Sebanyak 313 item atau buku ditemukan

Memahami Biaya Pembangkit Listrik untuk Penelitian Bidang Manajemen Keuangan

Memahami Biaya Pembangkit Listrik untuk Penelitian Bidang Manajemen Keuangan. Energi memainkan peran penting dalam masyarakat, yang menopang semua bidang kegiatan ekonomi. Dampak ekonomi dari berfluktuasinya harga menjadi signifikan karena mendorong pemerintah untuk memastikan bahwa sumber energinya aman, andal, dan tersedia dengan harga wajar. Kebijakan keamanan energi suatu negara umumnya diambil untuk mengurangi risiko gangguan pasokan di bawah tingkat yang dapat ditoleransi. Langkah-langkah seperti itu perlu diseimbangkan untuk memastikan ketersediaan energi yang terjangkau untuk memenuhi permintaan. Keamanan pasokan energi dengan demikian mencakup masalah kuantitas dan harga. Namun, waktu juga merupakan parameter utama, karena kenaikan harga yang tiba-tiba akan memiliki efek yang signifikan bagi masyarakat maupun ekonomi dibandingkan dengan kenaikan harga jangka panjang.

Opsi delivery dan Wild Card Play Treasury bond berjangka bahwa salah satu menu treasury bond yang dapat di delivery untuk memenuhi kewajiban pada obligasi memberikan keuntungan kepada penjual kontrak futures berjangka.

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan

Kehadiran Buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Manajemen Keuangan. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen keuangan, Pasar Uang, Analisis Laporan Keuangan, Perencanaan Keuangan, Analisis Titik Impas, Pendanaan Jangka Panjang, Pendanaan Jangka Pendek, Manajemen Modal Kerja, Manajemen Kas dan Surat Berharga, Manajemen Piutang, Manajemen Persediaan, Manajemen Keuangan Internasional, Kebijakan Deviden, dan ditutup dengan bab terakhir yaitu mengenai Restrukturisasi Keuangan.

Treasury Bills (T-Bills) Choudhry (2001) menjelaskan bahwa treasury bills atau T-bills adalah surat utang dari pemerintah yang berjangka pendek atau sekitar 3 bulan saja. Kasmir (2008) mendefinisikan treasury bills sebagai instrumen ...

Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi

Sistematika penyusunan buku ini terdiri atas dua puluh satu bab dengan judul Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Setiap bab membahas secara rinci materi yang terdiri dari konsep dasar manajemen keuangan; pendekatan dan perkembangan manajemen keuangan; pasar keuangan dan perusahaan; agency theory; nilai waktu dari uang, penilaian sekuritas; penerapan akuntansi untuk pengambilan keputusan; rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas; analisis sumber dan penggunaan dana; tingkat suku bunga; saham dan obligasi; manajemen kas; manajemen piutang; manajemen persediaan barang; aktiva lancar dan struktur hutang; investasi modal; risiko dalam investasi; pendanaan perusahaan dan efisiensi pasar modal; kebijakan dividen; analisa break even point; serta merger dan akuisisi.

Saat ini adalah Dosen Tetap Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Mengampu Mata Kuliah Perbandingan Sistem Ekonomi, Perekonomian di Indonesia, Ekonomi Koperasi, ...

DINAMIKA KONSEP DASAR MODEL PEMBELAJARAN

Dinamika perubahan dan pengembangan teoriteori pembelajaran sangat cepat dan sangat produktif, sehingga pembaharuan pendidikan sudah mengalami percepatan siklus dari sepuluh tahunan, pada lima tahunan. Aspek-aspek yang senantiasa menjadi perhatian para akademisi pendidikan antara lain kurikulum, metode dan strategi pembelajaran, penilaian, dan pengolahan pendidikan. Paradigma yang diusung dalam perubahan-perubahan tersebut adalah demokratisasi penyelenggaraan pendidikan yang memperkuat pelibatan siswa, guru, orang tua dan masyarakat dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan. Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Model-Model Pembelajaran

Buku ini disusun oleh para akademisi dan praktisi yang berasal dari berbagai institusi pendidikan. Pada buku ini tidak bermaksud untuk mengungkap secara keseluruhan model-model pembelajaran, tetapi hanya terbatas pada model-model pembelajaran tertentu. Tim penulis berharap buku ini dapat menjadi tambahan referensi dan pembanding bagi para pembaca maupun para insan akademisi yang ingin menerapkan model-model pembelajaran tersebut. Terdapat 10 model pembelajaran yang disajikan pada tiap bab dalam buku ini diantaranya Model Pembelajaran Discovery, Model Pembelajaran Inquiry, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Model Pembelajaran Word Square, Model Pembelajaran Hybrid Learning, dan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE)

Pada buku ini tidak bermaksud untuk mengungkap secara keseluruhan model-model pembelajaran, tetapi hanya terbatas pada model-model pembelajaran tertentu.

An Analysis of Corporate Sukuk Development

In Indonesia and The United Kingdom: Analytic Network Process Approach

Islamic financial concept-based today has developed quite rapidly. One of the role player is the investments instrument such as sukuk or also known as islamic bonds. Sukuk, particularly corporate sukuk, deemed as a source of interest-free fund that could be utilized by any corporation to enhance their existing economic business scale. In fact, the development of Islamic financial instrument gradually happens not only in the Muslim country but also to a country that does not implement Islamic law entirely. As a growing sukuk market, Indonesia and The UK are among countries that have been utilized the benefit of corporate sukuk. Basically this book is trying to portray how the development of corporate sukuk in both these countries. The research shows that academics/experts and practitioners respondents in both countries have relatively similar views on major issues of corporate sukuk development. Beside some minor challenges, both two countries have a major similarity particularly lies in the lack of understanding of the corporate sukuk issuers as well as supporting factors. Therefore there should be a concrete and sustainable effort for the stakeholders to tackle this nice issue.

As a growing sukuk market, Indonesia and The UK are among countries that have been utilized the benefit of corporate sukuk. Basically this book is trying to portray how the development of corporate sukuk in both these countries.

STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI DENGAN MEMANFAATKAN MARKET PLACE MELALUI MEDIA INTERNET (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis)

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang bisnis dan perdagangan. Dengan adanya internet dan ICT proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Market Place mengarah pada pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis (Digital Marketing). Market Place sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online. Market Place atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya. Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis memulai usaha yang baru di BUMDES dengan rasa optimis. Kepala Desa menyatakan bahwa berdasarkan peluang dan potensi Desa Sungai Alam serta membaca peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. BUMDES menjalankan usahanya dengan didukung oleh pemerintah desa dan masyarakat seperti PKK dan pengrajin rumah tangga. Strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Sungai Alam dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet dapat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian desa. Faktor-faktor (penghambat dan pendukung) dalam meningkatkan ekonomi dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet yaitu akses internet, akses internet yang ada di BUMDes sudah sangat membantu dalam proses pemasaran menggunakan media sosial, BUMDes juga sudah merancang Website untuk dijadikan sebagai tempat promosi produk maupun jasa yang dihasilkan BUMDes. Internet yang belum merata disemua wilayah Indonesia menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Faktor logistik menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan E-Commerce dalam pemasaran dan pengiriman barang disebabkan Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga dalam pengiriman barang sering kali terhambat mengingat jarak tempu yang dilalui dalam pengantaran barang ke konsumen sering mengalami gangguan yang menyebabkan keterlambatan barang samapai ke konsumen. Metode pembayaran, untuk metode pembayaran belum begitu mapan dimana transaksi saat pengiriman barang masih banyak yang melakukan Cash on Delivery (COD) yang menyadi pilihan konsumen dalam pembelian produk.

Compas. Last modified 2021. https://compas. co.id/article/perkembangan-e-commerce. Peraturan Pemerintah RI. 2005. “PP RI Nomor 72 Tahun 2005.” 2005, 25-27. Santoso, Rudi. 2020. “Review of Digital Marketing ...

Bahan Ajar Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah

Matakuliah bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena penguasaan atas bahasa Indonesia dapat dijadikan ukuran nasionalisme seseorang sebagai bangsa Indonesia. Selain itu matakuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir ide dan gagasan dalam berkomunikasi kepada pihak lain sehingga terjadi interaksi antar ide daan gagasan yang berkesinambungan dan menghasilkan transfer ilmu dan pengeloaan berjalan secara efektif. Pada semester ini dihasilkan rencana pembelajaran secara rinci, beserta bahan ajar yang kami harapkan. Terampil berbahasa Indonesia dengan benar dan baik, khususnya dalam penyusunan karya ilmiah, harus disokong oleh keterampilan berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan. Untuk mencapai keterampilan tersebut, dirasa sangat perlu ketersediaan buku pedoman yang memadai. Banyak buku yang beredar mengenai ulasan pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik. Akan tetapi, ketersediaan buku acuan yang sudah teramu sesuai dengan kebutuhan pengajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi dirasa masih jarang. Untuk itu, kehadiran buku ini sangat diperlukan untuk tujuan tersebut. Secara spesifik, buku ini terdiri atas 8 bab, yakni (1) sejarah perkembangan bahasa Indonesia (2) ejaan yang disempurnakan, (3) kalimat, (4) paragraf, (5) teknik penulisan karya ilmiah, (6) makalah, (7) reproduksi bacaan, dan (8) proposal penelitian.

Contoh ikhtisar dapat ditemukan dalam penulisan teras berita (lead) di surat kabar, sampul belakang buku, kilasan berita (Utorodewo dkk.2004). Contoh: Empat orang insiyur Indonesia terlibat dalam pembuatan pesawat penumpang Boeing 787 ...

Pintar Bahasa Jepang Super Lengkap

Bahasa Jepang merupakan salah satu satu bahasa asing yang sangat diminati oleh semua orang. Hal ini termotivasi karena film-film atau musik Jepang, atau adanya keinginan bekerja di Jepang, atau karena bidang profesinya yang berkaitan dengan bahasa Jepang. Buku ini hadir sebagai salah satu solusi untuk belajar bahasa Jepang dengan cepat dan mudah. Materi dalam buku ini disajikan secara praktis, sehingga mudah dipelajari dan dipraktikkan. Tema-tema yang disajikan dalam buku ini antara lain: mengenal bahasa Jepang, huruf Jepang, salam, kata kerja, angka dan waktu, kalimat pengandaian, kalimat perintah, kalimat pasif, kalimat majemuk, kata tanya, partikel, kata keterangan, kata sifat, percakapan, kosakata, dan latihan. Buku ini disusun untuk membantu para pembelajar bahasa Jepang menguasai bahasa Jepang dengan mengutamakan penguasaan empat aspek yang wajib dikuasai agar memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik, yaitu aspek menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan. Dengan keempat aspek ini diharapkan pembelajar bahasa Jepang semakin pintar dan mahir dalam berbahasa Jepang. -Indonesia Tera-

Bahasa Jepang merupakan salah satu satu bahasa asing yang sangat diminati oleh semua orang.

Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu

Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah sebuah penelitian yang dilakukan guna mendapatkan informasi seputar pasar. Tujuan dari Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah untuk mengetahui secara gamblang kondisi pasar yang kemudian diejawantahkan dalam bentuk strategi produksi dan pemasaran oleh suatu perusahaan. Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu sendiri merupakan suatu riset yang terintegrasi dengan ilmu komunikasi. Khususnya kajian komunikasi pemasaran. Dalam komunikasi pemasaran yang menjadi fokus kajiannya adalah seputar bagaimana aspek-aspek komunikasi digunakan dan diterapkan dalam prinsip-prinsip pemasaran. Komunikasi pemasaran mencakup advertising, strategi branding, hingga pelayanan konsumen. Penelitian yang dilakukan dalam Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu tersedia dalam beberapa bentuk. Salah satunya adalah riset eksploratori yang berguna untuk menetapkan hipotesis sementara. Berbeda dengan jenis riset lainnya yang fokus pada pengujian hipotesis ataupun mengkaji keterhubungan objek penelitian, riset ini membantu menemukan hipotesis. Hak ini selaras dengan salah satu tujuan Teori dan Praktis: Komunikasi Riset Pemasaran Terpadu yaitu memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada pasar di masa yang akan datang. Kemudian daripada itu, dalam Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu juga diperkenalkan 5 analisis yang kompatibel. Yaitu analisis anova dan manova, analisis Kovarian, chi square, analisis regresi dan korelasi, serta multidimensional Scaling. Di samping itu, buku ini juga merujuk pada beberapa penelitian terdahulu seputar Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu yang memungkinkan pemahaman langsung akan praktik dari Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu itu sendiri.

Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah sebuah penelitian yang dilakukan guna mendapatkan informasi seputar pasar.