Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Pengantar Teknologi Pendidikan

Selamat datang dalam dunia yang penuh inovasi dan transformasi, di mana teknologi menjadi tiang yang membangun jembatan antara ilmu pengetahuan dan pembelajaran. Buku berjudul "Pengantar Teknologi Pendidikan" membawa Anda dalam perjalanan menggali potensi teknologi untuk memperkaya proses pendidikan. Seperti yang dikatakan oleh John Dewey, seorang filsuf pendidikan ternama, "Jangan sekedar mengajar murid secara mekanis, melainkan bawalah mereka untuk berpikir." Dalam konteks ini, teknologi menjadi katalisator yang memperluas ruang berpikir dan pembelajaran. Buku yang ditulis oleh dosen dan praktisi yang berkecimpung di ilmu Pendidikan ini menghadirkan berbagai materi menarik diantaranya: Konsep Dasar Teknologi Pendidikan, Integrasi Teknologi dalam Kurikulum, Perkembangan Teknologi, Tren dan Inovasi Terkini dalam Teknologi Pendidikan, Alat dan Media Pembelajaran, Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi, Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi, Manajemen Teknologi Pendidikan, Implementasi Teknologi Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran media digital, Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan. Serta Implikasi Sosial dan Etika dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan Semoga buku ini tidak hanya menjadi panduan, tetapi juga inspirasi bagi para pendidik, mahasiswa, dan siapa pun yang peduli terhadap masa depan pendidikan. Mari kita bersama menapaki jejak menuju transformasi pendidikan yang berkelanjutan.

Buku berjudul "Pengantar Teknologi Pendidikan" membawa Anda dalam perjalanan menggali potensi teknologi untuk memperkaya proses pendidikan.

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Manajemen Pendidikan Di Era Merdeka Belajar

Untuk itu, kini di berbagai belahan dunia terus berlomba meningkatkan kualitas pendidikan. Indonesia pun sedang berlomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai kebijakan Pemerintah, mulai dari pembenahan kurikulum, pemberian fasilitasi pendukung operasional pendidikan, pembuatan pelatihan-pelatihan guru, penumbuhan karakter peserta didik melalui lomba, peningkatan akses pendidikan di daerah-daerah terpencil, terluar dan terdepan, pembangunan sarana pendidikan lainnya, hingga evaluasi pendidikan terus digalakkan. Semua ini dilakukan untuk mewujudkan MERDEKA BELAJAR dengan Visi Pendidikan Indonesia “ Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global, selaras dengan ujuan cita-cita besar negara: mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan semua itu pasti membutuhkan manajemen yang baik. Cita-cita yang baik membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi yang baik dan terarah. Tanpa menajemen yang baik, maka mutu pendidikan bisa jadi tak terkola dengan baik sehingga kurang memberikan manfaat bagi dunia pendidikan. Dengan begitu, dikotomi antara mutu pendidikan dan manajemen pendidikan bukan lagi merupakan sesuatu yang penting untuk diperdebatkan, karena kedua-duanya sangat penting bagi dunia pendidikan. Mutu pendidikan membutuhkan manajemen yang baik dan manajemen yang baik membutuhkan kualitas Sumber Daya Manusia. Untuk tujuan itulah, buku ini menjadi niscaya untuk diterbitkan.

Untuk jenjang SD/MI, SD/MI, dan SMP/MTs, penilaian nasional akan dilakukan di kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 untuk membantu guru dan kepala sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai tahun 2021 dan kedepan diproyeksikan menjadi ...