah semua lembaga (badan) yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga, kemudian menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan. Oleh Maka dari itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang Lembaga keuangan, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang Lembaga keuangan.

Sedangkan Lembaga Keuangan non-BANK berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/I97 yang menjelaskan bahwa Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah semua lembaga (badan) yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan ...

BAHAN AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARA

Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Perencanaan pembelajaran menekankan kepada proses penyusunan pedoman pembelajaran dalam rangka menerjemahkan kurikulum yang berlaku. Penulisan Bahan Ajar ini bersifat kompilasi dari berbagai buku sumber yang dipergunakan. Oleh karena itu Tim Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu penulis buku teks yang buah pikirannya kami gunakan, khususnya Bapak Prof. DR Wina Sanjaya penulis buku berjudul “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”. Tujuan Bahan ajar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengatasi keterbatasan kemampuan dan biaya dalam pengadaan buku-buku literature serta mudah-mudahan dapat memotivasi mahasiswa mendalami dalam merancang pembelajaran lebih lanjut, sehingga dapat mencapai tujuan.

Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Buku Sebagai Bahan Ajar: Sebuah Perbandingan Buku Teks Bahasa Inggris di Indonesia dan di Thailand

“Kekaguman saya lebih pada proses bagaimana buku ini menjadi. Perjalanan penulis saat KKN-PPL di Thailand benar-benar dimanfaatkan dengan terobosan yang cukup nekat. Pada umumnya penunjang bahan ajar pembelajaran bahasa Inggris di negara berkembang merujuk kepada bahan ajar dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Berbeda dengan penulis, ia melakukan studi untuk keperluan perbaikan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, di Indonesia dari negara yang sama-sama tengah berkembang, Thailand. Jawaban yang tidak akan anda temukan kecuali dengan membaca buku ini!” Drs. Edi Hendri Mulyana, M.Pd. Ketua Prodi PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya “Buku ini merupakan muara kegiatan akademik, yakni diseminasi dan publikasi hasil penelitian,” Seni Apriliya, M.Pd. Dosen Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya “Tujuan merevisi sebuah buku teks adalah untuk membuatnya menjadi alat mengajar yang lebih baik lagi bagi para dosen/ guru, dan alat belajar yang lebih baik dan menarik bagi mahasiswa/ siswa”. Elizabeth Bergner Hurlock Pakar Psikologi Perkembangan

“Kekaguman saya lebih pada proses bagaimana buku ini menjadi.

TEKA TEKI SILANG: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VI SD SEMESTER I

Buku ini terdiri dari 5 pembelajaran, yaitu pembelajaran 1 (Indahnya Saling Menghormati), pembelajaran 2 (Ketika Bumi Berhenti Berputar), pembelajaran 3 (Indahnya Nama-Nama Allah Swt.), pembelajaran 4 (Ayo Membayar Zakat), pembelajaran 5 (Keteladanan Rasulullah saw. dan Para Sahabatnya). Dalam setiap pembelajaran terdiri dari beberapa sub pembelajaran. Melalui teka teki silang (TTS) ini siswa mampu mengukur sendiri kompetensi yang sudah dikuasainya setelah mengikuti proses pembelajaran. Buku teka teki silang ini yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan kurikulum 2013 yang disempurnakan. Buku teka-teki silang ini mengedepankan pencapaian kompetensi siswa, dan sesuai dengan buku guru dan buku siswa revisi 2018 karena hanya sebagai salah satu penunjang, buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik.

Buku ini terdiri dari 5 pembelajaran, yaitu pembelajaran 1 (Indahnya Saling Menghormati), pembelajaran 2 (Ketika Bumi Berhenti Berputar), pembelajaran 3 (Indahnya Nama-Nama Allah Swt.), pembelajaran 4 (Ayo Membayar Zakat), pembelajaran 5 ...

BLENDED LEARNING

Pengembangan dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika

Pendidikan yang berkualitas, haruslah ditunjang oleh guru yang berkualitas. Blended learning perlu dikuasai tenaga pengajar, karena memfasilitasi keanekaragaman gaya belajar peserta didik, baik secara tatap muka/luring, daring, maupun praktik. Secara spesifik, terdapat poin kunci yang hendak penulis kupas dalam buku ini, yakni tentang bagaimana mengembangkan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan pencapaian konsep matematika yang memenuhi kriteria layak pada siswa kelas X SMA. Serta, terkait dengan bagaimana hasil pengembangan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan pencapaian konsep matematika yang memenuhi kriteria efektif pada siswa kelas X SMA. Dengan basis riset yang ketat, pembaca akan disuguhkan dengan data-data aktual sekaligus analisis yang tajam, sehingga kedepannya, dapat kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh semua kalangan pemerhati pendidikan. Penulis berharap, buku ini dapat menjadi salah satu referensi penting dalam kaitannya memenuhi tuntutan perkembangan teknologi pembelajaran, di mana senantiasa diperlukan pengembangan teknologi pembelajaran, demi mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, buku ini diharapkan dapat memfasilitasi tenaga pengajar dan mahasiswa yang menaruh minat pada upaya pengembangan model pembelajaran Blended Learning, baik dalam pembelajaran matematika, atau mata pelajaran lainnya.

Blended learning perlu dikuasai tenaga pengajar, karena memfasilitasi keanekaragaman gaya belajar peserta didik, baik secara tatap muka/luring, daring, maupun praktik.

MONOGRAF PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pada monograf ini juga disajikan telaah tentang kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapatkan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK baik secara keseluruhan, ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis, ditinjau dari Self-Renewal Capacity maupun ditinjau dari perspektif gender.

Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.

Metode Penelitian Ekonomi Islam

Sistematika buku “Metode Penelitian Ekonomi Islam” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN EKONOMI ISLAM BAB 4 PENELITIAN DALAM BIDANG EKONOMI ISLAM BAB 5 OBJEK PENELITIAN EKONOMI ISLAM ATAU MUAMALAH BAB 6 PERUMUSAN MASALAH BAB 7 PENYUSUNAN HIPOTESIS BAB 8 TINJAUAN PUSTAKA BAB 9 TEKNIK PENGUMPULAN DATA BAB 10 PENGOLAHAN DATA BAB 11 PENYAJIAN LAPORAN HASIL PENELITIAN BAB 12 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : BANK Syariah BAB 13 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : ZAKAT BAB 14 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM: WISATA HALAL

Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH ...

NARASI VISUAL DIBALIK MOTIF BATIK PURWAKARTA

Pemerintah daerah banyak mencanangkan daerahnya menjadi daerah penghasil batik dan salah satunya adalah Purwakarta yang terus menggali potensi lokalnya menjadi gagasan karya seni batik. Berbagai motif yang dirancang dapat diapresiasi melalui buku monograf ini sekaligus olah motif dengan menggali potensi lokal yang menjadi keunggulan daerah. Berbagai motif yang dirancang dapat dimanfaatkan oleh wilayah pembatikan di Indonesia, sekaligus diharapkan dapat membantu upaya industri kreatif dalam mengembangkan motif batik.

Gambar 5 Motif Lauk Situ Buleud Dokumentasi: Tim Peneliti 2021 Gambar 6 Taman Air Mancur Sri Baduga Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3114558/taman-air-mancursri-baduga-tonggak-sejarah-kebangkitan-sunda Gambar.