Buku ini berisikan pencerahan dari benang yang kusut bagi para pemeluk agama, agar tidak terjadi konflik dan saling curiga dalam mengamalkan sebuah ajaran agama yang di anutnya. Lebih –lebih Islam yang dibawakan oleh Rasulullah SAW sebagai agama yang rahmatan lil’alamin, memberikan kebaikan dan pencerahan semua makhluk di alam semesta, termasuk terhadap benda mati maupun benda hidup. Mempelajari dan memahami ajaran Islam secara komprehensif serta mengimplementasikan secara proporsional inilah yang dapat menjadikan radikalisme menjadi positif, baik dan bermanfaat bagi sesama.
Buku ini berisikan pencerahan dari benang yang kusut bagi para pemeluk agama, agar tidak terjadi konflik dan saling curiga dalam mengamalkan sebuah ajaran agama yang di anutnya.
“Problematika yang dihadapi guru saat pembelajaran berlansung adalah perilaku anak yang masih sulit untuk dikendalikan/kesiapan untuk belajarnya dan siswa tarsebut masih ada yang sulit dalam hal membaca, menulis dan berhitung.
Dalam buku ini disampaikan bagaimana seorang pengajar berperan membantu para siswa SMP untuk belajar menyusun kalimat efektif dalam menulis, sehingga para siswa menyampaikan ide gagasannya dalam bentuk tulisan. Pengajar merupakan orang yang sangat berperan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran. Kelas terdiri atas sejumlah siswa yang dibimbing oleh pengajar atau guru melalui pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa untuk dapat mencari, mengolah, dan memiliki ilmu yang dipelajarinya. Dalam hal ini khususnya ilmu keterampilan berbahasa.
Dalam buku ini disampaikan bagaimana seorang pengajar berperan membantu para siswa SMP untuk belajar menyusun kalimat efektif dalam menulis, sehingga para siswa menyampaikan ide gagasannya dalam bentuk tulisan.
Pembelajaran sejarah dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Oleh karena itu perubahan pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan. Sejarawan Inggris bernama Arnold Joseph Tonybee dikenal dengan teori challenge and respons mengatakan setiap gerakan sejarah timbul karena ada rangsangan, sehingga akan muncul reaksi yang melahirkan perubahan. Begitu juga dalam pembelajaran sejarah di era digital juga mengalami perubahan. Teknologi digital dalam dunia pendidikan telah memberikan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh guru. Salah satu peluang untuk mengikuti perkembangan teknologi digital adalah mengembangkan bahan ajar web. Bahan ajar berbasis web adalah bahan ajar yang dikemas dengan menggunakan media website. Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017. Pada tahun 2020 Covid-19 telah melanda di Indonesia menjadikan perubahan pembelajaran dari tatap muka ke daring (dalam jaringan). Dengan buku ini kita dapat mengembangkan inovasi pembelajaran daring dengan media web
Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017.
Pemerintah daerah banyak mencanangkan daerahnya menjadi daerah penghasil batik dan salah satunya adalah Purwakarta yang terus menggali potensi lokalnya menjadi gagasan karya seni batik. Berbagai motif yang dirancang dapat diapresiasi melalui buku monograf ini sekaligus olah motif dengan menggali potensi lokal yang menjadi keunggulan daerah. Berbagai motif yang dirancang dapat dimanfaatkan oleh wilayah pembatikan di Indonesia, sekaligus diharapkan dapat membantu upaya industri kreatif dalam mengembangkan motif batik.
Gambar 5 Motif Lauk Situ Buleud Dokumentasi: Tim Peneliti 2021 Gambar 6 Taman Air Mancur Sri Baduga Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3114558/taman-air-mancursri-baduga-tonggak-sejarah-kebangkitan-sunda Gambar.
Tengah, khususnya di sekolah kami. Peningkatan kemampuan menulis laporan PTK masih sangat diperlukan oleh guru dalam rangka memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik serta mewujudkan peningkatan mutu pendidikan. Penulisan laporan PTK di sekolah masih sangat perlu ditingkatkan sesuai dengan amanat Permenpan dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bahwa salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat atau jabatan adalah melalui publikasi ilmiah diantaranya PTK. Melalui Penelitian Tindakan Sekolah ini penulis berharap dapat memberikan sumbangan bagi peningkatan kemampuan para guru di sekolah kami dalam menyusun laporan penelitian tinndakan kelas