Sebanyak 258 item atau buku ditemukan

Ekonomi Syariah

Studi ekonomi syariah juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan rancangan kebijakan publiK terkait syariah, bagi pemangku kebijakan ekonomi dalam suatu negara. Pembuat kebijakan tersebut memerlukan kajian ini dalam merumuskan kebijakan-kebijakan modern yang sesuai syariah. Dalam buku ini memuat materi-materi terkait ekonomi syariah secara lebih terperinci dan ringkas, dengan landasan dari Alquran dan Alhadits, serta memudahkan pembaca dalam memahami tiap-tiap kandungan dari buku ini dengan membahas beberapa kajian di antaranya : Bab 1 Konsep dasar ekonomi Syariah Bab 2 Pemikiran/ mazhab ekonomi syariah Bab 3 Filsafat ekonomi Syariah Bab 4 Dasar hukum dan metode pengembangan ekonomi syariah dan sistem ekonomi Islam Bab 5 Konsep kebutuhan, konsumsi dalam Islam Bab 6 Konsep kepuasan dan rasionalitas konsumen dalam Islam Bab 7 Teori produksi dalam Islam Bab 8 Prinsip distribusi pendapatan kepada pemilik faktor produksi menurut Islam Bab 9 Mekanisme pasar menurut Islam Bab 10 Struktur pasar menurut Islam

Studi ekonomi syariah juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan rancangan kebijakan publiK terkait syariah, bagi pemangku kebijakan ekonomi dalam suatu negara.

PENDIDIKAN KARAKTER

Buku ini tersusun dalam beberapa bagian, sebagai berikut : Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 2 : Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bab 3 : Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Bab 4 : Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Bab 5 : Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Bab 6 : Pendidikan Karakterdi Pondok Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Arqom Garut Bab 7 : Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Bab 8 : Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Bab 9 : Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus di SLB Negeri Garut Kota Bab 10 : Pendidikan Karakter Era Milenial

Buku ini tersusun dalam beberapa bagian, sebagai berikut : Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 2 : Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bab 3 : Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Bab 4 : Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Bab 5 ...

Pengembangan dan Budaya Organisasi

Organisasi adalah merupakan suatu bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama-sama secara efisien dan efektif melalui kegiatan yang telah ditentukan secara sistematis dan di dalamnya ada pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas dalam mencapai tujuan. Pengertian organisasi secara umum adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Buku ini terdiri dari 11 (sebelas) bab, yaitu : Bab 1 Perilaku Budaya Dan Organisasi Bab 2 Pendekatan Dan Ruang Lingkup Perilaku Organisasi Bab 3 Hubungan Individu Dan Retensinya Bab 4 Kepribadian Dan Tipologi Pekerjaan Bab 5 Teori Motivasi Kerja Bab 6 Membangun Manajemen Partisipatif Bab 7 Kelompok Dalam Organisasi Bab 8 Teori Komunikasi Bab 9 Kepemimpinan Dan Manajemen Bab 10 Kepemimpinan Transformasional Bab 11 Kepemimpinan Dan Kekuasaan

Organisasi adalah merupakan suatu bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama-sama secara efisien dan efektif melalui kegiatan yang telah ditentukan secara sistematis dan di dalamnya ada pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang ...

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Evaluasi Pembelajaran, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh soal yang sesuai dengan aplikasi dan mudah dipahami. Sistematika buku ini dengan judul “Evaluasi Pembelajaran” mengacu pada konsep dan contoh soal pembahasan. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar Evaluasi Pembelajaran untuk para pendidik diantaranya: Konsep Pengukuran, penilaian dan evaluasi, Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran, Acuan dan Aspek hasil belajar, mendeskriptifkan penilaian tes dan non tes, analisis teoritis, validitas soal secara manual, excel dan SPSS, Reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal, penilaian keterampilan, mengolah hasil tes, prosedur administrasi dan pelaopran hasil pengukuran dan penilaian, kompetensi guru dalam pengukuran dan penilaian Pendidikan.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Evaluasi Pembelajaran, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi ...

TEORI – TEORI BELAJAR

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Hakikat Belajar, 2) Jenis-Jenis Dan Prinsip Belajar, 3) Asas-Asas Pembelajaran, 4) Masalah-Masalah Belajar, 5) Ruang Lingkup Teori Belajar, 6) Urgensi Teori Belajar, 7) Teori Behavioristik, 8) Teori Kognitif, 9) Teori Konstruktivistik, 10) Teori Sosiokultural, 11) Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), 12) Teori Humanistik, 13) Teori Belajar Pemrosesan Informasi, 14) Teori Belajar Neuroscience, 15) Motivasi Belajar, 16) Gaya Belajar

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Pengembangan booklet sebagai sarana edukasi tumbuh kembang anak berbasis masyarakat

PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI SARANA EDUKASI TUMBUH KEMBANG ANAK BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN KOTAANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO Dari hasil studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa anak usia dini di Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo mengalami berbagai permasalahan dalam hal perkembangan. Dari hasil analisis terhadap 27 orang anak yang tersebar di Kecamatan Kotaanyar, didapat setidaknya 8 problem fisik motorik, 9 problem kognitif, 11 problem bahasa, dan 11 problem sosio emosional. Oleh karenanya dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sarana dan sumber informasi untuk mendukung program edukasi berbasis masyarakat dalam bentuk booklet. Booklet yang dimaksud dalam penjelasan di atas berisi berbagai sumber informasi dan edukasi terkait permasalahan dalam perkembangan anak dan solusinya. Selain berpusat pada permasalahan-permasalahan yang ditemukan di lapangan, peneliti mengembangkan konten edukasi sampai pada bentuk-bentuk permasalahan perkembangan anak usia dini yang lebih kompleks. Sajian dwibahasa diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang dibidik untuk dapat memahami konten booklet. Dengan pertimbangan ini maka booklet hasil pengembangan penelitian ini dikembangkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Madura. Terkait gaya berliterasi, masyarakat Kecamatan Kotaanyar membutuhkan pengarahan khusus dalam mendorong kemauan mereka untuk mempelajari konten program edukasi berbasis masyarakat ini. Untuk itu booklet yang telah dikembangkan oleh peneliti akan ditempatkan pada lokasi-lokasi di mana masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga, atau yang memiliki anak usia dini, biasa berkumpul.

MELATIH KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK Ayah bunda bisa memulai melatih kemampuan sosial emosional anak dengan melatih rasa percaya diri anak.Misal dengan ajak anak untuk memperkenalkan diri pada teman yang baru ditemui.

Manajemen Pendidikan Islam

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan dalam bidang manajemen Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Pendidikan Islam. Sistematika buku Manajemen Pendidikan Islam ini disajikan dalam berbagai aspek kehidupan di sebuah lembaga pendidikan yang mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Personalia Pendidikan Islam, Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Manajemen Keuangan Pendidikan Islam, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Manajemen Perubahan Pendidikan Islam, Manajemen Konflik Pendidikan Islam, Manajemen Pesantren, Manajemen Madrasah, Manajemen Perguruan Tinggi Islam

menghidupkan ekonomi masyarakat (Baharuddi,2021:50). ... tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 48 menyatakan bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik.

Statistika Matematika dengan Pendekatan Terapan

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut. Pada bagian awal disajikan materi mengenai konsep dan sifat-sifat sebaran peluang bersama bagi dua variabel acak, diskrit maupun kontinyu. Konsep penurunan fungsi peluang marginal dari fungsi peluang marjinal dibahas setelahnya untuk selanjutnya digunakan di dalam perhitungan peluang bersama, peluang marjinal, peluang bersyarat, nilai harapan dan sifat-sifat kebebasan antarvariabel acak tersebut. Konsep fungsi peluang bersama dari dua variabel kemudian dikembangkan menjadi fungsi peluang bersama untuk n variabel, yang digunakan untuk membahas teori mengenai setoran penarikan sampel. Dibahas pula materi mengenai sebaran normal bivariat dan sifat-sifatnya sebagai salah satu sebaran peluang yang paling sering digunakan dalam terapannya. Semua pembahasan di dalam buku ini tidak hanya meliputi aspek teori akan tetapi juga diberikan interpretasi secara terapan untuk mempermudah pemahaman pembaca.

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut.