Sebanyak 13 item atau buku ditemukan

Pendekatan Sosiologi dan Antropologi dalam Pendidikan

Secara sosiologi pendidikan adalah sebuah warisan budaya dari generasi kegenerasi, agar kehidupan masyarakat berkelanjutan, dan identitas masyarakat itu tetap terpelihara. Sosial budaya merupakan bagian hidup manusia yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir setiap kegiatan manusia tidak terlepas dari unsur sosial budaya. Dengan mempelajari metode pendidikan kebudayaan maka antropologi bermanfaat bagi pendidikan. Dimana para pendidik harus melakukan secara hati-hati. Hal ini disebabkan karena kebudayaan yang ada dan berkembang dalam masyarakat bersifat unik, sukar untuk dibandingkan sehingga harus ada perbandingan baru yang besifat tentative.

... belajar sehingga siswa dapat menggunakan kebudayaan pribadinya untuk memahami dan mengembangkan berbagai wawasan, konsep, keterampilan, nilai, sikap, dan moral yang diharapkan. multikultural (multicultural education) merupakan respn ...

Perilaku dan Budaya Organisasi

Dari berbagai fenomena pengelolaan sumber daya manusia (tenaga kerja), perilaku dan budaya menjadi faktor fundamental dalam implementasi visi dan misi organisasi. Betapapun hebatnya kompetensi tenaga kerja yang dimiliki, namun apabila tidak selaras dengan pondasi kultural organisasi, maka akan banyak terjadi ketidakpuasan dan turnover di tempat kerja. Berdasarkan fenomena di atas, maka buku ini disusun untuk menjawab permasalahan pengelolaan perilaku dan budaya organisasi dengan cara menghadirkan suatu pemahaman komprehensif dasar yang tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis. Materi yang tersaji dalam buku ini berisikan berbagai kajian kompleksitas manajemen keorganisasian khususnya di bidang perilaku dan budaya yang sering ditemui oleh para pengelola organisasi, baik pelaku bisnis maupun karyawan. Setiap pembahasan materi di dalamnya merupakan kumpulan pemikiran luar biasa yang dituangkan oleh para ahli yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi. Terdapat 14 bab, yaitu: Kepribadian dan Sikap Individu dalam Organisasi; Visi, Misi, dan Nilai-nilai Organisasi; Tantangan Organisasi di Era VUCA; Kecerdasan Emosi di Lingkungan Kerja; Manajemen Konflik Organisasi; Pengelolaan Stres Kerja; Manajer dan Orientasi Kepemimpinan; Etika dan Komunikasi Bisnis; Reward dan Punishment; Kreativitas dan Inovasi Organisasi; Motivasi Karyawan; Komitmen Organisasi; Kepuasan dan Prestasi Kerja; Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kerja.

Berdasarkan fenomena di atas, maka buku ini disusun untuk menjawab permasalahan pengelolaan perilaku dan budaya organisasi dengan cara menghadirkan suatu pemahaman komprehensif dasar yang tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis.

Pancasila dalam Pendidikan Humaniora

Interkulturalisme dan Globalisasi-Internasionalisasi

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Diskursus-diskursus akademik adalah salah satu upaya yang dilakukannya. Diskursus ini terinspirasi dari kegiatan yang dilakukan oleh organisasi pergerakan jaman dulu seperti Budi Utomo, Indonesische Studieclub, dan Algemene Studieclub. Buku ini merupakan pengupayaan akademik yang berkaitan dengan ke-Pancasila-an secara dialogis. Kemudian Pancasila didudukkan sebagai basis moral dari segi pendidikan kemanusiaannya, nilai-nilai kebudayaan dan kecenderungan tantangan yang disebabkan pengaruh globalisasi dan paham-paham internasional. Maka tidak berlebihan jika isi buku ini sangat relevan untuk dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi para pemerhati kebangsaan dan para Pancasilais yang memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap nasib bangsa ini.

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan.

Kajian Permasalahan Pembelajaran Matematika

Pandemi Covid-19 berdampak di semua bidang, termasuk pendidikan. Aktivitas pembelajaran di sekolah yang tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya, kendala pembelajaran jarak jauh, keterbatasan sarana dan prasaran penunjang, merupakan sebagian kecil dari permasalahan yang muncul akibat kejadian tersebut. Terlebih dalam pembelajaran matematika, adanya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian siswa di sekolah. Hal inilah yang mendasari penerbitan buku ini. Melalui tulisan di buku ini, diharapkan bisa memberikan gambaran tentang kajian berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika di era pandemi Covid-19 dan solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

pembelajaran yang dirancang guru juga mengalami perubahan, kondisi yang terjadi interaksi antara guru dan siswa pada saat ... Sumber Daya Manusia yang berinovasi dari berbagai solusi dari permasalahan yang dihadapi, upaya belajar dan ...

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan. Sistematika buku book chapter Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Aplikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut: Pertama, teknologi pendidikan memungkinkan adanya perubahan kurikulum, baik strategi, pengembangan maupun aplikasinya. Teknologi pendidikan mempunyai fuungsi luas, tidak hanya terbatas pada ...

Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu)

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu). Sistematika buku Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

4) Sistem Terpadu: Fokusnya adalah proses horizontal yang menghubungkan seluruh fungsi 5) Pendekatan strategis dan ... Standar mengadopsi pendekatan sistem dan didasarkan pada proses dan delapan prinsip manajemen: fokus pelanggan, ...

DINAMIKA KONSEP DASAR MODEL PEMBELAJARAN

Dinamika perubahan dan pengembangan teoriteori pembelajaran sangat cepat dan sangat produktif, sehingga pembaharuan pendidikan sudah mengalami percepatan siklus dari sepuluh tahunan, pada lima tahunan. Aspek-aspek yang senantiasa menjadi perhatian para akademisi pendidikan antara lain kurikulum, metode dan strategi pembelajaran, penilaian, dan pengolahan pendidikan. Paradigma yang diusung dalam perubahan-perubahan tersebut adalah demokratisasi penyelenggaraan pendidikan yang memperkuat pelibatan siswa, guru, orang tua dan masyarakat dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan. Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Dasar Media Komunikasi, Informasi, Edukasi ( KIE ) Kesehatan

Seiring berkembangnya Ilmu dan teknologi dalam bidang kesehatan maka kebutuhan akan bacaan atau referensi dan upaya pemenuhan kebutuhan daftar bacaan maka disusunlah suatu buku tentang Dasar Media KIE Kesehatan yang dapat digunakan untuk pembelajaran dalam melaksanakan KIE di Institusi Kesehatan. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Dasar Media KIE (Komunikasi, Informasi Dan Edukasi) Bab 2 Prinsip Dalam Media KIE Bab 3 Sasaran Dalam Media Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Bab 4 Strategi dalam Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Bab 5 KIE dalam Pelayanan Kesehatan Bab 6 Konseling dalam Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kesehatan Bab 7 Desain Media KIE Bab 8 Model / Jenis Media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kesehatan Bab 9 Perkembangan Media KIE Dalam Kesehatan

Buku ini membahas tentang: Bab 1 Dasar Media KIE (Komunikasi, Informasi Dan Edukasi) Bab 2 Prinsip Dalam Media KIE Bab 3 Sasaran Dalam Media Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Bab 4 Strategi dalam Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Bab 5 ...

ANOVA untuk Penelitian Eksperimen

Teori dan Praktik dengan R

Eksperimen merupakan salah satu metode penelitian yang digunakan secara luas oleh berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sains-teknologi maupun sosial-humaniora. Penelitian eksperimen pada dasarnya melibatkan manipulasi sengaja atas aspek tertentu dalam sistem riil (prediktor) dan pengamatan terhadap efek yang ditimbulkannya (respon). Data yang diperoleh dari penelitian eksperimen umumnya dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Desain eksperimen atau rancangan percobaan yang digunakan dalam suatu penelitian sangat menentukan model ANOVA yang dianalisis, seperti RAL, RAK, RBSL, Rancangan Faktorial, dan sebagainya. Buku ini berisi konsep dan teori terkait ANOVA yang diperuntukan bagi penelitian eksperimen. Materi yang disajikan dalam buku ini dibuat sederhana agar lebih mudah dipahami bagi pembaca yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan Matematika/Statistika. Namun demikian, tetap sesuai dengan kurikulum Outcome Based Education (OBE) mata kuliah Rancangan Percobaan/Desain Eksperimen. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan tutorial praktik ANOVA menggunakan software pengolah data R untuk membantu proses analisis menjadi lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, buku ini menjadi bisa menjadi buku ajar sekaligus bahan panduan praktikum untuk mendukung pembelajaran mata kuliah Rancangan Percobaan/Desain Eksperimen. Materi dalam buku ini terbagi ke dalam enam bab yang berisi Pendahuluan dan instalasi/pengenalan software R, rancangan lingkungan dasar (RAL, RAK, RBSL) dan ANCOVA, perbandingan berganda dan kontras, asumsi-asumsi yang melandasi ANOVA, rancangan faktorial, serta rancangan faktorial lanjutan (nested, split-plot, repeated measurement). Setiap materi bahasan dilengkapi dengan contoh beserta pembahasan secara manual maupun dengan software R. Syntax R yang digunakan dalam buku ini disajikan secara sistematis disertai dengan deskripsi pada setiap sintaks untuk membantu pembaca memahami penggunaan software R.

Eksperimen merupakan salah satu metode penelitian yang digunakan secara luas oleh berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sains-teknologi maupun sosial-humaniora.