Sebanyak 37 item atau buku ditemukan

NEOBEL (New era of Blended Learning): Upaya Recovery Pandemic Covid-19 di Sekolah Dasar

Buku ini dikembangkan dengan mengacu pada kebutuhan mendesak para pendidik di satuan pendidikan sekolah dasar terhadap model pembelajaran yang efektif selama Pandemic Covid-19. Efektif yang dimaksud adalah mampu mengatasi learning loss peserta didik dan dapat dilaksanakan secara maksimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Buku ini memuat latar belakang dikembangkannya NEOBEL (New Era of Blended Learning), tujuan pengembangan NEOBEL, teori yang mendasari dikembangkannya NEOBEL, struktur NEOBEL, dan tahapan pelaksanaan NEOBEL.

Buku ini dikembangkan dengan mengacu pada kebutuhan mendesak para pendidik di satuan pendidikan sekolah dasar terhadap model pembelajaran yang efektif selama Pandemic Covid-19.

PEMBELAJARAN MODEL CAMPURAN (BLENDED LEARNING) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Buku “Pembelajaran Model Campuran (Blended Learning) dalam perspektif Al-Quran” ini menghadirkan penerapan pembelajaran e-learning yang dilakukan secara blended (campuran) tanpa mengurangi mutu belajar. Dalam buku ini juga dijelaskan arsitektur e-learning dan blended learning beserta contoh aplikasi berbasis web maupun android agar dapat dengan mudah dipahami oleh guru. Tentu saja untuk menjalankan pembelajaran berbasis elektronik dibutuhkan penguasaan peralatannya dan mengadakan pelatihan agar nantinya dapat mengajarkan juga kepada peserta didik.

Penekanan definisi untuk pendapat di atas untuk e-learning terdapat pada electronic based sedangkan penekanan definisi pada pendapat yang lain terletak pada internet based. Maka dapat disimpulkan bahwa e-learning adalah pembelajaran ...

DESAIN DAN IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING

Integrasi Teknologi dan Pedagogi

Blended learning mulai dikenal setelah ditemukan kelemahan pada pertemuan tatap muka dan kelemahan pada online learning oleh Bersin pada penelitiannya tahun 2004. Selanjutnya, dikembangkan pembelajaran yang mengombinasikan pertemuan tatap muka dan online learning yang kemudian dikenal dengan istilah blended learning. Blended learning dikembangkan dengan berbagai model, yaitu face-to-face driver model, rotation model, flex model, online lab model, self-blend model, dan driver model online. Pada setiap model tersebut, metode diskusi masiv digunakan oleh pendidik dalam memfasilitasi pembelajar untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode diskusi dalam blended learning ini diterapkan mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Metode diskusi dipilih dalam blended learning karena memiliki rangkaian aktivitas belajar yang memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk terlibat secara aktif. Dalam perspektif pembelajar Abad 21, pembelajaran seharusnya bersifat konstruktivis yang bermakna bahwa dengan partisipasi pembelajar secara aktif pada setiap kegiatan yang relevan dengan tujuan pembelajaran dapat membantu pembelajar membangun pengetahuan dan pengalaman baru. Buku yang ada pada tangan pembaca saat ini, memaparkan konsep, prinsip, dan prosedur berdiskusi, dan formulasi standar kualitas diskusi dalam blended learning. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian selama 2 tahun yang didukung oleh artikel ilmiah yang relevan baik nasional maupun internasional. Buku ini sangat bermanfaat bagi pendidik dan pembelajar baik pada pendidikan dasar, menengah, dan tinggi sebagai upaya mengoptimalkan kegiatan diskusi dalam blended learning

Blended learning mulai dikenal setelah ditemukan kelemahan pada pertemuan tatap muka dan kelemahan pada online learning oleh Bersin pada penelitiannya tahun 2004.

Perpaduan Pembelajaran Blended Learning Secara Daring dan Tatap Muka pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2022

Buku ini ditulis dari pengalaman melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi. Pada saat pandemi guru dan siswa dilarang bertemu di sekolah karena dikhawatirkan menjadi tempat penularan penyakit. Untuk mengatasinya menggunakan blended learning. Perkembangan teknologi (TIK) membuat marak pembelajaran jarak jauh atau daring. Maka marak dan bekerja keras pegiat pembelajaran mempelajari TIK agar dapat digunakan untuk pembelajaran. Setelah pandemi berakhir pegiat pembelajaran merasa bahwa blending learning masih dapat dijalankan. Blended learning membuat pembelajaran lebih beraneka ragam dan pelaksanaanya dapat dibantu oleh siapa saja, dengan siapa saja, belajarnya kapan saja dan tempatnya di mana saja.

Buku ini ditulis dari pengalaman melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi.

Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Teknologi dalam pembelajaran yang dipelajari beberapa tahun yang lalu mulai tergantikan dengan teknologi yang baru termasuk berbagai cara pembelajaran secara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Bentuk pengembangan teknologi informasi di era digital dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah menggunakan model blended learning. Blended learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran yang inovatif tersebut. Blended learning merupakan suatu model pembelajaran dengan menggabungkan model pembelajaran secara tatap muka di kelas sekaligus pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya pembelajaran secara online. Model cased based learning ini cocok digunakan pada pembelajaan berbasis blended learning di kurikulum merdeka. Pembahasan buku ini dibagi dalam empat bab: Bab 1 Model Cased based Learning Bab 2 Blended Learning Bab 3 Kurikulum Merdeka Bab 4 Model case based learning pada pembelajaran blended learning

Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa.

Model Pembelajaran Blended Learning Materi Kubus dan Balok

Buku ini merupakan sebuah hasil penelitian dosen pemula pada tahun 2022, yang membahas proses pembelajaran matematika yang tidak membosankan. Belajar matematika dengan menggunakan model blended learning. Model pembelajaran ini berbasis teknologi, yaitu yang menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring. Buku ini membahas tentang model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok. Materi kubus dan balok merupakan pelajaran matematika yang dimulai dari sekolah dasar sampai sekolah tingkat tinggi. Oleh karena itu penulis menulis buku dengan judul model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok. Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat memotivasi siswa belajar matematika.

Model pembelajaran ini berbasis teknologi, yaitu yang menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring. Buku ini membahas tentang model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok.

Model pembelajaran blended learning berpadukan project based learning dalam mata kuliah menulis ilmiah

Cara-cara baru yang dikembangkan untuk mengintegrasikan pengajaran konvensional dan pendekatan berbasis teknologi telah muncul dalam upaya untuk mengatasi beragam pelajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan pembelajaran blended learning.

Cara-cara baru yang dikembangkan untuk mengintegrasikan pengajaran konvensional dan pendekatan berbasis teknologi telah muncul dalam upaya untuk mengatasi beragam pelajar.

Blended Learning: Educational Innovation for Personalized Learning

12th International Conference, ICBL 2019, Hradec Kralove, Czech Republic, July 2–4, 2019, Proceedings

This book constitutes the refereed proceedings of the 12th International Conference on Blended Learning, ICBL 2019, held in Hradec Kralove, Czech Republic, in July 2019. The 28 papers presented were carefully reviewed and selected from 80 submissions. The papers are organized in topical sections named: personalized and adaptive learning; content development for blended learning; experience in blended learning; analytics and evaluation for blended learning; open educational resources; and pedagogical and psychological issues.

For example, imitation in primitive society, class teaching in the printing era, distance education in the electronic communication era, blended learning and personalized learning in the digital era. Whatever imprints of learning ...