Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF ISLAM

Buku ini menguraikan secara komprehensif tentang perencanaan peserta didik dalam konteks pendidikan Islam. Melalui berbagai bab yang disusun secara sistematis, penulis mengajak pembaca untuk memahami pentingnya perencanaan yang matang dan terarah dalam membentuk peserta didik yang unggul secara intelektual dan spiritual. Dalam bab-bab awal, buku ini membahas landasan teoritis dan filosofis perencanaan peserta didik, yang mencakup prinsip-prinsip pendidikan Islam dan peraturan pemerintah yang berlaku. Penulis menekankan bahwa pendidikan Islam tidak hanya mengedepankan aspek intelektual, tetapi juga pembentukan karakter dan akhlak mulia. Oleh karena itu, perencanaan peserta didik harus dilakukan dengan mempertimbangkan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selanjutnya, buku ini membahas secara rinci tentang proses penerimaan peserta didik baru, yang mencakup seleksi dan orientasi. Penulis menekankan bahwa proses ini harus dilakukan dengan cermat dan adil, untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang. Orientasi yang baik akan membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan memulai proses belajar dengan motivasi yang tinggi. Bab-bab berikutnya menjelaskan tentang pengelompokan peserta didik berdasarkan berbagai kriteria, seperti kemampuan akademik, minat, dan bakat. Pengelompokan yang efektif akan membantu pendidik untuk memberikan perhatian yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik. Selain itu, penulis juga membahas tentang pentingnya program pembinaan dan pengembangan peserta didik yang berkelanjutan, agar mereka dapat mencapai potensi maksimalnya. Buku ini juga menggarisbawahi pentingnya disiplin dan pengelolaan kelas yang baik dalam mendukung proses perencanaan peserta didik. Disiplin yang diterapkan dengan bijak akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sementara pengelolaan kelas yang efektif akan memastikan bahwa setiap peserta didik dapat belajar dengan nyaman dan maksimal. Pada bagian akhir, penulis mengajak pembaca untuk merefleksikan kembali seluruh proses perencanaan peserta didik yang telah dibahas, dan memberikan berbagai rekomendasi praktis untuk implementasinya. Penulis juga menekankan bahwa pendidikan adalah proses yang dinamis dan terus berkembang, sehingga perencanaan peserta didik harus selalu dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip yang disampaikan dalam buku ini, diharapkan pendidik dan manajer sekolah dapat mengoptimalkan potensi setiap peserta didik, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrahnya, menemukan bakatnya, dan menjadi insan yang unggul secara intelektual dan spiritual. Kritik dan saran dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini di masa mendatang. Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT dalam setiap langkah kita menuntut ilmu. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi panduan praktis bagi para pendidik, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya perencanaan dalam menciptakan sistem pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Semoga buku ini dapat menjadi kontribusi yang berarti dalam upaya menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia.

... Peserta Didik di SMAN 5 Kota Cirebon ( Management of Student Planning at SMAN 5 Cirebon City ) ' , Vol . 6 No. 1 , Journal of Islamic Education Management , h . 79 . the visualization and formulation of proposed activities, belive ...

BUKU AJAR MANAJEMEN STRATEGI

Buku Ajar Manajemen Strategis ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang Manajemen Strategis. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di berbagai bidang Ilmu yang terkait dengan manajemen. Buku ini umum dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah Manajemen Strategis dan menyesuaikan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari Pengantar Manajemen Strategis, Analisis Lingkungan Bisnis, Penetapan Strategi Bisnis, Sumber Daya dan Kapabilitas Perusahaan, Strategi Bersaing dalam bisnis, Implementasi Strategi Bisnis, Manajemen Perubahan dan Inovasi, Manajemen Strategis pada Era Digital, Tantangan dan Peluang Manajemen Strategis di Masa Depan, dan di tutup dengan materi mengenai Rencana Bisnis digital beserta studi kasus. Buku Ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari Pengantar Manajemen Strategis, Analisis Lingkungan Bisnis, Penetapan Strategi Bisnis, Sumber Daya dan Kapabilitas Perusahaan, Strategi Bersaing dalam bisnis, Implementasi Strategi ...

ILMU PENDIDIKAN : Panduan Komprehensif untuk Pendidikan

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik. Buku ini mengungkapkan berbagai konsep penting dalam pendidikan yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengantar ilmu pendidikan hingga teori-teori pembelajaran seperti kognitivisme, konstruktivisme, dan konnektivisme, buku ini memberikan dasar pemahaman yang kokoh tentang bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan dan berkembang dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini membahas topik yang relevan seperti perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran efektif, evaluasi pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Buku ini juga mengeksplorasi aspek psikologi pendidikan seperti psikologi perkembangan anak, psikologi motivasi belajar, serta pentingnya pendidikan inklusif, multikultural, dan karakter dalam konteks pendidikan. Dengan menyajikan panduan yang lengkap dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan beragam.

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik.

FK2H Law Review 2021: Dinamika Perkembangan Hukum HAM, Hukum Internasional, dan Pembangunan Hukum di Indonesia

Buku ini menitikberatkan kepada pembahasan hukum dalam sudut pandang Hak Asasi Manusia (HAM), Pembangunan, dan Hubungan Internasional. Tak pelak ketiga elemen tersebut saling berkaitan dalam praktiknya. Di mana HAM merupakan landasan utama dalam penentuan kebijakan, baik itu pembangunan dan hubungan dengan negara lain. Sedangkan pembangunan adalah sarana pemenuhan HAM warga negara dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar dan tambahan guna mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Selanjutnya hubungan internasional yang diterjemahkan menjadi Hukum Internasional, turut berperan penting dalam memastikan jalannya pembangunan sesuai dengan konsepsi HAM sebagaimana yang telah dirumuskan dalam berbagai traktat dan konvensi. Buku ini disusun oleh mahasiswa yang tergabung dalam Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H). Hal tersebut patut diapresiasi sebab buku ini merupakan buku pertama yang ditulis oleh FK2H, sedang pun sebelumnya FK2H telah menerbitkan majalah tahunan yang berisi opini hukum.

... Islam and Human Rights” dalam Altaf Gauhar (ed), The Challenge of Islam, London: Islamic Council of Europe. A. Mahsyur Effendi, 2005, Perkembangan Dimensi Hak Asasi Manusia (HAM) dan Proses Dinamika Penyusunan Hukum Hak Asasi Manusia ...